Discussion Text: Definisi, Struktur beserta Contoh dan Terjemahan

discussion text

Terdapat banyak cara untuk mempraktikkan kemampuan berbahasa Inggris, salah satunya adalah melalui berdiskusi. Kali ini kita akan mempelajari tentang discussion text. Simak ya!

- -

Ketika melihat suatu kejadian atau suatu keadaan, kita tidak jarang membahasnya atau mendiskusikannya kepada teman, keluarga atau orang lain. Misalnya terkait isu pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Dari diskusi tersebut akan terdapat orang yang setuju akan suatu poin dan ada pihak yang bertentangan. Lalu di akhir diskusi akan ada sebuah kesimpulan dan saran terkait isu yang sedang dibahas.

 

Definisi Discussion Text

Hal-hal tersebut terdapat pada teks bahasa Inggris yang disebut dengan discussion text. Pengertian discussion text adalah sebuah teks yang berisi diskusi terkait sebuah isu. Isu dapat dibahas dari berbagai sudut pandang, misalnya dari sudut pandang orang yang langsung terlibat, atau hanya pengamat saja. Biasanya, discussion text ini ditemukan dalam teks filosofis, historis dan sosial.

Tujuan dari discussion text adalah untuk menyampaikan argumen dan informasi dari berbagai sudut pandang. Terdapat argumen yang ada di dalam discussion text dan sebagiannya merupakan eskposisi, baik dalam bentuk analytical exposition (pemberian argumen dan penyamapaian kembali pandangan) atau hortatory exposition (pemberian argumen yang lebih kuat dan merekomendasikan aksi). Meskipun terdapat bagian teks eksposisi di dalam teks diskusi dalam bahasa Inggris, kedua teks ini memiliki perbedaan.

Exposition text baik itu analytical exposition text atau hortatory exposition text hanya membahas mengenai satu sudut pandang saja (entah itu setuju atau tidak setuju terhadap isu yang dibahas). Sedangkan discussion text membahas dari kedua sisi, yaitu sisi yang disetujui penulis dan tidak disetujui penulis, atau sisi pro dan kontra dari hal yang sedang dibahas. In conclusion, ciri-ciri discussion text adalah pemaparan isu, kemudian argumen pro dan kontra terkait isu yang dibahas serta saran untuk pembaca.

 

Kaidah Kebahasaan Discussion Text

Dalam teks diskusi bahasa Inggris terdapat kaidah kebahasaan yang harus ada di dalamnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

discussion text

 

1. Introducing category or generic participant

Memberi isu yang akan dibahas. For example: “Homeschooling”, “Usage of the Internet”, “Distance Learning” dan lain-lain

 

2. Using the thinking verb

Such as feel, hope, believe, certain dan lain-lain. Salah satu contohnya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Parents choose to homeschool to educate their kids because they believe that homeschooling can be a personalized schedule.

 

3. Using additive, contrast, and casual connection 

Similarly, on the other hand, however, dan lain-lain. Berikut contoh kalimatnya:

On the other hand, homeschooling can spoil parents' time.

 

4. Using modalities

Must, should, could, may, dan lain-lain.   

So, when thinking about putting children through home school, I believe we should make sure that we understand all of the criteria involved in home education.

 

5. Using adverbs of manner

Deliberately, hopefully, dan lain-lain.

Another advantage is flexibility in time and curriculum. By homeschooling, parents can set the curriculum freely.

 

Struktur Discussion Text

Sebagaimana yang kita tahu, setiap teks pasti memiliki strukturnya. Berikut adalah generic structure dari discussion text:

 

discussion text

 

1. Statement of issue

Paragraf pertama merupakan perkenalan dan/atau pernyataan mengenai isu yang akan didiskusikan. Biasanya isu tersebut merupakan isu hangat yang sedang beredar di sekitar. Selain itu, temanya beragam, dapat berupa isu filosofis, isu pendidikan, isu historis, isu sosial, isu politik dan isu-isu lainnya.

 

2. List of supporting points

Paragraf selanjutnya penulis memberikan beberapa hal yang mendukung isu yang sedang dibahas atau menyampaikan argumen pro. Bisa tentang keuntungan, manfaat, dan sebagainya. 

 

3. List of contrast points

Berkebalikan dengan paragraf yang berisi tentang hal-hal yang mendukung isu, penulis memberikan beberapa hal yang tidak mendukung isu tersebut in other words, menyampaikan argumen kontra. Bisa berupa kerugian, hal negatif dan lain-lain.

 

4. Recommendation

Di paragraf terakhir, penulis memberikan rekomendasi terkait isu yang sedang dibahas kepada pembaca, atau subjek yang terdapat pada discussion text. Bisa berupa saran untuk melakukan sebuah tindakan terhadap isu tersebut, atau saran agar baik pembaca atau subjek dalam discussion text lebih mempelajari isu yang dibahas dari berbagai sudut pandang sebelum membuat keputusan.

Selain mempraktikkan bahasa Inggris, kamu juga mesti tahu lho kemampuan bahasa Inggris kamu sudah di tingkat mana, supaya tahu materi apa yang kamu rasa masih kurang pahami dan harus ditingkatkan. Kamu bisa ikut placement test English Academy dengan mengklik gambar ini. Nggak cuma gratis, kamu juga bakal dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

 

Contoh Discussion Text beserta Terjemahan

 

Homeschooling

Homeschooling is an alternative way to educate our kids besides sending them to public school. Homeschooling is becoming more popular every day. There are about two million children currently learning at home. However, it has some advantages and disadvantages.

Parents choose to homeschool to educate their kids because they believe that homeschooling can be a personalized schedule. Homeschooling allows parents and children to work out a schedule that will best work for the child. Another advantage is flexibility in time and curriculum. By homeschooling, parents can set the curriculum freely.

On the other hand, homeschooling can spoil parents' time. Homeschooling needs a lot of time in preparation and delivery. Parents have to research topics, prepare the lessons, set up the projects, and field the trips.

So, when thinking about putting children through home school, I believe we should make sure that we understand all of the criteria involved in home education.

 

Terjemahan

Homeschooling adalah cara alternatif untuk mendidik anak-anak kita selain menyekolahkan mereka ke sekolah umum. Tren homeschooling menjadi lebih populer setiap hari. Ada sekitar dua juta anak yang saat ini belajar di rumah. Namun, homeschooling memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Orang tua memilih homeschooling untuk mendidik anak-anak mereka karena mereka percaya bahwa homeschooling dapat menjadi jadwal belajar yang dapat diatur dengan lebih mudah. Homeschooling memungkinkan orang tua dan anak-anak untuk menyusun jadwal yang paling sesuai untuk anak. Keunggulan lainnya adalah fleksibilitas waktu dan kurikulum. Dengan homeschooling, orang tua dapat mengatur kurikulum secara bebas.

Di sisi lain, homeschooling dapat mengganggu waktu orang tua. Homeschooling membutuhkan banyak waktu dalam persiapan dan penyampaian. Orang tua harus meneliti topik, menyiapkan pelajaran, mengatur proyek, dan melakukan perjalanan.

Jadi, ketika berpikir tentang menempatkan anak-anak melalui sekolah rumah, saya percaya kita harus memastikan bahwa kita memahami semua kriteria yang terlibat dalam pendidikan rumah.

 

Distance Learning

A few years ago, distance learning was seen as an inferior way but nowadays even famous and established traditional colleges and universities are providing distance learning courses and it is generally considered a way to improve one's life.

However, people still argue whether distance learning give more advantages or disadvantages. Some of them who see the benefit of distance learning will say that distance learning needs no commuting. Of course, it saves money and time that students would take. Furthermore, distance learning can be done at any student’s convenience. Most of the classes of distance learning are asynchronous. It means that students do not have to attend a lecture at a fixed particular time and place. Students can review the assignments and do their homework during off-hours or from home. Additionally, distance learning gives more accessibility. No one can deny it. People with limited mobility may encounter problems when they take traditional classes. With the online class system, the problem is absent.

Despite the many advantages, other people will see that distance learning is costly and needs complex technology. To attend online learning, students must have a computer with possible access to the internet. Admitted or not, such technology devices are not always available for common students. Another disadvantage of distance learning is that it does not provide immediate feedback. Unlikely in a traditional classroom, students have to wait for feedback and comment until the instructor has reviewed the works and sent a response to them. Most of the time students will study alone. Distance learners may feel isolated or miss that social and physical interaction that comes with attending a traditional classroom

Regarding the individual’s learning style, some students are able to learn when there is a live interaction between them and the availability of an accompanying teacher while others don’t really need it. So before deciding a choice of attending distance learning or not, each student needs to do a fair analysis regarding the kind of person he/she is.

 

Terjemahan

Beberapa tahun yang lalu, pembelajaran jarak jauh dipandang sebagai cara yang lebih rendah tetapi saat ini bahkan perguruan tinggi dan universitas tradisional yang terkenal dan mapan menyediakan kursus pembelajaran jarak jauh dan umumnya dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kehidupan seseorang.

Namun, orang masih memperdebatkan apakah pembelajaran jarak jauh memberikan lebih banyak keuntungan atau kerugian. Beberapa dari mereka yang melihat manfaat pembelajaran jarak jauh akan mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh tidak perlu bolak-balik. Tentu saja, menghemat uang dan waktu yang akan diambil siswa. Selain itu, pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan sesuai dengan kenyamanan siswa. Sebagian besar kelas pembelajaran jarak jauh tidak sinkron. Artinya mahasiswa tidak harus mengikuti perkuliahan pada waktu dan tempat tertentu yang telah ditentukan. Siswa dapat meninjau tugas dan mengerjakan pekerjaan rumah mereka selama di luar jam kerja atau dari rumah. Selain itu, pembelajaran jarak jauh memberikan lebih banyak aksesibilitas. Tidak ada yang bisa menyangkalnya. Orang dengan mobilitas terbatas mungkin mengalami masalah ketika mereka mengambil kelas tradisional. Dengan sistem kelas online, masalah tidak ada.

Meskipun banyak keuntungan, orang lain akan melihat bahwa pembelajaran jarak jauh itu mahal dan membutuhkan teknologi yang kompleks. Untuk menghadiri pembelajaran online, siswa harus memiliki komputer dengan kemungkinan akses ke internet. Diakui atau tidak, perangkat teknologi seperti itu tidak selalu tersedia untuk siswa biasa. Kerugian lain dari pembelajaran jarak jauh adalah bahwa hal itu tidak memberikan umpan balik langsung. Tidak mungkin di kelas tradisional, siswa harus menunggu umpan balik dan komentar sampai instruktur telah meninjau karya dan mengirim tanggapan kepada mereka. Sebagian besar waktu siswa akan belajar sendiri. Pelajar jarak jauh mungkin merasa terisolasi atau kehilangan interaksi sosial dan fisik yang datang dengan menghadiri kelas tradisional

Mengenai gaya belajar individu, beberapa siswa dapat belajar ketika ada interaksi langsung antara mereka dan ketersediaan guru pendamping sementara yang lain tidak terlalu membutuhkannya. Jadi sebelum memutuskan pilihan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau tidak, setiap siswa perlu melakukan analisis yang adil mengenai orang seperti apa dirinya.

Demikian penjelasan mengenai discussion text. Kamu dapat menemukan discussion text di mana pun, baik di dalam buku atau internet. Kamu juga bisa membaca mengenai topik-topik yang beragam, sehingga nggak cuma akan melatih kemampuan bahasa Inggris kamu, tapi pengetahuanmu akan ikut berkembang.

Kalau kamu masih ingin tahu lebih lanjut tentang teks bahasa Inggris lainnya kamu bisa lho gabung sama English Academy. Di sana bakal ada penjelasan lebih lengkap terkait materi bahasa Inggris yang ingin kamu pelajari. Dengan master teacher seorang native dan kurikulum cambridge, yakin deh kamu bakal ketagihan belajar bahasa Inggris. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo gabung sekarang juga!New call-to-action

 

Referensi:

Self Learning. 2016. (online at) https://www.getenglishnow.org/2016/03/what-and-how-is-discussion-text.html [accessed 29 June 2022]

Self Learning. 2016. (online at) https://www.getenglishnow.org/2016/03/example-of-discussion-text-advantage.html [accessed 29 June 2022]

Self Learning. 2015. (online at) https://www.getenglishnow.org/2015/11/example-of-discussion-text-distance.html [accessed 29 June 2022]

Self Learning. 2016. (online at) https://www.getenglishnow.org/2016/02/example-of-discussion-text-advantages.html [accessed 29 June 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.