25 Kosakata Advanced dalam Bahasa Inggris untuk Tes IELTS

Kosakata Advanced dalam Bahasa Inggris

Artikel ini akan membahas 25 kosakata advanced dalam bahasa Inggris untuk tes IELTS. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Hey, kamu tau nggak sih apa tantangan terbesar dalam mengikuti tes IELTS? Yup, kalau jawabanmu adalah kosakata dalam tes IELTS yang seringkali terlihat seperti “bahasa alien”, maka kamu benar!

Eh, kenapa dijuluki sebagai bahasa alien, sih? Nah, ini karena penulis tes IELTS senang menantang pemahamanmu tentang berbagai kosakata advanced dalam bahasa Inggris! Ih, kok nyebelin ya pembuat tesnya, hanya memperkecil kesempatanku untuk memperoleh nilai tinggi aja, nih.

Eits, jangan panik! Artikel ini hadir untuk memperkenalkan kamu pada 25 kosakata advanced dalam bahasa Inggris hingga contoh penggunaannya. Kamu ingin membuat penulis tes IELTS geleng-geleng kepala karena pemahaman mendalam kamu tentang kosakata advanced dalam bahasa Inggris? Simak artikel di bawah ini, ya!

 

1. Ambivalent (Adjective)

Kosakata ambivalent digunakan untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana kamu merasa tidak yakin dengan apa yang kamu rasakan. Selanjutnya, kosakata ambivalent juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana  kamu memiliki dua perasaan yang berlawanan pada saat yang bersamaan.

Sekarang, kenali, yuk contoh penggunaan kosakata ambivalent dalam kalimat berbahasa Inggris:

  • I felt very ambivalent about leaving my grandmother alone.
  • She has fairly ambivalent feelings toward her boyfriend.

 

2. Accumulate (Verb)

Accumulate memiliki arti menerima uang lebih banyak, harta benda, pengetahuan dan lain-lain secara bertahap dari suatu periode waktu.  Sinonim kata accumulate adalah collectgather, dan assemble. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

  • I want to pursue higher education for a desire to accumulate knowledge.
  • Fat tends to accumulate around the cheeks, hips, thighs, and stomach.

 

3. Accelerate (Verb)

Arti dari kata accelerate adalah untuk bergerak lebih cepat, atau menambah kecepatan. Selain itu juga bisa berarti menyebabkan sesuatu terjadi lebih cepat. Antonim dari kata ini adalah decelerate. Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • The government thinks that cutting taxes will help to accelerate economic growth.
  • My father uses special fertilizer to accelerate the growth of crops.

 

4. Appetite (Noun)

Mungkin kamu merasa kata ini mirip dengan kata bahasa Inggris yang berarti makanan pembuka. Nah, ternyata kata tersebut memiliki kata dasar appetite yang berarti keinginan untuk makan. Sinonim dari kata ini adalah craving, demand, dan hunger. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

  • Don’t go to the mortuary if you’re hungry. You’ll lost an appetite.
  • The cows need round the clock of attention, and have developed very healthy appetites.

 

5. Arbitrary (Adjective)

Salah satu kata sifat yang mungkin kamu jarang temui adalah arbitrary, yang berarti memutuskan atau mengatur tanpa alasan atau rencana. Sinonim kata ini adalah capriciousdiscretionary, dan erratic. Berikut contoh kalimatnya:

  • To do this, she didn’t need to make any apparently arbitrary appeal to a particular revelation.
  • Andrew lived so much within his own head that the times at which he ate and slept were entirely arbitrary.

 

6. Assumption (Noun)

Seperti bahasa Indonesia asumsi, kata ini berarti sesuatu yang kamu rasa benar meskipun kamu tidak memiliki buktinya. Sinonim kata assumption adalah acceptancepresumption, dan hypothesis. Berikut contoh kalimatnya:

  • Our plans were based on the assumption that everyone would leave us.
  • A lot of people make the assumption that poverty only exists in developing countries.

 

7. Avarice (Noun)

Kata benda avarice memiliki arti untuk keinginan memiliki banyak uang yang dianggap berlebihan. Avarice mempunyai makna yang serupa dengan kata greedavidity, dan covetousness. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • I assumed his secrecy as emotional avarice.
  • As a result of the man’s refreshing lack of avarice, a replica of the pub had to be built.

 

8. Banter (Noun)

Banter memiliki arti percakapan ramah, yang di dalamnya terdapat orang-orang yang saling membuat lelucon dan komentar lucu dengan sesama. Kata benda ini memiliki sinonim conversationdiscussion dan chat. Simak contoh di bawah ini:

  • Her banter was a way of distracting attention from the heated issue.
  • The good-natured banter between them excluded Henry.

 

9. Biased (Adjective)

Arti kata sifat ini adalah memilih satu orang atau sekumpulan orang daripada yang lain secara tidak adil. Sinonim kata ini adalah bigotedarbitrary, dan partial. Sedangkan antonim kata sifat ini adalah equitable dan disinterested. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • Most parents I’ve met are biased when it comes to their children.
  • The reporter was heavily biased towards the government.

 

10. Bizarre (Adjective)

Kosakata bizarre digunakan untuk mendeskripsikan suatu kondisi atau perilaku yang sangat aneh dan tidak biasa kamu lihat. Eh, bentar, maksudnya itu kayak ketika ngeliat doi secara tiba-tiba ngambek, ya? Hm, bisa sih!

Tapi, jangan lupa untuk menyimak contoh penggunaan kosakata bizarre dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • I feel stressed out when I have to deal with a bizarre situation.
  • I can feel my mother’s bizarre behaviour today.

 

11. Calumny (Noun)

Kosakata calumny digunakan untuk mendeskripsikan suatu tindakan yang melibatkan membuat pernyataan salah untuk merusak reputasi seseorang. Contohnya adalah pengusaha kaya dalam drama Korea yang menjaga reputasinya sendiri dengan mencoreng reputasi orang lain itu, loh.

Cie, masih penasaran ya dengan contoh penggunaan kosakata calumny dalam kalimat berbahasa Inggris? Mending simak contoh di bawah ini:

  • She was subjected to the cruelest calumny, but she never sued.
  • He is doing anything he can to fight the vicious calumny that comes from his manager.

 

12. Demeanour (Noun)

Kosakata demeanour secara sederhana digunakan untuk mendeskripsikan cara pandang dan berperilaku seseorang. Tetapi, ternyata, menempatkan kosakata demeanour dalam kalimat berbahasa Inggris itu tidak sesederhana memahami definisinya, loh.

Makanya, yuk, simak contoh penggunaan kosakata demeanour dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • There was nothing in her demeanour that suggested he was scared.
  • My father has the demeanour of a man who is unsatisfied with his life.

 

13. Exemplary (Adjective)

Kosakata exemplary digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang sangat baik dalam bidangnya dan dijadikan panutan oleh orang lain. Contohnya adalah ketika kamu menjadikan Maudy Ayunda sebagai panutanmu dalam bidang pendidikan karena prestasinya yang cemerlang.

Ingin menjadi seperti Maudy yang akrab dengan berbagai advanced vocabulary dalam bahasa Inggris? Mending kamu cermati dahulu contoh penggunaan kosakata exemplary dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • Her exemplary diligence was soon noticed.
  • His work ethic was exemplary, especially considering the circumstances.

 

Baca Juga: Hindari 10 Kesalahan Grammar ini dalam Penulisan Bahasa Inggris

 

14. Feasible (Adjective)

Kosakata feasible digunakan untuk mendeskripsikan suatu hal yang mungkin untuk dicapai atau diselesaikan. Hm, kamu pasti punya kan mimpi yang awalnya terasa tidak mungkin untuk digapai? Misalnya seperti memperoleh nilai tinggi dalam tes IELTS, gitu?

Nah, supaya mimpimu terasa semakin feasible, perhatikan contoh penggunaan kosakata feasible dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • With the extra hours of studying, getting into Harvard now seems feasible.
  • It is feasible to travel during this pandemic, but is it safe?

 

15. Gratuitous (Adjective)

Kosakata gratuitous digunakan untuk mendeskripsikan suatu perkataan atau perbuatan yang dilakukan tanpa adanya alasan yang baik dan jelas. Nah, kosakata gratuitous ini awalnya pasti terlihat sulit untuk dibaca dan dipahami oleh sebagian besar orang.

Tapi, jangan khawatir, di bawah ini adalah contoh penggunaan kosakata gratuitous dalam kalimat berbahasa Inggris:

  • Some performance art does contain gratuitous violence to a certain degree.
  • A lot of viewers complained that there was too much gratuitous violence in the music video.

 

16. Impeccable (Adjective)

Kosakata impeccable digunakan untuk mendeskripsikan suatu karya yang tidak memiliki kesalahan dan tidak memungkinkan untuk dikritisi. Eh, ternyata kosakata ini cukup mudah untuk dibaca dan dipahami, ya? Nah, selanjutnya, kamu hanya perlu menguasai cara menggunakan kosakata ini dalam kalimat berbahasa Inggris.

Yuk, simak contohnya:

  • She has an impeccable taste in fashion.
  • The Lion King show last year in Singapore was impeccable.

 

17. Jubilant (Adjective)

Kosakata jubilant digunakan untuk mendeskripsikan perasaan yang sangat bahagia karena kesuksesan. Nah, percayalah kamu akan merasakan ini ketika memperoleh skor tinggi pada tes IELTS kamu! Sebelumnya, kamu perlu tau dulu contoh penggunaan kosakata jubilant dalam kalimat berbahasa Inggris.

Penasaran? Simak contoh di bawah ini:

  • The BTS fans were jubilant over their boyband’s victory on Grammys Awards.
  • She was jubilant over the fact that she got accepted at one of the world’s finest universities.

 

18. Notorious (Adjective)

Kosakata notorious digunakan untuk mendeskripsikan orang atau kejadian yang terkenal karena sesuatu yang buruk. Hm, kayak Ted Bundy kali, ya? Ia terkenal karena sejumlah pembunuhan yang dilakukannya, loh.

Kalau kamu pasti mau terkenal dengan pengetahuan bahasa Inggris kamu yang impeccable, kan? Makanya, cek contoh penggunaan kosakata notorious dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • Ted Bundy is one of America’s most notorious criminals.
  • The company is notorious for its corruption case.

 

19. Conundrum (Noun)

Pernah gak sih kamu mengalami permasalahan yang rumit dan sulit banget buat kamu selesaikan? Ternyata ada istilahnya loh dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan hal ini. Kata tersebut adalah conundrum. Jadi singkatnya, conundrum adalah sebuah kata untuk menyebut permasalahan atau pertanyaan yang rumit, membingungkan, dan sulit dipecahkan. Kamu bisa lihat contoh penggunaan kosakata conundrum dalam bahasa Inggris di bawah ini:

  • Solving the conundrum of balancing work demands and personal life is a common challenge in today’s fast-paced society.
  • The mystery novel presented a complex conundrum for the detective, involving multiple clues that seemed to lead in contradictory directions.

 

20. Facetious (Adjective)

Kamu punya teman yang suka bercanda di situasi yang salah, gak? Misalnya, waktu di tengah-tengah meeting dengan atasan, temanmu ini malah bercanda sehingga kesannya tidak sopan. Nah, dalam bahasa Inggris, ini disebut dengan facetious.

Jadi facetious bisa diartikan sebagai sebuah sikap atau gaya bicara seseorang yang menggunakan humor atau bercanda di situasi yang seharusnya serius, misalnya saat sedang rapat, dalam pemakaman, dan lain-lain. Lihat contoh kalimatnya di bawah ini, ya!

  • Despite the serious nature of the meeting, John couldn’t resist making a facetious comment to lighten the mood.
  • Sarah’s facetious remark about the broken coffee machine brought a much-needed moment of laughter to the otherwise tense office.

 

21. Nefarious (Adjective)

Apa yang ada di pikiranmu ketika kamu mendengar tentang genosida atau pembunuhan massal terhadap penduduk di negara tertentu? Sangat kejam, ya! Biasanya dalam bahasa Inggris kita menyebut kejam dengan kata seperti evil atau bad. Tapi, ada kata lain yang “level kejamnya” di atas itu, loh, yaitu kata nefarious.

Jadi nefarious adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu kejahatan yang sangat-sangat jahat, kejam, tidak bermoral, dan pastinya merugikan orang lain. Contoh kalimat dalam bahasa Inggrisnya kayak gini nih

  • The spy was involved in a nefarious plot to steal classified information and sell it to the highest bidder.
  • The company’s executives were exposed for their nefarious activities, including embezzlement and fraud, leading to legal consequences.

 

22. Myriad (Adjective)

Ketika kamu ingin menyebutkan jumlah yang banyak dalam bahasa Inggris, kata apa yang kamu gunakan? So much? So many? Hm, udah biasa banget ya! Coba deh pake kata yang satu ini, yaitu myriad.

Myriad memiliki arti jumlah yang sangat banyak atau sangat besar, biasanya digunakan untuk menyatakan keberagaman atau banyaknya variasi dalam suatu hal. Kamu bisa lihat contoh kalimatnya di bawah ini: 

  • The garden was filled with a myriad of colorful flowers, creating a vibrant and enchanting atmosphere.
  • In the bustling city, there are myriad opportunities for young entrepreneurs to start their own businesses and thrive.

 

23. Eloquent (Adjective)

Pernah gak kamu mendengar seseorang berpidato dengan sangat meyakinkan dan menarik? Kalau pernah, kemungkinan orang tersebut memiliki kemampuan yang disebut eloquent dalam bahasa Inggris. Hm, apa tuh eloquent?

Jadi guys, eloquent adalah sebuah kata yang menggambarkan kemampuan seseorang dalam menulis ataupun berbicara dengan sangat meyakinkan dan penuh daya tarik. Kemampuan ini membuat pendengar atau pembacanya terpikat oleh ide atau gagasan yang disampaikan oleh orang tersebut.

Berikut adalah contoh kalimat dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kosakata eloquent

  • The professor delivered an eloquent lecture, captivating the students with his articulate explanations and passion for the subject.
  • Her eloquent writing in the novel painted vivid images in the readers’ minds, making the story come alive with every word.

 

24. Ephemeral (Adjective)

Kamu sering merasa gak sih kalau masa liburan sekolah itu singkat banget? Perasaan baru saja mulai liburan, tahu-tahu sudah harus masuk sekolah lagi. Dalam bahasa Inggris, ada kata untuk menyebut sesuatu yang sifatnya singkat banget gini, loh.

Kata tersebut adalah ephemeral, yang bisa diartikan sebagai sesuatu yang bersifat sementara atau hanya berlangsung sebentar. Kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan atau objek yang berlalu dengan sangat singkat atau memiliki masa eksistensi yang hanya sebentar. Perhatikan contoh kalimatnya di bawah ini, yuk

  • The beauty of a sunset is ephemeral, lasting only a few moments before the colors fade into the night.
  • In the digital age, trends on social media can be ephemeral, capturing attention for a brief period before being replaced by the next big thing.

 

25. Pernicious (Adjective)

Pernicious adalah kata untuk menyebut suatu hal yang memiliki dampak merugikan atau berbahaya, di mana dampak ini bisa terasa dalam waktu yang perlahan. Selain itu, dampak ini juga bisa menyebabkan efek yang serius terhadap sesuatu. Contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris kayak gini nih

  • The pernicious effects of gossip within the workplace can lead to a toxic and divisive atmosphere among colleagues.
  • Online scams are becoming increasingly pernicious, preying on unsuspecting individuals and causing significant financial harm.

 

Baca Juga: Soal dan Contoh Jawaban IELTS Writing Section Task 1

Akhirnya, selesai sudah 25 kosakata advanced dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui untuk menguasai tes IELTS. Bagaimana? Apakah kamu sudah merasa puas dengan mengetahui 25 kosakata di atas?

Eits, jangan gampang puas, dong! To be the greatest person in the room, you have to be the one who knows more. Tapi, belajar dari siapa, ya? Keluarga dan teman-temanku saja jarang berbicara denganku dalam bahasa Inggris.

Duh, alasan itu udah gak jaman. Sekarang, ada kelas English Academy yang siap memperkenalkan kamu pada kosakata advanced dalam bahasa Inggris lainnya. Trust me, you don’t want to miss the opportunity!

IDN CTA English Academy Mainsite

Sumber:

Cambridge Dictionary. 2021. Cambridge Dictionary | English Dictionary, Translations & Thesaurus. [online] Available at: https://dictionary.cambridge.org [Accessed 4 July 2021].

IELTS Material. 2021. Advanced Vocabulary Word List for IELTS. [online] Available at: https://ieltsmaterial.com/advanced-vocabulary-list-for-ielts [Accessed 4 July 2021].

Clara Pricilla Adiputra