Complex Sentences: Definisi, Contoh beserta Terjemahan

complex sentence adalah

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan menggunakan kalimat kompleks bahasa Inggris atau complex sentence ketika menulis dan berbicara. Yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini!

- -

Siapa di sini yang lagi persiapan IELTS atau TOEFL baik untuk kebutuhan kerja atau kuliah? Apakah kamu salah seorang dari mereka yang lagi melakukan persiapan dan berharap-harap cemas supaya bisa mendapatkan hasil yang terbaik? Terus bingung persiapan apa aja yang dibutuhkan sebelum mengambil tesnya? Tahu nggak ada satu tips yang bisa ngebantu kamu untuk mendapatkan skor tinggi dalam tes menulis dan tes berbicara dalam bahasa Inggris? Yaitu menggunakan complex sentences.

 

Definisi Complex Sentences

But what is a complex sentence? Complex sentence adalah kalimat kompleks dalam bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat satu klausa induk atau klausa bebas, dan setidaknya terdapat satu buah klausa terikat atau klausa subordinatif. Di dalam complex sentence juga dibutuhkan konjungsi atau relative pronouns yang berfungsi untuk menghubungkan klausa-klausa ini, sehingga membuatnya menjadi kalimat kompleks.

Sebelumnya, kamu mungkin udah pernah mendengar compound sentences atau kalimat gabungan dalam bahasa Inggris, kira-kira bedanya apa ya?

Perlu kamu ingat kembali bahwa keduanya merupakan jenis kalimat bahasa Inggris. Complex sentence adalah kalimat kompleks bahasa Inggris yang dibangun dengan sebuah klausa bebas, dan setidaknya satu klausa terikat. Sedangkan, dalam compound sentence atau kalimat gabungan bahasa Inggris dibangun dengan dua klausa bebas. Selain itu, complex sentences selalu menggunakan subordinating conjunctions, sedangkan compound sentences menggunakan coordinating conjunctions. Berikut contohnya:

Complex sentence

You cannot leave the classroom until the bell rings. (Kamu tidak dapat meninggalkan ruang kelas sampai bel berbunyi.)

 

Compound sentence

There was an earthquake, and the houses were destroyed. (Terjadi sebuah gempa bumi, dan rumah-rumah telah hancur.) 

Ada hal menarik yang perlu kamu ketahui juga, lho. Sebenernya, kamu bisa membuat sebuah complex sentence dengan menggabungkan dua simple sentences. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

 

Simple sentences

James was dancing in the rain. He got sick. (James menari di tengah hujan. Dia sakit.)

 

Complex sentence

After James was dancing in the rain, he got sick. (Setelah James menari di tengah hujan, dia sakit.)

Dari contoh di atas, bisa kamu ketahui bahwa complex sentence dapat terdiri atas dua simple sentences, asalkan menggunakan subordinating conjunction. Konjungsi ini juga harus kamu gunakan di awal klausa subordinatif. Bicara soal subordinating conjunction, kira-kira kamu udah tahu belum konjungsi apa aja?

 

Subordinating Conjunction dalam Complex Sentences

 

complex sentence adalah

 

Ada beberapa subordinating conjunctions yang bisa kamu pakai di dalam complex sentences. Beberapa konjungsi yang akan paling sering kamu temukan ketika membaca complex sentences adalah although (meskipun), because (karena), before (sebelum), even though (meski), if (jika), since (saat), until (sampai), dan when (ketika).

Nah, kalau kamu lihat gambar di atas, ada dua cara yang bisa kamu lakukan ketika menulis complex sentences. Yaitu dengan menulis klausa subordinatif di awal atau menulis klausa tersebut di akhir. Ketika menulis klausa subordinatif di awal, pastikan kamu menggunakan tanda koma (,), sebelum menulis klausa bebas. Berikut contohnya:

Even though Luca’s a slow worker, he’s finishing all of his work. (Meskipun Luca seorang pekerja yang lambat, dia menyelesaikan semua pekerjaannya.)

He’s finishing all of his work even though Luca’s a slow worker. (Dia menyelesaikan semua tugasnya meskipun Luca seorang pekerja yang lambat.)

 

Supaya persiapan IELTS atau TOEFL kamu makin mantap, kamu juga harus tahu sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu. Caranya itu dengan mengikuti placement test dari English Academy. Gratis dan dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

 

Relative Pronouns dalam Complex Sentences

Selain menggunakan subordinating conjunctions, kamu juga bisa membuat kalimat kompleks bahasa Inggris dengan menggunakan relative pronouns, yaitu that, which, who, dan whose. Klausa yang menggunakan relative pronouns disebut juga sebagai relative clause. Terdapat dua jenis relative clause, yaitu defining dan non-defining

Perbedaan keduanya dapat dilihat dari kebutuhan dalam membuat kalimat kompleks. Defining relative clause merupakan klausa yang harus ada, agar membuat kalimat yang dibaca menjadi efektif. Sedangkan non-defining relative clause merupakan klausa pelengkap, tidak harus ada untuk membuat kalimat menjadi efektif. Berikut contohnya:

 

Defining relative clause

The students who study mathematics in their college will find this logic test easy. (Pelajar yang mempelajari matematika di kuliahnya akan menganggap tes logika ini mudah.)

…who study mathematics in their college… merupakan defining relative clause (klausa yang harus ada). Hal ini dikarenakan jika klausa tersebut tidak ada, maka kalimatnya tidak akan efektif. Pembaca tidak akan mengetahui, tes logika tersebut mudah bagi students yang mana.

 

Non-defining relative clause

Mind maps, which help you learn important points, are an effective way to revise topics. (Peta pikiran, yang akan membantumu mempelajari poin-poin penting, adalah sebuah cara yang efektif untuk meninjau kembali topik.)

Sedangkan di kalimat yang satu ini, …, which help you learn important points, ….. termasuk ke dalam non-defining relative clause, karena klausa tersebut tidak harus ada di dalam kalimat, untuk membuatnya menjadi efektif. Sebagai pembaca, kita dapat memahami bahwa mind maps adalah cara yang efektif untuk meninjau kembali topik.

Selain itu, terdapat penulisan yang berbeda antara defining relative clause dengan non-defining relative clause. Kalau kamu mau menulis non-defining relative clause, pastikan kamu menggunakannya di dalam kalimat yang dihimpit oleh dua tanda koma (,). 

Demikian penjelasan mengenai complex sentences. Kamu bisa membuat kalimat kompleks dalam bahasa Inggris, asal mengetahui aturan penulisannya. Yaitu menggabungkan sebuah klausa bebas, dengan setidaknya satu buah klausa terikat yang diawali dengan subordinating conjunctions. Kalau kamu ingin menulis klausa subordinatif di awal kalimat, kamu harus membubuhi tanda koma (,) sebelum menulis klausa bebas.

Kalau kamu masih penasaran sama jenis-jenis kalimat dalam bahasa Inggris lainnya, kamu bisa lho gabung dengan English Academy. Kamu bakal diajari dengan seorang native speaker dan belajar menggunakan kurikulum cambridge. Ayo gabung sekarang juga! 

New call-to-action

 

Referensi:

Ellis, Matt. 2021. (online at) https://www.grammarly.com/blog/complex-sentence/ [accessed 21 July 2022]

Shrives, Craig. ND. (online at) https://www.grammar-monster.com/glossary/complex_sentence.htm [accessed 21 July 2022]

NSW Government. ND. (online at) https://education.nsw.gov.au/teaching-and-learning/student-assessment/smart-teaching-strategies/literacy/writing/stage-3/sentence-structure/writing-complex-sentences [accessed 21 July 2022]

Study & Learning Center. 2005. (online at) https://www.dlsweb.rmit.edu.au/lsu/content/4_WritingSkills/writing_tuts/sentences_LL/relative.html [accessed 21 July 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.