Announcement Text: Definisi, Struktur, dan Contoh Teks

announcement text

“Prom night party announcement!”

Kalau lihat judul announcement text di atas, sepertinya kamu akan auto mikir, “Hmm, pake baju apa ya nanti?” Memang penting, sih, memikirkan outfit untuk datang ke pesta. Tapi, lebih penting lagi buat belajar apa itu announcement text, bestie. Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

--

Kamu pernah nggak, lagi naik kereta api, lalu tiba-tiba kondektur memberikan pengumuman bahwa kereta api yang kamu tumpangi hampir tiba di stasiun tujuan? Kalau pernah, pasti familiar dengan yang namanya announcement, dong?

Yap, announcement artinya pengumuman. Oh ya, announcement ada yang berbentuk lisan dan juga tulisan. Kali ini English Academy akan membahas yang versi tulisan, alias announcement text.

Sama seperti teks lainnya yang sudah pernah dibahas dalam artikel jenis teks bahasa Inggris, announcement text pun memiliki struktur dan kaidah kebahasaannya, lo. Yuk, kupas tuntas materi mengenai announcement text, lengkap beserta contohnya!

 

Apa Itu Announcement Text?

Announcement text atau teks pengumuman adalah sebuah pernyataan tertulis berupa public declaration yang bersifat publik alias ditujukan untuk khalayak umum. Biasanya, isi dari announcement text bisa berupa suatu fakta, kejadian, event, atau informasi yang dianggap penting.

Singkatnya, dalam bahasa Inggris, announcement text adalah “official notification” atau pemberitahuan resmi mengenai suatu hal.

Misal, kalau di sekolah tak jarang kamu akan menemukan berbagai informasi penting yang ditempel di mading (majalah dinding) atau papan pengumuman kelas . Entah itu pengumuman tentang event sekolah, announcement mengenai lomba, annual event, and many more.

 

Apa Tujuan/Fungsi Announcement Text?

Tujuan a.k.a social function dari announcement text adalah untuk mengumumkan suatu informasi secara resmi sehingga khalayak yang membaca pengumuman dapat menerima informasi sesuai dengan fakta yang ada.

Oh ya, kalau announcement text-nya berisi tentang event, maka event-nya kemungkinan sudah terjadi atau baru akan terjadi di masa yang akan datang.

 

Announcement! English Academy punya program yang bisa bantu kamu mengenali kemampuan bahasa Inggris-mu secara gratis! Nggak cuma itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat dan berkesempatan untuk konsultasi dengan Personal Consultant English Academy. Yakin nggak mau coba?

Placement Test English Academy

 

Berapa Jenis Announcement Text?

Sebetulnya announcement text ada banyak jenisnya, tergantung kamu ingin mengumumkan hal apa kepada publik. Namun, beberapa jenis announcement text yang sering kita temukan di antaranya seperti business announcement, school agenda, school event announcement, graduation announcement, birth announcement, company announcement, marriage and wedding announcement, dan masih banyak lagi.

 

Ciri-ciri dari Announcement Text

Jangan sampai pemahaman mengenai announcement text tertukar dengan jenis teks lainnya. Maka dari itu, yuk, pahami karakteristik atau ciri-ciri dari announcement text:

1. Memuat informasi yang singkat, padat, dan jelas.
2. Dapat menjawab pertanyaan what, when, where, dan how.
3. Umumnya dilengkapi dengan call to action atau seruan pada pembaca untuk melakukan sesuatu.


Apa Saja Struktur Teks Announcement? (Generic Structure of Announcement Text)

Yap, seperti jenis teks yang lain, announcement text juga memiliki generic structure tersendiri. Generic structure of announcement text terdiri dari opening, content, dan juga closing.

 

generic structure of announcement text

 

1. Opening atau pembuka

Ini adalah struktur pertama dalam announcement text. Secara umum, bagian opening dari announcement text akan ditandai dengan judul (title/type of event), greeting, tujuan pengumuman, atau garis besar yang akan disampaikan dalam isi pengumuman. Kamu dapat menuliskan judul dengan menarik agar menarik perhatian banyak orang untuk membaca pengumuman tersebut.

2. Content alias isi

Yap, sudah pasti ini merupakan bagian inti dari announcement text. Oh ya, tak jarang bagian content disebut juga dengan explanation, guys. Kamu bisa menuangkan informasi detail di sini untuk menjawab pertanyaan apa, di mana, kapan, dan bagaimana.

3. Closing a.k.a penutup

Sebetulnya pada penutup isinya cukup beragam. Di sini, kamu bisa menuliskan imbauan, tambahan informasi, contact person, media sosial, call to action, ucapan terima kasih, dan juga salam penutup.

 

Media untuk Menuliskan Announcement Text

Kalau berbicara soal media, di era modernl saat ini tentu banyak sekali yang bisa jadi perantara untuk mempublikasikan announcement text. Kalau pengumuman yang berbentuk lisan/audio, kita dapat mendengarnya melalui media elektornik seperti radio.

Untuk announcement text sendiri, dapat dengan mudah kita baca di media visual seperti newspaper, magazine, billboard, atau mading sekolah. Eits, tapi, di era digital saat ini kamu tentu bisa melihat announcement text melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, and many more.

 

Kaidah Kebahasaan (Language Features Announcement Text)

Kaidah kebahasaan dalam announcement text cukup mudah, kok. Ini language features dari announcement text:

 

kaidah kebahasaan language features announcement text

 

1. Simple present tense

Tenses yang berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian, event, atau fakta yang berlangsung di masa sekarang. Kamu bisa pelajari lebih lanjut mengenai tenses ini dalam artikelpengertian, rumus, dan contoh simple present tense ya!

2. Simple future tense

Nah, announcement text juga erat kaitannya dengan kejadian atau event yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Misal kamu ingin mengumumkan rencana pernikahan pada teman-teman, nggak mungkin dong, pengumumannya baru disampaikan setelah pernikahannya terlaksana? Hehe.

3. Imperative sentence atau kalimat perintah

Kamu pernah membaca kalimat seperti ini nggak, “Join us and wear the dresscode properly!”

Yap, itu salah satu contoh dari imperative sentence yang ditujukan untuk pembaca. Jenis kalimat yang satu ini biasanya muncul pada announcement text yang berisi tentang imbauan atau undangan suatu acara.


4. Declarative sentence

Berdasarkan penjelasan dalam artikel types of sentences bahasa Inggris, declarative sentence adalah kalimat untuk mengungkap pernyataan, menyampaikan fakta, atau menjelaskan suatu kejadian.

Nah, ini sesuai dengan salah satu fungsi dari announcement text, yaitu menyampaikan informasi pada khalayak umum. Contoh begini:

“To face the National Sport Day, our school will prepare the School Sport Team.”

Kalimat di atas hanya berupa informasi dari sekolah pada seluruh murid, dan ciri yang paling terlihat adalah selalu diakhiri dengan tanda titik (fullstop).

5. Perubahan Verb jadi Noun dengan Suffix (Akhiran Kata)

Masih ingat apa itu suffix? Kalau lupa, intip-intip lagi materinya di artikel Pengertian & Macam-Macam Bentuk Suffix ya! Singkatnya, suffix adalah imbuhan yang ada di akhir sebuah kata.

Terdapat beberapa verb yang berubah menjadi noun dan sering kita temukan dalam announcement text. Misal untuk pengumuman tentang lomba, tak jarang kosakata yang digunakan adalah competition. Nah, competition berasal dari verb “compete” dengan akhiran -tion. Ketika ditambahjan suffix, maka ia berubah bentuk menjadi noun dengan kosakata competition.

 

Tips dan Trick/Cara Membuat Announcement Text

Untuk membuat teks pengumuman, kamu bisa perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya informasi yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pembaca:

1. Mudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi secara cepat.
2. Keep it short, buat seseorang yang membaca merasa “tertarik”, dan sampaikan informasi secara to the point.
3. Tulis secara jelas, lengkap disertai tanggal dan waktu.
4. Untuk bad information (seperti pengumuman orang meninggal, orang hilang, etc), tak perlu mencantumkan berbagai statement yang bertele-tele.

 

Example of Announcement Text (Contoh Pengumuman/Contoh Announcement text)

Yuk, lihat contoh announcement text singkat dan artinya berikut ini!

Contoh Announcement Text "School Agenda"

English Speech Contest

For all students of Ruang Raya School, in celebrate “Bulan Bahasa” and school anniversary, we announce an event called the “English Speech Contest.”

Time : Monday, 29th August 2022
Place : English Laboratory

Each class should register at leaset one student with one of these following topics:
1. The Advantages of Learning English
2. The Difficulties of Learning English
3. The Effective Ways of Learning English

For classes that do not take part in this event will be fined Rp200.000,-. So, join us and prepare your best delegate!

For further information, visit the committee of this English Speech Contest in English Student Room, or you can contact through Instagram @englishspeechcontest.


Artinya

Lomba Pidato Bahasa Inggris

Kepada semua siswa Sekolah Ruang Raya, dalam rangka merayakan momen “Bulan Bahasa”, kami mengumumkan sebuah acara bernama “Lomba Pidato Bahasa Inggris”.

Waktu : Senin, 29 Agustus 2022
Tempat : Laboratorium Bahasa Inggris

Setiap kelas harus mendaftar setidaknya satu siswa dengan salah satu topik berikut ini:
1. Keuntungan Belajar Bahasa Inggris
2. Kesulitan Belajar Bahasa Inggris
3. Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Bagi kelas yang tidak mengikuti acara ini akan dikenakan denda sebesar Rp200.000,-. Jadi, bergabunglah bersama kami dan siapkan delegasi terbaik Anda!

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi panitia Lomba Pidato Bahasa Inggris di Ruang Siswa Bahasa Inggris ini, atau dapat menghubungi melalui Instagram @englishspeechcontest.

 

Contoh Announcement Text "School Competition"

Art Festival Competition

In commemoration of the 25th anniversary of Art School, we proudly present an Art Festival Competition. 

Time: 24-28 August 2022
Place: School
Participant: 12th Graders

List of competitions (choices of competitions):

- Musical competition
- Poetry competition
- Theatre competition
- Special bazaar

To make a successful event, please join a class meeting tomorrow, 15 August 2022 in the student council room after school hours (03.00 p.m). See you!


Artinya

Kompetisi Festival Seni

Dalam rangka memperingati 25 tahun Art School, dengan bangga kami mempersembahkan Art Festival Competition.

Waktu: 24-28 Agustus 2022
Tempat: Sekolah
Peserta: Siswa kelas 12

Daftar lomba (pilihan lomba):
- Kompetisi musik
- Lomba puisi
- Kompetisi teater
- Bazar spesial

Untuk menyukseskan acara, silakan ikuti pertemuan kelas besok, 15 Agustus 2022 di ruang OSIS setelah pulang sekolah (pukul 15.00). Sampai jumpa!

 

Yeay, nggak nyangka kan, kalau teks pengumuman alias announcement text yang sering kamu baca selama ini ternyata dipelajari khusus dalam materi bahasa Inggris. Bukan sembarang teks, karena ternyata ada kaidah kebahasan alias language features yang perlu diperhatikan juga.

Well, setelah membaca ini, kira-kira kamu ingin menulis teks pengumuman tentang apa? Jangan lupa ikuti strukturnya supaya isi announcement text kamu mudah dipahami ya! Last but not least, English Academy mau kasih satu pengumuman lagi, nih. Jadi…

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris secara interaktif langsung sama pengajar lokal dan internasional, selalu ingat English Academy yah! Soalnya, kurikulum di kelas English Academy berstandard internasional. Kalau belum percaya, coba join dulu Trial Class Gratis-nya. Caranya? Simple, coba klik gambar di bawah ini, yuk!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy


 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.