Tips and Tricks Menguasai TOEFL Speaking

Zakiyah Salsabila Syafhil Jun 12, 2021 • 5 min read


tips and tricks menguasai speaking

Kamu ingin tahu tips and tricks menguasai speaking? Baca artikel ini sampai habis, ya!

--

Kamu pasti setuju bahwa kemampuan speaking atau berbicara dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk dimiliki seseorang. Apalagi di tengah era globalisasi ini, banyak sekali kegiatan yang mengharuskan kita untuk menggunakan Bahasa Inggris ketika berinteraksi. Contohnya adalah ketika menghadapi tes TOEFL dan IELTS, mengikuti konferensi internasional, wawancara kerja, dan percakapan sehari-hari. Lalu, bagaimana kiat menguasai kemampuan speaking? Yuk, simak 5 tips mudah dan asik di bawah ini yang bisa kamu terapkan!

 

1. Read Aloud

Membaca dengan lantang atau read aloud diakui oleh banyak ahli voice over sebagai salah satu cara efektif dalam meningkatkan kemampuan speaking. Ketika berbicara dengan keras, kamu melatih hubungan antara pikiran dan suara sehingga menghasilkan fokus yang lebih baik. Saat kamu melatih diri untuk membaca teks secara lantang, kamu juga bisa menemukan makna yang lebih dalam dari setiap kata. Melalui latihan yang diulang, kata-kata yang sering kamu baca menjadi tambahan kosakata baru untukmu. 

Cara untuk melakukannya sangat mudah. Kamu tinggal mencari artikel berita, kolom opini, atau jurnal yang bisa diakses secara gratis di internet. Kemudian, baca teks yang telah kamu pilih secara keras. Lakukan tiga sampai lima kali dalam satu hari secara konsisten. Alokasikan 5 sampai 15 menit waktu kamu di pagi hari atau malam hari khusus untuk melakukan latihan ini. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa lebih leluasa dan percaya diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

 

2. Read and Summarize

Tips ini serupa tapi tak sama dengan tips sebelumnya. Latihan ini mengajakmu untuk membaca artikel yang sudah dipilih dengan seksama, kemudian mengambil kesimpulan dan menambahkan opini kamu tentang topik yang dibahas. Setelah mencatat poin penting yang kamu dapatkan dari artikel tersebut, kamu harus merekam kesimpulan dan opini yang sudah disiapkan dalam rentang waktu 1 sampai 3 menit. Hasil rekaman tersebut kamu simpan dan dengarkan kembali beberapa waktu kemudian. Coba perhatikan, apa saja yang perlu diperbaiki dari rekaman tersebut? Kamu bisa meminta beberapa teman atau senior untuk mengoreksi hasil rekaman itu dari segi cara pengucapan, struktur bahasa, dan aspek lainnya.

Dengan membiasakan latihan ini, kamu bisa lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan intisari dari teks informasi yang biasa disajikan dengan sangat padat dan mengungkapkan opini. Selain mengasah kemampuan berbicara, tentunya latihan ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan reading yang termasuk komponen penilaian dalam tes TOEFL maupun IELTS.

 

3. Watch Movies

Menonton film menjadi aktivitas penghilang penat yang digemari banyak orang. Namun, sadarkah kamu kalau menonton film juga bisa menjadi salah satu cara yang paling menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris? Ketika kamu belajar Bahasa Inggris dari buku teks, kata-kata yang digunakan cenderung formal dan jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Inilah sebabnya mengapa menonton film dalam Bahasa Inggris dapat membantu kamu untuk memahami dan menganalisis percakapan sehari-hari dengan budaya yang berbeda. Selain itu, percakapan tokoh film selalu diatur dalam konteks. Berbeda ketika kita mempelajari kata-kata baru dari kamus atau buku, kita cenderung mudah melupakannya karena kita tidak digunakan dalam percakapan. 

Aspek lainnya dari menonton film yaitu kamu dapat mendengar dan memahami Bahasa Inggris lisan sepenuhnya. Mendengar bagaimana kata-kata tertentu diucapkan akan membantu kamu mengingat dan menghafal bunyinya. Membaca sangat membantu dalam meningkatkan bahasa Inggris kamu tetapi mendengar bagaimana berbicara bahasa Inggris juga sama pentingnya. Kamu dapat menggabungkan keduanya dengan menonton dengan subtitle. Bacalah sambil menonton dan mendengar percakapan untuk meningkatkan kemampuan membaca, pengucapan, dan bahkan ejaan. Ketika sudah mulai terbiasa, akan lebih menantang untuk menonton tanpa menggunakan subtitle.

Perhatikan juga penggunaan idiomatik bahasa dan aksen atau pola bicara yang berbeda dalam film. Tuliskan istilah baru yang kamu dengar dan mulai gunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengulangi kata-kata yang disampaikan tokoh dan ikuti pola intonasi saat dia berbicara. Asik sekali, bukan?

 

4. Impromptu Speech

Sering kali kita harus menghadapi percakapan yang tidak terduga dengan pertanyaan yang belum terpikirkan di kepala. Namun, kita bisa lebih tenang ketika sudah melalui banyak pengalaman. Impromptu speech bisa menjadi salah satu cara latihan yang efektif untuk menguasai speaking karena kamu ditantang untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait topik yang berbeda-beda.

Kamu bisa memulai latihan ini dengan menuliskan beberapa pertanyaan tentang berbagai topik seperti keluarga, hobi, teman-teman, sekolah, sebuah kota, negara, atau tempat yang kamu kenali. Beri waktu untuk diri kamu sekitar 20 detik untuk memikirkan hal-hal penting yang ingin disampaikan. Rekam suara kamu berbicara selama 1 menit untuk menjawab masing-masing pertanyaan yang sudah dibuat. Selain itu, kamu juga bisa melatih dengan topik-topik sederhana seperti aktivitas yang dilakukan kemarin dan apa yang mungkin kamu lakukan di esok hari. Latihan Ini akan sangat membantu dalam penggunaan past tense dan future tense. 

Kirim rekaman tersebut ke seorang teman dan tanya apakah jawabanmu bisa dipahami oleh dirinya. Dengan mendapatkan feedback dari teman, kamu bisa mengetahui hal apa yang perlu diperbaiki. Mulai dengan yang sederhana dan kamu akan merasakan manfaatnya.

 

5. Listen to Podcast

Siniar atau yang biasa dikenal dengan podcast semakin digemari oleh berbagai kalangan. Topik pembahasan yang beragam dan kemudahan untuk mengakses kapanpun dan dimanapun menjadi dua alasan utama untuk podcast bisa diterima oleh banyak orang. Mendengarkan podcast bisa menjadi cara praktis untuk meningkatkan kemampuan speaking kamu, lho! Bagaimana caranya?

Pertama, tentunya kamu harus mencari podcast dalam Bahasa Inggris untuk didengarkan dengan topik yang kamu minati. Ada banyak sekali podcast dari kampus top dunia yang bisa menjadi referensi kamu seperti HBR Ideacast dari Harvard University, Think Fast,Talk Smart dari Stanford University, dan With A Side of Knowledge dari Notre Dame. Selain itu ada juga beberapa podcast show dari program-program terkenal seperti TED Talks Daily, The Daily Show with Trevor Noah, Overheard at National Geographic, dan On Purpose oleh Jay Shetty. Dengarkan sambil membaca transkrip yang tersedia untuk memperhatikan jeda, tekanan dan intonasi yang digunakan. Selain dari segi teknis speaking, tanpa disadari kamu juga meningkatkan pengetahuan tentang isu terkini. 

Dari kelima tips tadi, kira-kira cara manakah yang paling menarik untuk melatih kemampuan speaking kamu? Pepatah bijak mengatakan bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri. Itulah mengapa, lima tips tadi memerlukan komitmen yang kuat untuk dilakukan. Jangan ragu untuk mengajak teman-temanmu berlatih speaking bersama. Melalui english academy, kamu bisa berlatih speaking bersama teman-teman belajar yang mendukung dan didampingi dengan tutor profesional. Tunggu apa lagi? Ayo, latih kemampuan speaking-mu sejak dini. Semoga tips tadi bisa membantumu dalam mengasah kemampuan speaking, ya! 

 

New call-to-action

Beri Komentar