Degrees of Comparison: Perbandingan dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Degrees of comparison

Untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu harus paham tentang degrees of comparison. Yuk simak penjelasan berikut ini!

- -

Mungkin beberapa di antara kamu sering mendengar dialog-dialog atau percakapan bahasa Inggris seperti ini:

“I felt so much better, now.”

“She thinks she’s taller than I am.”

“Autumn is the best season of all.”

Kira-kira, ada yang terdengar familiar ngga? Nah betul. Ungkapan, better, taller, dan best. Mungkin kamu masih ingat kalau kata-kata ini termasuk ke dalam degrees of comparison. Atau mudahnya perbandingan dalam bahasa Inggris. Supaya ingat, yuk kita pahami lagi.

 

Definisi Degrees of Comparison

Degrees of comparison adalah salah satu aturan di dalam grammar bahasa Inggris yang berfungsi sebagai pembanding antar objek. Bentuknya bisa berupa adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan). Misalnya nih, kamu lagi belanja baju, dan bingung mau pilih yang mana. Apakah baju yang warnanya biru, atau yang warnanya hijau.

Terus temenmu bilang, “I must say, the blue one is better, although it’s more expensive than the green one.

Dari contoh kalimat itu kamu bisa mempelajari bahwa degrees of comparison disebutkan dua kali, yaitu ketika menggunakan kata “better” dan “more expensive” untuk membandingkan baju berwarna biru dan baju berwarna hijau. Ciri-ciri lain yang bisa kamu temukan di kalimat yang menggunakan degrees of comparison adalah penggunaan kata more, the most, less, the least, dan lain-lain.

Jenis-jenis Degrees of Comparison

Degrees of comparison sendiri memiliki tiga jenis, yaitu adalah sebagai berikut:

Degrees of comparison 1

Positive Degree

Positive degree menandakan tidak adanya perbandingan. Degree ini hanya memberitahu kualitas dari suatu subjek atau kata benda. Kalau pun digunakan dalam perbandingan, positive degree hanya dapat digunakan dalam perbandingan yang setara dengan menggunakan frasa as…as. Perhatikan contoh-contoh berikut ini:

You need to be as smart as Nadia in order to beat her in the test.

Andrew walks slowly.”

 

Comparative Degree

Comparative degree digunakan dalam kalimat untuk membandingkan dua hal. Kalau kamu menggunakan adjective, maka akamu dapat menambahkan akhiran -er/-ier, tergantung kata sifat tersebut diakhiri oleh huruf apa. Kamu juga bisa menggunakan kata ’more’ atau ‘less’. Tapi jika kamu menggunakan adverb, kamu cukup menambahkan kata ‘more’ atau ‘less’ sebelum kata keterangannya. Kalau dalam bahasa Indonesia, comparative degree bermakna, ‘lebih’. Simak contoh kalimatnya di bawah ini:

Compared to chocolate ice cream, vanilla ice cream is cheaper.

Maidy looks happier than Nora.

You have to drive less slowly to catch the flight!

Nada cooks more carefully now.”

 

Superlative Degree

Perbandingan yang digunakan superlative degree pada kalimat berfungsi untuk membandingkan ketiga hal atau lebih dalam konteks kalimatnya. Kamu bisa menambahkan akhiran -est/-iest atau kata ‘most’ dan/atau ‘least’ pada adjective. Tapi jika kamu menggunakan adverb, maka kamu hanya bisa menggunakan kata ‘most’ atau ‘least’. Tentu saja kamu harus ingat kembali bahwa kamu harus menggunakan kata penanda, ‘the’ sebelum superlative degree. Dalam bahasa Indonesia, superlative degree bermakna ‘paling’. Berikut adalah contoh kalimat bahasa Inggris superlative degree:

The scariest movie of all time is Pengabdi Setan 2: Communion.

Of all the southeast countries I've traveled to, Indonesia is the most beautiful country.

Katherine fought the most impressively of all the competitors.

I think James played guitar the least beautifully compared to all the contestants

 

Aturan-aturan Lain Dalam Degrees of Comparison

Selain tiga jenis tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam degrees of comparison, yaitu sebagai berikut:

 

Bentuk Comparative dan Superlative kata “Good” dan “Bad”

Untuk kedua adjectives ini, kamu tidak bisa menggunakan akhiran -er dan -est untuk mengubahnya ke dalam bentuk comparative degree dan superlative degree. Tidak ada kata bahasa Inggris yang menyebutkan “gooder”, “goodest”, “badder” atau “baddest”. Untuk kedua kata sifat ini, bentuknya berubah dari kata asalnya.

Good: better (comparative degree) dan best (superlative degree)

Bad: worse (comparative degree) dan worst (superlative degree)

 

Penggunaan Degrees of Comparison

Perlu diingat kembali bahwa kamu nggak bisa menggunakan degrees of comparison dua kali dalam satu frasa. Misalnya, “Between the white and brown bag, the more heavier bag is the white one.” Namun, kamu bisa menggunakan dua atau lebih degrees of comparison dalam sebuah kalimat jika tidak dalam satu frasa. Seperti contohnya:

The more, the merrier.

He is the most beautiful, wisest, and most powerful of all the kings.”

 

Pengecualian Degrees of Comparison

Meskipun ketika melakukan perbandingan, terdapat kata-kata yang tidak ada bentuk comparative atau superlative-nya. Yaitu adalah sebagai berikut: “dead”, “single”, “unique” dan “instataneous”.

Demikian penjelasan mengenai degrees of comparison atau perbandingan dalam bahasa Inggris. Nah, kalau kamu masih penasaran dengan materi tersebut, kamu bisa lho gabung dengan English Academy. Di sana kamu bakal belajar bahasa Inggris dengan seorang native speaker yang berpengalaman dan belajar menggunakan kurikulum cambridge. Yuk gabung sekarang juga!

English Academy

Referensi:

Shrives, Craig. ND. What Are the Degrees of Comparison? (with Examples). (online at) https://www.grammar-monster.com/glossary/degree.htm [accessed at 12 September 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.