Mengapa Bahasa Inggris Penting untuk Dipelajari?

english-academy-adults-explorer

Sudah belajar bertahun-tahun, tapi masih belum fasih berbahasa Inggris? Tenang, kamu nggak sendirian! Kira-kira apa ya penyebabnya? Cari tahu dulu kenapa bahasa Inggris penting untuk dipelajari, lalu temukan solusinya di artikel ini!

Punya skill bahasa Inggris yang brilian bakal ngasih kamu banyak keuntungan. Mau studi di luar negeri? Bisa! Punya impian berkelana ke berbagai belahan dunia? Gampang!

Pertanyaannya, buat kamu yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa, sedang berkecimpung di dunia kerja, atau telah menyandang gelar sebagai orang tua, apakah kemampuan bahasa Inggris-mu sudah cukup baik? 

Soalnya, banyak orang yang sudah belajar bahasa Inggris sejak SD, tapi sampai sekarang mau ngobrol aja masih belum pede. Mungkin kamu salah satunya? 

Tapi tenang, nggak ada kata terlambat untuk belajar. Di luar sana, ada kok orang yang baru lancar berenang ketika masuk kuliah, dan tak sedikit perempuan yang baru jago masak saat mereka sudah menikah. 

The important thing is.. coba tanya diri sendiri, “Saya belajar bahasa Inggris karena apa, sih?” Setelah itu, pahami apa saja faktor yang menghambatmu saat proses belajar, lalu temukan solusinya.

Biar semakin mudah, English Academy akan berbaik hati untuk memberikanmu jawabannya, nih!

 

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Penting untuk Dipelajari

Ada beberapa alasan kenapa bahasa Inggris cukup esensial untuk dipelajari, yaitu:

1. Mendapat pendidikan yang lebih baik

Ingin seperti Maudy Ayunda yang diterima dua kampus top dunia, atau punya cita-cita seperti Tasya Kamila sebagai alumni Universitas Columbia? 

Bisa! Tapi, tentu modal utamanya adalah skill bahasa Inggris. Soalnya, semua pendaftaran, proses perkuliahan, dan juga kehidupan sehari-harimu nantinya tentu akan dilakukan dalam bahasa Inggris.

Bukan hanya itu, kamu juga harus mulai membiasakan diri untuk membaca dan menulis karya ilmiah (e.g. motivation letter, essay) dalam bahasa Inggris, simulasi cara menghadapi interview bahasa Inggris, dan lain-lain.

Tenang, berbagai materi tersebut ternyata bisa dipelajari di English Academy dengan kurikulum internasional Cambridge!

2. Menggapai pekerjaan impian

Siapa, sih, yang bakal nolak kalau dapat pekerjaan yang bagus dengan high salary? Apalagi kalau offering-nya datang dari perusahaan internasional.

Tapi, hal tersebut hanya bisa terwujud kalau kita punya value yang sesuai, nah salah satunya adalah fluent in English alias bisa berbahasa Inggris dengan lancar secara aktif.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah sesekali belajar bahasa Inggris secara face to face bersama guru. Pas banget, di English Academy ada program English Academy 1 ON 1 yang kasih kamu kesempatan buat konsultasi berbagai materi di luar Akademi Bahasa Inggris.

Nah, manfaatkan fasilitas keren tersebut untuk diskusi terkait CV (curriculum vitae) serta tips dan trik yang bisa membantumu selangkah lebih dekat menuju karier impian ya!

Kalau penasaran dengan level dan kemampuan bahasa Inggris-mu saat ini, coba cek melalui Placement TestyukGratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

3. Memperluas relasi 

Salah satu kunci sukses seseorang adalah memiliki networking yang luas. Melalui relasi, seseorang mungkin akan dapat pekerjaan tanpa harus melamar, lo. Artinya, jika qualified, kamu bisa ditarik langsung oleh perusahaan atas rekomendasi dari temanmu.

Contoh lain, saat  baru memulai bisnis, mouth to mouth bisa jadi salah satu teknik promosi supaya dagangan kamu semakin laris. Nah, kalau relasimu sedikit, tentu akan sulit untuk melakukan kedua contoh di atas.

That’s why, perluas jaringan-mu dan cobalah berbaur dengan orang-orang yang memiliki minat serupa. Salah satu caranya melalui English Academy Community House untuk melatih bahasa Inggris bersama teman-teman dengan pembahasan menarik dan lingkungan yang menyenangkan!

4. Membantu personal branding

Pernah dengar personal branding? Itu loh, aktivitas untuk menunjukkan pada khalayak tentang “Who you are” pada publik. Umumnya, personal branding saat ini banyak dilakukan melalui media sosial.

Dengan lancar berbahasa Inggris, proses personal branding kamu bisa memikat lebih banyak audiens. Selain itu, kamu akan dipandang sebagai orang yang memiliki high value.

Supaya lebih percaya diri, perbanyaklah interaksi bahasa Inggris-mu bersama para expert melalui English Club dari English Academy. Ini merupakan sesi interaktif tambahan bersama guru lokal dan internasional. Wih, keren ya?

5. Mempersiapkan diri untuk mendampingi anak belajar bahasa Inggris

Di zaman modern ini, banyak sekali anak di bawah lima tahun yang sudah lancar berbahasa Inggris. Hmm, kuncinya apa ya? Tentu jawabannya adalah orang tua.

Kalau ingin membentuk generasi yang berkualitas, maka belajarlah untuk jadi orang tua yang cerdas.

Jadi, ketika kamu sudah belajar bahasa Inggris tapi masih banyak materi yang belum dipahami, jangan menyerah! Kan ada English Academy Clinic yang bisa jadi penolongmu untuk bertanya lebih lanjut pada guru.

Ingin lebih eksklusif? Kamu bisa konsultasi secara individu. Mau ajak teman? Boleh, karena para guru pun akan welcome untuk group consultation

Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Cara Mengajarkannya

 

Berbagai Kesulitan dalam Belajar Bahasa Inggris, Ini Solusinya!

Masalah dalam belajar bahasa Inggris bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa! Dari masalah di bawah ini, kira-kira mana yang paling relate denganmu? 

1. Tidak ada lawan bicara untuk latihan speaking bahasa Inggris

Pepatah mengatakan, “Practice makes perfect”. Tapi, kalau kita tidak terlahir, tinggal, dan studi di lingkungan yang lekat dengan bahasa Inggris, maka akan sulit untuk terbiasa berkomunikasi dalam bahasa asing yang satu ini, khususnya di bagian speaking.

Padahal, percakapan bahasa Inggris sehari-hari bisa bikin skill kamu semakin excellent, apalagi kalau lawan bicaranya adalah native speaker seperti di kelas English Academy.

Pengajarnya berasal dari berbagai negara besar seperti Inggris, Skotlandia, Amerika, dan lain-lain. Sudah tersertifikasi internasional pula! 

2. Sulit menemukan kursus bahasa Inggris yang affordable dan worth it

Actually, ada berbagai metode belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan, salah satunya dengan otodidak melalui tips-tips yang tertera di artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Ini 11 Tips Mudah dan Cepat!

Tapi, nggak semua orang bisa memanfaatkan cara tersebut dan lebih memilih untuk belajar bersama guru les bahasa Inggris. Pasalnya, para ahli bisa mendorong kamu untuk mendapatkan result yang lebih memuaskan.

Sayangnya, biaya jadi salah satu kendala yang kerap membuat orang enggan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.

Kamu beruntung, karena saat ini sudah menemukan English Academy sebagai tempat belajar bahasa Inggris online interaktif dengan fasilitas berlimpah, tapi biayanya tetap terjangkau.

3. Terlalu fokus pada 1 skill dalam bahasa Inggris

Menurutmu, mana yang lebih penting dalam materi bahasa Inggris? Apakah belajar grammar? Menghafal vocabulary? Atau latihan speaking

Yap, semuanya penting! Ibaratnya seperti belajar mengendarai motor, kamu harus tau bagaimana cara menghidupkan mesin, menyalakan lampu, sampai menarik tuas rem. 

Tapi, tau aja nggak cukup. Langkah selanjutnya adalah tekun praktik dan berlatih supaya kamu bisa sampai ke lokasi tujuan.

Nah, analogi di atas berlaku juga dalam belajar bahasa Inggris, dan kamu akan mendapat pengalaman seperti itu di English Academy yang tak hanya fokus pada satu skill

Kamu dapat mengasah speaking, grammar, writing, dan aspek lainnya melalui metode English Academy Learning System (EASL): Aku belajar, Aku berlatih, Aku bisa!

4. Agak sulit menemukan lawan bicara yang sepadan

Kamu pasti pernah dong merasa “keteteran” saat belajar bersama teman yang sudah fluent alias fasih berbahasa Inggris? 

Sebetulnya itu bukan hal yang buruk karena bisa memicu kamu untuk lebih semangat upgrade skill. Tapi, akan lebih baik kalau kamu berdiskusi dan latihan bahasa Inggris bareng teman-teman yang memiliki kemampuan dengan level sepadan, yang mana metode ini sudah diterapkan di kelas English Academy.

Jadi, nantinya proses komunikasi bisa lebih “seimbang” dan “klop”. Bye insecure!

5. Belum pandai dalam time management untuk belajar bahasa Inggris

Niat belajar sudah, daftar kursus bahasa Inggris juga sudah, eh tapi malah sering bolos gara-gara pusing bagaimana atur waktu antara belajar dengan kegiatan lainnya. Kamu pasti pernah begitu, kan?

Nah, English Academy paham kalau mahasiswa dan para profesional di dunia kerja memang cukup sibuk. Pasti banyak task dan deadline yang harus mereka selesaikan.

Maka dari itu, English Academy menyediakan sistem booking class dan reschedule jadwal untuk menyesuaikan kelas dengan jadwal-mu.

Well, itulah alasan kenapa bahasa Inggris penting untuk dipelajari khususnya untuk mahasiswa, profesional, dan orang tua. Mana alasan yang paling relate untukmu?

 

Fortunately, di artikel ini English Academy sudah memberikan solusi dari berbagai kesulitan belajar bahasa Inggris khusus untukmu.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba semua fasilitas keren dari English Academy? Yuk, cari tahu program mana yang cocok dan upgrade kemampuan bahasa Inggris-mu sekarang!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

 

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!