Penggunaan Both … And Sebagai Conjunction (Konjungsi) Bahasa Inggris

penggunaan-conjunction-both-and

Udah tahu cara pakai konjungsi both..and dalam kalimat bahasa Inggris? Kalau belum, yuk pelajari di artikel ini!

 

Salah satu hal penting dalam belajar bahasa Inggris adalah belajar tentang grammar. Tapi grammar bukan hanya tenses saja.

Ada banyak hal lainnya seperti conditional sentences, possessives, conjunctions, dan lain-lain. Mempelajari hal-hal ini tentu akan sangat membantumu mempraktikkan bahasa Inggris, baik dalam membaca, menyimak, menulis dan berbicara.

Di artikel kali ini kamu akan mempelajari tentang kata hubung both .. and yang merupakan bagian dari conjunction, yaitu salah satu materi dari parts of speech untuk correlative conjunction.

Dalam bahasa Inggris, conjunction adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa atau kalimat dengan kalimat, bahkan bisa juga paragraf dengan paragraf.

Lalu, apa itu both dan bagaimana cara penggunaan konjungsi both? Ayo belajar bareng English Academy!

 

Apa Arti Both?

Secara harfiah, both adalah keduanya, and berarti dan. Namun dalam konteks kata hubung, both…and berarti “baik…maupun.”

Seperti yang sudah dibahas di atas, konjungsi ini termasuk ke dalam paired conjunction (kata hubung berpasangan).

Beberapa paired conjunction yang bisa kamu temui dalam teks atau percakapan adalah either…or dan neither…nor. Paired conjunction memiliki fungsi untuk membuat dua kalimat lebih efektif dalam penggunaannya.

 

Fungsi dari Conjunction (Konjungsi) Both … And

Konjungsi both…and digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang memiliki korelatif yang sama atau memiliki struktur yang setingkat.

Ingat, kamu tidak bisa menggabungkan dua kalimat negatif dengan menggunakan konjungsi both. Kalau kamu mau menggabungkan dua kalimat negatif, maka gunakanlah konjungsi neither…nor.

Konjungsi both…and dapat digunakan ke dalam empat bentuk kata, yaitu menghubungkan dua kata benda, dua kata sifat, dua kata kerja atau dua kata keterangan.

Baca Juga:  Contoh, Perbedaan, dan Penggunaan Either dan Neither dalam Kalimat

 

Cari tahu yuk, kira-kira apa, sih, yang perlu ditingkatkan dari kemampuan bahasa Inggris kamu? Coba cek dulu lewat Placement Test, deh.. Gratis dan bersertifikat! Nanti, kamu bisa Konsultasi Gratis bareng tim English Academy!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Penggunaan Conjunction Both … And

Supaya kamu lebih paham, yuk perhatikan contoh-contoh berikut ini:

1. Both + noun + and + noun

Both…and yang digunakan untuk kata benda digunakan untuk menjelaskan dua kata benda yang terlibat bersamaan.

Contoh 1:

  • I like chicken grill.
  • I like spicy ribs.

Jika digabungkan, maka menjadi I like both chicken grill and spicy ribs. (Saya menyukai baik ayam panggang maupun iga pedas.)

Contoh 2:

  • Ririn is attending a school meeting.
  • Henri is attending a school meeting.

Both Ririn and Henri are attending a school meeting. (Baik Ririn maupun Henri menghadiri rapat sekolah.)

Contoh 3:

  • Jack failed the reading test.
  • Jack failed the listening test.

Jack failed the test, both the reading test and the listening test. (Jack tidak lulus ujian, baik ujian membaca maupun ujian menyimak.)

 

2. Both + verb + and + verb

Penggunaan konjungsi both…and pada kata kerja berfungsi untuk menghubungkan dua pekerjaan yang dilakukan di waktu dan tempat yang sama.

Contoh 1:

  • Andrew cleans the house.
  • Andrew cooks for the family.

Andrew does all the job in the house, both cleaning the house and cooking for the family. (Andrew melakukan semua pekerjaan di rumah, baik membersihkan rumah maupun memasak untuk keluarga.)

Contoh 2:

  • Jessie studying hard for the exam.
  • Jessie practicing her skills for the exam.

Jessie has done everything for the exam, both studying hard and practicing her skills. (Jessie telah melakukan semuanya untuk ujian, baik belajar giat maupun melatih kemampuannya.)

 

3. Both + adjective + and + adjective

Konjungsi both…and bisa digunakan pada kata sifat juga. Fungsinya adalah menhubungkan dua kata sifat yang bermakna sama atau berkedudukan sama.

Contoh 1:

  • Everyone loves Jim Carrey because he’s funny.
  • Everyone loves Jim Carrey because he’s brilliant.

Everyone loves Jim Carrey, because he is both funny and brilliant. (Semua orang mencintai Jim Carrey, karena ia baik lucu dan hebat.)

Contoh 2:

  • Many people dislikes Lila because she’s mean.
  • Many people dislikes Lila because she’s impolite.

Many people dislikes Lila because she is both mean and impolite. (Banyak orang tidak menyukai Lila karena ia jahat dan tidak sopan.).

 

4. Both + adverb + and + adverb

Konjungsi bothand juga bisa digunakan pada kata keterangan. Fungsi dari konjungsi ini adalah menghubungkan dua kata keterangan tempat dan waktu yang terjadi bersamaan.

Contoh 1:

  • Jenna’s always studying in the night.
  • Jenna’s always studying in the afternoon.

Jenna’s always studying both in the afternoon and night. (Jenna selalu belajar baik siang maupun malam.)

Contoh 2:

  • Jesse plays baseball in the national league.
  • Jesse plays baseball in the international league.

Jesse plays baseball both in the national league and international league. (Jesse bermain baseball baik di liga nasional maupun di liga internasional.)

Demikianlah penjelasan mengenai penggunaan konjungsi (conjunction) both…and yang dapat digunakan untuk menghubungkan empat jenis kata yang berbeda.

Konjungsi tersebut bisa kamu pakai untuk membuat kalimat bahasa Inggris yang kamu buat lebih efektif, sehingga akan terasa lebih mudah dibaca dan tidak menghambur-hamburkan kata, serta membuat kemampuan menulis dan berbicaramu dalam bahasa Inggris lebih baik.

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar grammar bahasa Inggris, kamu bisa gabung dengan English Academy!

Kamu akan belajar dengan native speaker yang berpengalaman mengajar sehingga kamu bisa bertanya lebih jauh tentang grammar langsung dari ahlinya. Jadi tunggu apa lagi? Ayo pilih kelas yang cocok untukmu sekarang!

CTA English Academy

Referensi:

Aje Scholar. ND. (online at): https://www.aje.com/arc/editing-tip-proper-use-term-both/ [Accessed 28 January 2023]

My Happy English. ND. (online at) : https://www.myhappyenglish.com/free-english-lesson/2014/05/04/conjunction-combinations-bothand-eitheror-neithernor-not-onlybut-also/ [Accessed 28 January 2023]

Muhammad Azka Rais