5 Tips Opening Hook Untuk Presentasi Kamu

Fridericiana Marie Pasasa Feb 26, 2021 • 4 min read


cara membuat opening hook di presentase

Artikel ini menjelaskan tentang 5 cara untuk membuka presentasi bahasa inggrismu agar lebih menarik bagi penonton.

--

 

First impressions matter. Begitulah pepatah yang menggambarkan pentingnya membuka presentasi dengan opening hook yang menarik. Opening hook adalah strategi saat presenter memulai presentasinya dengan cara-cara yang dapat memberikan first impression yang baik dan menarik perhatian penonton. Teknik opening hook dalam presentasi penting untuk dikuasai, karena kamu bisa mengaplikasikan teknik ini saat kamu memulai presentasi dalam kegiatan akademik di sekolah, organisasi, lomba, hingga bisnis!

Berikut 5 tips opening hook dan contohnya yang bisa langsung kamu praktekan di presentasi kamu selanjutnya! Nah, jadi jangan khawatir! Membuat opening hook yang strong itu mudah dan worth it loh! Opening hook berfungsi untuk menarik perhatian pembaca dan membantu mereka memutuskan apakah mereka ingin melanjutkan mendengengarkan. Pastikan kamu sudah memastikan topik dan membuat konten presentasimu sebelum merancang opening hook ya!

1. Provocation

‘The next 6 minutes will change your life!’ Itulah contoh bentuk opening hook berbentuk provocation. Dalam metode provokasi, presenter menggunakan kata-kata hiperbola untuk memancing perhatian penonton. Tetapi, perlu diingat bila kamu membicarakan data, hindari penggunaan opening hook ini karena bisa mengubah arti dari data tersebut ya! Gunakan intonasi tekanan dinamik pada kata-kata yang dianggap penting. Selain itu, tatap mata penonton dan kuasai ruangan dengan body language yang tegas tersebut agar menimbulkan kesan terpercaya. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan presentasi kamu ya!

how to make an opening hook in presentasion

2. Imagination

‘I’d like you to imagine a world without plastic.’ Dalam metode ini, presenter ingin membangkitkan kesan imajinatif kepada penonton. Ketika presentasi, kamu dapat mengajak penonton untuk membayangkan suatu kondisi yang belum terpikirkan oleh penonton sebelumnya. Pembawaan bentuk opening hook imajinasi dapat dikombinasikan dengan bentuk provokasi.

3. Quote

‘Steve Jobs once said, the only to do great work, is to love what you do.’ Metode ini adalah metode klasik yang dapat langsung kamu terapkan! Pastikan quote tersebut berasal dari sumber yang terpercaya. Selain itu, sampaikan juga arti dibalik quote agar penonton tidak kebingungan.

4. Shocking Fact

‘Did you know that 1 in 3 people are stressed?’ Contoh bentuk opening hook yang satu ini dengan membicarakan fakta-fakta yang mengundang rasa penasaran para penonton karena tidak diketahui banyak orang maupun terjadi perubahan besar dalam rentang waktu tertentu. Shocking fact dapat membawa inti masalah dari isi presentasi maupun salah satu masalah yang menggugah perhatian penonton. Kamu juga dapat membuat suasana yang sesuai dengan konteks fakta tersebut melalui intonasi dan gerakan tubuh. Gunakan angka, persentase, maupun decimal penonton agar tidak bias. Jangan lupa untuk mengecek sumber data yang kamu gunakan agar terpercaya.

5. Question

Pernahkah kamu menonton presentasi interaktif antara presenter dan penonton? Bila iya, kamu telah mengetahui bentuk opening hook yang satu ini! Dalam tipe opening hook berupa pertanyaan, presenter membuka sesi presentasinya dengan komunikasi dua arah dengan penonton. Contohnya, “Can anybody tell me how much time millennials spend on social media?’

Dengan metode ini, presenter ingin mengajak penonton ikut berpartisipasi dalam presentasinya. Saat kamu menggunakan metode ini, kamu dapat mengajak beberapa penonton untuk mengekspresikan pendapatnya. Perhatikan waktu yang tersedia sehingga kamu tidak kehabisan waktu ya!

Segitu dulu, ya, metode-metode opening hook untuk presentasimu. Saat sudah memulai presentasi dengan opening hook yang kuat, jangan melupakan aspek lainnya ya! Seperti memastikan waktu presentasimu cukup dengan waktu yang tersedia, membuat eye contact dengan para penonton, dan percaya diri. Alokasikan waktu untuk memperkenalkan diri dan memastikan seluruh konten yang ingin kamu sampaikan terdengar. Psttt... seperti layaknya komunikasi, kamu bisa lebih memikat hati penonton dengan membawakan isi konten layaknya storytelling. Membuat eye contact dengan penonton dapat menimbulkan kesan meyakinkan dan percaya diri. Kamu bisa melatih dengan mencoba presentasi didepan kaca.

Selain opening hook, ada juga strategi closing hook. Metodenya hampir mirip, perbedaannya terlihat bahwa closing hook dipakai di akhir presentasi. Nah,  itulah 5 tips opening hook untuk presentasi. Ingat, jangan takut untuk berani tampil beda! Daripada lebih baik kamu stand out dari yang lain. Yuk, buat opening hook-mu sekreatif mungkin! Buat kamu yang ingin mendalami bahasa inggris seperti ini, yuk gabung di English Academy! Di sana, kamu akan mendapatkan pembelajaran dengan kurikulum internasional, dan tutor yang profesional, lho!

New call-to-action

Beri Komentar