7 Jenis Kata Sifat (Adjective) Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Kata sifat bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa Inggris, kamu harus bisa memahami berbagai macam materi, salah satunya kata sifat. Dalam kata sifat sendiri, terdapat berbagai macam bentuknya. Simak penjelasannya di artikel ini!

--

Ketika kamu ingin dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar, tidak hanya kamu harus menguasai berbagai macam kemampuan berbahasa Inggris, kamu juga harus menguasai grammar dan vocabulary. Salah satu hal yang akan membantu kamu menguasainya adalah dengan memahami penggunaan kata benda, kata kerja, kata sifat dan lain-lain yang dibutuhkan dalam membuat kalimat bahasa Inggris.

Nah, kali ini, kita akan sama-sama belajar kembali mengenai kata sifat. Kata sifat ini biasanya bakal kamu gunakan ketika mau menggambarkan seseorang, memilih benda, menceritakan keadaan dan lain-lain. Secara definisi, kata sifat adalah kata-kata yang menggambarkan kualitas dari suatu kata benda. For example, big, fast, beautiful dan lain, lain. Kata sifat juga bisa menggambarkan kuantitas dari suatu kata benda. Many, few, hundreds, dan lain-lain.

Ada 7 jenis kata sifat dalam bahasa Inggris yang harus kamu pahami. Yaitu absolute adjectives, attributive and predicative adjectives, appositive adjectives, comparative and superlative adjectives, compound adjectives, demonstrative adjectives, denominal adjectives dan participial adjectives. Yuk pahami penjelasannya di bawah ini!

 

Absolute adjectives

Absolute adjectives adalah sekelompok kata sifat yang tidak memiliki perbandingan atau sudah merupakan gambaran yang paling tinggi. Contohnya ada pada kata-kata sifat berikut ini:


  • The girl is dead. (Gadis itu meninggal)
  • Jack is alive. (Jack hidup)
  • Henry is starving. (Henry kelaparan)
  • Dinosaurs are extinct. (Dinosaurus punah)

Contoh kata sifat di atas adalah kata sifat absolut karena tidak dapat dibandingkan. Kita tidak bisa mengatakan, “That boy is deader than the girl” (anak laki-laki itu lebih meninggal daripada gadis itu). Kita tidak bisa mengatakan seseorang is deader (lebih meninggal) daripada seseorang. Kita juga tidak bisa mengatakan seseorang is the deadest (paling meninggal) dalam sekelompok kata benda.

Kita bisa mengatakan bahwa absolute adjectives berada di tingkatan yang sama dengan superlative adjectives.Tapi kita bisa memberi ukuran terhadap absolute adjectives dengan menambahkan adverb (kata yang menggambarkan kata kerja) bermakna “hampir”: almost, nearly, dan virtually. Berikut contohnya dalam sebuah kalimat:


  • Alex is almost dead.” (Alex hampir meninggal.)
  • "Elephants are nearly extinct." (Gajah-gajah hampir punah)

 

Attributive and Predicative Adjectives

Attributive adjectives biasanya ada sebelum kata benda, dan berfungsi untuk menggambarkan atau mengubah keadaan kata benda tersebut menjadi lebih rinci, tanpa adanya linking verb. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:


  • "I was very angry hours ago." (Luna sangat marah beberapa jam yang lalu)
  • I love my fat cat.” (Aku suka kucing gemukku.)
  • "What a kindhearted guy, he is." (Sungguh pria yang baik hati)
  • "I adore my handmade jug from Bali." (Aku sangat menyukai kendi buatan tangan dari Bali)
  •  "We discussed about moving last week. The discussion was very bad, rash, and wasting time." (Kami berdiskusi tentang pindahan minggu yang lalu. Diskusi itu sangat buruk, terburu-buru dan buang-buang waktu) 

Dari contoh di atas, bisa kita lihat bersama-sama, kata sifat fat merupakan attributive adjective karena posisinya berada di sebelum kata benda cat, dan memberi gambaran yang merinci. Kemudian, predicative adjectives adalah kata sifat yang biasanya tidak muncul sebelum kata benda, melainkan muncul setelah adanya linking verb (be, become, grow, look, atau seem). Perhatikan contoh kalimat berikut:

Kata sifat bahasa Inggrisfoto kucing gemuk (sumber: unsplash.com)

 

  • My cat is fat.” (Kucingku gemuk.)
  • "My favorite jacket is the yellow one." (Jaket favoritku berwarna kuning)
  • "Many people say Loch Ness is a gentle giant creature." (Banyak orang berkata Loch Ness adalah makhluk lembut berukuran raksasa)
  • "Do you know that Agnatha is a jawless fish?" (Apakah kamu tahu kalau Agnatha adalah ikan tanpa rahang?)
  • "Andrea became a generous lady in her late 30s." (Andrea menjadi wanita yang murah hati di usia akhir 30 tahun)

 

Appositive Adjectives

Appositive adjectives adalah istilah gramatikal tradisional untuk kata sifat atau serangkaian kata sifat yang mengikuti kata benda, dan biasanya diawali dengan koma atau tanda hubung. Salah satu contohnya adalah kalimat di bawah ini:


  • Lisa is a tall girl, slim, strong and, short haired.” (Lisa adalah perempuan yang tinggi, langsing, kuat dan berambut pendek.)
  • "The decision was unfair, unacceptable, and illogical." (Keputusannya tidak adil, tidak dapat diterima dan tidak logis.)
  • "The men's uniform which was very wrinkled, dirty, and smelly, was thrown away." (Seragam pria yang sangat kusut, kotor dan bau itu dibuangnya.)

Pada contoh di atas, kita bisa melihat biasanya appositive adjectives muncul dalam bentuk pasangan kata sifat atau dalam kelompok berisi 3 kata sifat, yang disebut sebagai tricolon.

Sebelum lanjut, penasaran nggak sih sama kemampuan bahasa Inggris kamu sudah sejauh mana? Nah supaya kamu tahu, kamu bisa ikut placement test dengan cara klik gambar ini. Gratis dan bakal dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

 

Comparative and Superlative Adjectives

Comparative adjectives adalah bentuk dari kata sifat yang berfungsi untuk membandingkan sesuatu, lebih baik atau lebih buruk, lebih banyak atau lebih sedikit, juga lebih besar atau lebih kecil. Dalam bahasa Inggris, comparative adjectives ditandai dengan sufiks atau akhiran -er, atau menggunakan kata more atau less

Hampir semua kata sifat dengan satu suku kata dan beberapa kata sifat dengan dua suku kata dapat menggunakan sufiks -er sebagai penanda comparative adjectives. Sedangkan banyak kata sifat dengan dua suku kata atau lebih menggunakan kata more or less untuk menandakan comparative adjectives. Berikut contohnya:


  • "It’s easier to read than to write". (Lebih mudah membaca daripada menulis)
  • "Compare to the last knife, this one is very good, sharper and harmless." (Dibandingkan dengan pisau sebelumnya, pisau ini sangat bagus, lebih tajam dan tidak berbahaya.)
  • "My new house is way more beautiful compare to my old one. I'm so blissful." (Rumah baruku jauh lebih indah dibandingkan dengan rumahku yang dulu. Aku penuh kebahagiaan.)
  • "My nephew is younger than my son." (Keponakan laki-lakiku lebih muda daripada anak laki-lakiku.)

Superlative adjectives adalah perbandingan yang memiliki bentuk atau tingkat kata sifat yang menunjukkan paling banyak atau paling sedikit, paling baik atau paling buruk dari sesuatu. Seperti comparative adjectives, superlative adjectives ditandai dengan sufiks -est untuk hampir seluruh kata sifat bahasa Inggris satu suku kata dan beberapa kata sifat dua suku kata.

Sedangkan untuk kata sifat bahasa Inggris yang memiliki dua suku kata atau lebih, penanda superlative adjective diidentifikasi dengan kata most atau least. Setelah menggunakan superlative, kita dapat membubuhi kata in atau of ditambah frasa benda untuk mengindikasikan kata benda tersebut sedang dibandingkan. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:


  • The slowest animal in the world is the sloth. (hewan paling lambat di dunia adalah sloth)
  • Franky was the most impolite and the most not friendly person in the office. His words are very offensive. (Franky adalah orang yang paling tidak sopan dan paling tidak ramah di kantor. Perkataannya sangat menyakiti hati.)
  • Being chased by a bear is the most terrifying thing I’ve ever experienced. (Dikejar beruang adalah hal yang paling menakutkan yang pernah aku alami.)

Selain itu, terdapat kata sifat yang tidak dapat diberi sufiks -er dan -est atau menggunakan kata more, less, most, dan least sebagai penanda comparative dan superlative. Yaitu kata good dan bad. Kedua kata sifat ini akan berubah ketika digunakan dalam keadaan comparative dan superlative. Berikut contoh kalimatnya:

 

  • Eating veggies that you like is better than not eating veggies at all. (Makan sayuran yang kamu sukai lebih baik daripada tidak makan sayuran sama sekali)
  • Do you know what’s worse than a cockroach? A flying cockroach! (Kamu tahu apa yang lebih buruk dari kecoa? Kecoa terbang!)
  • The best way to spend your weekend is sleeping until noon with your cat. Sounds reasonable, doesn't it? (Cara terbaik untuk menghabiskan akhir pekan adalah tidur sampai siang bersama kucingmu. Masuk akal bukan?)
  • Have you consider the worst case scenario before going to the concert? (Sudahkah kamu pertimbangkan keadaan terburuk sebelum pergi ke konser?)

 

Compound Adjectives

Compound Adjectives adalah dua kata sifat atau lebih yang menggambarkan suatu keadaan kata benda. Compound adjectives biasa disebut juga sebagai frasa sifat. Aturan umumnya, jika dua kata sifat atau lebih berada sebelum kata benda, maka harus menggunakan tanda penghubung. Sedangkan jika letaknya setelah kata benda, maka tidak dibutuhkan tanda penghubung. Selain itu, compound adjectives yang terbentuk dari adverb dengan sufiks -ly biasanya tidak menggunakan kata penghubung. Contohnya ada pada kalimat berikut:

Kata sifat bahasa Inggrisfoto Johnny Depp (sumber: unsplash.com)

  • Johnny Depp is a well-known actor. (Johnny Depp adalah aktor yang terkenal.)
  • The actor that played Harry Potter is well known. (Aktor yang memerankan Harry Potter terkenal.)
  • That snail is slowly moving. (Siput itu bergerak perlahan.)

Demonstrative Adjectives

Demonstrative adjectives adalah penentu (determiner) yang digunakan untuk menunjukkan kata benda khusus. Terkadang, demonstrative adjective disebut juga sebagai demonstrative determiner. Dalam bahasa Inggris, terdapat 4 bentuk demonstrative, yaitu sebagai berikut:


  1. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu dekat: this dan these
  2. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu jauh: that dan those
  3. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu berjumlah tunggal: this dan that
  4. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu berjumlah jamak: these dan those

Berikut adalah contoh kalimatnya:


  • "Can you put these socks into that basket?" (Bisakah kamu memasukkan kaus kaki ini ke dalam keranjang itu?)
  • "Do you know those people?" (Apakah kamu kenal orang-orang itu?)
  • "I love this book!" (Aku suka sekali buku ini!)

 

Denominal Adjectives

Denominal adjectives adalah bentuk dari kata benda yang biasanya memiliki sufiks sehingga menjadikannya kata sifat seperti kata benda hope dengan sufiks -less. Atau kata benda child dengan sufiks -ish. Berikut contoh kalimatnya:


  • Our future is kinda hopeless, don’t you think?” (Masa depan kita tidak ada harapan, tidak kah kamu berpikir demikian?)
  • "Even though Trudy is jobless and clueless about work environment, she's a zestful and a very responsible mom." (Meskipun Trudy tidak punya pekerjaan dan tidak berpengetahuan mengenai  lingkungan kerja, dia adalah ibu yang penuh semangat dan penuh tanggung jawab)
  • Ben is 30 years old and humble, but he’s childish.” (Ben berumur 30 tahun dan rendah hati, tapi ia kekanak-kanakkan.)
  • "I feel guilty because I was being bossy." (Aku merasa berdosa karena aku suka merintah.)

Participial Adjectives

Participial adjectives adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata kerja dengan sufiks -ing, -ed atau -en. Misalnya dari kata kerja lie ditambah akhiran -ing, atau burn dengan sufiks -ed. Berikut adalah contoh kalimatnya:


  • The lying thief was caught last night.” (Si pencuri pembohong ditangkap tadi malam.)
  • "A concerned father came to see me today." (Seorang ayah yang khawatir datang mengunjungi saya hari ini)
  • Her house was burned.” (Rumahnya kebakaran.)

Demikian berbagai macam jenis kata sifat dalam bahasa Inggris yang mesti kamu pahami. Hal ini dapat membantu proses belajar kamu dalam menguasai bahasa Inggris. Kamu juga bakal lebih mudah dalam melakukan percakapan sehari-hari dan membuat berbagai macam tulisan, karena nggak cuma vocabulary kamu bertambah, tapi juga pengetahuan kamu berkembang.

Kalau kamu masih penasaran sama materi kata sifat dalam bahasa Inggris, kamu bisa lho gabung sama English Academy. Kamu bakal diajar sama Master Teacher seorang Native Speaker yang bersertifikat, juga belajar dengan kurikulum cambridge. Ayo gabung sekarang juga!

New call-to-action


Referensi:

Merriam Webster. ND. Merriam-webster. https://www.merriam-webster.com/dictionary/adjective

Nordquist, Richard. 2020. Thoughtco. https://www.thoughtco.com/what-is-adjective-clause-1689064

sumber foto kucing gemuk: https://unsplash.com/photos/WOfj1fmkxbg

sumber foto Johnny Depp: https://unsplash.com/photos/nVkPg-lHhak

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.