5 Tips Menjawab Soal TOEFL iBT Reading Section

tips menjawab soal toefl ibt reading section

Ingin menguji kemampuan bahasa Inggris melalui TOEFL IBT?  Sudah tahu bagaimana strategi menjawab soal TOEFL iBT pada reading section untuk mendapatkan skor yang maksimal? Kalau belum, cari tahu di artikel ini, yuk!

--

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis tes kemahiran, salah satunya adalah TOEFL yang terdiri dari empat macam. Hayo, masih ingat nggak apa perbedaan TOEFL ITP, TOEFL PBT, CBT dan iBT?

Tapi, di artikel ini, kita akan bahas satu jenis tes TOEFL aja, yaitu iBT (Internet-based test). Pada TOEFL iBT, section yang paling challenging adalah reading. Bukan hanya kemampuan berbahasa Inggris, tetapi untuk menguji kemahiran seseorang, di section ini kamu akan dihadapkan dengan soal-soal dengan teks yang cukup panjang. 

Secara umum, dalam tes reading, kamu akan mendapat alokasi waktu selama kurang lebih 60-90 menit dengan jumlah pertanyaan sekitar 36-65 butir. Selanjutnya, peserta akan berjuang untuk mendapat rentang skor antara 0 sampai 120. Nah, skor rata-rata untuk setiap bagian adalah 0-30.

First, untuk mempersiapkan diri mengikuti tes, kamu perlu mempertanyakan terlebih dahulu ketepatan strategi yang hendak digunakan saat menjawab soal dalam tes TOEFL. Pasalnya, tiap bagian tes memiliki strategi yang berbeda. Selain itu, kamu juga perlu memeptimbangkan waktu yang diberikan. 

So, artikel ini akan menawarkan 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menjawab soal TOEFL iBT reading section dengan tepat. Hopefully, you’ll see the magic of applying these 5 strategic steps

 

1. Baca Pertanyaan dengan Hati-hati

Lo, kok tahap pertamanya malah membaca pertanyaannya terlebih dahulu, sih? Duh, selama ini kamu berpikir bahwa artikel yang diberikan harus dibaca terlebih dahulu secara keseluruhan baru melihat pertanyaannya, ya? Unfortunately, you’re totally wrong

Ingatlah bahwa kamu tidak sedang membaca novel untuk mengetahui akhir dari suatu cerita. Dalam TOEFL iBT reading section, artikel hanyalah alat bantu untuk menjawab pertanyaan, bukan untuk dibaca secara menyeluruh. By reading the question first, you’ll figure out which part of the article that deserves your attention

 

2. Temukan Kata Kunci dalam Pertanyaan

Setelah membaca pertanyaan yang diberikan, selanjutnya adalah find the key words in the question! Pada bagian ini, kamu perlu mengidentifikasi kata kunci pada kalimat tanya yang ada kemudian mencoba untuk menemukannya pada artikel. Terkadang, pembuat soal TOEFL iBT reading section bahkan menyebutkan merujuk pada paragraf mana pertanyaan yang diberikan. 

Nah, kalau sudah begini, kamu gak punya alasan lagi untuk membaca artikel secara menyeluruh. Memaksa otak untuk menyerap terlalu banyak informasi justru akan membuat kamu kelelahan ketika harus menjawab pertanyaan, lo.

Btw, buat kamu yang ingin mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris khususnya pada TOEFL iBT, yuk, coba uji melalui Prediction Test di English Academy! Tenang, jumlah soal yang dikerjain cuma dikit, kok. Dari test ini, kamu dapat membuat persiapan yang lebih matang. Gratis!

Free Prediction Test TOEFL iBT

 

3. Sekarang, Kamu Bisa Memulai Membaca Artikel yang Diberikan

Dalam menghadapi tes TOEFL bagian reading, kamu juga bisa melakukan teknik skimming untuk menemukan kata kunci dalam pertanyaan dari soal artikel. Misalnya, kamu diberikan pertanyaan seperti:

According to paragraph 1, each of the following is mentioned as a feature of the city of Jakarta EXCEPT:”

Mengetahui bahwa pertanyaannya adalah demikian, langkah pertamanya adalah untuk mengalirkan seluruh perhatianmu pada paragraf pertama dalam artikel. Selanjutnya, identifikasilah kalimat yang ada pada paragraf pertama yang secara tersirat atau tersurat menyebutkan ciri khas kota Jakarta.

Eits, stop! jangan langsung memilih suatu jawaban ya, let’s get back to the question! Kalau kamu perhatikan, di sana ada kata except berarti pembuat soal meminta kamu untuk memilih mana yang bukan merupakan ciri khas kota Jakarta. Please, jangan gegabah, it will only lead you to the wrong answer

Baca Juga: 5 Tips Menguasai TOEFL Listening Section

 

4. Ketahui Rahasia Kecil Ini

Wanna know a little secret? Berdasarkan informasi dari orang-orang yang memiliki pengetahuan luas tentang TOEFL iBT (Internet based-test), mereka menyatakan bahwa, reading section pada TOEFL iBT, 60% jawaban dapat ditemukan pada kalimat yang mengandung kata kunci pertanyaan yang sudah kamu pilih sebelumnya. 

Sementara itu, 30% jawaban dapat ditemukan ketika kamu membaca satu kalimat lagi. Artinya, kamu perlu membaca kalimat yang diletakkan sebelum atau sesudah kalimat yang mengandung kata kunci pertanyaan. 

Now, here comes the hardest one, 10% jawaban baru bisa ditemukan ketika kamu membaca dua kalimat lagi. Artinya, kamu perlu membaca dua kalimat yang diletakkan sebelum atau sesudah kalimat yang mengandung kata kunci pertanyaan. However, no worries, mereka jarang ditemukan, kok! Even if you do find one, kamu hanya perlu untuk meluangkan lebih banyak waktu membaca sebelum menjawab pertanyaan dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Memahami Teks Bahasa Inggris dengan Cepat

 

5. Jawablah Pertanyaan dengan Percaya Diri

Setelah melewati empat langkah di atas, you can finally answer the question confidently. Pada bagian ini, kamu perlu membaca seluruh opsi yang diberikan dengan teliti terlebih dahulu. Melakukan hal ini akan membantu kamu mengidentifikasi opsi mana yang salah, mungkin saja benar, dan benar. Eh, sebentar, memang ada ya opsi yang mungkin saja benar? Tentu saja ada! 

Pada pengerjaan tes TOEFL ini, kamu tidak selalu dipertemukan dengan opsi yang secara gamblang menunjukkan apakah ia salah atau benar. Biasanya, opsi yang dimaksud tidak secara lengkap menjawab pertanyaan yang diberikan, namun tidak berarti opsi tersebut salah. Oleh karena itu, kebanyakan orang menjulukinya dengan opsi yang mungkin saja benar. Ketika opsi lain tidak mencerminkan jawaban yang seharusnya, opsi di atas adalah yang paling tepat untuk dipilih. 

Kamu masih tidak mempunyai gambaran tentang penerapan 5 langkah strategis di atas dalam mengerjakan TOEFL iBT reading section? Simak contoh soal dilengkapi dengan pembahasannya di bawah ini, yuk

 

contoh teks bacaan The Rise of Teotihuacan

 

contoh Soal teks The Rise of Teotihuacan

 

Eits, meskipun sudah ada jawabannya, our goal is to know how exactly do we pick that right answer. Sekarang, mari kita aplikasikan 5 langkah strategis di atas untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Berikut adalah tahapannya:

1. Membaca pertanyaan dengan teliti. Untuk memudahkan kalian memahami maksud dari pertanyaan yang diberikan, bacalah terjemahan di bawah ini:

"Pada paragraf pertama, masing-masing berikut ini disebut sebagai ciri khas kota Teotihuacan antara tahun 150 dan 700 M KECUALI"

2. Temukan kata kunci pertanyaan. Dalam hal ini, kamu akan menemukan kata kunci pertanyaan seperti: 1) In paragraph 1, 2) Feature of the city of Teotihuacán, 3) Between A.D. 150 and 700.

3. Sekarang, kamu bisa memulai membaca artikel dengan beberapa catatan:

  • Meski nantinya artikel akan terdiri lebih dari 1 paragraf, ketahuilah bahwa untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu hanya perlu membaca paragraf pertamanya.
  • Carilah kalimat yang ada pada paragraf pertama yang secara tersirat atau tersurat menyebutkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M.
  • Pada kalimat ketiga paragraf pertama kamu akan menemukan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M. 

4. Ketahuilah bahwa jawaban dari pertanyaan di atas bisa ditemukan pada satu kalimat saja, yaitu pada kalimat ketiga paragraf pertama. Selanjutnya, kamu akan menemukan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M seperti: 1) It had over 2,000 apartment complexes, 2) A great market, 3) A large number of industrial workshops, 4) An administrative center, 5) A number of massive religious edifices, 6) A regular grid pattern of streets and buildings.

5. Nah, tahap terakhir adalah membaca kembali pertanyaan serta opsi yang diberikan kemudian memilih jawaban yang paling tepat. Mengingat bahwa pertanyaan yang diberikan mengandung kata kecuali, kamu harus memilih opsi yang tidak menunjukkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M. Yuk, kita bahas bersama-sama dari answer choices yang ada. Pembahasannya adalah sebagai berikut:

A. Regularly arranged streets

Pembahasan: Kalimat ketiga paragraf pertama menyebutkan bahwa salah satu ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M adalah memiliki “a regular grid pattern of streets and buildings” yang dalam bahasa Indonesia berarti “pola jalanan dan bangunan yang teratur”. Sejalan dengan hal itu, choice A berbunyi “regularly arranged streets” yang dalam bahasa Indonesia berarti “jalanan yang diatur”. Oleh karena itu, opsi A SALAH karena opsi ini menunjukkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M.

B. Several administrative centers spread across the city

Pembahasan: Kalimat ketiga paragraf pertama menyebutkan bahwa salah satu ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M adalah memiliki “an administrative center” yang dalam bahasa Indonesia berarti “sebuah pusat administrasi”. Sebaliknya, opsi b justru berbunyi “several administrative centers spread across the city” yang dalam bahasa Indonesia berarti “beberapa pusat administrasi yang tersebar di seluruh kota”. Oleh karena itu, opsi b BENAR karena opsi ini tidak menunjukkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M. 

C. Many manufacturing workshops

Pembahasan: Kalimat ketiga paragraf pertama menyebutkan bahwa salah satu ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M adalah memiliki “a large number of industrial workshops” yang dalam bahasa Indonesia berarti “industri lokakarya dalam jumlah yang besar”. Sejalan dengan hal itu, opsi c berbunyi “many manufacturing workshops” yang dalam bahasa Indonesia berarti “industri manufaktur dalam jumlah yang besar”. Disini, dapat diidentifikasi bahwa industri manufaktur adalah contoh dari banyaknya industri lokakarya yang ada di kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M. Oleh karena itu, choice C SALAH karena opsi ini menunjukkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M.

D. Apartment complex

Pembahasan: Kalimat ketiga paragraf pertama menyebutkan bahwa salah satu ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M adalah memiliki “2,000 apartment complexes” yang dalam bahasa Indonesia berarti “2,000 kompleks apartemen”. Sejalan dengan hal itu, meskipun opsi D hanya berbunyi kompleks apartemen (tunggal), opsi D masih menunjukkan keberadaan kompleks apartemen sebagai ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M. Oleh karena itu, opsi d SALAH karena opsi ini menunjukkan ciri khas kota Teotihuacán antara tahun 150 dan 700 M.

Nah, sekarang kamu sudah memiliki gambaran tentang penerapan 5 tips menghadapi tes TOEFL iBT reading section, kan? Saat kamu mengerjakan soal  TOEFL iBT reading section, kamu akan diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Untuk itu, harapannya strategi di atas dapat membantumu untuk bisa mengerjakan soal dan mendapat nilai yang maksimal dengan waktu yang cukup singkat.

Memahami bahasa Inggris sampai level mendapat skor TOEFL tinggi memang bukan hal yang mudah, karena materi yang satu ini nggak diajarkan di perguruan tinggi.

Tapi tenang, karena sekarang kamu bisa belajar di kelas TOEFL iBT Complete Prep, nih. TOEFL iBT Complete Prep akan mempertemukanmu dengan guru berpengalaman untuk belajar dan mempersiapkan TOEFL iBT secara interaktif. 

Sekarang, nggak ada lagi yang perlu kamu khawatirkan, bukan? Karena ada mereka yang siap membimbing kamu secara intensif selama masa persiapan. Agar sertifikat TOEFL ini dapat dipakai untuk keperluan beasiswa luar negeri, kamu harus berlatih dengan tekun, ya!

 

TOEFL iBT Complete Prep

 

Sumber:

ETS. 2021. TOEFL iBT Reading Practice Sets (For Test Takers). [online] Available at: https://www.ets.org/toefl/test-takers/ibt/prepare/tests/reading [Accessed 8 July 2021].

 

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.