Tips Membuat Pitch Deck dalam Bahasa Inggris dan 7 Contohnya

Pitch Deck Template Bahasa Inggris - English Academy

Pitch deck yang efektif adalah senjata rahasia untuk menjelaskan visi bisnis dan memikat investor untuk startup Anda. Simak berbagai contoh pitch deck dari startup sukses dunia dan tips-tips berharga untuk membuat pitch deck dalam bahasa Inggris.

Berencana memulai startup? Atau sedang membangun bisnis impianmu? Apapun usaha yang sedang Anda lakukan, ide brilian saja nggak cukup untuk menggaet mitra bisnis potensial.

Anda butuh senjata rahasia: sebuah pitch deck yang efektif yang dapat membantu mempresentasikan bisnismu dengan lebih optimal!

Penasaran apa itu pitch deck dan gimana tips menyusun pitch deck dalam bahasa Inggris yang efektif?

Yuk, kita mulai pembahasannya!

 

Apa sih Pitch Deck Untuk Bisnis dan Apa Fungsinya?

Hmm jadi sebenarnya apa itu pitch deck dan apa sajakah fungsinya? Cek di bawah ini, ya!

Pengertian Pitch Deck

Dilansir dari Slidebean, pitch deck adalah presentasi visual yang digunakan untuk menjelaskan visi dan rencana bisnismu kepada calon investor, mitra bisnis, dan klien potensial yang bersedia memberikan aliran dana.

Pitch deck, atau terkadang disebut pitch book ini, biasanya digunakan oleh founder perusahaan dalam presentasi produk bisnis. Pitch deck sendiri dapat kamu buat menggunakan tools presentasi populer seperti Google Slides, Power Point, ataupun Prezi.

Dalam dunia bisnis, tujuan utama pitch deck adalah untuk mendapatkan pendanaan bagi perusahaan atau produk yang sedang dikembangkan. Karena itulah, pitch deck harus dirancang secara strategis untuk menonjolkan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaanmu.

Fungsi Pitch Deck

Nggak hanya untuk memikat calon investor, masih ada beberapa fungsi lain pitch deck yang nggak kalah pentingnya, yaitu:

  1. Menjelaskan Ide Bisnis
    Jika kamu ingin mencari mitra bisnis yang tepat, pitch deck dapat membantumu membangun pemahaman mengenai ide dan konsep bisnis. Termasuk masalah yang ingin kamu pecahkan dan solusi yang ditawarkan oleh produkmu.
  2. Memperkuat Branding
    Jika kamu baru merintis bisnis, pitch deck dapat menguatkan branding dan membedakanmu dari kompetitor. Kamu dapat menggambarkan nilai dan budaya perusahaan serta visi misi jangka panjang di dalam slide presentasimu.
  3. Mendatangkan Klien Potensial
    Pitch deck membantu meyakinkan klien bahwa bisnismu adalah solusi bagi permasalahan mereka. Sertakan informasi mengenai manfaat produk, portofolio, dan testimonial kepuasan pelanggan untuk memperkuat pitching.

 

Pitch Deck vs Elevator Pitch

Aturan utama pitch deck startup adalah dia harus singkat, lugas, dan tidak bertele-tele. Tetapi terkadang ada situasi dimana durasi presentasi yang menggunakan pitch deck tetap terlalu lama. Di sinilah kita harus menggunakan Elevator Pitch.

Apa bedanya pitch deck dan elevator pitch?

Elevator pitch adalah penjelasan singkat mengenai perusahaan, seperti trailer film.
– Durasi presentasi kurang lebih 30-60 detik.
– Biasanya digunakan untuk memperkenalkan diri, menyampaikan satu atau dua poin penting, dan menjalin hubungan dengan seseorang.
– Tidak memerlukan dukungan tambahan seperti slide presentasi.

Pitch deck bisnis adalah deck yang digunakan dalam presentasi yang memberikan gambaran umum mengenai rencana bisnis perusahaan.
– Terdiri dari 10-15 halaman presentasi.
– Biasanya digunakan dalam pertemuan tatap muka atau online dengan investor, pelanggan, atau mitra potensial.
– Dapat dibuat menggunakan PowerPoint, Keynote, atau Prezi sebagai dukungan visual.
– Terdiri dari beberapa bagian penting seperti pengenalan, isi, dan penutup.

Singkatnya, elevator pitch adalah proses presentasi singkat, sedangkan pitch deck adalah slide yang digunakan. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperkenalkan perusahaan, memberikan gambaran umum tentang rencana bisnis yang Anda jalankan, dan menarik investor atau mitra potensial.

Baca Juga : Contoh Email Bahasa Inggris: Ini Cara Membuat dan Formatnya

 

Hal dan Elemen Penting yang Perlu Ada Dalam Pitch Deck

Hal yang perlu ada dalam Pitch Deck

– Informasi penting yang dapat meyakinkan klien, calon mitra, atau investor bahwa bisnis Anda punya potensi yang bagus.
– Tidak terlalu banyak teks, tetapi terbatas pada poin-poin penting.
– Terdiri dari 10 elemen penting yang harus ada dalam setiap deck.

Elemen penting yang harus ada dalam Pitch Deck

– Pengenalan perusahaan atau startup.
– Model bisnis yang dijalankan.
– Rencana pemasaran.
– Analisis terhadap kompetisi bisnis yang dijalankan.
– Tim manajemen.
– Proyeksi keuangan.
– Apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan jika mendapatkan pendanaan.

Pitch deck haruslah menarik dan informatif, dengan tampilan yang baik dan didukung oleh data yang baik dan visual yang menarik. Selain itu, pitch deck juga dapat digunakan untuk menjalin kerja sama dengan klien atau perusahaan lain.

Dalam membuat pitch deck, penting untuk memperhatikan isi presentasi, tetapi juga faktor lain seperti tampilan yang menarik dan penggunaan teknologi presentasi yang tepat. Pastikan juga untuk mengupdate pitch deck secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman dari presentasi sebelumnya.

Dengan memahami konsep dan elemen-elemen yang ada dalam pitch deck, Anda dapat membuat presentasi yang efektif dan menarik minat investor, klien, atau mitra potensial untuk mendukung rencana bisnis Anda.

 

Prinsip dan Komponen Slide Pitch Deck yang Baik dan Menarik

Setelah memahami pengertian pitch deck dan manfaatnya dalam bisnis, sekarang waktunya Anda mempelajari apa saja komponen untuk membuat pitch deck yang efektif.

Bersumber dari Slidebean, struktur pitch deck yang ideal terdiri dari 10-20 slide berisi ringkasan bisnis yang komprehensif. Menariknya lagi, pakar marketing kenamaan Guy Kawasaki, bahkan merekomendasikan metode 10/20/30 untuk sebuah presentasi yang memikat. Yang berarti 10 slide untuk memuat materi, 20 menit untuk menyampaikan presentasi, dan tidak menggunakan font di bawah ukuran 30 untuk kenyamanan membaca.

Guy Kawasaki Pitch Deck 10-20-30 Rule - English Academy 

Lalu, apa saja komponen penting dalam kesepuluh slide pitch deck tersebut?

  1. Slide pembuka

Berisi judul presentasi, logo perusahaan, nama tim presentasi, dan kontak informasi perusahaan.

  1. Pengantar

Berisi latar belakang perusahan dan visi misi secara singkat. Boleh juga mendetailkan permasalahan atau peluang pasar yang ingin Anda selesaikan.

  1. Solusi Bisnis

Memuat penjelasan tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, termasuk bagaimana Anda memecahkan masalah pelanggan atau memenuhi kebutuhan pasar.

  1. Model Bisnis

Penjelasan mengenai model bisnis yang Anda gunakan. Misalnya, bagaimana Anda menghasilkan pendapatan, memperoleh margin keuntungan, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang optimal.

  1. Analisis Pasar

Tinjauan mengenai segmentasi, target klien atau pelanggan, serta potensi pertumbuhan bisnis dan pasar yang ditargetkan.

  1. Keunggulan Kompetitif

Berisi faktor-faktor yang menjadikanmu unik, beda, dan lebih menguntungkan untuk dipilih bila dibandingkan dengan produk lainnya.

  1. Strategi Pemasaran

Berisi rencana pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan, media promosi yang digunakan, strategi penjualan, dan rencana komunikasi.

  1. Pertumbuhan dan Ekspansi Bisnis

Detail rencana pengembangan bisnis jangka panjang berikut target ekspansinya.

  1. Proyeksi Keuangan

Berisi data keuangan untuk jangka waktu tertentu termasuk pendapatan, keuntungan, dan arus kas.

  1. Kesimpulan

Ringkasan keseluruhan presentasi, termasuk Call-To-Action berupa ajakan untuk berinvestasi atau bekerjasama.

Baca Juga : Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Bahasa Inggris dan Tips Membuatnya

 

7 Contoh Pitch Deck Produk dari Startup Besar Dunia

Setelah mengetahui komponen-komponen utama dari sebuah pitch deck, mari kita lihat beberapa contoh pitch deck dari 7 perusahaan besar di dunia yang bisa memberi inspirasi.

 

1. Airbnb

Pitch deck Airbnb sukses karena fokus pada cerita dan pengalaman pengguna, serta menunjukkan bagaimana Airbnb dapat mengubah cara orang bepergian.

Pitch Deck English Academy - 01 AirBnB

 

2. Uber

Pitch deck Uber sukses karena menunjukkan bagaimana Uber dapat memecahkan masalah transportasi yang ada dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Pitch Deck English Academy - 02 Uber

 

3. Tesla

Pitch deck Tesla sukses karena menunjukkan bagaimana teknologi mobil listrik dapat mengubah industri otomotif dan memberikan dampak positif pada lingkungan.

Pitch Deck English Academy - 03 Tesla

 

4. Buffer

Pitch deck Buffer sukses karena menunjukkan bagaimana Buffer dapat membantu perusahaan dalam mengelola media sosial mereka dengan lebih efektif.

Pitch Deck English Academy - 04 Buffer

 

5. Facebook

Pitch deck Facebook sukses karena menunjukkan bagaimana Facebook dapat mengubah cara orang berinteraksi dan berkomunikasi secara online.

Pitch Deck English Academy - 05 Facebook

 

6. Youtube

Pitch deck YouTube bisa sukses karena menunjukkan bagaimana siapapun bisa menyampaikan cerita mereka lewat bentuk video.

Pitch Deck English Academy - 06 Youtube

 

7. Y Combinator

Pitch deck Y Combinator sukses karena menunjukkan bagaimana Y Combinator dapat membantu startup dalam mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan.

Pitch Deck English Academy - 07 YCombinator

Wah, pitch deck di atas sangat powerfull, ya! Anda dan tim juga bisa membuat pitch deck yang powerfull dan mudah dipahami menggunakan bahasa Inggris. Gabung di English Academy Corporate sekarang juga untuk mendapatkan pelatihan bahasa Inggris professional yang akan membawamu ke jenjang karir lebih tinggi!

 

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Pitch Deck Yang Sukses?

Dari 7 contoh di atas dan banyak contoh lainnya, perusahaan-perusahaan startup besar memiliki pitch deck yang memberikan informasi yang jelas dan rinci mengenai model bisnisnya. Hal tersebut memudahkan investor untuk bisa memahami bisnis perusahaan bergerak di bidang apa, memberikan validasi yang mereka butuhkan, dan tidak ragu lagi untuk mendanai bisnis tersebut.

Dalam membuat slide presentasi pitch deck yang sukses, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Fokus pada cerita dan pengalaman pengguna
  • Berikan penjelasan yang luas dan singkat mengenai perusahaan
  • Jabarkan bagaimana produk atau layanan dapat memecahkan masalah yang ada
  • Menunjukkan bagaimana produk atau layanan dapat memberikan dampak positif pada lingkungan atau masyarakat
  • Menjelaskan model bisnis dan strategi pemasaran dengan jelas dan singkat yang cocok diterapkan di target pasar tertentu.
  • Menunjukkan tim yang kuat dan berpengalaman
  • Desain slide dengan visualisasi yang menarik dan mudah dipahami. Gunakan elemen-elemen pendukung berupa grafis atau gambar yang relevan.

Baca Juga : Cara Presentasi Bahasa Inggris yang Keren untuk Curi Perhatian Audiens!

 

Tips Membuat Pitch Deck Bahasa Inggris yang Memikat Investor

Walaupun memiliki kesuksesan yang berbeda, semua contoh di atas sudah menjadi brand besar yang telah dikenal secara global. Maka, jika Anda ingin memperbesar peluang bisnismu dilirik klien internasional, menggunakan bahasa Inggris dalam pitch deck-mu adalah keharusan.

Nggak usah khawatir, berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan dalam membuat pitch deck berbahasa Inggris. Simak baik-baik, ya!

  1. Gunakan Kalimat yang Jelas dan Sederhana

Hindari penggunaan kosakata yang rumit atau teknis. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan sederhana sehingga pesan Anda dapat tersampaikan dengan jelas kepada audiens yang berbahasa Inggris.

  1. Perhatikan Tenses dan Tata Bahasa

Pastikan Anda menguasai penggunaan tata bahasa yang benar, termasuk penggunaan tenses berdasarkan waktu yang tepat. Perhatikan konsistensi penggunaan tenses dalam seluruh pitching deck Anda.

  1. Gunakan Diksi dan Ungkapan yang Relevan

Perluas kosa katamu dalam bahasa Inggris untuk mengekspresikan ide dan konsep dengan lebih akurat. Gunakan ungkapan dan idiom yang umum digunakan dalam presentasi bisnis agar pitch deck Anda terdengar lebih natural dan profesional.

  1. Latih Pengucapan dan Intonasi

Jika Anda akan mempresentasikan pitch deck secara lisan, latihlah pengucapan, penekanan kata, dan kecepatan bicara Anda. Berlatih dengan rekaman suara atau role play juga baik untuk mendapatkan feedback tentang kemampuanmu berbicara dengan bahasa Inggris.

  1. Minta Feedback dari Penutur Asli (Native Speaker)

Jika Anda nggak yakin tentang kosakata dan tata bahasanya, mintalah bantuan dari penutur asli atau seseorang yang fasih berbahasa Inggris. Mereka dapat memberikan feedback dan saran praktikal untuk meningkatkan kualitas pitch deck-mu.

 

Itu dia hal-hal penting seputar pitch deck yang wajib Anda ketahui. Sederhananya, pitch deck adalah presentasi visual mengenai gambaran bisnismu secara komprehensif. Dengan memahami apa itu pitch deck dan menerapkan tips dalam membuat pitch deck yang efektif, tentu Anda berpeluang sukses dalam mengkomunikasikan ide bisnismu.

Jangan lupa juga untuk tingkatkan skill berbahasa Inggris Anda dan tim agar memudahkanmu membuat pitch deck berkelas internasional! Anda dan tim bisa menggunakan English Academy Corporate untuk mendapatkan pelatihan bahasa Inggris professional.

Banyak keuntungan yang akan Anda dan tim dapatkan. Pertama, anda akan didampingi oleh pengajar berkualitas. Selain itu, anda dan tim akan belajar menggunakan kurikulum internasional. Tunggu apa lagi, yuk klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

EA Corporate

Sumber:

30+ Best Pitch Deck Examples, Tips & Templates [Daring]. Tautan: https://venngage.com/blog/best-pitch-decks/ (Diakses pada 25 Mei 2023)

Guy Kawasaki Pitch Deck Template [Daring]. Tautan: https://slidebean.com/templates/guy-kawasaki-pitch-deck-template (Diakses pada 22 Mei 2023)

Pitch Deck Coach: Airbnb First Pitch Deck Editable [Daring]. Tautan: https://www.slideshare.net/PitchDeckCoach/airbnb-first-pitch-deck-editable (Diakses pada 15 Mei 2023)

The Only 10 Slides You Need In Your Pitch [Daring]. Tautan: https://guykawasaki.com/the-only-10-slides-you-need-in-your-pitch/ (Diakses pada 21 Mei 2023)

What is a Pitch Deck? Includes Templates, Examples and Tip [Daring]. Tautan: https://slidebean.com/blog/what-is-a-pitch-deck-presentation-meaning (Diakses pada 17 Mei 2023)

Restu Sekar Arum