Complex Sentence: Adjective Clause Beserta Contoh

EA - Complex Sentence using Adjective Clause-01

Complex sentences ternyata bisa dibangun menggunakan adjective clause juga lho. Kayak gimana ya? Yuk simak artikel berikut ini!

- -

Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang harus kamu kuasai untuk meningkatkan kemampuanmu adalah complex sentences atau kalimat kompleks bahasa Inggris. Di dalam kalimat kompleks bahasa Inggris, terdapat dua klausa, yaitu klausa bebas atau klausa utama (independent clause/main clause) dan klausa terikat (dependent clause/subordinate clause). 

Gunanya kamu memahami materi tentang complex sentences adalah kalimat bahasa Inggris yang kamu buat atau ucapkan, akan lebih efektif, lebih rapi, dan memperlancar komunikasi. Karena hal tersebut, kalau kamu tes TOEFL dan/atau IELTS, penggunaan complex sentence bakal ngasih kamu skor yang besar. Terlebih kalau kamu gunakan ketika ngobrol dengan native speaker, mereka akan lebih merasa dihargai karena kemampuanmu menggunakan bahasa Inggris sudah masuk ke tingkat advance.

Anyway, mungkin kamu udah pernah mempelajari complex sentence sebelumnya. Biar nggak lupa, yuk pahami lagi materinya. Jadi dalam complex sentence ada main clause dan subordinate clause. Untuk menghubungkan kedua klausa ini, kamu bisa menggunakan konjungsi (kata hubung) atau relative pronouns. Nah, klausa subordinatif yang menggunakan relative pronouns disebut juga sebagai relative clause. Relative clause sendiri juga bisa disebut sebagai adjective clause. Kok bisa yah? Sebelumnya, kita pahami dulu deh, apa itu adjective clause.

Adjective clause adalah sebuah dependent clause yang digunakan sebagai kata sifat dalam sebuah kalimat. Pada dasarnya, dalam kalimat kompleks bahasa Inggris, relative clause berfungsi untuk menjelaskan kata benda atau frasa benda yang ada dalam kalimat tersebut. Nah, fungsi ini juga ada pada adjective clause. Adjective clause biasanya dimulai dengan relative pronouns (kata ganti relatif). Perhatikan gambar berikut ini:

 

complex sentence adjective clause

 

Perlu kamu pahami juga, terdapat berbagai macam jenis adjective clause yang terdapat pada complex sentence. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Noun phrase modifiers

Sederhananya, noun phrase modifiers adalah kata, frasa atau klausa yang menggambarkan sebuah kata benda, termasuk kata ganti dan frasa benda. Berikut adalah contoh-contoh kalimat kompleks bahasa Inggris yang adjective clause dalam jenis noun phrase modifiers:

 

  • Harry Potter is the boy who lived.
  • The soup, which I ate, reminded me of home.
  • My professor is the woman to whom you should have emailed the instructions.
  • The neighbor whose roses you ran over with the lawn mower called the cops on you.



2. Verb phrase modifiers

Seperti sebelumnya, adjective clause memiliki fungsi untuk menggambarkan kata, frasa atau klausa. Kali ini yang digambarkan adalah kata kerja, frasa kerja atau klausa kerja. Namun, perlu diketahui bahwa bentuk kata kerja yang bisa digambarkan oleh adjective clause hanya dalam bentuk present participles atau verb-ing. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

 

  • Reading, which is one of my favorite activities, keeps the mind sharp.
  • I enjoy writing poetry, which I do almost every single day.
  • The hardest part about learning grammar, which I thoroughly enjoy, is memorizing all the rules and exceptions.



3. Prepositional phrase modifiers

Adjective clause juga dapat menggambarkan frasa preposisi. Hal ini untuk mempertegas konteks tempat yang sedang dibicarakan dalam kalimat. Berikut adalah contoh kalimat kompleks yang menggunakan adjective clause sebagai prepositional phrase modifiers:

 

  • Between eight and nine, which is a reasonable time frame, is when employees must arrive.
  • After seven, which is usually also after dinner, is a good time to call.
  • You must clean under the bed, which is covered with dust.



4. Noun clause modifiers

Selain frasa benda, klausa benda juga dapat digambarkan dengan menggunakan adjective clause. Klausa benda merupakan gabungan antara subjek dengan predikat yang berfungsi sebagai kata benda. Berikut adalah contohnya:

 

  • That the museum cancelled the lecture, which is quite surprising, disappoints me.
  • How the clouds drifted on that July afternoon, which still makes me smile, may never happen again.
  • For you to not graduate from college now, which would be such a shame, is out of the question.

 

5. Nonrestrictive

Nonrestrictive adjective clause dikenal juga dengan sebutan nonessential adjective clause. Klausa ini berfungsi untuk menambahkan informasi mengenai kata benda yang disebutkan. Berikut contoh kalimatnya:

My older brother's car, which he bought two years ago, has already needed many repairs.

 

6. Restrictive

Berbeda dengan sebelumnya, restrictive adjective clause bersifat penting untuk ada dalam kalimat. Selain itu, klausa ini harus ada untuk bisa menjelaskan konteks kalimat. Contohnya adalah sebagai berikut:

The room that you reserved for the meeting is not ready.

Nah, itulah beberapa jenis adjective clause dalam complex sentence yang harus kamu pahami. Selain melihat contoh-contohnya, penting untuk kamu aplikasikan dalam percakapanmu. Supaya kamu makin paham dan bisa ningkatin kemampuanmu berbicara dalam bahasa Inggris.

Oh iya, kalau kamu masih ada pertanyaan seputar kalimat dalam bahasa Inggris, bisa lho gabung dengan English Academy. Nggak cuma bakal belajar dengan kurikulum cambridge, kamu juga akan belajar bersama native speaker yang berpengalaman. Yuk gabung sekarang juga!

English Academy

Referensi:

English Practice. ND. (online at) https://www.englishpractice.com/improve/complex-sentences-adjective-clauses/ [accessed 30 August 2022]

English Grammar. 2011. (online at) https://www.englishgrammar.org/formation-complex-sentence-adjective-clause/ [accessed 30 August 2022]

Knowledgebeem. 2019. (online at) https://knowledgebeem.com/complex-sentence-exercise-of-adjective-clause/ [accessed 30 August 2022]

Johnson, Heather. 2013. (online at) https://parentingpatch.com/grammatical-functions-english-adjective-clauses/ [accessed 30 August 2022]

Nordquist, Richard. 2019. (online at) https://www.thoughtco.com/what-is-adjective-clause-p2-1689063 [accessed 30 August 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.