Short Functional Text: Definisi, Jenis-Jenis, dan Contohnya

short functional text

Kamu belum mahir menulis teks dalam bahasa Inggris? Tenang, ada cara mudah yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan berlatih membuat short functional text . Bagaimana caranya? Yuk, baca artikel ini!

Kamu tau kan, salah satu penilaian mahir tidaknya English skill seseorang dapat dilihat dari keterampilannya menulis berbagai jenis teks bahasa Inggris. Nah, guna mengasah keterampilan tersebut, kamu bisa mulai membiasakan untuk create short functional text terlebih dahulu, contohnya short message

Pasalnya, teks pendek yang satu ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehingga akan lebih mudah untuk membuatnya. Yuk, kita simak materi short functional text mulai dari definisi, jenis-jenis, hingga contohnya di bawah ini. 

Berang-berang makan cokelat, berangkat ~~

 

Apa yang Dimaksud dengan Short Functional Text?

Short functional text adalah teks singkat atau pesan pendek untuk menyampaikan sebuah informasi spesifik dengan makna dan tujuan tertentu, serta dapat digunakan dalam daily activities. Contoh short functional text yaitu notice, invitation, dan greeting card.

Sesuai dengan namanya, short functional text menjadi sebuah solusi ketika kamu ingin menyampaikan pesan secara cepat dan efisien. Maka dari itu, isi dari jenis teks yang satu ini biasanya selalu to the point

Oh ya, pesan yang terkandung dalam short functional text dapat bersifat pemberitahuan, perintah, peringatan, atau bahkan larangan, guys.

Baca Juga : News Item Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

 

Jenis-Jenis dan Contoh Short Functional Text 

 1. Announcement Text (Teks Pengumuman)

Announcement text merupakan teks formal dan resmi yang bersifat publik untuk memberikan informasi penting pada khalayak. Tujuan dari announcement text adalah menginformasikan kabar terkini tentang suatu hal yang sesuai dengan fakta terbaru.

Contoh announcement text:

 

To all team members of ABC Corporation,

This is to inform you that the company-wide training session is scheduled from Monday, March 5, 2024, to Friday, March 10, 2024.

During this period, regular office operations will be temporarily suspended, and all employees are expected to participate in the training sessions.

Normal office activities will resume on Monday, March 13, 2024.

Thank you for your cooperation and commitment to professional development.

Best regards,

Rara

Head of Training and Development

 

2. Greeting Card (Kartu Ucapan)

Temanmu yang baru selesai ujian skripsi? Yes, coba berikan dia greeting card. Greeting card atau kartu ucapan adalah jenis kartu yang digunakan untuk mengirimkan salam dan ucapan selamat kepada orang lain. Berikut contoh greeting card yang bisa dikirim pada temanmu:

 

Dear Hani,

Congratulations! Today is a special day as you have successfully completed your thesis examination with flying colors. Thank you for giving your best and overcoming all challenges with enthusiasm. 

Cheers to your success, my friend! Keep up the spirit!

Devi

 

3. Notice Text (Pemberitahuan)

Notice artinya pemberitahuan untuk khalayak tentang suatu hal. Bedanya dengan announcement, notice bisa juga menjadi pesan yang bersifat umum (tidak ditujukan khusus untuk organisasi internal).

For your information, teks notice terbagi menjadi beberapa macam, ada information/attention (informasi), caution (peringatan), prohibition (larangan), guidance (bimbingan), dan juga command (perintah).  Berikut contoh notice bahasa Inggris:

Information

Starting next week, the store will operate under new business hours. Our doors will open at 9 AM and close at 7 PM from Monday to Saturday, and 10 AM to 6 PM on Sundays. We appreciate your understanding and continued patronage.

Caution

Wet floor. Please walk carefully. The janitorial staff is currently cleaning the area. Thank you for your cooperation.

Prohibition

No smoking allowed in this area. Smoking is strictly prohibited to maintain a healthy and safe environment for everyone.

Guidance

In the event of an emergency, please follow the evacuation signs and proceed calmly to the nearest exit. Do not use elevators. Once outside, gather at the designated assembly point. Thank you for your cooperation.

Command

To ensure a clean and hygienic environment, please dispose of trash in the designated bins. Help us keep this area tidy by refraining from littering. Your cooperation is highly appreciated.

 

4. Short Message / Memo (Pesan Singkat)

Short message adalah teks yang ditujukan pada seseorang untuk menyampaikan informasi penting dengan jelas ketika sang pengirim tidak bisa bertemu langsung dengan yang bersangkutan. 

Tujuan short message umumnya adalah memberikan pesan berisi instruksi atau reminder yang jelas dan juga to the point.

Contoh short message dalam bahasa Inggris:

 

Dear Alfi,

I’m in a hurry to the office due to some unexpected matters. Please don’t forget to take Grace to school at 9:00 AM and bring the breakfast that I’ve prepared on the dining table.

– Wife –

 

5. Invitation (Undangan)

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel 15 Contoh Surat Undangan Bahasa Inggris (Invitation Letter), undangan atau invitation artinya sebuah teks yang menyampaikan ajakan atau permintaan kepada penerima untuk hadir dalam suatu acara. Berikut contoh invitation bahasa Inggris:

 

With great joy,

We, Intan and Junho,

Request the honor of your presence and blessings on our wedding day.

 

Date: February 15, 2024

Time: Wedding Ceremony – 10:00 AM, Reception – 12:00 PM

Venue: Blissful Wedding Hall, 123 Serene Street

 

Dress Code: Formal

Kindly RSVP by February 1, 2024.

Thank you,

Intan & Junho

 

6. Advertisement (Iklan)

Siapa sih, yang nggak tau sama jenis teks ini? Iklan atau advertisement adalah teks promosi yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk. Dalam hal ini, produk bisa berbentuk jasa (layanan) ataupun goods baik itu benda atau sesuatu yang bisa dikonsumsi.

Jenis advertisement pun sangat beragam, mulai dari yang cetak dan juga iklan digital. Contoh advertisement text bisa kita temukan pada poster, billboard, banner, baliho, videotron, brosur, pamflet, atau ads di berbagai sosial media.

Berikut contoh advertisement text:

 

Exclusive Offer! Save 30% on Your Next Purchase!”

 

Benefits:

🎁 Limited-Time Discount

🚚 Free Shipping

💯 High-Quality Products

Shop Now! Visit www.yourstore.com

 

Hurry, Grab Your Savings Today! 🛍️

Baca Juga : Review Text: Definisi, Struktur, Tujuan, dan Contohnya

Sip, selesai! Sekarang kamu setuju kan, kalau short functional text ini sering sekali ditemukan dalam keseharian kita. Easy, right

Anyway, dari semua jenis teks singkat yang sudah kita bahas, semuanya memiliki satu persamaan, yaitu bisa disampaikan secara manual (cetak) ataupun digital melalui sosial media dan berbagai platform lainnya.

Nah, saatnya berlatih! Kalau masih bingung cara memulainya, atau justru ingin belajar menulis di level yang lebih tinggi, kamu bisa gabung kelas English Academy! 

Tenang, di sana, terdapat berbagai jenjang yang bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan bahasa Inggrismu saat ini. Cobain kelas gratisnya, yuk!

IDN CTA English Academy Mainsite

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!