News Item Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris

Kamu sering baca berita di koran atau berbagai portal berita elektronik? Nah, dalam bahasa Inggris, berita disebut dengan news item text. Yuk, pahami lebih lanjut mulai dari definisi lengkap hingga contohnya di artikel ini!

--

Hai, guys! Dalam belajar bahasa Inggris, kita pasti akan selalu berurusan dengan teks. Pasalnya, teks merupakan suatu karya tulis yang di dalamnya terdapat beragam grammar dan juga vocabulary dengan fungsi tertentu.

Nah, setelah tuntas membahas tentang Recount Text: Definisi, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya, selanjutnya yang akan mengambil giliran adalah news item text. Jenis teks yang satu ini sangat familiar dan sering kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari, lo. Yuk, simak lebih lanjut terkait news item text, scroll down ya!

 

Apa Itu News Item Text?

Pengertian news item text adalah sebuah teks yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa penting dengan bentuk menyerupai berita, atau layak untuk dijadikan berita (news). 

Dalam bahasa Inggris, mengutip dari Create Webquest, News item is a text which informs readers about events of the day. The events are considered newsworthy or important. It means if there is an important event that should be known by many people.

Nah, sebetulnya news item terbagi menjadi dua jenis, yaitu news item yang disampaikan secara lisan dan tertulis. Tentunya, untuk jenis tertulis sering kita temukan di berbagai media cetak seperti tabloid atau koran harian. Untuk news item lisan, kita sering mendengarkannya dari media elektronik seperti radio maupun televisi.

 

Generic Structure of News Item Text (Struktur News Item Text)

As usual, setiap teks akan dibentuk dengan struktur yang berbeda-beda. Apa saja struktur yang dimiliki news item text

 

Generic structure news item text apa saja?

 

1. Main event/Newsworthy events

Mengambil dari kata “main” yang artinya adalah utama, lalu “event” yang berarti kejadian, maka main event adalah paragraf yang berisi tentang ringkasan dari suatu peristiwa, alias kejadian penting yang menjadi highlight untuk disampaikan pada pembaca. 

Dalam hal ini, salah satu yang harus dipertimbangkan oleh penulis adalah aktualitas. Apakah kejadian yang akan dibahas bersifat up to date atau “terbaru”? Pasalnya, informasi terbaru tentu akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan berita lama. 

Unsur lain yang dapat menjadi pertimbangan untuk menulis main event adalah penting atau tidaknya suatu peristiwa, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap readers

For example, kepolisian mengeluarkan aturan bahwa masyarakat dilarang memakai sandal saat mengendarai motor memiliki pengaruh yang lebih besar daripada informasi pernikahan seorang selebgram.

 

Ingin tahu sejauh mana kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, lalu dapat sertifikat gratis? Yuk, ikuti Placement Test dari English Academy, gratis! Klik gambar di bawah ini ya!

New call-to-action

 

2. Elaboration/Background Event

Kamu masih ingat, kan, apa yang harus dipenuhi agar teks layak untuk dikatakan sebagai sebuah berita? Yap, isinya harus meliputi 5W + 1H (what, where, when, who, why) and how

Singkatnya, background event ini berisi latar belakang peristiwa yang terjadi. Mulai dari apa dan siapa saja yang terlibat, di mana, kapan, mengapa, serta bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Struktur ini harus tertulis secara lengkap agar pembaca dapat memahami keseluruhan teks dengan mudah dan value berita dapat tersampaikan dengan baik.

3. Resource of Information (Source)

Kamu pernah nggak, baca kalimat yang menyatakan kesaksian atau ungkapan dari orang lain pada teks berita? Misal seperti berita tentang meninggalnya selebriti Didi Petet berikut ini:

He just arrived home on May 10 after attending the exhibition. In that city, he collapsed and lost consciousness and returned home in a wheelchair,” Raina said.

(“Dia baru tiba di rumah pada 10 Mei setelah menghadiri pameran. Di kota itu, dia pingsan dan kehilangan kesadaran dan kembali ke rumah dengan kursi roda,” ucap Raina.)

Nah, contoh kalimat di atas disebut dengan source, yaitu bagian yang berisi tentang pendapat para ahli atau saksi mata. Selain itu, bisa juga berupa komentar dari berbagai pihak lain yang terlibat.

 

Fungsi News Item Text/Tujuan (Purpose) News Item Text

Fungsi news item text familiar juga dengan sebutan fungsi sosial atau social function, yaitu apa tujuan dari penulisan sebuah teks untuk masyarakat umum. Nah, tidak lain dan tidak bukan, news item text bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian atau peristiwa penting yang bernilai.

Selain itu, dengan adanya news item text, masyarakat dapat menentukan sikap sebagai respon atau tanggapan dari suatu berita. Misal, dengan adanya berita tentang aturan kepolisian yang mengharuskan pengendara motor memakai sepatu, maka masyarakat akan lebih tertib dengan alasan safety dan juga menghindari sanksi.

Characteristic of News Item Text (Karakteristik/Ciri-ciri News Item Text)

Setiap teks pasti ada ciri khas tersendiri untuk membedakannya dengan jenis teks yang lain. Karakteristik news item text adalah sebagai berikut:

  1. Isi teks berfokus kepada suatu kejadian atau peristiwa penting
  2. Bahasa yang digunakan singkat namun padat
  3. Terkadang diawali dengan nama kota atau nama media yang menerbitkan. Misal Jakarta - ….
  4. Biasanya disertai gambar/ilustrasi serta judul (headline) yang mendeskripsikan inti peristiwa

Language Features of News Item Text (Kaidah Kebahasaan News Item Text)

Apa, sih, language features dari news item text yang baik dan benar? Here we go:

Language Features (Kaidah Bahasa) News Item Text

 

1. Using simple past tense

Kalau sudah khatam dalam memahami simple past tense melalui artikel Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat, tentu kamu dapat langsung memahami ciri kebahasaan yang satu ini. 

Simple past tense adalah bentuk kalimat untuk mengungkapkan suatu kejadian di masa lampau. Soalnya, berita baru ditulis saat peristiwanya sudah terjadi. 

FYI, terkadang penulis juga penulis mengandalkan simple present tense dalam pembuatan headline atau judul guna memberikan kesan bahwa informasi yang akan disampaikan masih baru dan bersifat urgent.  

Oh ya, sometimes news item text juga bisa ditulis dengan simple present tense untuk menceritakan sebuah fakta yang masih berlanjut hingga masa kini.

2. Using saying verbs

Coba kamu lihat lagi pada poin generic structure of news item text, guys. Di sana, terdapat contoh kalimat yang diakhiri dengan “Raina said.” Nah, Raina adalah nama orang, sedangkan said merupakan salah satu contoh saying verbs. Jadi, saying verbs adalah kata kerja yang identik terjadi pada aktivitas percakapan. 

Contoh dari saying verbs yaitu, respond, say, answer, ask, reply, inquire, tell, etc. Namun, dalam news item text, umumnya saying verbs tersebut akan ditulis dalam bentuk past tense. Misalnya say menjadi said, lalu tell menjadi told, etc.

Kalau dalam bahasa Indonesia-nya, kamu pasti sering menemukan saying verbs seperti diberitakan, dikatakan, mengatakan, diceritakan, dsb.

3. Using action verbs

Action verbs atau dynamic verbs adalah kata kerja yang merujuk pada suatu tindakan yang terlihat oleh orang lain. Seperti penjelasan di artikel 11 Tipe Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb) Beserta Contohnya, action verbs biasa disebut juga dengan dynamic verb.

Coba kita lihat dari contoh kalimat berikut:

On Tuesday, Didi was taken to Bandung for treatment. Muthia said no diseases were detected but he died on Friday.

Pada Selasa, Didi dibawa ke Bandung untuk berobat. Muthia mengatakan tidak ada penyakit yang terdeteksi tetapi dia meninggal pada hari Jumat.

Pada kalimat di atas, ada taken yang artinya “dibawa” dan treatment yang artinya berobat.

4. Using adverbs: time, place, manner

Masih ingat apa arti dari adverbs? Adverbs adalah kata keterangan yang menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata yang lainnya. Dalam hal ini, adverbs yang digunakan adalah time, place, and manner

Adverbs of time adalah kata keterangan waktu, place yaitu kata keterangan tempat, dan adverbs of manner adalah adverb untuk menyatakan bagaimana cara suatu kegiatan dapat dilakukan atau bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi. 

 

Apa Bedanya News Item Text dengan Report Text?

Jangan sampai keliru ya, guys. News item text  dan report text itu berbeda. Kalau report text adalah teks yang melaporkan hasil pengamatan, penelitian, observasi, studi tentang benda, binatang, orang, atau suatu tempat. Beda dengan news item text yang hanya menginformasikan kejadian atau peristiwa penting saja.

 

Contoh News Item Text (Example of News Item Text)

Menulis teks news item bisa jadi praktik writing dalam bahasa Inggris. Berikut contoh news item text yang bisa kamu pelajari dengan baik:

Hundreds of thousands affected by floods, landslides as heaviest rain in 60 years hits southern China

Main Events:

Almost half a million people have been affected by floods and landslides in the Chinese province of Guangdong, according to authorities, after parts of southern China were hit by the heaviest downpours in 60 years over the weekend.

Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate, destroyed 1,729 houses, damaged 27.13 hectares of crop and caused losses of more than $250 million, Guangdong's Department of Emergency Management said Tuesday.

Background:

Guangdong is one of at least seven provinces where the record rainfall has caused severe landslides and flooded roads, according to state media. In southwestern Guizhou province, swollen rivers spilled over roads, sweeping away cars and homes, videos on social media showed. The downpours come amid warnings by experts that extreme weather is becoming more frequent.

Precipitation in Guangxi, Guangdong and Fujian reached its highest since 1961, local weather bureaus said on Saturday, as those areas recorded an average rainfall of 621 millimeters (24.4 inches) in the 46 day period from May 1 and June 15, according to state news agency Xinhua. 

That figure is equal to more than 90% of the countrywide average of 672.1 millimeters for the whole of 2021, based on data by the National Climate Center. Weather experts say conditions are ripe for further heavy rainstorms in the south of the country and heatwaves in the north.

Source:

"Cold and warm air has converged over southern China, and the two sides have entered a deadlock and a tug of war," Wang Weiyue, an analyst at weather.com.cn, an arm of the China Meteorological Administration, told Reuters.

Heavy rain is forecast to persist until Tuesday in the southern provinces of Guizhou, Jiangxi, Anhui, Zhejiang and Guangxi and then move northward.

Adopted from CNN
(https://edition.cnn.com/2022/06/20/world/southern-china-southern-severe-flood-rain-climate-crisis-intl-hnk)

Penjelasan:

Dari contoh di atas, berikut analisa terkait kaidah kebahasaan yang digunakan (ditunjukkan dengan bold):

1. Simple past tense

  • Swollen rivers spilled over roads
  • Videos on social media showed
  • Those areas recorded an average rainfall of 621 millimeters (24.4 inches)
  • After parts of southern China were hit by the heaviest downpours in 60 years over the weekend.

2. Saying verbs

  • Wang Weiyue, an analyst at weather.com.cn, an arm of the China Meteorological Administration, told Reuters.
  • Weather experts say conditions are ripe for further heavy rainstorms in the south of the country and heatwaves in the north.

3. Action verbs

  • Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate
  • Sweeping away cars and homes
  • As those areas recorded an average rainfall of 621 millimeters (24.4 inches)

4. Adverbs: time, place, and manner

  • Time: As those areas recorded an average rainfall of 621 millimeters (24.4 inches) in the 46 day period from May 1 and June 15, according to state news agency Xinhua. 
  • Place: Chinese province of Guangdong
  • Manner: Flooding caused by the torrential rain has forced 177,600 people to relocate, destroyed 1,729 houses, damaged 27.13 hectares of crop and caused losses of more than $250 million, Guangdong's Department of Emergency Management said Tuesday.

Yeay! Terima kasih sudah belajar di hari ini! Itulah pembahasan terkait news item text yang contohnya biasa kita temukan di berbagai media cetak maupun elektronik. Kalau kamu lebih sering baca berita via apa, guys?

By the way, English Academy juga punya beberapa rekomendasi di mana kamu bisa membaca berita berbahasa Inggris. Coba cek di artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Ini 11 Tips Mudah dan Cepat! ya! Next, kita juga akan membahas tentang review text, loStay tuned!

Jangan lupa tingkatkan skill menulis bahasa Inggris-mu supaya bisa menulis berita atau teks secara mandiri. Bingung harus mulai dari mana? Tenang, ada pengajar lokal dan internasional English Academy yang siap membantu. Dengan sistem belajar interaktif, kamu akan berprogres lebih cepat karena dibimbing oleh expert. Join sekarang, yuk!

 

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.