Mengenal Debat Bahasa Inggris (Debate) dan Strukturnya

Ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris sekaligus public speaking? Coba praktik debate, yuk! Di artikel ini, kamu bisa mengenal terlebih dahulu apa itu debat bahasa Inggris plus beberapa rekomendasi topiknya!

 

Sebelumnya, English Academy sudah membantumu untuk berlatih speaking melalui contoh dialog sehari-hari dan cara presentasi dalam bahasa Inggris. Sekarang, ayo kita level up melalui metode debat, guys!

Umumnya, kita dapat mengikuti atau menyaksikan debat bahasa Inggris melalui sebuah kompetisi atau event tertentu.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba, pastikan untuk pahami terlebih dahulu seluk beluk mengenai debat bahasa Inggris melalui pembahasan artikel ini ya!

 

Debat dalam Bahasa Inggris

Debat dalam bahasa Inggris disebut debate, yaitu sebuah kegiatan yang melibatkan dua tim untuk saling berargumen dan mempertahankan dua sudut pandang yang berlawanan mengenai sebuah topik.

Seperti namanya, dalam debate, memiliki skill bahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Selain itu, kamu perlu memperkaya wawasan serta bukti data yang akurat dan relevan untuk memenangkan perdebatan.

 

Tujuan Mengikuti Debat (Function of Debate)

Secara garis besar, tujuan debat adalah untuk mengeksplorasi berbagai sudut pandang melalui argumen yang berbeda-beda, hingga akhirnya dapat mencapai sebuah kesimpulan lebih baik yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Lebih lanjut lagi, debat bisa bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, kemampuan mendengarkan, berpikir kritis, serta meningkatkan skill dalam merespons suatu hal dengan cepat, dan juga tepat.

That’s why, debat bahasa Inggris sangat cocok untuk kamu yang ingin upgrade speaking skill. Apa itu lola alias loading lama? Hihi

Oh ya, selain itu, jika dilakukan secara berkelompok, debat tentunya dapat melatihmu untuk bekerja sama dengan baik dalam melakukan problem solving. Sounds good, isn’t it?

 

Di English Academy, katanya semua bisa bahasa Inggris dalam 3 bulan? Apa iya?
Coba konsultasi gratis buat tau infonya lebih lanjut ya!

 

Unsur-unsur Debat (Elements of Debate)

Sama dengan debat bahasa Indonesia, unsur-unsur debate pun terdiri dari mosi (motion), tim affirmative (tim pro), tim negative (tim kontra atau oposisi), tim netral, moderator, judges, dan notulen.

Mari kita bahas satu per satu!

1. Mosi (motion)

Mosi adalah pernyataan yang disampaikan oleh salah satu tim atau pihak yang akan diangkat sebagai topik perdebatan.

Mosi sangat penting sehingga harus dirumuskan dengan jelas dan tegas. Pasalnya, mosi merupakan landasan untuk membentuk argumen kedua belah pihak.

Mosi dapat berupa pernyataan tentang suatu isu, atau tentang tindakan yang akan diambil terkait isu tersebut. Dalam bahasa Indonesia ataupun Inggris, mosi biasanya selalu dikemas dalam kalimat utuh yang minimal terdiri dari subjek, predikat, dan objek.

Adapun ciri-ciri mosi yang baik adalah:

  • Spesifik agar tidak menimbulkan kebingungan
  • Kontroversial agar setiap anggota tim dapat menghasilkan diskusi yang menarik
  • Relevan dengan konteks yang sedang atau akan dibahas
  • Dapat dipertahankan oleh kedua tim untuk menciptakan suasana yang dinamis
  • Mengikat, agar fokus pada masalah yang akan diperdebatkan dan menghindari topik yang tidak relevan atau terlalu melebar

Contoh mosi debat bahasa Inggris, “This house believes that social media should be banned for children under 13 years old.”

2. Tim (team)

Selanjutnya, bintang utama dari kegiatan debat adalah tim yang terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Tim affirmative (tim pro), yaitu tim yang memiliki argumen positif atau mendukung terhadap mosi. Mereka berusaha untuk meyakinkan audiens bahwa argumen mereka adalah yang terbaik dan benar.
  • Tim negative (tim kontra atau oposisi), adalah tim yang menentang atau kontra terhadap mosi. Tim kontra akan berusaha untuk meyakinkan audiens bahwa argumen tim affirmative tidak benar atau tidak relevan.
  • Tim netral merupakan tim yang tidak berpihak pada pihak pro maupun kontra. Tim netral berposisi sebagai penengah dengan pandangan yang lebih objektif. Maka dari itu, tim ini biasanya bersifat opsional dan bisa digantikan oleh moderator.

 

3. Peserta (participant)

Salah satu peserta dalam debat adalah penonton. Namun, moderator, juri, dan notulen juga disebut sebagai peserta debat.

Jika kamu melihat orang yang sedang memimpin jalannya debat, maka ia disebut sebagai moderator. Selain melakukan pembukaan, tugas penting dari seorang moderator adalah bahwa semua peserta debat mengikuti aturan, waktu, dan tema yang telah ditentukan.

Jadi, moderator harus pandai menyela tim yang sedang berargumen jika waktunya sudah habis, atau pembahasannya keluar dari konteks ya, guys.

Notulen, yaitu seseorang yang bertugas untuk mencatat seluruh rangkaian kegiatan dalam debat, termasuk argumen yang disampaikan oleh masing-masing tim. Lebih dari itu, notulen juga harus mencatat keputusan-keputusan penting yang diambil selama debat berlangsung.

Juri adalah orang yang bertugas untuk menilai kinerja masing-masing tim dalam debat. Hal apa saja yang dinilai dalam debat? Contohnya isi argumentasi, cara presentasi, dan kemampuan dalam memberikan tanggapan.

 

Apa Saja yang Termasuk ke Dalam Struktur Debat?

Struktur debat mencakup 5 tahap, yaitu pembukaan, pemaparan tanggapan mengenai topik, rebuttal, kesimpulan, dan penutup.

1. Pembukaan (opening)

Langkah pertama dalam pelaksanaan debat adalah pembukaan yang biasanya dipandu oleh moderator dengan susunan agenda seperti berikut:

  • Membuka acara debat secara resmi
  • Menyampaikan mosi
  • Memperkenalkan setiap tim dan anggotanya, judges, dan notulen (jika ada)
  • Menjelaskan regulasi atau peraturan dan tata tertib saat debat berlangsung

 

2. Pemaparan tanggapan mengenai topik yang diangkat

Di tahap ini, secara bergantian, setiap tim akan dipersilakan untuk menyampaikan tanggapan atau pernyataan mereka mengenai topik yang diangkat. Namun, di bagian ini biasanya tidak ada interupsi dari pihak lain.

3. Rebuttal (pelaksanaan debat)

Ini merupakan inti dari kegiatan debat. Saat rebuttal, masing-masing tim akan menantang argumen lawan dan mencoba untuk membuktikan kelemahan dalam argumen tersebut.

Kemudian, masing-masing tim akan mencoba untuk meredam argumen lawan dan menunjukkan kekuatan argumen secara kritis.

4. Kesimpulan

Saat masuk ke tahap simpulan, tim harus merekapitulasi argumen dan poin-poin penting mengenai mosi setelah mendengar sudut pandang dari tim lawan.

5. Penutup

Yes! Penutup merupakan tahap akhir kegiatan debat. Di sini, moderator akan memberikan kesimpulan singkat dari argumen yang telah disampaikan oleh setiap tim, serta mengumumkan pemenang debat berdasarkan penilaian juri (kalau berupa kompetisi).

Last, untuk mencairkan suasana, moderator akan menutup debat dan memberikan kesempatan bagi kedua tim untuk saling berjabat tangan.

 

Apa Saja Jenis-jenis Debat?

Actually, terdapat beragam jenis debat dalam bahasa Inggris. Namun, secara umum ada 5 jenis debat yang paling umum diselenggarakan, yaitu:

1. Formal Debate

Formal debate adalah jenis debat yang biasanya diadakan di lingkungan akademis, politik, atau profesional. Debat yang satu ini biasanya memiliki format yang lebih struktur dibanding jenis debat lainnya.

2. Lincoln-Douglas Debate

Dulunya, ini merupakan debat yang dilakukan oleh Abraham Lincoln dan Stephen A. Douglas pada tahun 1858 di Amerika Serikat. Saat ini, jenis debat Lincoln-Douglas lebih menekankan prinsip filosofis dan nilai-nilai atau isu etis dari sebuah masalah atau topik tertentu.

3. Parliamentary Debate

Parliamentary debate, yaitu jenis debat yang menggunakan model persidangan parlemen. English-Speaking Union (ESU) dan World Universities Debating Championship (WUDC) adalah dua institusi yang sering mengadakan kompetisi menggunakan sistem parliamentary.

4. Cross-Examination Debate

Ciri khas dari cross-examination debate (CED) adalah, saat debat berlangsung, terdapat periode atau segmen di mana setiap tim akan bertukar pernyataan dan saling memeriksa bukti yang diberikan oleh lawan debat untuk mengklarifikasi dan lebih memahami kasus masing-masing.

5. Informal Debate

Pernah lihat atau ikut debat di forum mahasiswa atau seminar? Nah, keduanya merupakan contoh dari informal debate, yaitu debat yang tidak memiliki aturan atau struktur tertentu.

Namun, tetap harus memegang teguh prinsip dasar debat ya, guys. Seperti saling menghormati, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.

 

Ragam Bahasa dalam Debat Bahasa Inggris

Jika suatu saat nanti kamu jadi salah satu tim dalam acara debat bahasa Inggris, make sure untuk praktik kaidah bahasa alias language features di bawah ini ya!

1. Rhetorical questions, yaitu pertanyaan retoris untuk mempengaruhi pendapat lawan debat dan penonton. Contoh: “Do we really want to trust our future to a leader who has no experience?”

2. Emotive language, penggunaan kata-kata dengan konotasi emosional untuk mempengaruhi perasaan penonton. Contoh: “The government’s actions are cruel and heartless, leaving innocent families in despair.”

3. Hyperbole, ini merupakan salah satu majas populer yang berfungsi untuk memberikan ekspresi berlebihan guna menarik perhatian penonton dan membuat argumen terdengar lebih kuat. Contoh: “This policy will completely destroy the economy, leaving us all in poverty.”

4. Analogy, masih soal majas, bedanya analogy berfungsi sebagai perbandingan dua situasi yang berbeda untuk membantu penonton memahami argumen. Contoh: “Banning guns would be like banning cars because of a few accidents. We can’t punish everyone for the actions of a few.”

5. Repetition, yaitu pengulangan kata atau frasa untuk menguatkan argumen. Contohnya: “We need change. We need progress. We need to take action now.”

6. Evidence and statistics, merupakan penggunaan data atau fakta untuk mendukung argumen. Sifatnya mandatory alias wajib ya! Contoh: “Studies show that students who attend preschool perform better academically in the long term.”

7. Appeals to authority, memperkuat argumen dengan mengutip pendapat atau aksi para ahli. Contoh: “As Nobel laureate Joseph Stiglitz has said, we need to invest in education if we want to see long-term economic growth.”

8. Irony, ingin membuat argumen terdengar lebih kuat atau menarik perhatian? Gunakan jenis majas yang satu ini. Contoh kalimat: “Isn’t it ironic that the government wants to cut funding for education when it’s the key to our country’s future?”

 

Tema Apa saja yang Bisa Dijadikan Topik untuk Berdebat?

English Academy akan memberikanmu referensi beberapa topik untuk debat:

Contoh Topik Debat Bahasa Inggris SMA

  • Should schools implement mandatory drug testing for students? (Haruskah sekolah menerapkan tes narkoba wajib bagi siswa?)
  • Social media: A tool for social change or a threat to privacy? (Media sosial: Sebuah alat untuk perubahan sosial atau ancaman terhadap privasi?)
  • The government’s role in combating climate change: Should they do more? (Peran pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim: Haruskah mereka melakukan lebih banyak?)
  • Are standardized tests an accurate measure of student achievement? (Apakah tes standar merupakan ukuran yang akurat untuk prestasi siswa?)
  • The benefits and drawbacks of globalization. (Keuntungan dan kerugian dari globalisasi)

 

Contoh Topik Debat Bahasa Inggris Mahasiswa

  • Resolved: The government should provide free tuition for all students in public universities. (Bertekad: Pemerintah seharusnya memberikan biaya kuliah gratis untuk semua mahasiswa di universitas negeri.)
  • This house believes that social media has a positive impact on society. (Rumah ini percaya bahwa media sosial memiliki dampak positif pada masyarakat.)
  • Should universities be allowed to use affirmative action in their admissions process? (Apakah universitas harus diizinkan untuk menggunakan tindakan afirmatif dalam proses penerimaan mahasiswa?)
  • The rise of automation will lead to a decrease in overall employment opportunities. (Kenaikan otomatisasi akan menyebabkan penurunan keseluruhan peluang kerja.)
  • This house believes that genetically modified organisms (GMOs) are necessary to feed the world’s growing population. (Rumah ini percaya bahwa organisme yang dimodifikasi secara genetik (GMO) diperlukan untuk memberi makan populasi dunia yang semakin bertambah.)

 

Bagaimana? Kira-kira, kamu tertarik untuk mencoba debate competition nggak, nih? Kalau tertarik, hopefully pembahasan di artikel ini bisa jadi bekal awal untukmu ya!

Tapi, debat bahasa Inggris hanya akan berjalan dengan lancar dan sukses kalau skill kamu dalam English speaking sudah cukup mumpuni, gengs.

Makanya, ayo latihan dulu bareng expert di English Academy menggunakan kurikulum internasional Cambridge! Kelasnya interaktif, loh. Jadi, belajarnya juga bisa semakin fun dan materi akan lebih mudah untuk dipahami.

Cek dulu yuk, kelas apa yang cocok untukmu melalui Placement Test, gratis dan bersertifikat!

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!