5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Clara Pricilla Adiputra Agu 4, 2021 • 9 min read


header manfaat belajar b inggris

Artikel ini akan membahas tentang 5 manfaat belajar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Harapannya, artikel ini bisa membuat kamu semakin semangat untuk mempelajari bahasa universal ini, ya!

--

Eh, ibu sudah pulang!” ucap Nam-joon sambil berlari menuju ibunya yang baru saja kembali dari sebuah pusat perbelanjaan. Nada suara menggelegar, ternyata Nam-joon menunggu buah tangan dari sang ibu berupa DVD serial Netflix berjudul “Friends”. “Eh, jangan lari-lari, kasetnya nggak akan dicuri tetangga!” ucap ibu Nam-joon yang khawatir anaknya akan terpeleset karena berlari terlalu cepat.

Tanpa berlama-lama, Nam-joon merenggut DVD yang ia tunggu-tunggu kedatangannya itu dari genggaman tangan sang ibu. Tak lupa, Nam-joon langsung mengajak sang ibu untuk duduk bersama dengannya menonton serial Netflix tersebut. “Loh, kok kamu mengganti subtitlenya menjadi bahasa Indonesia, sih?” tanya ibu penuh kebingungan. Dengan penuh percaya diri, Nam-joon pun menjawab: “Ya karena kita ini orang Indonesia, mana ngerti kalau disuruh nonton film dengan subtitle bahasa Inggris”.

Nah, justru karena kita nggak menguasai bahasa Inggris, serial ini kita jadikan sumber pembelajaran saja!” ucap ibu Nam-joon yang haus ilmu itu. Dengan penuh keraguan, Nam-joon bertanya kepada ibunya tentang mengapa ia diminta untuk mempelajari bahasa Inggris. Sang ibu kemudian menjawab: “Learning the English language will take you to great places, my son”. Terdiam setelah mendengar jawaban sang ibu, Nam-joon segera mengubah subtitle serial tersebut dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

Hm, menurut sudut pandang penulis, jawaban yang diberikan oleh ibu Nam-joon itu sudah sangat baik. Sayangnya, Nam-joon nggak tau kalau sebenarnya masih ada 5 manfaat lain yang bisa diperoleh dari belajar bahasa Inggris. Feeling like you want to help Nam-joon out? Baca dulu pemaparan di bawah ini, ya!

 

1. Bahasa Inggris adalah Bahasa Universal

Pertama dan tak lain, ketahuilah bahwa bahasa Inggris adalah bahasa universal. Artinya, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di seluruh belahan dunia. Lantas kenapa hanya karena fakta bahwa bahasa Inggris adalah bahasa universal saya dituntut untuk mempelajari bahasa ini? Sejujurnya, ada dua alasan yang terlintas pada pikiran penulis. Wah, apa saja tuh? Mau tau dong, supaya punya semangat untuk belajar bahasa Inggris, nih!

Tenang, inilah dua alasan kuat mengapa kamu harus mempelajari bahasa Inggris. Pertama, mempelajari bahasa Inggris memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dan menciptakan pertemanan dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Sejujurnya, menyenangkan loh bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, kamu dijamin akan terlihat cool banget, deh. Makanya, penting untuk kamu bisa berbicara dalam a mutually known language (lingua franca) yaitu bahasa Inggris.

Kedua, kamu tahu nggak sih kalau bahasa Inggris itu adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam sejumlah perangkat teknologi dan internet? Yup, kalau kamu perhatikan, kebanyakkan perangkat teknologi memilih bahasa Inggris untuk menamai berbagai fitur yang ditawarkannya. Ditambah lagi, ketahuilah bahwa lebih dari setengah konten yang disajikan oleh internet juga ditulis dalam bahasa Inggris. Gara-gara kedua hal ini, nggak kebayang kan caranya menjadi orang yang canggih teknologi tanpa menguasai bahasa Inggris?

Anyways, kedua alasan di atas mungkin saja belum cukup kuat untuk mendorong kamu mempelajari bahasa Inggris. Knowing that, simak empat manfaat lain dari belajar bahasa Inggris yang dijamin bakal bikin kamu semangat untuk menguasai lingua franca ini.

 

2. Memperluas Pengetahuan pada Sejumlah Bidang

Nah, kalau manfaat belajar bahasa Inggris yang satu ini penting banget untuk diketahui oleh kamu yang masih berstatus pelajar. Hm, kira-kira kamu sudah tau belum sih kalau sebagian besar karya tulis ilmiah itu ditulis dalam bahasa Inggris? Biar asyik, aku kasih spoiler sedikit, deh! Jadi, ketika kamu duduk di bangku perguruan tinggi, ketahuilah bahwa karya tulis ilmiah internasional akan menjadi makanan sehari-sehari kamu.

Hah, karya tulis ilmiah internasional? Seperti membaca jurnal ilmiah dalam bahasa Prancis, gitu? Ya nggak dong, karya tulis ilmiah internasional yang dimaksud tentunya ditulis dalam bahasa Inggris. Kenapa demikian? Kembali pada poin pertama, jawabannya karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Banyaknya publikasi karya tulis ilmiah dalam bahasa Inggris membuat pengetahuan menjadi semakin accessible oleh pelajar dari berbagai belahan dunia.

Jadi, kebayang nggak sih tidak menguasai bahasa Inggris saat sudah duduk di bangku perguruan tinggi? Kamu nggak mau kan mengandalkan Google Translate seumur hidupmu? So, if you really want to do well in college, learning the English language is a necessity. Ingat, karya ilmiah internasional adalah salah satu jendela ilmu pengetahuan terbaik loh, sobat!

kata terpanjang dalam bahasa inggris

Baca juga: 10 kosakata advanced dalam bahasa Inggris untuk menguasai tes GRE

 

3. Membawa Kamu Masuk ke Perusahaan Multinasional Impian

Wait, sebenarnya, perusahaan nasional sekalipun mencari kandidat yang setidaknya memiliki kemampuan untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Hm, sadarkah kamu bahwa beberapa orang memilih untuk mencantumkan tingkat keterampilan bahasa internasionalnya pada Curriculum Vitae mereka? Di Indonesia sendiri, tidak jarang ditemukan pelamar kerja yang mencantumkan tingkat keterampilan bahasa Inggris pada Curriculum Vitae mereka.

Question is, do you have any idea why? Jawabannya adalah karena semakin tinggi tingkat keterampilan bahasa Inggris seseorang, semakin tinggi pula daya jual mereka kepada perusahaan. Eh, ini mitos atau fakta, sih? Fakta! Tingginya tingkat keterampilan bahasa Inggris seseorang memang bisa menjadi nilai tambahan dalam seleksi pelamar kerja di perusahaan nasional.

Apakah hal di atas juga berlaku ketika kita melamar kerja di perusahaan multinasional? Yup, tentu saja, tetapi terdapat perbedaan pula yang penting untuk kamu perhatikan. Pada perusahaan nasional, keterampilan bahasa Inggris seseorang bisa dibilang sebagai nilai tambahan pelamar saja. Tetapi, pada perusahaan multinasional, keterampilan bahasa Inggris menjadi suatu hal yang harus dimiliki pelamar. Nah, alasannya nggak lain karena work life pada perusahaan multinasional memang melibatkan kemampuan untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Waduh, ternyata keterampilan bahasa Inggris ini berlaku dalam banyak bidang kehidupan, ya?

language of the air

 

4. Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Rasa Percaya Diri

Wah, kalau manfaat belajar bahasa Inggris yang satu ini sih penting untuk diketahui oleh semua orang. Hm, biar nggak bingung, let me give you an example. Pertama, dalam film berjudul Emily in Paris, Emily yang merupakan tokoh utama film ini menggunakan bahasa Inggris untuk memperkenalkan dirinya kepada para rekan kerja barunya. Kedua, dengan bahasa Inggris, Emily membangun pertemanan dengan seorang pengasuh anak yang sudah lama hidup di Paris. 

Sejujurnya, kita bisa saja berpikir bahwa alasan Emily berbicara dalam bahasa Inggris adalah karena dirinya tidak tahu banyak tentang bahasa Prancis. Tetapi, dari film Emily in Paris, kita menyadari pentingnya memiliki keterampilan bahasa Inggris ketika sedang berada di negeri orang. Dalam kasus Emily, kamu akan melihat bagaimana bahasa Inggris menjadi awal dari terhubungnya ia dengan rekan kerja hingga teman barunya.

Emily in ParisEmily in Paris (Sumber: https://worldnewsera.com/)

Kalau dalam kasus kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu mau belajar bahasa Inggris supaya bisa berkomunikasi dengan penjaga toko roti yang tampan di Paris? Atau karena kamu ingin memiliki teman dari belahan dunia lain? Either way, learning English as a lingua franca will definitely help you build beautiful memories during your holiday.

 

5. Akses pada Berbagai Budaya yang ada di Dunia

Last but not least, belajar bahasa Inggris akan memperkenalkan kamu kepada berbagai budaya yang ada di dunia. Begini loh, kalau kamu perhatikan, banyak sekali buku, film, hingga musik yang ditulis dalam bahasa Inggris. Nah, dalam buku, film, dan musik yang kamu sukai sebenarnya terkandung hidden gems tersendiri. Wah, apa itu hidden gems? Kalau dalam konteks ini, hidden gems adalah budaya yang hidup di berbagai belahan dunia.

Cultural RichnessKekayaan Kultural (Sumber: https://www.nationalgeographic.org/)

Needs an example? Coba deh kamu perhatikan bagaimana channel televisi National Geographic menayangkan kebudayaan masyarakat dari berbagai belahan dunia. Apakah mereka menggunakan bahasa lokal yang digunakan oleh masyarakat suatu daerah yang sedang ditayangkan? Of course not! Kalau begitu caranya, kebudayaan suatu masyarakat yang ingin diceritakan oleh channel televisi National Geographic tidak akan tersampaikan. Sementara itu, apabila informasi disajikan dalam bahasa Inggris, banyak orang akan terhubung dengan budaya yang bukan milik mereka. Do you know what is the best thing about getting to know other cultures? Jawabannya, you will have the chance to learn and apply certain values or ways of life to develop yourself.

Yup, itulah 5 manfaat belajar bahasa Inggris yang belum Nam-joon ketahui. Gimana, apakah sekarang kamu sudah siap untuk mendorong Nam-joon belajar bahasa Inggris dengan giat? Eh, kamu juga bisa memberitahu Nam-joon bahwa menonton serial Netflix “Friends” bukanlah satu-satunya cara untuk menguasai bahasa Inggris, loh. Tapi, kamu bisa memberitahu Nam-joon kalau sekarang ada kursus bahasa Inggris online terbaik yaitu, English Academy.

Kalau bergabung dengan kelas English Academy, Nam-joon dijamin mampu memahami cerita dalam suatu serial berbahasa Inggris tanpa membaca subtitle. Waduh? Ceritanya si Nam-joon ini naik level, ya? Obviously, karena English Academy memang akan mempertemukan Nam-joon dengan guru berpengalaman yang mengajar dengan bersandar pada kurikulum internasional. Kamu nggak mau Nam-joon naik level sendirian? Gampang, tinggal ikut bergabung di kelas English Academy saja, kok!

New call-to-action

Referensi:

Grammarly. 2021. 10 Interesting Facts About the English Language that You Didn’t Know. [online] Available at: https://www.grammarly.com/blog/10-interesting-english-facts-guest/ [Accessed 2 August 2021].

MOORE, W., 1934. Cultural Richness. [image] Available at: https://www.nationalgeographic.org/media/cultural-richness/ [Accessed 4 August 2021].

Netflix, 2020. Emily in Paris. [image] Available at: https://worldnewsera.com/news/entertainment/15-things-about-netflixs-emily-in-paris-that-sex-and-the-city-fans-will-appreciate/ [Accessed 4 August 2021].

British Study Centers. 2021. The Importance of the English Language: 10 Reasons to Learn English. [online] Available at: https://www.british-study.com/en/importance-of-english-language/ [Accessed 2 August 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar