150 Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjectives) Serta Definisi dan Jenisnya

Kata sifat bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa Inggris, kamu harus bisa memahami berbagai macam materi, salah satunya kata sifat bahasa Inggris (adjective) atau adjektiva. Dalam kata sifat sendiri, terdapat berbagai macam bentuknya. Simak penjelasannya di artikel ini!

Kamu ingin lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar? Jika iya, artinya kamu harus menguasai berbagai keterampilan yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan cara menguasai grammar.

Nah, hal yang dapat mempermudah kamu untuk menguasai grammar adalah dengan mengetahui setiap detail dari part of speech seperti kata benda (noun), kata kerja (verb), kata ganti (pronoun), dan kata sifat.

Di artikel ini, yang akan kita bahas adalah bagian kata sifat bahasa Inggris. Kata sifat dapat kamu gunakan saat hendak menggambarkan seseorang, memilih benda, menceritakan keadaan, dan lain-lain.

Lalu, apa bedanya kata sifat dengan part of speech lainnya dalam bahasa Inggris? Ayo belajar melalui artikel ini!

 

Apa itu Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjectives)?

Pengertian kata sifat atau adjectives adalah kata yang berfungsi untuk memberikan informasi lebih dari suatu kata benda (noun). Kata sifat dalam bahasa Inggris pun dapat menggambarkan atau memodifikasi kata ganti (pronoun). Contoh kata sifat (adjektif) adalah beautiful (cantik)old (tua),elegant (anggun), blue (biru), dan easy (mudah).

Selain itu, kata sifat juga mampu mendeskripsikan kuantitas dari suatu kata benda. Contoh kata sifat tipe ini di antaranya many, few, dan hundreds.

 

Bagaimana Cara Membedakan Adjectives dan Adverbs?

Perbedaan adjektiva dan adverbia dapat dilihat dari fungsi dan juga komponen lain yang mengikutinya. Berikut beberapa perbedaan kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb):

1. Kata sifat berperan sebagai tambahan informasi untuk noun (baik subjek ataupun objek) serta pronoun, sedangkan adverb berfungsi untuk menjelaskan verb, adverb, dan adjective.

2. Kata adjektiva selalu diikuti dengan to be atau kata kerja bantu seperti is, am, are, was, were, be, been, dan to be.

3. Adjektiva dalam kalimat biasanya diikuti oleh senses of verb yang berperan sebagai linking verb atau auxiliary verb, yang mana ini berlaku saat menjelaskan noun atau pronoun sebagai subjek kalimat.

Contoh senses of verb adalah taste, seem, sound, smell, look, feel dan lain sebagainya. Oh ya, sense of verb adalah suatu kata yang bisa dilakukan oleh panca indra makhluk hidup, guys.

4. Secara umum, adverb bentuknya bisa jadi adjective jika pada akhir kata ditambah akhiran –ly. Sebagai contohnya quick (adjective) menjadi quickly (adverb), sad (adjective) menjadi sadly (adverb), simple (adjective) menjadi simply (adverb), final (adjective) menjadi finally (adverb), dan lain sebagainya.

 

Apa Perbedaan Adjectives dengan Verb?

Metode yang akan mempermudah kamu dalam belajar perbedaan adjectives dan verb adalah dengan sering membaca dan menganalisis sebuah kalimat. Tapi, di bawah ini English Academy bakal kasih kamu bocorannya, kok. Ini dia perbedaan kata sifat dan kata kerja dalam bahasa Inggris:

1. Verb adalah action word yang menyatakan adanya suatu aktivitas dari subjek. Sementara itu, adjective hanyalah kata keterangan.

2. Kata sifat memberi tahu kita lebih banyak tentang noun, sedangkan kata kerja memberikan kita pemaparan lebih tentang kondisi, pengalaman, pikiran, atau keadaan suatu subjek.

Baca Juga : Punctuation (Tanda Baca dalam Bahasa Inggris) Beserta Arti dan Contohnya

 

Jenis-jenis Kata Sifat Bahasa Inggris 

Ada 7 jenis kata sifat dalam bahasa Inggris yang harus kamu pahami. Jenis-jenis adjectives tersebut adalah absolute adjectives, attributive and predicative adjectives, appositive adjectives, comparative and superlative adjectives, compound adjectives, demonstrative adjectives, denominal adjectives, dan participial adjectives. Yuk, pahami masing-masing penjelasan beserta contohnya di bawah ini!

 

1. Absolute Adjectives

Absolute adjectives adalah sekelompok kata sifat yang tidak memiliki perbandingan atau sudah merupakan gambaran yang paling tinggi. Contoh kata sifat bahasa Inggris dengan bentuk absolute adjectives:

  • The girl is dead. (Gadis itu meninggal)
  • Jack is alive. (Jack hidup)
  • Henry is starving. (Henry kelaparan)
  • Dinosaurs are extinct. (Dinosaurus punah)

Contoh kata sifat di atas adalah kata sifat absolut karena tidak dapat dibandingkan. Kita tidak bisa mengatakan, “That boy is deader than the girl” (anak laki-laki itu lebih meninggal daripada gadis itu).

Kita tidak bisa mengatakan seseorang is deader (lebih meninggal) daripada seseorang. Kita juga tidak bisa mengatakan seseorang is the deadest (paling meninggal) dalam sekelompok kata benda.

Kita bisa mengatakan bahwa absolute adjectives berada di tingkatan yang sama dengan superlative adjectives.Tapi kita bisa memberi ukuran terhadap absolute adjectives dengan menambahkan adverb (kata yang menggambarkan kata kerja) bermakna “hampir”: almost, nearly, dan virtually. Berikut contohnya dalam sebuah kalimat:

  • Alex is almost dead.” (Alex hampir meninggal.)
  • “Elephants are nearly extinct.” (Gajah-gajah hampir punah)

 

2. Attributive and Predicative Adjectives

Attributive adjectives biasanya ada sebelum kata benda, dan berfungsi untuk menggambarkan atau mengubah keadaan kata benda tersebut menjadi lebih rinci, tanpa adanya linking verb. Contohnya seperti di bawah ini:

  • I was very angry hours ago.” (Luna sangat marah beberapa jam yang lalu)
  • I love my fat cat.” (Aku suka kucing gemukku.)
  • What a kindhearted guy, he is.” (Sungguh pria yang baik hati)
  • I adore my handmade jug from Bali.” (Aku sangat menyukai kendi buatan tangan dari Bali)
  • We discussed about moving last week. The discussion was very bad, rash, and wasting time.” (Kami berdiskusi tentang pindahan minggu yang lalu. Diskusi itu sangat buruk, terburu-buru dan buang-buang waktu)

Dari contoh di atas, bisa kita lihat bersama-sama, kata sifat fat merupakan attributive adjective karena posisinya berada di sebelum kata benda cat, dan memberi gambaran yang merinci.

Kemudian, predicative adjectives adalah kata sifat yang biasanya tidak muncul sebelum kata benda, melainkan muncul setelah adanya linking verb (be, become, grow, look, atau seem). Perhatikan contoh kalimat berikut:

 

Kata sifat bahasa Inggris

Foto Kucing Gemuk (sumber: unsplash.com)

  • My cat is fat.” (Kucingku gemuk.)
  • My favorite jacket is the yellow one.” (Jaket favoritku berwarna kuning)
  • Many people say Loch Ness is a gentle giant creature.” (Banyak orang berkata Loch Ness adalah makhluk lembut berukuran raksasa)
  • “Do you know that Agnatha is a jawless fish?” (Apakah kamu tahu kalau Agnatha adalah ikan tanpa rahang?)
  • Andrea became a generous lady in her late 30s.” (Andrea menjadi wanita yang murah hati di usia akhir 30 tahun)

 

3. Appositive Adjectives

Appositive adjectives adalah istilah gramatikal tradisional untuk kata sifat atau serangkaian kata sifat yang mengikuti kata benda, dan biasanya diawali dengan koma atau tanda hubung. Contohnya adalah :

  • Lisa is a tall, slim, strong and, short haired girl.” (Lisa adalah perempuan yang tinggi, langsing, kuat dan berambut pendek.)
  • The decision was unfair, unacceptable, and illogical.” (Keputusannya tidak adil, tidak dapat diterima dan tidak logis.)
  • The men’s uniform which was very wrinkled, dirty, and smelly, was thrown away.” (Seragam pria yang sangat kusut, kotor dan bau itu dibuangnya.)

Pada contoh di atas, kita bisa melihat biasanya appositive adjectives muncul dalam bentuk pasangan kata sifat atau dalam kelompok berisi 3 kata sifat, yang disebut sebagai tricolon.

 

Sebelum lanjut, penasaran nggak sih sama kemampuan bahasa Inggris kamu sudah sejauh mana? Nah supaya kamu tahu, kamu bisa ikut placement test dengan cara klik gambar ini. Gratis dan bakal dapat sertifikat, lho!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

4. Comparative and Superlative Adjectives

Comparative adjectives adalah bentuk dari kata sifat yang berfungsi untuk membandingkan sesuatu, lebih baik atau lebih buruk, lebih banyak atau lebih sedikit, juga lebih besar atau lebih kecil.

Berdasarkan maknanya dalam bahasa Inggris, comparative adjectives ditandai dengan sufiks alias akhiran –er, atau menggunakan kata more atau less.

Hampir semua kata sifat dengan satu suku kata dan beberapa kata sifat dengan dua suku kata dapat menggunakan sufiks –er sebagai penanda comparative adjectives.

Sementara itu, banyak kata sifat dengan dua suku kata atau lebih menggunakan kata more or less untuk menandakan comparative adjectives. Berikut contohnya:

  • “It’s easier to read than to write”. (Lebih mudah membaca daripada menulis)
  • Compare to the last knife, this one is very good, sharper and harmless.” (Dibandingkan dengan pisau sebelumnya, pisau ini sangat bagus, lebih tajam dan tidak berbahaya.)
  • “My new house is way more beautiful compare to my old one. I’m so blissful.” (Rumah baruku jauh lebih indah dibandingkan dengan rumahku yang dulu. Aku penuh kebahagiaan.)
  • My nephew is younger than my son.” (Keponakan laki-lakiku lebih muda daripada anak laki-lakiku.)

Selanjutnya, superlative adjectives adalah perbandingan yang memiliki bentuk atau tingkat kata sifat yang menunjukkan paling banyak atau paling sedikit, paling baik atau paling buruk dari sesuatu.

Seperti comparative adjectives, superlative adjectives ditandai dengan sufiks –est untuk hampir seluruh kata sifat bahasa Inggris satu suku kata dan beberapa kata sifat dua suku kata.

Sementara itu, untuk kata sifat bahasa Inggris yang memiliki dua suku kata atau lebih, penanda superlative adjective diidentifikasi dengan kata most atau least.

Setelah menggunakan superlative, kita dapat membubuhi kata in atau of ditambah frasa benda untuk mengindikasikan kata benda tersebut sedang dibandingkan. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

  • The slowest animal in the world is the sloth. (hewan paling lambat di dunia adalah sloth)
  • Franky was the most impolite and the most not friendly person in the office. His words are very offensive. (Franky adalah orang yang paling tidak sopan dan paling tidak ramah di kantor. Perkataannya sangat menyakiti hati.)
  • Being chased by a bear is the most terrifying thing I’ve ever experienced. (Dikejar beruang adalah hal yang paling menakutkan yang pernah aku alami.)

Selain itu, terdapat kata sifat yang tidak dapat diberi sufiks –er dan –est atau menggunakan kata more, less, most, dan least sebagai penanda comparative dan superlative, yaitu kata good dan bad. Kedua kata sifat ini akan berubah ketika digunakan dalam keadaan comparative dan superlative. Berikut contoh kalimatnya:

  • Eating veggies that you like is better than not eating veggies at all. (Makan sayuran yang kamu sukai lebih baik daripada tidak makan sayuran sama sekali)
  • Do you know what’s worse than a cockroach? A flying cockroach! (Kamu tahu apa yang lebih buruk dari kecoa? Kecoa terbang!)
  • The best way to spend your weekend is sleeping until noon with your cat. Sounds reasonable, doesn’t it? (Cara terbaik untuk menghabiskan akhir pekan adalah tidur sampai siang bersama kucingmu. Masuk akal bukan?)
  • Have you consider the worst case scenario before going to the concert? (Sudahkah kamu pertimbangkan keadaan terburuk sebelum pergi ke konser?)

Baca Juga: Degrees of Comparison: Perbandingan dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

 

5. Compound Adjectives

Compound Adjectives adalah dua kata sifat atau lebih yang menggambarkan suatu keadaan kata benda. Compound adjectives biasa disebut juga sebagai frasa sifat. Aturan umumnya, jika dua kata sifat atau lebih berada sebelum kata benda, maka harus menggunakan tanda penghubung. 

Sementara itu, jika letaknya setelah kata benda, maka tidak dibutuhkan tanda penghubung. Lalu, compound adjectives yang terbentuk dari adverb dengan sufiks –ly biasanya tidak menggunakan kata penghubung. Contohnya ada pada kalimat berikut:

 

Kata sifat bahasa Inggris

Foto Johnny Depp (sumber: unsplash.com)

  • Johnny Depp is a well-known actor. (Johnny Depp adalah aktor yang terkenal.)
  • The actor that played Harry Potter is well known. (Aktor yang memerankan Harry Potter terkenal.)
  • That snail is slowly moving. (Siput itu bergerak perlahan.)

 

6. Demonstrative Adjectives

Demonstrative adjectives adalah penentu (determiner) yang digunakan untuk menunjukkan kata benda khusus. Terkadang, demonstrative adjective disebut juga sebagai demonstrative determiner. Dalam bahasa Inggris, terdapat 4 bentuk demonstrative, yaitu sebagai berikut:

  1. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu dekat: this dan these
  2. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu jauh: that dan those
  3. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu berjumlah tunggal: this dan that
  4. Demonstratives yang menggambarkan kata benda itu berjumlah jamak: these dan those

Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • “Can you put these socks into that basket?” (Bisakah kamu memasukkan kaus kaki ini ke dalam keranjang itu?)
  • Do you know those people?” (Apakah kamu kenal orang-orang itu?)
  • “I love this book!” (Aku suka sekali buku ini!)

 

7. Denominal Adjectives

Denominal adjectives adalah bentuk dari kata benda yang biasanya memiliki sufiks sehingga menjadikannya kata sifat seperti kata benda hope dengan sufiks -less. Atau kata benda child dengan sufiks -ish. Berikut contoh kalimatnya:

  • Our future is kinda hopeless, don’t you think?” (Masa depan kita tidak ada harapan, tidak kah kamu berpikir demikian?)
  • “Even though Trudy is jobless and clueless about work environment, she’s a zestful and a very responsible mom.” (Meskipun Trudy tidak punya pekerjaan dan tidak berpengetahuan mengenai lingkungan kerja, dia adalah ibu yang penuh semangat dan penuh tanggung jawab)
  • Ben is 30 years old and humble, but he’s childish.” (Ben berumur 30 tahun dan rendah hati, tapi ia kekanak-kanakkan.)
  • I feel guilty because I was being bossy.” (Aku merasa berdosa karena aku suka merintah.)

 

8. Participial Adjectives

Participial adjectives adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata kerja dengan sufiks -ing, –ed atau -en. Misalnya dari kata kerja lie ditambah akhiran -ing, atau burn dengan sufiks –ed. Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • The lying thief was caught last night.” (Si pencuri pembohong ditangkap tadi malam.)
  • “A concerned father came to see me today.” (Seorang ayah yang khawatir datang mengunjungi saya hari ini)
  • Her house was burned.” (Rumahnya kebakaran.)

 

150 Contoh Kata Sifat Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut beberapa contoh kosakata atau vocabulary yang termasuk sebagai kata sifat:

  1. Active: Aktif
  2. Adorable: Menggemaskan
  3. Adventurous: Petualang
  4. Affectionate: Penyayang
  5. Aggressive: Agresif
  6. Alert: Waspada
  7. Ambitious: Ambisius
  8. Amused: Tertawa
  9. Angry: Marah
  10. Anxious: Cemas
  11. Ashamed: Malu
  12. Attractive: Menarik
  13. Average: Rata-rata
  14. Awful: Mengerikan
  15. Bad: Buruk
  16. Beautiful: Indah
  17. Bitter: Pahit
  18. Brave: Berani
  19. Bright: Terang
  20. Busy: Sibuk
  21. Calm: Tenang
  22. Careful: Hati-hati
  23. Charming: Memikat
  24. Cheerful: Ceria
  25. Clean: Bersih
  26. Clever: Pandai
  27. Clumsy: Canggung
  28. Cold: Dingin
  29. Colorful: Berwarna
  30. Comfortable: Nyaman
  31. Confused: Bingung
  32. Cozy: Nyaman
  33. Crazy: Gila
  34. Creative: Kreatif
  35. Crowded: Ramai
  36. Cruel: Kejam
  37. Curious: Penasaran
  38. Cute: Lucu
  39. Dangerous: Berbahaya
  40. Dark: Gelap
  41. Dead: Mati
  42. Deep: Dalam
  43. Defeated: Kalah
  44. Delighted: Senang sekali
  45. Depressed: Sedih
  46. Determined: Bertekad
  47. Different: Berbeda
  48. Difficult: Sulit
  49. Dirty: Kotor
  50. Disgusted: Jijik
  51. Disturbed: Terusik
  52. Dizzy: Pusing
  53. Doubtful: Ragu-ragu
  54. Drab: Suram
  55. Dull: Membosankan
  56. Eager: Bersemangat
  57. Easy: Mudah
  58. Elated: Girang
  59. Elegant: Elegan
  60. Embarrassed: Malu
  61. Enchanting: Memikat
  62. Encouraging: Mendorong
  63. Energetic: Energik
  64. Enthusiastic: Antusias
  65. Envious: Iri
  66. Evil: Jahat
  67. Excited: Gembira
  68. Expensive: Mahal
  69. Exuberant: Bergairah
  70. Fair: Adil
  71. Faithful: Setia
  72. Fancy: Mewah
  73. Fantastic: Fantastis
  74. Fearless: Berani
  75. Fierce: Garang
  76. Filthy: Kotor
  77. Fine: Baik
  78. Flaky: Mudah patah
  79. Flat: Datar
  80. Fluffy: Berbulu lembut
  81. Foolish: Bodoh
  82. Fragile: Rapuh
  83. Frail: Lemah
  84. Free: Bebas
  85. Fresh: Segar
  86. Friendly: Ramah
  87. Frightened: Takut
  88. Funny: Lucu
  89. Gentle: Lembut
  90. Gifted: Berbakat
  91. Glad: Senang
  92. Gleaming: Berkilau
  93. Glistening: Berkilauan
  94. Glorious: Mulia
  95. Good: Baik
  96. Gorgeous: Sangat cantik
  97. Graceful: Anggun
  98. Grateful: Bersyukur
  99. Great: Besar
  100. Greedy: Rakus
  101. Green: Hijau
  102. Grieving: Berduka
  103. Groovy: Asyik
  104. Grumpy: Cemberut
  105. Handsome: Tampan
  106. Happy: Bahagia
  107. Hardworking: Rajin
  108. Harsh: Kasar
  109. Healthy: Sehat
  110. Heavy: Berat
  111. Helpless: Tidak berdaya
  112. Hilarious: Sangat lucu
  113. Homeless: Tidak punya rumah
  114. Horrible: Mengerikan
  115. Hot: Panas
  116. Huge: Besar sekali
  117. Humorous: Menggelitik hati
  118. Hungry: Lapar
  119. Hurt: Terluka
  120. Idealistic: Idealis
  121. Imaginative: Penuh imajinasi
  122. Impatient: Tidak sabar
  123. Impressive: Mengesankan
  124. Inexpensive: Murah
  125. Innocent: Naif
  126. Inquisitive: Suka bertanya
  127. Insecure: Tidak aman
  128. Insensitive: Tidak peka
  129. Intense: Intens
  130. Interesting: Menarik
  131. Jealous: Cemburu
  132. Jolly: Ceria
  133. Joyful: Penuh sukacita
  134. Jubilant: Meriah
  135. Jumpy: Gugup
  136. Kind: Baik hati
  137. Lazy: Malas
  138. Lively: Penuh semangat
  139. Lonely: Kesepian
  140. Long: Panjang
  141. Loose: Longgar
  142. Loud: Keras
  143. Lovely: Menawan
  144. Lucky: Beruntung
  145. Magnificent: Sangat indah
  146. Messy: Berantakan
  147. Mighty: Kuat
  148. Modern: Modern
  149. Mysterious: Misterius
  150. Slender: Langsing

Baca Juga : 151 Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Demikian pembahasan tentang definisi,  jenis, hingga contoh kata sifat bahasa Inggris (adjectives) yang mesti kamu pahami. Hal ini dapat membantu proses belajar kamu dalam menguasai bahasa Inggris, guys.

Oh ya, kamu juga bakal lebih mudah dalam melakukan percakapan sehari-hari dan membuat berbagai macam tulisan, karena nggak cuma vocabulary kamu bertambah, tapi juga pengetahuan kamu dalam membuat tulisan dalam bahasa Inggris akan semakin mumpuni.

Kalau masih  bingung dengan materi kata sifat dalam bahasa Inggris, gabung English Academy aja. Di sana, kamu bakal belajar didampingi oleh guru lokal dan internasional yang berpengalaman! Plus, kurikulum yang digunakan pun berstandard internasional Cambridge. Yuk, cek kelas mana yang cocok untukmu!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

Referensi:

Merriam Webster. ND. Merriam-webster. https://www.merriam-webster.com/dictionary/adjective

Nordquist, Richard. 2020. Thoughtco. https://www.thoughtco.com/what-is-adjective-clause-1689064

Sumber foto kucing gemuk: https://unsplash.com/photos/WOfj1fmkxbg

Sumber foto Johnny Depp: https://unsplash.com/photos/nVkPg-lHhak

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Azka Rais pada tanggal 8 Juni 2022, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 25 September 2022.

 

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!