Mengenal Jenis-jenis Teks Bahasa Inggris Beserta Struktur & Contohnya

Teks bahasa Inggris

Rain is one of the natural phenomena that have a function for life on earth. 

Kalimat di atas adalah contoh general statement dari explanation text, yaitu salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris. Kalau teks eksplanasi hanya salah satunya, berarti ada berapa jenis text bahasa Inggris, dong? Nah, ternyata ada lebih dari 10 jenis teks bahasa Inggris, dan kita akan bahas di artikel ini!

--

Reading merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam tes kemahiran bahasa Inggris seperti pada TOEFL atau pun IELTS. Nah, kalau berbicara tentang reading pasti tak lepas dari yang namanya kalimat dan teks bahasa Inggris.

Sebelumnya kita sudah belajar mengenai types of sentence atau tipe-tipe kalimat dalam bahasa Inggris. Yha, rasanya kayak ada yang kurang kalau kamu nggak menambah pengetahuan tentang apa saja, sih, jenis text bahasa Inggris? 

Pada umumnya, macam-macam teks yang akan kamu pelajari di artikel ini nggak jauh berbeda dengan jenis teks dalam bahasa Indonesia. Masing-masing teks tersebut memiliki tujuan/fungsi sosial masing-masing. Jadi, yuk kita cari tahu definisi, fungsi, struktur, dan contoh paragraf dari setiap teks-nya!

 

Pengertian Teks

Teks adalah sebuah tulisan yang disusun dengan kalimat yang memiliki konteks. Kalau dalam teori sastra, teks adalah segala benda yang dapat “dibaca”, baik benda tersebut berupa karya sastra, tanda jalan, atau gaya pakaian. 

Tapi, dalam hal ini, cakupannya hanya akan seputar “tulisan” saja ya, guys. Maka dari itu, setiap teks bahasa Inggris memiliki struktur dan kaidah kebahasaan (language feature) dalam penulisannya.

 

Jenis-jenis Teks Bahasa Inggris 

Sebetulnya, ada 14 jenis teks bahasa Inggris yang harus kamu pahami secara keseluruhan. Namun, yang populer digunakan atau dibaca dalam kehidupan sehari-hari hanya ada beberapa teks saja, seperti descriptive text, explanation text, recount text, narrative text, report text, news item text, procedure text, dan review text

 

Jenis teks bahasa Inggris

 

Tapi, will be better kalau mempelajari semuanya. Siapa tahu nanti muncul di ujian sekolah atau tes kemahiran bahasa Inggris. Who knows? Okay, here we go! Ini dia jenis-jenis teks bahasa Inggris:

1. Descriptive Text 

Descriptive text bertujuan untuk menggambarkan/menjelaskan kepada pembaca mengenai seseorang, tempat, benda, hewan, dan hal lainnya secara detail. Pada teks ini, suatu objek akan dipaparkan secara rinci. Fungsinya supaya pembaca bisa membayangkan bagaimana bentuk, suasana, atau wujud dari suatu objek.

Struktur dari descriptive text adalah identification dan description. Contoh teks ini biasanya memang cukup panjang karena harus mendetail. Berikut contoh potongan paragraf dari teks deskripsi:

Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight steps like a stone terrace. The first five terraces are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculptures in bas-relief.

(Borobudur terkenal di seluruh dunia. Konstruksinya dipengaruhi oleh arsitektur Gupta India. Candi ini dibangun di atas bukit setinggi 46 m dan terdiri dari delapan anak tangga seperti teras batu. Lima teras pertama berbentuk bujur sangkar dan dikelilingi oleh dinding yang dihiasi dengan patung Buddha di relief.)

Jika ingin mempelajari mengenai kaidah kebahasaan dan juga contoh teks yang lebih lengkap, kamu bisa kunjungi artikel Teks Deskripsi dalam Bahasa Inggris: Definisi, Struktur, dan Contoh

 

2. Explanation Text

Sederhananya, descriptive text itu berisi mengenai penjelasan yang menjawab pertanyaan "what" atau "apa". Nah, explanation text adalah jenis teks untuk menjawab pertanyaan "how", alias bagaimana. Jadi, teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan bagaimana suatu hal bisa terjadi, sifatnya logis dan mendetail. 

Umumnya explanation text digunakan banyak orang untuk memaparkan fenomena alam, sosial, dan juga budaya. Supaya pembaca bisa semakin mudah untuk memahami isi teks, biasanya sang penulis akan melengkapi teks dengan gambar yang relevan. Struktur dari explanation text adalah general statement, explanation, dan ada juga yang menambahkannya dengan conclusion.

Contoh explanation text adalah sebagai berikut:

Rain is one of the natural phenomena that have a function for life on earth. Rain can occur because of a cycle called the hydrological cycle which is a process of circulating water that moves from the atmosphere to the earth, and vice versa. Rain doesn't just happen, it goes through 3 stages.

(Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang memiliki fungsi bagi kehidupan di bumi. Hujan dapat terjadi karena suatu siklus yang disebut siklus hidrologi yaitu suatu proses sirkulasi air yang bergerak dari atmosfer ke bumi, dan sebaliknya. Hujan tidak terjadi begitu saja, melewati 3 tahap.)

Yap, tentunya paragraf tersebut belum masuk ke inti pembahasan. Kamu bisa melihat teks lengkapnya melalui artikel Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Struktur, dan Contoh ya!

 

Supaya kemampuan reading text bahasa Inggris-mu semakin keren, yuk, tingkatkan skill bahasa Inggris kamu melalui English Academy! Jangan khawatir, kalau masih bingung kelas English Academy itu seperti apa, ada Live Teaching gratis-nya, kok! Nanti, kamu akan berkenalan dengan sistem kelas dan juga pengajar lokal serta internasional secara interaktif. Apakah kamu yang akan jadi bagian dari kelas gratis tersebut?

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

 

3. Recount Text 

Kamu hobi mengabadikan pengalaman melalui tulisan? Nah, berarti recount text bisa jadi salah satu teks yang cocok untuk kamu tulis. Jadi, recount adalah teks yang menjelaskan cerita/pengalaman dari kejadian lampau, misal cerita traveling, mengikuti lomba, dan lain-lain.  Struktur teks recount adalah orientation, series of event, kemudian diakhiri dengan reorientation.

Anyway, tenang saja! English Academy sudah menuliskan artikel pembahasan recount text yang lebih mendalam. Kamu bisa belajar di artikel Recount Text: Definisi, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya ya! 

kalau sudah membacanya, pasti kamu nggak akan kesulitan untuk menjawab, kira-kira paragraf di bawah ini termasuk contoh teks recount jenis apa, sih?

Yesterday, my family and I went to the National Zoo and Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals. In the morning, when we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so we had to wait awhile to get in.

(Kemarin, saya dan keluarga saya pergi ke Kebun Binatang dan Akuarium Nasional untuk mengunjungi anak macan salju yang baru dan hewan lainnya. Di pagi hari, ketika kami sampai di Kebun Binatang dan Akuarium ada antrean besar, jadi kami harus menunggu beberapa saat untuk masuk.)

 

4. Narrative Text (Teks Naratif)

Apakah kamu sering mendengarkan kisah Cinderella dan sepatu kacanya? Yap! Itu merupakan salah satu contoh dari narrative text atau narasi yang bersifat fiktif dan menghibur. Narrative text merupakan sebuah teks yang biasa dijadikan sebagai bahan story telling atau dongeng bahasa Indonesia mau pun bahasa Inggris. 

Generic structure dari narrative text adalah orientation, complication, resolution, dan yang terakhir reorientation. Ingin lihat ciri khas dari narrative text? Contohnya seperti ini:

Once upon a time there lived a little girl named Snow White. He lives with his Aunt and Uncle because his parents are dead. One day he heard his Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn't have enough money to take Snow White.

(Dahulu kala hiduplah seorang gadis kecil bernama Putri Salju. Dia tinggal bersama Bibi dan Pamannya karena orang tuanya sudah meninggal. Suatu hari dia mendengar Paman dan Bibinya berbicara tentang meninggalkan Putri Salju di kastil karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk membawa Putri Salju.)

Kamu bisa menemukan penjelasan lebih lanjut mengenai teks naratif di artikel Narrative Text: Definisi, Struktur, dan Contohnya

 

5. Report Text

Kalau membaca kata "report", biasanya kita akan langsung teringat dengan "laporan". Yap, teks ini digunakan untuk menuliskan laporan/informasi dari suatu objek, atau bisa juga dari hasil penelitian. Hmm, apa bedanya dengan descriptive text?

Kalau tujuan dari teks deskripsi itu menceritakan sesuatu secara detail dan lebih spesifik. Nah, dalam report text, sebuah objek akan digambarkan secara umum. Contohnya adalah mengenai "My Cat", lalu kamu menuliskan bagaimana warna kucing itu, siapa namanya, apa jenisnya, bagaimana ciri-cirinya, etc.

Teks report akan memberikan deskripsi terhadap "Cat" pada umumnya. Misal kakinya ada berapa, bagian tubuhnya ada apa saja, and many more. Dalam teks ini, generic structure yang akan kamu temukan adalah  general classification dan description. Berikut contoh paragrafnya:

Online games are a type of computer game that utilizes the internet network. This type of game can be accessed by game lovers directly from the company's system via the internet network on computers, laptops, tablets, or cellphones. In addition, online games can be played together with other game players (players/gamers) and communicate directly between fellow players in the same game. Examples of online games that are currently most in demand include Mobile Legend, Free Fire, PUBG, etc.

(Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet. Jenis game ini dapat diakses oleh pecinta game langsung dari sistem perusahaan melalui jaringan internet di komputer, laptop, tablet, atau ponsel. Selain itu, game online dapat dimainkan bersama-sama dengan pemain game lain (pemain/gamer) dan berkomunikasi secara langsung antar sesama pemain dalam game yang sama. Contoh game online yang saat ini paling laris antara lain Mobile Legend, Free Fire, PUBG, dsb.)

 

6. News Item Text

Sudah belajar tentang WH Questions belum? Jika sudah, maka kamu nggak akan kesulitan untuk belajar tentang news item text. Jadi, teks yang satu ini berisi informasi yang layak untuk dijadikan berita. Penulis akan menyampaikan fakta mengenai terjadinya suatu peristiwa atau kejadian yang penting, dengan tujuan audiens dapat lebih update. 

Struktur news item text terdiri dari main event, elaboration, dan resource of information. Biasanya teks ini akan dilengkapi juga dengan gambar yang menarik perhatian pada bagian headline. Bagaimana, sih, contoh dari news item text? Ini dia beberapa kalimatnya:

Ukraine war: First grain ship out of Ukraine reaches Turkish waters

The Razoni, which is carrying 26,000 tonnes of corn, will be inspected on Wednesday morning before continuing its journey to Lebanon. Russia has been blockading Ukraine's ports since it invaded in February, intensifying global food shortages.

(Razoni, yang membawa 26.000 ton jagung, akan diperiksa pada Rabu pagi sebelum melanjutkan perjalanannya ke Lebanon. Rusia telah memblokade pelabuhan Ukraina sejak menginvasi pada Februari, mengintensifkan kekurangan pangan global.)

Tentunya informasi di atas belum lengkap, guys. Jika ingin meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris, kamu bisa, lo, berlatih membaca berita bahasa Inggris, salah satunya melalui situs bbc.com. 

 

7. Procedure Text

"How to make Rendang"
(Bagaimana cara membuat Rendang.)

Kamu pasti nggak asing dengan judul teks di atas, bukan? Itu, lo, yang biasa muncul sebagai judul dari procedure text. Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel teks prosedur bahasa Inggris, procedure text berisi penjabaran tentang pembuatan sesuatu hal. Kalau dalam bahasa Indonesia, biasa disebut juga dengan "tutorial".

So, teks ini akan berfokus kepada step by step yang harus audiens ikuti. Generic structure of procedure text is aim/goal (tujuan), ingredients/materials (bahan dan alat), terakhir steps/method (langkah-langkah). Contoh:

How to Clean Car Interior Fast 

Car interior should be cleaned regularly to maintain cleanness, freshness, and healthiness inside the car. In order to save time, here is how to clean your car interior fast.

(Cara Membersihkan Interior Mobil Dengan Cepat
Interior mobil harus dibersihkan secara berkala untuk menjaga kebersihan, kesegaran, dan kesehatan di dalam mobil. Agar menghemat waktu, berikut ini cara membersihkan interior mobil dengan cepat.)

Paragraf di atas tentu hanya bagian aim/goal saja. Kamu bisa menjadikannya sebagai contoh soal untuk berlatih. Yuk, lanjutkan pada bagian materials dan steps!

 

8. Exposition Text

Senang beropini atau memberikan ide tentang topik yang sedang hangat dibicarakan? Berarti kamu cocok untuk menuliskannya dalam teks eksposisi. Jadi, exposition text merupakan teks yang berisi sebuah argumen atau pendapat dalam menanggapi isu yang ramai terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Tujuan utamanya adalah memberitahu pembaca mengenai peristiwa/kasus penting. Namun, tak jarang teks ini memicu berbagai jenis pro kontra. Maka dari itu, kamu harus pandai untuk mempertanggungjawabkannya. Struktur teks eksposisi adalah thesis, argument, terakhir reiteration. Contoh paragraf yang menggambarkan exposition text:

Most adult Indonesian or foreigners have known and admitted that corruption happens in many places. The daily newspapers, news programs on TV and radio have reported that corruption is done everywhere, almost in all departments or public services of this country. Corruptions happen in health, education departments and banks. When we manage to get some documents in public service offices, we usually need a lot of money to pay. Manipulations happen everywhere.

(Kebanyakan orang dewasa Indonesia atau orang asing telah mengetahui dan mengakui bahwa korupsi terjadi di banyak tempat. Surat kabar harian, program berita di TV dan radio melaporkan korupsi dilakukan di mana-mana, hampir di semua departemen atau layanan publik negara ini. Korupsi terjadi di departemen kesehatan, pendidikan, dan bank. Ketika kita berhasil mendapatkan beberapa dokumen di kantor layanan publik, biasanya kita membutuhkan banyak uang untuk membayar. Manipulasi terjadi di mana-mana.)

 

9.  Discussion Text

Nggak jauh berbeda dengan exposition text, ada juga discussion text yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan opini/argumen dari isu yang terjadi. Bedanya, dalam teks ini bisa diisi dengan pendapat yang berasal lebih dari satu orang.

Selain itu, penulis juga akan memberikan sudut pandang mana yang ia setujui, dan mana yang ia sanggah. Sederhananya, discussion text bersifat lebih in depth dalam membahas suatu isu. Generic structure of discussion text adalah statement of issue, supporting points, contras points, dan recommendation.

Contoh teksnya:

Nuclear energy is commonly offered as an alternative to overcome the crisis of energy. The debate of whether the use of nuclear energy is an appropriate choice has not come to an end. Some people agree with the utilization of it because of its benefits. Some others, however, disagree because of its risks to the environment. 

(Energi nuklir umumnya ditawarkan sebagai alternatif untuk mengatasi krisis energi. Perdebatan apakah penggunaan energi nuklir merupakan pilihan yang tepat belum berakhir. Beberapa orang setuju dengan pemanfaatannya karena manfaatnya. Beberapa yang lain, bagaimana pun, tidak setuju karena risikonya terhadap lingkungan.)

 

10. Review Text

Sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, menonton atau membaca sebuah karya, dan juga membeli suatu barang, biasanya seseorang akan mengecek ulasan atau review-nya terlebih dahulu. Nah, dalam bahasa Inggris, ada teks-nya juga, guys.

Review text adalah sebuah tulisan yang berisi ulasan, evaluasi, tinjauan, atau penilaian dari sebuah produk. Dalam hal ini, produk bisa mengacu pada banyak hal, mulai dari publikasi berbentuk buku, film, musik, video, etc. Ada empat struktur review text, yaitu introduction, evaluation, interpretative, kemudian ditutup dengan evaluation summary.

Contohnya dari review text bisa kamu lihat pada artikel Review Text: Definisi, Struktur, Tujuan, dan Contohnya

 

11. Announcement Text

Ini merupakan teks yang jarang dipelajari dalam bahasa Inggris. As we know, announcement artinya adalah "pengumuman" atau "pemberitahuan." Kesimpulannya, announcement text adalah sebuah tulisan yang berisi tentang pengumuman suatu acara atau pemberitahuan pada umum.

Pengumuman tersebut bisa kamu temukan di papan pengumuman, koran, majalah, maupun di tempat-tempat umum lainnya. Struktur announcement text yaitu:

  • Judul (title) Isi (body), dapat berupa tanggal atau waktu (date or time)
  • Tempat (place)
  • Informasi penting yang disampaikan (what info)
  • Orang yang dapat dihubungi (contact person) atau pembuat pengumuman

12. Anecdote Text

Anecdote text adalah jenis teks lisan atau tertulis yang berhubungan dengan kejadian masa lalu. Tapi, kalau teks anekdot khusus berisi cerita tentang kejadian tidak biasa terjadi (unik) dan juga lucu. 

Tujuannya, sih, sama dengan recount text, yaitu untuk menghibur pembaca. Generic structure teks anekdot adalah (1) Abstract, (2) Orientation, (3) Crisis, (4) Reaction, and (5) Coda (optional). Contoh anecdote text:

One morning, a man was crossing a narrow bridge. When he saw a fisherman under him on the shady bank of the deep smooth river he stopped to watch him quietly.

He saw that the fisherman took it off the hook and caught a big fish. But he threw it back into the water. Then he put his hook and line in again. After a minute he caught a rather big fish. Again, he threw it back into the river. Then the third time, he caught a small fish. He put it into his basket and started to get ready to go. The man on the bridge was very surprised, so he spoke to the fisherman. He asked why he threw those beautiful big fishes back into the water and just kept only the small one.

The fisherman looked up and answered, “I only have a frying pan”

Oh poor fisherman!

(Dia melihat nelayan itu melepaskan kailnya dan menangkap ikan besar. Tapi dia melemparkannya kembali ke air. Kemudian dia memasukkan kail dan talinya lagi. Setelah satu menit dia menangkap ikan yang agak besar. Sekali lagi, dia melemparkannya kembali ke sungai. Kemudian ketiga kalinya, dia menangkap seekor ikan kecil. Dia memasukkannya ke dalam keranjangnya dan mulai bersiap-siap untuk pergi. Pria di jembatan itu sangat terkejut, jadi dia berbicara kepada nelayan itu. Dia bertanya mengapa dia melemparkan kembali ikan-ikan besar yang indah itu ke dalam air dan hanya memelihara yang kecil saja.

Nelayan itu mendongak dan menjawab, “Saya hanya punya penggorengan biasa.”

Wahai nelayan yang malang!)

 

13. Spoof Text

Kalau kamu pecinta jokes dan juga plot twist, maka spoof text bisa jadi bacaan yang pas. Spoof text adalah cerita yang di akhir bagiannya terdapat twist atau kejutan. Tentunya spoof text juga berfungsi untuk menghibur pembaca melalui ceritanya. Kamu dapat menikmati cerita tersebut dalam 3 struktur, yaitu orientation, events, dan twist

Ingin melihat contoh spoof text? Yuk, kunjungi artikel Spoof Text: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

 

14. Advertisement Text

Pernah baca tulisan berisi pengenalan suatu produk yang diiklankan? Kalau pernah, artinya kamu sudah mengenal tentang advertisement textYap, ini adalah teks iklan yang bertujuan agar pembaca tertarik untuk membeli produk dari suatu brand. Struktur dari advertisement text biasanya hanya judul dan explanation. Contoh advertisement text:

English Academy Hot Promo!

Get the easiness to join English Academy and meet your native teacher!
Without Down Payment
Plus 3 month discount payment

Only Rp18.000,- / sessions!
Get a scholarship preparation e-book for those of you who join today!

 

Meskipun jenis teks bahasa Inggris-nya cukup banyak, kamu nggak perlu galau, ceilah. Soalnya, English Academy kan sudah memberikan penjelasan masing-masing jenis teks yang populer pada artikel terpisah. Jadi, kamu bisa belajar dengan lebih detail melalui artikel tersebut.

Dari semua text bahasa Inggris di atas, mana nih teks yang jadi favoritmu? Yuk, coba spill di kolom komentar. Sekalian deh, kalau kamu punya rekomendasi judul tulisan atau bacaannya, boleh banget kasih tau temen-temen pembaca setia English Academy ya!

By the way, penasaran nggak, kira-kira kemampuan bahasa Inggris kamu sejauh apa, sih? Mau tes, tapi bingung harus tes ke mana? Nggak usah khawatir, ada fitur Placement Test gratis dan bersertifikat dari English Academy, nih! Cukup dengan klik gambar di bawah, kamu bisa melakukan tes hanya melalui handphone/laptop kesayangan, kapan pun dan di mana pun! Yakin nggak nyoba?

New call-to-action

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.