Conjunction: Konjungsi Bahasa Inggris

Conjunction adalah

Salah satu bagian terpenting ketika membuat kalimat dalam bahasa Inggris adalah conjunctions. Kira-kira apa aja ya konjungsi dalam bahasa Inggris itu? Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang defisini, daftar conjunction, disertai jenis jenis dan contohnya untukmu. Yuk simak!

- -

Siapa di sini yang lagi persiapan tes bahasa Inggris buat kuliah atau kerja di luar negeri? Mungkin kamu salah satu dari orang yang lagi ngambil IELTS atau TOEFL, yah. Eh tau nggak sih supaya kamu bisa dapat skor yang bagus, ada beberapa tekniknya, lho!

Misalnya ketika tes menyimak, kamu pertama kali harus fokus sama opsi jawaban dan pertanyaan, jadinya nanti ketika rekamannya diputar, kamu sudah tahu informasi apa yang harus kamu cari. Lalu dalam menulis misalnya. Kamu sudah harus mahir menggunakan berbagai jenis kalimat bahasa Inggris, lho. Kayak simple sentences, compound sentences, complex sentences dan kalimat-kalimat lainnya. Yakin deh, nggak cuma di tes bahasa Inggris doang, dengan mengaplikasikan kalimat-kalimat tersebut kemampuan bahasa Inggris kamu bakal meningkat!

 

Pengertian Conjunction

Nah, untuk bisa membuat kalimat-kalimat bahasa Inggris yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus kamu pahami. Salah satunya adalah penggunaan conjunctions. Conjunctions ini merupakan salah satu jenis kata bahasa Inggris yang memiliki fungsi tertentu. Tapi dari berbagai macam kata-kata bahasa Inggris, how do you identify conjunctions? 

Sederhananya, kalau dalam bahasa Indonesia, conjunctions itu artinya konjungsi atau kata hubung. Conjunction berfungsi untuk menjadi penghubung kata dengan kata, frasa dengan frasa dan klausa dengan klausa. Kamu bisa membuat kalimat bahasa Inggris lebih efektif dengan menggunakan konjungsi. Perhatikan contoh di bawah ini:

I like reading. I like writing. I don’t like studying.

Daripada kamu nulis seperti pada kalimat di atas, yang rasanya jadi patah-patah dan nggak mengalir, lebih baik kamu pakai conjunction yang diaplikasikan ke dalam kalimat. Sehingga, nanti kalimatnya akan lebih efektif. Di samping itu, kamu bisa menyampaikan tiga informasi dalam satu kalimat, seperti contoh di bawah ini:

I like reading and writing, but I don’t like studying.”

Dengan menggunakan conjunction, kamu dapat membuat kalimat yang kompleks dan elegan, serta menghindari kalimat pendek yang terasa patah-patah. Ada tips juga, kalau kamu mau menggunakan conjunction, pastikan kalimatnya menggunakan bentuk yang setara baik sebelum dan sesudah conjunction, ya. Contohnya seperti kalimat di bawah ini:

Salah: “He works careful and slowly.

Benar: “He works carefully and slowly.

Untuk bisa membuat kalimat-kalimat bahasa Inggris yang bagus, kamu harus memahami berbagai penggunaan konjungsi dalam bahasa Inggris. But, how many conjunctions are there in English? Which conjunctions are used most often? Ada banyak konjungsi bahasa Inggris, dan yang paling sering kamu temui di dalam teks atau yang akan paling sering kamu gunakan ada 27 konjungsi. Tapi jangan khawatir, 27 konjungsi itu terbagi ke dalam tiga tipe yang akan memudahkan kamu untuk memahaminya. So, what are the three types of conjunctions? Apa saja tiga tipe konjungsi ini?

Berdasarkan fungsi konjungsi, ada tiga jenis tipe konjungsi dalam bahasa Inggris, yaitu coordinating conjunctions, subordinating conjunctions dan correlative conjunctions. Seperti apa masing-masing tipe konjungsi ini? Perhatikan penjelasan di bawah ini!

 

EA - Conjuction-02

 

Coordinating Conjunctions

Coordinating conjunctions adalah kata sambung setara, yang digunakan untuk menggabungkan kata, frasa dan klausa yang memiliki struktur gramatikal yang serupa. Kamu bisa menyebut coordinating conjunctions juga sebagai coordinator. Beberapa konjungsi yang umum digunakan dalam tipe ini antara lain, for (untuk), and (dan), nor (atau tidak), but (tapi), or (atau), yet (tetapi), so (juga). Supaya tidak lupa, kamu bisa mengingatnya dengan membuat singkatan, FANBOYS (For, And, Nor, But, Or, Yet, So). Berikut contoh kalimatnya:

 

  • She opened the door and the window. (menggabungkan dua kata)
  • Would you like some pizza or pasta? (menggabungkan dua kata)
  • Do they prefer playing baseball or playing soccer? (menggabungkan dua frasa)
  • You can find ducks in the fish pool or in the park. (menggabungkan dua frasa)
  • He studied all night but he failed the test. (menggabungkan dua klausa)
  • She woke up early yet she missed the class. (menggabungkan dua klausa)

Selain mempelajari konjungsi bahasa Inggris, mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu sudah sejauh mana penting juga, lho. Kamu jadi tahu materi apa yang masih belum kamu kuasai. Karena itu, yuk ikuti placement test dari English Academy ini. Nggak cuma gratis, kamu juga bakal dapat sertifikat!

New call-to-action

Subordinating Conjunctions

Subordinating conjunction adalah kata hubung yang digunakan untuk membuat kalimat kompleks bahasa Inggris atau complex sentence. Fungsi konjungsi ini adalah untuk menghubungkan klausa utama, klausa bebas atau klausa yang dapat berdiri sendiri (main clause) dengan klausa terikat (subordinating clause). Konjungsi ini selalu digunakan di awal subordinating clause, juga bisa digunakan untuk membuka kalimat.

Disamping itu, terdapat dua cara penulisan complex sentence, yaitu kalimat yang diawali oleh main clause, dan kalimat yang diawali dengan subordinating clause. Kalau kamu menulis complex sentence dengan main clause di awal kalimat, maka kamu harus menempatkan konjungsinya setelah main clause tersebut dan sebelum subordinating clause. Tapi juga kamu bisa menggunakan subordinating clause terlebih dahulu, asalkan konjungsinya terletak di awal. Berikut contoh penggunaannya di dalam kalimat:

 

  • You may leave the class after the bell rings.
  • They will lose if they don’t practice.
  • We go to the beach before we eat at the restaurant.
  • Although he got the dream job, he was still unhappy.
  • Because he got sick, he didn’t go to school today.
  • Until I was 20 years old, I still lived with my parents.

Terdapat beberapa subordinating conjunctions yang umum digunakan, yaitu although, though, while, if, until, whether, after, before, because, since, when, where, how, dan than.

Baca Juga: Types of Sentences: Jenis Kalimat Bahasa Inggris

 

Correlative Conjunctions

Correlative conjunction adalah kata penghubung yang berpasangan. Fungsi dari konjungsi ini adalah untuk menjadi penghubung antar kata, frasa dan klausa yang memiliki hubungan timbal balik atau saling melengkapi. Konjungsi yang paling sering ditemukan atau bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

 

  • Either … or
  • Neither … nor
  • Whether .. or
  • Both … and
  • Not only … but also
  • As … as
  • Such .. that
  • Rather .. than

Berikut adalah contoh-contoh kalimat menggunakan correlative conjunctions:

 

  • He will sell either his car or his house.
  • Adam neither likes apples nor oranges.
  • You will have to take vaccines whether you like it or not.
  • Both Man of Steel and Batman V Superman are my least favorite DC movies.
  • She is interested not only in maths but also in chemistry.
  • We are as lazy as them.
  • Lisa played violin with such passion that all of the audience were moved to tears.
  • She would rather sweep the floor than mop it.

Demikian penjelasan mengenai English conjunctions. Kamu bisa menghapalnya jika kamu sering membaca tulisan bahasa Inggris. Nggak cuma itu, konjungsi bahasa Inggris bisa kamu temukan juga dalam berbagai contoh soal. Semakin sering kamu baca dan mengerjakan latihan soal, kamu akan dapat menggunakannya di berbagai situasi dengan mudah.

Selain itu, kamu bakal bisa membuat kalimat bahasa Inggris yang efektif dan elegan, serta kemampuan bahasa Inggris kamu juga akan meningkat. Bagaimanapun juga, referensi kamu belajar bahasa Inggris bukan hanya dari membaca atau mengerjakan soal saja. Tetapi juga menggunakannya dalam menulis. Lebih baik lagi kalau kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Kalau tidak, nanti kemampuan bahasa Inggrismu hanya berkembang secara pasif.

Kalau kamu masih penasaran dengan konjungsi dalam bahasa Inggris, kamu bisa lho gabung sama English Academy. Kamu bisa latihan berbicara bahasa Inggris menggunakan konjungsi yang baru kamu pelajari dengan master teacher seorang native speaker. Yuk, daftar sekarang juga!

New call-to-action

Referensi:

Grammarly. 2021. (online at) https://www.grammarly.com/blog/conjunctions/ [accessed 29 July 2022]

Study and Exam. ND. (online at) https://www.studyandexam.com/conjunction2.html [accessed 29 July 2022]

Tarpley, Laura Grace. 2022. (online at) https://www.fluentu.com/blog/english/english-conjunctions/ [accessed 29 July 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.