Compound Sentences: Definisi, Contoh dan Terjemahannya

Compound sentences

Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan latihan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Untuk bisa menulis, terdapat beberapa jenis kalimat bahasa Inggris yang mesti kamu pahami. Kali ini, kita akan membahas mengenai compound sentences. Simak penjelasan berikut ini!

- -

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai simple sentences atau kalimat sederhana dalam bahasa Inggris, yang kamu dapat lakukan sebagai latihan dasar kemampuan menulis. Setelah memahami materi simple sentences, kali ini kamu akan mempelajari kalimat bahasa Inggris jenis lainnya, yaitu compound sentences atau kalimat gabungan. 

Oh ya, compound sentences sudah sedikit dibahas pada artikel Types of Sentences: Jenis Kalimat Bahasa Inggris, tetapi kita akan membahasnya dengan lebih rinci, nihYuk, belajar bersama-sama!

 

Definisi Compound Sentences

Sebuah compund sentence adalah kalimat yang menggabungkan dua klausa yang dapat berdiri sendiri, yang dihubungkan dengan sebuah kata hubung atau konjungsi. Salah satu kegunaan menggunakan compound sentences  adalah untuk mengefektifkan kalimat yang akan kamu tulis atau ungkapkan.

Di dalam satu klausa yang dapat berdiri sendiri atau independent clause, kamu harus menggunakan satu subject dan satu verb. Dengan demikian, ketika menulis sebuah compound sentence, kamu harus menggunakan dua subject dan dua verb, karena menggabungkan dua independent clause.

Selain itu, salah satu ciri utama compound sentences adalah menggabungkan dua indenpendent clause dengan menggunakan konjungsi atau tanda semicolon (;). Kalau kamu ingin menggunakan konjungsi, maka kamu menggunakan tanda koma (,) sebelum konjungsi tersebut. Tetapi kalau kamu mau menggunakan semicolon (;) kamu tidak perlu lagi menggunakan konjungsi.

Nah, konjungsi yang digunakan pada compound sentences adalah coordinating conjunction. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

 

Coordinating Conjunction dalam Compound Sentences

Terdapat beberapa coordinating conjuction yang dapat kamu gunakan di dalam compound sentences yang ingin kamu tulis. Yaitu For, and, nor, but, or, yet, so. Supaya kamu nggak gampang lupa apa saja yang termasuk ke dalam coordinating conjuction, kamu bisa lihat gambar berikut.

 

Compound sentences

 

1. For

Secara harfiah, for berarti “untuk”. Namun, dalam konteks compound sentences, for dapat memiliki makna yang sama dengan because, atau alasan. Ketika for digunakan, independent clause yang kedua dalam kalimat gabungan ini akan menjadi alasan dari klausa yang pertama. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

She felt cold, for it was raining. (Perempuan itu merasa dingin, karena cuaca sedang hujan.)

 

2. And

Konjungsi and adalah konjungsi yang paling sering digunakan di dalam kalimat. Fungsi dari konjungsi ini beragam. Yaitu dapat menjadi penghubung klausa yang nilainya setara, menjadi penanda bahwa klausa yang kedua terjadi setelah klausa yang pertama, dan klausa yang kedua menjadi hasil dari klausa pertama. Perhatikan contoh-contoh di bawah ini:

  • Penghubung klausa nilai setara: Yogyakarta is in Central Java, and Bandung is in West Java. (Yogyakarta ada di Jawa Tengah dan Bandung ada di Jawa Barat.)
  • Penanda klausa kedua terjadi setelah klausa pertama: There was an earthquake, and the houses were destroyed. (Terjadi sebuah gempa bumi, dan rumah-rumah telah hancur.)
  • Klausa kedua hasil dari klausa pertama: He slept after midnight, and the following day he felt sick. (Dia tidur setelah tengah malam, dan keesokan harinya dia merasa sakit.)

 

3. Nor

Kata hubung nor digunakan dalam compound sentences ketika klausa pertamanya menggunakan kata negatif neither atau never. Dalam konteks ini, kedua klausa pada sebuah compound sentence adalah tidak benar atau tidak terjadi. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

She can’t wistle, nor can she sing. (Perempuan itu tidak bisa bersiul atau juga tidak bisa bernyanyi.)

Pada klausa kedua, terdapat inversion atau pergantian posisi antara subject dengan auxiliary verb (kata kerja bantu): can ditulis sebelum she.

 

4. But

Penggunaan konjungsi but dalam sebuah compound sentence harus disesuaikan dengan keadaan klausa pertama sifatnya kontras dengan klausa kedua. Misalnya seperti pada kalimat berikut:

John ran fast, but he couldn’t catch the bus. (John berlari cepat, tapi ia tidak dapat mengejar bus itu.)

 

5. Or

Konjungsi or digunakan ketika menggabungkan dua klausa alternatif. Contohnya sebagai berikut:

Will Andrew swim, or will Henry swim? (Akankah Andrew berenang, atau Henry berenang?)

Salah satu cara agar bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah mengetahui sudah sejauh mana pemahaman kamu. Supaya tau, yuk ikut placement test ini. Gratis sama dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

6. Yet

This conjunction has the similar meaning as the conjunction ‘but’. Jika diartikan, yet memiliki makna sebagai “tapi di waktu yang bersamaan”, “namun demikian”, dan “tapi terlepas dari ini.” Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

I have lived in Bandung my entire life, yet I never knew all the places in this city. (Aku telah hidup di Bandung seumur hidupku, tapi aku tidak pernah hapal semua tempat di kota ini.)

 

7. So

Meskipun secara harfiah konjungsi so berarti “juga”, dalam konteks compound sentences, so dapat bermakna sebagai “karena itu” atau “dan untuk alasan ini.” Berikut adalah contohnya:

Jack was feeling sick, so he was absent today. (Jack merasa sakit, karena itu ia tidak hadir hari ini.)

Setelah memahami coordinating conjunction dalam compound sentences terdapat beberapa hal lain juga yang harus kamu pahami. Misalnya subject dan verb di dalam dua independent clause harus berbeda. Tetapi jika subject-nya sama, maka kamu harus menulis subject di klausa pertama di klausa yang kedua. Contohnya seperti ini:

  • I have a pet cat, and her name is Cookie. (Aku punya seekor hewan peliharaan kucing, dan namanya Cookie.)
  • I can’t drive a car, and I can’t drive a motorcycle (Aku tidak bisa menyetir mobil, dan aku tidak bisa menyetir motor).

Hal lain yang harus kamu ketahui juga adalah penggunaan konjungsi dan tanda semicolon (;). Kamu dapat memilih salah satu di antara keduanya untuk menggabungkan dua klausa di dalam sebuah compound sentences. Jika kamu menggunakan konjungsi, maka kamu harus membubuhi tanda koma (,) sebelum konjungsi. Tapi kalau kamu menggunakan tanda semicolon, kamu tidak perlu menggunakan konjungsi lagi. Berikut contohnya:

  • Jackson loves coffee, and Nina likes tea. (Jackson sangat suka kopi, dan Nina suka teh.)
  • Jackson loves coffee; Nina likes tea. (Jackson sangat suka kopi; Nina suka teh.)

Demikian penjelasan mengenai  compound sentences yang bisa kamu gunakan sebagai latihan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Oh iya, kalau kamu masih ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kalimat bahasa Inggris lainnya, kamu bisa lho gabung sama English Academy. Nggak cuma diajar oleh seorang native speaker, kamu juga bakal belajar dengan menggunakan kurikulum Cambridge. Yuk daftar sekarang juga!

New call-to-action

Referensi

Ellis, Matt. 2021. (online at) https://www.grammarly.com/blog/compound-sentence/ (accessed 11 July 2022)

Turito Team USA. 2021. (online at) https://www.turito.com/blog/one-on-one-online-tutoring/what-is-a-compound-sentence-examples (accessed 11 July 2022)

Esberger, Jossef. ND. (online at) https://www.englishclub.com/grammar/sentence/compound-sentence.htm (accessed 11 July 2022)

 

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.