Simple Sentences: Definisi, Contoh beserta Terjemahan

simple sentences

Menulis kalimat dalam bahasa Inggris adalah salah satu latihan utama yang dapat mengembangkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris. Salah satu jenis kalimat bahasa Inggris adalah simple sentences. Simak penjelasannya berikut ini!

- -

Ketika kita mulai belajar bahasa Inggris, salah satu tugas yang kita lakukan adalah diminta untuk membuat kalimat dengan tiga kata. Hal ini kita lakukan agar terbiasa membuat kalimat, sehingga nanti akan mengembangkan kemampuan berpikir dalam bahasa Inggris.

Kita juga diminta untuk menggunakan kata kerja dan kata benda, atau vocabulary yang masih mudah dipahami.

Nah, kalimat yang kita sering latihan saat di awal belajar bahasa Inggris dapat kita kenal sebagai simple sentences, yaitu salah satu types of sentences atau jenis kalimat bahasa Inggris yang sudah dibahas pada artikel Types of Sentences: Jenis Kalimat Bahasa Inggris

Tapi sebenarnya, simple sentences atau kalimat sederhana nggak selalu menggunakan tiga kata aja, lho. Kamu bisa membuat kalimat menggunakan dua kata, atau tiga kata lebih. Bahkan, kamu bisa saja membuat kalimat dengan satu kata saja.

Seperti apa kira-kira simple sentences itu? Yuk simak penjelasannya!

 

Definisi Simple Sentences

Simple sentences atau kalimat sederhana adalah kalimat yang hanya mengandung satu klausa saja. Klausa tersebut merupakan klausa utama (yang dapat berdiri sendiri). Untuk membentuk sebuah klausa, kamu hanya membutuhkan sebuah subjek dan predikat. Predikat sendiri bisa berupa frasa verba atau hanya sebuah kata kerja saja. Frasa verba bisa terbentuk dari satu kata kerja dan satu objek. Supaya lebih paham, lihat gambar di bawah ini.

 

simple sentences

 

Subject + verb + object

Lucy cooked dinner. (Lucy telah memasak makan malam)

Subject + verb

Lucy cooked. (Lucy telah memasak.)

Perlu diketahui, simple sentences tidak hanya berupa kalimat yang dibangun dengan dua atau tiga kata saja. Tetapi juga terdapat beberapa jenis kata yang bisa ditambahkan ke dalam simple sentences. Di antaranya adalah:

 

Modifier

Modifier adalah kata-kata yang dapat ditambahkan ke dalam simple sentences yang bertujuan untuk menambah detail dari kalimat yang dibuat. Terdapat beberapa modifier yang bisa dimasukkan ke dalam kalimat, seperti adjectives, adverbs dan prepositional phrase. Contoh kalimat Lucy cooked dinner dapat ditambahkan dengan modifier yang sudah disebutkan tadi, perhatikan contoh di bawah ini:

1. Adjectives

Lucy cooked a delicious dinner. (Lucy telah memasak makan malam yang sedap.)

2. Adverbs

Lucy slowly cooked a delicious dinner. (Lucy telah memasak dengan perlahan makan malam yang sedap.) 

3. Prepositional phrase

Lucy slowly cooked a delicious dinner after work. (Lucy telah memasak dengan perlahan makan malam yang sedap setelah kerja.)

 

Selain dengan latihan membuat kalimat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga harus tahu sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu, supaya tahu materi apa yang harus kamu tingkatkan. Caranya adalah dengan mengikuti placement test ini. Gratis dan dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

 

Compound Subjects

Subjek yang digunakan di dalam simple sentences bisa merupakan subjek gabungan. Biasanya, subjek gabungan tersebut atau compound subjects bisa berbentuk kata benda atau kata ganti orang yang menggunakan satu kata kerja yang sama, dan digabungkan menggunakan dua konjungsi (kata hubung), yaitu coordinate conjunction atau correlative conjunction

 

1. Using Coordinate Conjunction

Lucy, James and Luca cooked dinner. (Lucy, James dan Luca telah memasak makan malam.)

Lucy or James cooked dinner. (Lucy atau James telah memasak makan malam.)

 

2. Using Correlative Conjunction

Both Lucy and James cooked dinner. (Baik Lucy dan James telah memasak makan malam.)

Neither Lucy nor James cooked dinner. (Baik Lucy maupun James tidak memasak makan malam.)

 

Compound Verbs/Predicates

Simple sentences dapat mengandung gabungan kata kerja/predikat, biasanya disebut sebagai compound verbs/predicates. Pada dasarnya, kalimat yang mengandung compound verbs/predicates merupakan kalimat dua kalimat utuh yang digabungkan menjadi satu agar kalimat itu menjadi lebih efektif. Misalnya:

John went to the store. (John telah pergi ke toko.)

John bought a new laptop. (John telah membeli laptop baru.)

Digabung menjadi:

John went to the store and bought a new laptop. (John telah pergi ke toko dan telah membeli laptop baru.)

Namun perlu diketahui, gabungan kata kerja/predikat ini hanya dapat digunakan dalam simple sentences jika membahas subjeknya sama. Namun, jika subjeknya berbeda bentuk, kalimat itu tidak termasuk ke dalam simple sentences. Berikut contohnya:

 

1. Subjek sama

Andika cooked pasta. (Andika telah memasak pasta.)

Andika washed the dishes. (Andika telah mencuci piring.)

Digabung menjadi

Andika cooked pasta and washed the dishes. (Andika telah memasak pasta dan telah mencuci piring.)

Pada dua kalimat tersebut subjeknya merupakan “Andika”, dan ketika digabung menjadi satu, subjeknya tetap sama, sehingga kalimatnya merupakan simple sentence.

 

2. Subjek berbeda.

Andika cooked pasta. (Andika telah memasak pasta.)

He washed the dishes. (Dia telah mencuci piring.)

Digabung menjadi

Andika cooked pasta, and he washed the dishes. (Andika telah memasak pasta, dan dia telah mencuci piring)

Contoh di atas tidak dapat dikatakan sebagai simple sentence. Hal ini dikarenakan, kedua kalimatnya menggunakan subjek yang berbeda. Yaitu “Andika” dan “He”. Ketika kedua kalimat tersebut digabung, penulisan subjeknya juga ada dua. Sehingga membuatnya bukan merupakan simple sentence.

Gabungan kata kerja/predikat di dalam simple sentences ada dua, yaitu sebagai berikut:

 

1. Compound verbs/simple predicates.

Jessie cooked and ate pasta. (Jessie telah memasak dan memakan pasta.)

 

2. Compound predicates.

Jessie ate pasta and washed dishes.(Jessie telah memakan pasta dan telah mencuci piring.)

Demikian penjelasan mengenai simple sentences yang dapat menambah wawasanmu dalam bahasa Inggris. Dengan latihan membuat kalimat sederhana, kamu dapat meningkatkan kemampuanmu berbahasa Inggris. Nah, kalau kamu masih penasaran sama kalimat-kalimat bahasa Inggris lainnya, kamu bisa gabung dengan English Academy. Nggak cuma diajarkan Master Teacher seorang Native Speaker, dan belajar menggunakan kurikulum Cambridge. Jadi tunggu apa lagi? Ayo gabung sekarang juga!

New call-to-action

 

Referensi

The Albert Team. 2022. (online at) https://www.albert.io/blog/simple-sentences/ (accessed 6 July 2022)



Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.