5 Tips Menguasai TOEFL Listening Section: A Must Read

Clara Pricilla Adiputra Jun 18, 2021 • 7 min read


Header Clara 1st ArticlePermisi, 5 tips menguasai TOEFL listening section mau lewat, nih. Jangan di skip, ya!

--

Bagi sebagian besar orang, TOEFL listening section pada awalnya terlihat sebagai bagian yang paling mudah untuk dikuasai. Tidak mengherankan, sejak duduk di bangku SD kita sudah dibiasakan untuk mengerjakan tes bahasa Inggris dengan listening section. Dalam TOEFL listening section, kita juga diminta untuk mendengarkan dan menulis jawaban sesuai dengan informasi yang disampaikan. Terlihat mudah, bukan? Eh, tapi ternyata tidak semudah itu loh, teman! Dalam TOEFL listening section, kamu diminta untuk mengingat sejumlah informasi dengan hanya mendengar rekaman sebanyak satu kali. Selain mengingat, kamu juga harus pandai menghubungkan dan menyatukan informasi yang disampaikan untuk menjawab pertanyaan. Hayo, tidak semudah yang kamu bayangkan, bukan? Eits, jangan menyerah sebelum berperang, ya! Artikel ini hadir untuk mengenalkan kamu pada 5 tips menguasai TOEFL listening section

 

1. Semakin Banyak Kamu Mendengar, Semakin Banyak yang Kamu Pelajari

Layaknya listening section pada umumnya, kamu akan mendengar percakapan dalam bahasa Inggris yang biasanya melibatkan dua orang. Pada TOEFL listening section, kamu mungkin akan mendengar percakapan antara seorang profesor dan mahasiswa mengenai suatu topik. Pertanyaannya, what is the first thing you can do to make yourself prepared? Jawabannya, kamu bisa membiasakan diri mendengarkan podcast atau menonton acara televisi kesukaanmu yang disajikan dalam bahasa Inggris. Selain sebagai sarana hiburan, menonton acara televisi atau mendengarkan podcast akan membantu kamu untuk mengenali sejumlah kosakata dan kalimat dalam bahasa Inggris yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Tidak berhenti disitu, kamu juga bisa mencatat kosakata atau kalimat yang tidak kamu pahami maksudnya kemudian mempelajarinya. Melakukan hal ini akan meningkatkan kemampuan memahami percakapan berbahasa Inggris pada TOEFL listening section nanti. Remember, to learn is to listen!

Picture for point 1

Master Oogway in Kung Fu Panda (Sumber: https://stunningmotivation.com/10-life-changing-kung-fu-panda-inspirational-quotes/)

 

2. Jangan Biarkan Dirimu Terdistraksi

TOEFL adalah ujian yang berlangsung lama dan bisa membuat pikiran kamu melayang kemana-mana selama prosesnya. Tapi, dalam TOEFL listening section kamu hanya diberi kesempatan untuk mendengar rekaman sebanyak satu kali. Jadi, ketika kamu kehilangan fokus, kamu tidak bisa memproduksi catatan yang baik apalagi memahami informasi yang disampaikan. How can I stay focused then? Caranya adalah dengan membiasakan diri menonton dan mendengar percakapan di tempat yang cukup ramai seperti perpustakaan. Melakukan kebiasaan ini akan mempersiapkan kamu melawan berbagai distraksi yang ada di dalam ruang ujian nanti. 

Bagaimana kalau sekali waktu saya kehilangan konsentrasi? It’s fine! You just have to move on. Jangan menghabiskan energimu untuk mempermasalahkan sesuatu yang sudah lewat, ya. There is nothing worse than losing your focus more than once!

Picture for point 2

Nick Wilde in Zootopia (Sumber: https://stunningmotivation.com/best-inspirational-zootopia-quotes/)

 

3. Kamu Tidak Perlu Mengingat Semuanya

Dalam TOEFL listening section, kamu akan mendengar banyak sekali informasi. Tetapi, memahami semua informasi yang disampaikan untuk memperoleh skor tinggi pada bagian ini nyatanya tidak diperlukan. What can you do then? Well, you simply have to focus on what truly matters. Eh, gimana caranya tuh? Pertama, kamu perlu memahami dengan baik maksud dari pertanyaan yang harus kamu jawab. Kedua, kamu dapat memetakan dalam kepalamu informasi seperti apa yang akan kamu butuhkan untuk menjawab pertanyaan. Nah, ketika mendengarkan percakapan, kamu hanya perlu menaruh seluruh perhatianmu pada informasi yang kamu butuhkan untuk menjawab pertanyaan. 

Pada bagian ini, kamu harus pandai menyisihkan segala informasi yang tidak relevan dengan pertanyaan yang diberikan. Mencoba untuk memahami seluruh informasi bisa melelahkan dan berpotensi mengurangi skor kamu pada bagian ini. 

Picture for point 3

Bruce Lee (Sumber: https://stunningmotivation.com/bruce-lee-quotes/)

 

4. Tulis Catatan Kamu dengan Pintar

Tantangan terbesar dalam TOEFL listening section adalah untuk mengingat seluruh informasi yang dibutuhkan dengan sekali mendengarkan rekaman. Dalam keadaan seperti ini, kamu sebenarnya hanya bisa mengandalkan dua hal, yaitu memori dan catatanmu. Lantas mengapa menulis catatan menjadi sangat penting ketika mengikuti TOEFL listening section? Mengingat seluruh informasi penting yang ada dalam suatu percakapan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, menulis catatan dapat mengembalikan ingatanmu mengenai suatu informasi untuk menjawab pertanyaan. Tapi, with all seriousness, jangan menulis seluruh kalimat yang kamu anggap penting untuk menjawab pertanyaan, ya! Karena keterbatasan waktu, kamu cukup menulis keywords atau menggambar simbol yang mampu membantu kamu mengingat informasi tertentu. You don’t have to write everything out, you’ll be wasting your time!

Baca juga: 6 Tips Menguasai Toefl Writing Section

 

5. Terkadang, Kamu Hanya Perlu Mengikuti Suara Hatimu

Dalam TOEFL listening section, kamu akan menemukan beberapa pertanyaan yang kamu benar-benar tidak dapat ketahui jawabannya. Hey, is it normal? Yes, it is! Hal seperti ini bisa terjadi ketika kamu kehilangan konsentrasi, tidak mencatat, dan lupa akan informasi penting tertentu. Tetapi, ingatlah bahwa dalam TOEFL listening section, kamu diwajibkan untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada. In this case, the best thing you can do is to go with your gut. Pertama, kamu bisa memikirkan kembali apa yang sudah kamu dengar. Kedua, kamu bisa memikirkan konteks dari pertanyaan yang kamu baca. Terakhir, kamu hanya perlu memilih jawaban yang kamu rasa paling masuk akal. Please know that sometimes your intuition is simply right!

 

Anyways, cara terbaik untuk menguasai TOEFL listening section adalah dengan belajar dari orang-orang terbaik, bukan? So, if you really want to learn from the pro, kamu bisa mengikuti kelas English Academy, loh! Kelas English Academy akan membantumu mengenal dan terbiasa mengerjakan berbagai soal yang ada dalam TOEFL listening section. Semoga tips-tips di atas membantu kamu untuk memperoleh skor yang tinggi dalam TOEFL listening section, ya. I know you’re gonna nail it!

New call-to-action

Referensi:

Recine, D., 2020. TOEFL Listening Tips and Tricks. [online] Magoosh Blog. Available at: https://magoosh.com/toefl/toefl-listening-tips-tricks [Accessed 16 June 2021].

Sarikas, C., 2017. How to Ace the TOEFL Listening Test: 7 Expert Tips. [online] Online TOEFL Prep Blog by PrepScholar. Available at: https://www.prepscholar.com/toefl/blog/toefl-listening-test-tips [Accessed 16 June 2021].

Sumber foto:

Stunning Motivation. 2021. 10 Life-Changing Kung Fu Panda Inspirational Quotes. [online] Available at: https://stunningmotivation.com/10-life-changing-kung-fu-panda-inspirational-quotes [Accessed 18 June 2021].

Stunning Motivation. 2021. 15 Amazing Quotes from Bruce Lee that Inspire You to Success. [online] Available at: https://stunningmotivation.com/bruce-lee-quotes [Accessed 18 June 2021].

Stunning Motivation. 2020. The 10 Best Inspirational And Interesting Zootopia Quotes. [online] Available at: https://stunningmotivation.com/best-inspirational-zootopia-quotes [Accessed 18 June 2021].

 

Beri Komentar