Pidato Bahasa Inggris (English Speech): Definisi, Jenis, dan Contohnya

pidato bahasa inggris english speech

Melalui artikel ini, kita akan belajar pidato bahasa Inggris alias english speech mulai dari definisi, jenis-jenis, tujuh contoh teks pidato bahasa Inggris, serta bagaimana cara menulis naskah pidato. Simak ya!

--

Guys, pasti kamu nggak asing dengan pidato, dong? Ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa mengasah kemampuan public speaking seseorang. Skill atau kemampuan berpidato yang baik cukup penting untuk kamu miliki. Soalnya, kalau kita bisa berpidato dengan baik, tentu audiens akan memberikan respon alias feedback yang positif.

Maka dari itu, pidato kerap kali menjadi subjek yang selalu dilatih dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, begitupun dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang umum digunakan oleh masyarakat di dunia. So, sudah seharusnya kita menguasai keterampilan yang satu ini.

Nah, English Academy akan mengajak kamu untuk mempelajari apa itu pidato, jenis-jenis pidato, cara membuat pidato bahasa Inggris, contoh teks pidato bahasa Inggris, pun lengkap dengan strukturnya. Simak sampai akhir ya!

 

Apa Itu Pidato? (Pengertian English Speech)

Apa arti pidato dalam bahasa Indonesia? Jadi, pidato adalah sebuah pembicaran yang diberikan kepada audiens, baik secara formal ataupun informal. Isi pidato yang dibacakan bisa berupa macam-macam, baik berupa isi pikiranmu atau opinimu terhadap sesuatu. It could be about the environment, about your graduation, and many more.

Terkadang pidato dilakukan tidak harus di atas podium, contohnya seperti saat upacara di sekolah. Tapi, kamu bisa melakukannya di sekeliling teman-temanmu juga, lo.

Dalam bahasa Inggris, pidato biasa disebut juga dengan english speech. Secara definisi nggak ada bedanya dengan pidato bahasa Indonesia. Oh ya, kamu masih ingat nggak? Orang yang berpidato disebut dengan orator. Kalau dalam bahasa Inggris, nggak jarang disebut juga dengan speaker alias pembicara.

Tak jarang sekolah atau beberapa lembaga lainnya membuat english speech contest alias lomba pidato untuk memperingati hari-hari besar seperti kemerdekaan, school anniversary, etc.

 

Jenis-jenis Pidato Bahasa Inggris (English Speech)

Yap, pidato meliputi beberapa jenis tergantung isi dan tujuannya. Ada berpakah jenis pidato? Dalam bahasa Inggris, ada 13 jenis pidato yang umum digunakan. Apa saja ya? Yuk, kita cek bareng-bareng!

jenis jenis pidato bahasa inggris

 

1. Informative speech

Informative speech bertujuan untuk mengedukasi audiens terkait suatu hal. Untuk menunjang hal tersebut, maka dibutuhkan fakta, data dan statistik yang bisa membantu audiens menangkap konsep yang disampaikan. Informative speech can cover social or economic topics.

2. Entertaining speech

Entertaining speech adalah pidato untuk menghibur sekumpulan orang. Pidato ini biasanya lebih pendek dan tidak lebih formal daripada jenis pidato lainnya. Umumnya, jenis pidato yang satu ini berisi tentang cerita lucu atau humor yang dapat disampaikan di acara pernikahan, ulang tahun, atau sebelum acara pertunjukkan bakat di sekolah.

3. Demonstrative speech

Serupa dengan informative speech, demonstrative speech juga memiliki tujuan untuk mengedukasi audiens terkait hal yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Oleh karena itu, pidato ini disampaikan dengan bantuan visual, dan mungkin bisa memberikan demonstrasi bagaimana cara melakukan sesuatu. Biasanya pidato tentang cara penggunaan produk baru yang dikeluarkan dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: Recount Text: Definisi, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya

4. Persuasive speech

Persuasive speech membantu pembicara untuk meyakinkan audiens terhadap suatu opini yang berkaitan dengan topik tertentu. Biasanya persuasive speech berbicara mengenai berbagai hal, mulai dari hiburan hingga sesuatu yang lebih serius seperti politik.

Kalau saat menyampaikan speech, kamu membawa bukti-bukti yang dapat mendukung isi pidato, you’ll have a greater chance of receiving the audience’s support.

5. Oratorial speech

Oratorial speech dapat berisi tentang pembahasan mengenai suatu isu atau menyampaikan opini. Dalam keadaan tertentu, seperti upacara pemakaman atau kelulusan, oratorial speech bisa berbentuk pidato yang panjang dan formal, tapi juga bisa juga berupa pidato pendek dan informal seperti saat ada di acara khusus atau saat sedang bersulang.

Guys, bosan nggak, sih, terus-terusan belajar bahasa Inggris via online? Kalau iya, sekarang kamu bisa belajar bahasa Inggris secara interaktif bersama pengajar internasional secara tatap muka di English Academy Center! Ada kelas gratisnya, lo. Kamu bisa coba kelasnya dengan cara klik gambar di bawah ini!

English Academy Offline

 

6. Debate speech

Debate speech biasanya ada pada saat perlombaan atau acara debat. Masing-masing tim memiliki waktu khusus untuk menyampaikan pidato mereka. Meskipun mirip dengan persuasive speech, yang meyakinkan audiens akan sesuatu, pidato debat mencoba meyakinkan audiens atau juri untuk mendapatkan dukungan atau justifikasi terkait opini mengenai suatu hal.

7. Special occasion speech

Pidato jenis ini sebenarnya tidak mengikuti kategori tertentu dan tidak menggunakan format tertentu. Biasanya pidato ini dibacakan ketika seseorang sedang menikah, award show, atau acara ulang tahun.

Pidato ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan, sehingga tidak membutuhkan data atau statistik. Biasanya special occasion speech ini pendek, menarik perhatian, serta langsung ke topik utama.

8. Pitch speech

Pitch speech umumnya bertujuan untuk mendapat support dan persetujuan untuk sebuah ide, produk atau solusi. Misalnya kamu bekerja di sebuah perusahaan, dan kamu punya produk yang ingin diusulkan. Agar produkmu dapat diterima oleh pimpinan, kamu bisa membuat pidato terkait produk tersebut dan memberikan presentasi juga.

9. Motivational speech

Motivational speech bertujuan untuk menginspirasi audiens dan memberikan kepercayaan diri kepada mereka untuk berkembang dan melakukan sesuatu lebih baik. Biasanya juga bertujuan untuk membantu para audiens untuk tetap mencapai mimpi atau tujuannya.

Dalam perusahaan, biasanya manajer akan membaut pidato untuk karyawanannya. Atau dalam olah raga, pelatih akan memberikan pidato untuk timnya agar bisa memberikan usaha terbaik mereka.

10. Impromptu speech

Dalam membuat pidato, biasanya kamu akan membutuhkan waktu untuk bersiap-siap. Tapi, jenis pidato ini dilakukan dibuat dengan spontan dan tanpa persiapan. Kalau kamu tidak terbiasa berbicara di depan umum, kamu bisa kesulitan ketika diminta secara tiba-tiba untuk berpidato. Tapi kalau kamu punya kemampuan public speaking yang baik, dan sudah sering berpidato, hal ini bukan masalah untukmu.

11. Farewell speech

Farewell speech dilakukan ketika kamu mau menyampaikan selamat tinggal kepada sekumpulan orang. Misalnya kamu pindah kerja dan ingin menyampaikan selamat tinggal kepada tim kerjamu, atau kepada pasanganmu ketika kamu pindah kerja ke luar negeri.

12. Explanatory speech

Mirip dengan demonstrative speech, explanatory speech memberikan penjelasan tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan proses yang merinci. Bisanya tidak ada media visual seperti slide presentation untuk membantu audiens memahami apa yang sedang dibicarakan.

13. Eulogy or funeral speech

Eulogy atau funeral speech bertujuan untuk memberi penghormatan kepada seseorang yang telah meninggal di depan sekumpulan orang yang menghadiri upacara pemakaman. Biasanya pidato ini disampaikan oleh kerabat dekat atau pemimpin keagaaman. Pidato ini berisi tentang bagaimana kita bersyukur atas kehadirannya dan pencapaiannya.

 

Structure of English Speech (Struktur Naskah Pidato Bahasa Inggris)

Seperti jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris lainnya, naskah pidato bahasa Inggris pun memiliki strukturnya, lo. Struktur naskah pidato terdiri dari opening, content, dan closing.

Kamu bisa menjadikan naskah pidato sebagai acuan untuk berbicara di depan umum secara rapi dan sistematis. Berikut penjelasannya:

struktur naskah pidato

 

1. Opening (Pembukaan)

Introduction alias opening (pembuka) atau pendahuluan dapat berisi tentang perkenalan dirimu sebagai pembicara, serta memberitahu audiens mengenai topik yang akan disampaikan.

Dalam hal ini, tema yang akan dibawa bisa tentang kebersihan lingkungan sekolah, literasi dan numerasi, tentang fenomena yang sedang hangat terjadi, bahaya merokok, tentang narkoba, speech about education, dan masih banyak lagi. Berikut contoh pembuka pidato bahasa inggris singkat dan artinya:

Assalamualaikum Wr.Wb. Good morning everyone. On this sunny morning, first of all, let us offer praise and gratitude to God Almighty. He who has given favors so that we can gather on this occasion in a healthy and happy state without lacking anything. The honorable, Principal of Ruang Raya High School,  and who I also respect, the entire academic community of Ruang Raya High School.

I, Intan Aulia Husnunnisa, a representative of the Malang City Education Office, very grateful because on this occasion I have been given the trust to give a few words about education. Ladies and gentlemen, education is not only found in schools. However, education plays an important role in shaping one's mindset.

(Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi saudara-saudara sekalian. Di pagi yang cerah ini, terlebih dahulu, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dia yang telah memberikan nikmat sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat dan bahagia tanpa kekurangan suatu apa pun. Yang terhormat, Kepala Sekolah SMA Ruang Raya, dan yang saya hormati pula, seluruh jajaran civitas akademika SMA Ruang Raya.

Saya, Intan Aulia Husnunnisa, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Malang sangat berterima kasih, karena pada kesempatan kali ini saya telah diberikan kepercayaan untuk memberikan sepatah dua patah kata tentang pendidikan. Hadirin, sebetulnya pendidikan tidak hanya bisa didapatkan di sekolah saja. Namun, pendidikan memegang peran penting dalam membentuk pola pikir seseorang.)

2. Content (Isi)

Content atau body adalah isi dari topik pidato yang akan disampaikan. Dalam sebuah lomba, biasanya juri akan memperhatikan kualitas peserta dari bagaimana cara ia menyampaikan inti sebuah pidato. Sebabnya kita harus memastikan bahwa isi pidato bersifat jelas, padat, dan mudah dipahami oleh pendengar. Ini contoh isi pidato:

On this happy day, I would like to convey that education is not something that should be taken lightly. It is true, success does not depend on the school level, in this digital era, there are many technologies to improve skills. However, education can form a smart mindset in students, which has an important role in the progress of a nation.

Therefore, the progress of education in Indonesia depends on all of us. Let's, from now on, try to be students who are diligent in studying at school, and for teachers, hopefully, they can become better, responsible, and future-oriented educators.

(Di hari yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan bahwa pendidikan bukanlah merupakan hal pantas untuk disepelekan. Memang benar, kesuksesan tidak bergantung pada jenjang sekolah, di era digital ini sudah banyak teknologi untuk meningkatkan skill. Tetapi, pendidikan dapat membentuk mindset cerdas pada siswa, yang mana memiliki peranan penting untuk kemajuan sebuah bangsa.

Maka dari itu, kemajuan pendidikan di Indonesia tergantung pada kita semua. Mari, mulai sekarang berusaha untuk menjadi siswa yang tekun dalam menimba ilmu di sekolah, dan untuk para guru, semoga bisa menjadi tenaga pendidik yang lebih baik, bertanggung jawab, serta berorientasi pada masa depan.)

3. Closing (Penutup)

Closing adalah bagian di mana kamu harus memberi penutupan atau mengakhiri pidato. Umumnya, closing terdiri dari conclusion (kesimpulan) isi pidato, kemudian diikuti dengan ajakan/penegasan, serta memberikan salam penutup pada audiens. Berikut adalah contoh penutup pidato dalam bahasa Inggris dan artinya:

Maybe that's all from me in commemorating the day of education. Again, be serious about learning, and be a useful person. Thank you for your attention, I apologize if there are words that are not pleasing to the audience. Peace be upon you, stay healthy, and happy national education day, everyone!

(Dalam rangka memperingati hari pendidikan, mungkin hanya sekian pesan dari saya. Sekali lagi, bersungguh-sungguhlah dalam belajar, dan jadilah orang yang bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya, saya mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Salam sejahtera, sehat selalu, dan selamat hari pendidikan nasional, semuanya!)

 

Tips dan Cara Membuat Naskah Pidato Bahasa Inggris

Agar lancar berpidato dalam bahasa Inggris, alangkah baiknya agar kamu mempersiapkan teksnya terlebih dahulu.  Berikut cara membuat naskah pidato bahasa Inggris alias cara membuat naskah untuk english speech:

1. Reading is a window to the world

Mungkin terlihat ringan, tetapi membaca memiliki kekuatan yang amat dahsyat. Membaca menjadi jendela pengetahuan, yang membuat kita terpapar terhadap berbagai informasi.

Dalam membuat naskah pidato, kita harus bersedia menginvestasikan waktu kita untuk membaca hal-hal berkaitan dengan topik yang ingin kita angkat. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana melalukan proses reading yang efektif untuk brainstorming dalam membuat naskah pidato bahasa inggris?

Hal yang perlu kamu lakukan pertama, tentukan topik bahasan yang ingin kamu angkat dalam pidato dan breakdown beberapa pertanyaan yang berusaha kamu jawab. Kedua, telusuri beberapa media untuk menemukan bacaan terkait topik tersebut (buku, majalah, berita online, bahkan sosial media), seringkali informasi yang diberikan melalui sosial media seperti thread Twitter atau postingan di Instagram sangat bermanfaat dan dapat menjadi referensi bacaan kita.

Ketiga, jangan lupa untuk cek terlebih dahulu apakah bacaan tersebut terverifikasi kebenarannya, seperti memiliki sumber yang jelas dan valid. Keempat, pada saat membaca arahkan pola pikir kita untuk berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah di breakdown pada awal step tadi, dan berusaha untuk menemukan insight baru terkait topik tersebut.

Terakhir, kamu akan memperoleh hasil bacaan yang dapat menjadi bank pengetahuan untuk menulis naskah pidato bahasa inggris mu!

 

2. Watch and Learn

Selain membaca, video bisa menjadi media referensi kamu untuk mengumpulkan informasi dan terbuka terhadap berbagai ide-ide berkaitan dengan topik yang kamu cari. Contohnya, YouTube sudah menjadi platform di mana banyak sekali percakapan edukatif, webinar, wawancara, atau bahkan pidato-pidato yang akan memberikan pengetahuan dan pandangan baru untuk kamu, sekaligus mempermudah kamu dalam memahami topik tertentu.

3. What do others say about it? let's discuss!

Cara yang ketiga, adalah berdiskusi! Kamu bisa mengajak teman sebaya, senior, guru, dosen, ataupun orang yang kamu anggap lebih paham untuk berdiskusi mengenai topik yang akan kamu angkat.

Hal yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah, pastikan kamu sudah memilih topik dan melakukan riset terkait topik tersebut lebih dulu. Selanjutnya, kamu bisa merincikan beberapa pertanyaan atau hal-hal yang ingin didiskusikan kepada orang yang ingin kamu ajak berdiskusi. Lalu setelah siap, kamu bisa mengajak orang yang dituju untuk berdiskusi dengan mengajukan beberapa pertanyaan, dan bersikap terbuka terhadap pandangan lawan bicaramu.

4. Lakukan riset tentang audiens

Sejatinya dengan mengenal siapa audiens, kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan pidatomu. Knowing your audicence can give you insights into their opinions, thoughts and how to reach them. Bahkan jika salah satu audiens bertanya, kamu bisa memberikan jawaban yang dapat memuaskan mereka.

5. Memiliki informasi yang seimbang

Katakanlah kamu memberi pidato yang berisi tentang suatu argument. Kamu harus menyediakan dua informasi yang seimbang, baik dari sisi pro atau sisi kontra. Dengan demikian, audiens akan mendapatkan kesimpulan sendiri terhadapnya.

6. Pertimbangkan acara

Kamu tentu bisa berpidato tentang apapun yang kamu mau. Tapi kamu harus berpidato sesuai tempatnya. Misalnya kamu berpidato di depan para pimpinan perusahaan, tentunya pidatomu harus formal. Sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan akan diterima baik oleh audiens.

 

7 Teks Pidato Bahasa Inggris (Naskah Pidato) dalam Berbagai Tema

Kalau kamu ingin berlatih untuk pidato, berikut ini English Academy tuliskan beberapa contoh naskah pidato bahasa Inggris  yang singkat dan mudah, lengkap dengan terjemahan. Yuk, segera praktik di depan cermin agar kamu bisa berpidato dengan lancar!

1. Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris Tentang Kebersihan

Hi everyone. I'm Ratih from the 12th-grade class. In this opportunity, I will be speaking about cleanliness. Cleanliness and hygiene should always come first and are crucial to our daily lives. Maintaining cleanliness is essential for a healthy lifestyle. Additionally, seeing a spotless space or house is pleasing to the eye. Cleaning is another habit that successful individuals have. 

Why we must maintain cleanliness? Numerous bacteria are created by poor hygiene and cleanliness. This causes a number of severe diseases that ultimately have an impact on the health of the entire country. So, in order to have a healthy lifestyle, we must incorporate cleanliness into our daily activities. 

How to maintain cleanliness? These are some basic steps to maintain cleanliness on day to day basis like:

  • Brushing teeth before eating anything in the morning.
  • Always wash hands after using the toilets.
  • Always wash hands before eating anything.
  • Wear washed clothes.
  • Always use dustbin to throw the garbage.

Other than these, the females and other members in the house should maintain cleanliness by washing the vegetables before use, cleaning house floors daily with disinfectants, etc. Maintaining human health and hygiene is important but maintaining environmental cleanliness is also equally important.

Cleanliness is not only a necessity but it can also become a habit. A responsible person is also a clean person. By adopting cleanliness in our home and surroundings, we will contribute to building a healthier nation. 

That's all from me about cleanliness. Hopefully will be useful, I apologize if there are words that are less pleasing to the audience. Good morning and keep healthy, everyone.

Artinya:

Halo semuanya. Saya Ratih dari kelas 12. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membahas tentang kebersihan. Kebersihan dan kesehatan harus selalu didahulukan dan sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Menjaga kebersihan sangat penting untuk gaya hidup sehat. Selain itu, melihat ruang atau rumah yang bersih pun akan membuat mata lebih enak untuk melihatnya. Membersihkan adalah kebiasaan lain yang dimiliki orang-orang sukses. 

Mengapa kita harus menjaga kebersihan? Bakteri akan banyak muncul jika kebersihan tidak dijaga dengan baik. Hal ini menyebabkan sejumlah penyakit yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan masyarakat. Jadi, untuk memiliki gaya hidup sehat, kita harus memasukkan kebersihan ke dalam aktivitas kita sehari-hari.

Bagaimana menjaga kebersihan? Ini adalah beberapa langkah dasar untuk menjaga kebersihan setiap hari seperti:

  • Menyikat gigi sebelum makan apa pun di pagi hari.
  • Selalu cuci tangan setelah menggunakan toilet.
  • Selalu cuci tangan sebelum makan apa pun.
  • Pakai baju yang sudah dicuci.
  • Selalu gunakan tempat sampah untuk membuang sampah.

Selain itu, para wanita dan anggota lain di rumah harus menjaga kebersihan dengan mencuci sayuran sebelum digunakan, membersihkan lantai rumah setiap hari dengan desinfektan, dsb. Menjaga kesehatan dan kebersihan manusia itu penting tetapi menjaga kebersihan lingkungan juga sama pentingnya.

Kebersihan tidak hanya menjadi kebutuhan tetapi juga bisa menjadi kebiasaan. Orang yang bertanggung jawabpasti adalah orang yang bersih. Dengan menerapkan kebersihan di rumah dan lingkungan kita, kita akan berkontribusi untuk membangun bangsa yang lebih sehat.

Sekian pidato dari saya mengenai kebersihan. Semoga bermanfaat, saya mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin. Selamat pagi dan sehat selalu.

2. Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Kesuksesan

Good morning to everyone who is here today. I'm Karin as an awardee from Ruang Raya scholarship. I'm honored to have been asked to give a speech about success. I hope everyone learns something new about the success of life.

What exactly is success? and why is everyone chasing it? We are living in a time when everyone wants to be successful. They want to achieve something in their lives. It could be to get the dream job or to do well in school. The point I want to make is that the definition of success varies from person to person. The person sitting next to you will have a completely different definition of success than you, so there is no universal definition of success. 

Success is directly proportional to the amount of effort and time you put into achieving that goal. It is difficult to work physically here, which makes you tired, but it simply means that you must prioritize important things that will make you successful and work towards them. Failure is the most important step toward achieving your objectives. Many of us are afraid of failing because we believe it will not lead to success, but failing can be beneficial in determining your path. Consider what would have happened if Thomas Edison had paused while working on the discovery of light. The world would have remained dark. Don't be afraid of failure; instead, embrace it as a necessary step toward success. 

To sum up this speech, the three most important things for a person to be successful are hard work, failure, and having a timetable. Most successful people are very good at managing their time, and if you want to be successful in life, you must also learn the skill of time management. Finally, don't take success too seriously because it will have an impact on your health and the relationships around you. Work on your goal-achieving process, and I will be successful in life. Thank you very much.

Artinya:

Selamat pagi untuk semua yang hadir hari ini. Saya Karin sebagai penerima beasiswa Ruang Raya. Saya merasa terhormat telah diminta untuk memberikan pidato tentang kesuksesan. Saya harap semua orang belajar sesuatu yang baru tentang kesuksesan hidup.

Apa sebenarnya kesuksesan itu? dan mengapa semua orang mengejarnya? Kita hidup di masa ketika semua orang ingin sukses. Mereka ingin mencapai sesuatu dalam hidup mereka. Bisa jadi untuk mendapatkan pekerjaan impian atau untuk berprestasi di sekolah. Poin yang ingin saya sampaikan adalah bahwa definisi sukses berbeda-beda dari orang ke orang. Orang yang duduk di sebelah Anda akan memiliki definisi sukses yang sama sekali berbeda dari Anda, jadi tidak ada definisi universal tentang kesuksesan.

Sukses berbanding lurus dengan jumlah usaha dan waktu yang Anda habiskan untuk mencapai tujuan itu. Sulit untuk bekerja secara fisik di sini, yang membuat Anda lelah, tetapi itu berarti Anda harus memprioritaskan hal-hal penting yang akan membuat Anda sukses dan mengusahakannya. Kegagalan adalah langkah paling penting untuk mencapai tujuan Anda. Banyak dari kita takut gagal karena kita percaya itu tidak akan membawa kesuksesan, tetapi kegagalan dapat bermanfaat dalam menentukan jalan Anda. Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika Thomas Edison berhenti sejenak saat mengerjakan penemuan cahaya. Dunia akan tetap gelap. Jangan takut gagal; alih-alih, terimalah sebagai langkah penting menuju kesuksesan.

Untuk meringkas pidato ini, tiga hal terpenting bagi seseorang untuk menjadi sukses adalah kerja keras, kegagalan, dan memiliki jadwal. Kebanyakan orang sukses sangat pandai mengatur waktu mereka, dan jika Anda ingin sukses dalam hidup, Anda juga harus mempelajari keterampilan manajemen waktu. Terakhir, jangan menganggap sukses terlalu serius karena akan berdampak pada kesehatan Anda dan hubungan di sekitar Anda. Kerjakan proses pencapaian tujuan Anda, dan saya akan sukses dalam hidup. Terima kasih banyak.

3. Teks Pidato Bahasa Inggris Singkat Tema Kemerdekaan RI 

Good morning. Greetings to all of us. Which I respect, Mr. Principal.  Who I respect, Mr. and Mrs. Teachers and school staff, and the students that I am proud of.

Let us give thanks to Allah SWT, God Almighty, for the gift of good health today, so that we can attend and celebrate the 77th Anniversary of Indonesian Independence on August 17, 2022.

On this happy day, we should be grateful for the blessings of freedom that God has given, thanks to the struggle of the great heroes of the past who have fought the invaders in our country. Celebrating this independence is one of our ways to honor the services of the previous heroes. 

As Indonesian citizens who can feel the peace and enjoyment of an independent nation, we should continue the struggle of the previous heroes by appreciating their services by protecting and preserving the Indonesian homeland properly. In particular, as the nation's young generation, we have a big role to play in continuing the ideals of this nation.

In a speech, IR Soekarno once said, "Give me ten youths, I will surely shake the world". A legendary sentence that was echoed by the father of the nation, Bung Karno.

Therefore, if not us, then who else, let's fight together in our own way, to make the name of the Indonesian nation proud in all corners of the world. That's all I can say. Sorry if there are any shortcomings. May we all be healthy always. Thank you.

Artinya:

Selamat pagi. Salam untuk kita semua. Yang saya hormati, Pak Kepala Sekolah. Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru dan staf sekolah, serta para siswa yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia kesehatan yang baik hari ini, sehingga kita dapat menghadiri dan merayakan HUT RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022.

Di hari yang berbahagia ini, kita patut mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah Tuhan berikan, berkat perjuangan para pahlawan besar masa lalu yang telah berjuang melawan penjajah di negara kita. Merayakan kemerdekaan ini adalah salah satu cara kami untuk menghormati jasa para pahlawan sebelumnya.

Sebagai warga negara Indonesia yang dapat merasakan kedamaian dan kenikmatan bangsa yang merdeka, sudah sepatutnya kita melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan menghargai jasa-jasa mereka dengan menjaga dan melestarikan tanah air Indonesia dengan baik. Secara khusus, sebagai generasi muda bangsa, kita memiliki peran besar dalam melanjutkan cita-cita bangsa ini.

Dalam pidatonya, IR Soekarno pernah berkata, "Beri aku sepuluh pemuda, aku pasti akan mengguncang dunia". Sebuah kalimat legendaris yang didengungkan oleh bapak bangsa, Bung Karno.

Oleh karena itu, jika bukan kita, lalu siapa lagi, mari kita berjuang bersama dengan cara kita sendiri, mengharumkan nama bangsa Indonesia di seluruh pelosok dunia. Itu saja yang bisa saya katakan. Mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kita semua sehat selalu. Terima kasih.

4. Contoh Pidato Bahasa Inggris untuk Anak SD


Berikut contoh teks pidato yang bisa disampaikan orator pada siswa SD yang singkat beserta artinya:

Good morning one and all present here. I am standing before you all to share my thoughts through my speech about dreams. Dreams are the beautiful imaginations that one takes on to escape from the reality.

Dreams. We all have dreams, either when we are a sleep or when we are away, which is called daydreaming or the dreams about things that we are passionate about in life. Life is meaningless without dreams. If we have no dreams and nothing to work on, life will certainly be purposeless and monotonous. 

When you dream, you have to put it into action. Many failures can occur while we are working on our dreams, but these failures do not prevent us from going the way, but that we can achieve what we want. It should strengthen your beliefs. I sincerely believe that all of us will never give up on our dreams and will continue to work persistently to make our dreams come true. All you need to do is dare to dream and put it into action.

Keep learning, and never give up to achieve your dreams. Break a leg! Thank you all for listening. Stay healthy, students.

Artinya:

Selamat pagi semua yang hadir di sini. Saya berdiri di depan adik-adik semua untuk membagikan pendapat saya melalui pidato tentang mimpi. Mimpi adalah imajinasi indah yang diambil seseorang untuk melarikan diri dari kenyataan.

Mimpi. Kita semua memiliki mimpi, baik ketika tidur atau ketika "pergi" yang disebut dengan melamun untuk memimpikan hal-hal yang kita sukai dalam hidup. Hidup tidak ada artinya tanpa impian. Jika kita tidak punya mimpi dan tidak ada yang bisa dikerjakan, hidup pasti akan terasa hampa dan monoton. 

Ketika kamu bermimpi, kamu harus mewujudkannya. Banyak kegagalan dapat terjadi saat kita sedang mengerjakan impian kita, tetapi kegagalan ini tidak menghalangi kita untuk melangkah, tetapi kita dapat mencapai apa yang kita inginkan.Hal tersebut dapat memperkuat keyakinanmu.

Saya dengan tulus percaya bahwa kita semua tidak akan pernah menyerah pada impian kita dan akan terus bekerja dengan gigih untuk mewujudkan impian. Yang perlu kamu lakukan hanyalah berani bermimpi dan mewujudkannya.

Teruslah belajar, dan jangan pernah menyerah untuk meraih mimpimu. Semoga sukses! Terima kasih telah mendengarkan pidato ini. Sehat selalu, murid-murid.

5. Teks Pidato Tentang Bahaya Narkoba dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Very good morning and a warm welcome to everybody present here today. Today, I will be talking about the topic of drug abuse’.

The word ‘drug’ when it comes to one’s mind, is taken in a negative sense as it is often misused. If the drugs are used for serving a useful purpose, it could bring a considerable change in the lives of people. The drug is not a dangerous substance itself. But people misuse it in many ways. It is highly dangerous and can cause serious health problems if one takes it on a regular basis.

There are different kinds of drugs. Among them, Psychoactive drugs play an essential role. It consists of chemical substances that are very harmful to the human body. It has a high chance to affect the function of the nervous system of a human being. These drugs can affect one’s stability of mind, inflict mood swings, etc. 

Abuse of such psychoactive drugs can turn out to be very dangerous to the entire humankind. It can cause psychological or physical addiction. All these drugs have tremendous side effects; these side effects can later give rise to several diseases.

Thus, the government has come up with strict rules and regulations regarding the production of these drugs. This industry is closely supervised, so the smuggling of drugs can be reduced as much as possible.

It is our duty as responsible citizens of our country not to misuse drugs as it will cost us our lives and follow the rules and regulations of the government appropriately. If we see any such crime, we should immediately report it to the nearest police station.

Thank you, everyone, for your patience and for giving an earful to my speech. I hope everyone has a great day ahead.

Artinya:

Selamat pagi dan sambutan hangat untuk semua orang yang hadir di sini hari ini. Hari ini, saya akan berbicara tentang topik penyalahgunaan narkoba'.

Kata 'narkoba' dalam benak seseorang, diambil dalam arti negatif karena sering disalahgunakan. Jika narkoba digunakan untuk tujuan yang bermanfaat, itu bisa membawa perubahan besar dalam kehidupan orang-orang. Obat itu sendiri bukanlah zat berbahaya. Tetapi orang-orang menyalahgunakannya dengan banyak cara. Ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika dikonsumsi secara teratur.

Ada berbagai jenis obat. Di antara mereka, obat psikoaktif memainkan peran penting. Ini terdiri dari zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Ini memiliki peluang tinggi untuk mempengaruhi fungsi sistem saraf manusia. Obat-obatan ini dapat mempengaruhi stabilitas pikiran seseorang, menimbulkan perubahan suasana hati, dsb.

Penyalahgunaan obat-obatan psikoaktif semacam itu bisa menjadi sangat berbahaya bagi seluruh umat manusia. Ini dapat menyebabkan kecanduan psikologis atau fisik. Semua obat ini memiliki efek samping yang luar biasa; efek samping ini nantinya dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Dengan demikian, pemerintah telah membuat aturan dan peraturan yang ketat mengenai produksi obat-obatan ini. Industri ini diawasi dengan ketat, sehingga penyelundupan narkoba bisa ditekan semaksimal mungkin.

Adalah tugas kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk tidak menyalahgunakan narkoba karena akan merenggut nyawa kita dan mengikuti aturan dan peraturan pemerintah dengan tepat. Jika kita melihat kejahatan seperti itu, kita harus segera melaporkannya ke kantor polisi terdekat.

Terima kasih, semuanya, atas kesabaran Anda dan untuk mendengarkan pidato saya. Saya harap semua orang memiliki hari yang menyenangkan di depan.

6. Contoh Pidato Perpisahan Sekolah/Kuliah dalam Bahasa Inggris

Good morning everyone. President Wilson, Trustees, Faculty, family, friends, and fellow graduates, I am honored to speak to you on this very important day.

First, I'd like to thank the administration and faculty of State University for their hard work and dedication on our behalf. I think that college students often take their college experience for granted, as just the step between high school and the real world.

As the first member of my family to graduate from college, I do not take one bit of it for granted. So, I thank every one of you who has made this university what it is and every one of you who has supported my fellow students and me along the way. We have received an excellent education here, which makes it far more than a step between high school and the real world but rather a stepping stone to our futures.

On a personal note, being the first college graduate in my family, I would like to honor my parents. Present in the audience, they encouraged me and supported me. Without them, my graduation would not have been possible. Thanks, Mom and Dad!

Fellow graduates, today we have finished something. Sometimes I think it is ironic that - in each endeavor in our academic lives - we learn and grow and achieve the highest level possible in that institution. Then, we graduate. The next year we are thrown back to being the "low man on the totem pole" in our future school.

Today, we are graduating seniors, and this summer or fall, many of us will be starting at those entry-level jobs that will be the beginning of our careers. Some of us will begin graduate school, once again on the bottom rung of the ladder. But thanks to everything we have learned so far, I am confident. We will keep climbing as if we are on an endless ladder to heights we've never achieved before. For that reason, I urge you to make sure that you are on the ladder which you genuinely WANT to be. Remember that it is YOUR LIFE.

Carl Jung said, "Your vision will become clear only when you can look into your own heart. Who looks outside, dreams; who looks inside, awakes." So, today I remind you all to look into your hearts and be awake before you embark upon a dream that is not your own.

Up to this point in many of our lives, most things have been decided for us. From now on, it is up to us to choose. So be sure to make your choices when you are fully awake, decisions that are informed by your heart and not by what others say or think or believe.

Our contribution to the world will not be measured by the money we make or the accolades we receive, but rather by how we share our unique gifts with the world. And the only place to find those gifts is to look within yourself.

So go forth class of 2015 and make your unique contribution!

Artinya:

Presiden Wilson, Pembina, Fakultas, keluarga, teman, dan rekan lulusan, saya merasa terhormat untuk berbicara dengan Anda pada hari yang sangat penting ini.

Selamat pagi hadirin sekalian. Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada administrasi dan fakultas Universitas Negeri atas kerja keras dan dedikasi mereka atas nama kami. Saya pikir mahasiswa sering menganggap pengalaman kuliah mereka tidak bermakna, hanya fase yang dilewati antara sekolah menengah dan dunia nyata.

Sebagai anggota pertama dari keluarga saya yang lulus dari perguruan tinggi, saya tidak menyia-nyiakannya. Jadi, saya berterima kasih kepada Anda semua yang telah menjadikan universitas ini sesuai dengan tujuannya dan Anda semua yang telah mendukung rekan-rekan mahasiswa saya dan saya selama ini. Kami telah menerima pendidikan yang sangat baik di sini, yang membuatnya jauh lebih dari satu langkah antara sekolah menengah dan dunia nyata, melainkan batu loncatan untuk masa depan kami.

Sebagai catatan pribadi, sebagai lulusan perguruan tinggi pertama dari keluarga saya, saya ingin menghormati orang tua saya. Hadir di antara hadirin, mereka menyemangati dan mendukung saya. Tanpa mereka, kelulusan saya tidak akan mungkin terjadi. Terima kasih, Ibu dan Ayah!

Rekan-rekan wisudawan, hari ini kita telah menyelesaikan sesuatu. Kadang-kadang saya pikir ironis bahwa dalam setiap upaya dalam kehidupan akademis kita-kita belajar dan tumbuh dan mencapai tingkat tertinggi di lembaga itu. Kemudian, kita lulus. Tahun berikutnya kkembali menjadi orang yang tidak tahu apa-apa di sekolah masa depan kita.

Hari ini, kita lulus dan musim panas atau gugur ini, banyak dari kita akan memulai pekerjaan tingkat awal yang akan menjadi awal karir kita. Beberapa dari kita akan mulai sekolah pascasarjana, sekali lagi di anak tangga terbawah. Tapi berkat semua yang telah kita pelajari sejauh ini, saya percaya diri. Kita akan terus mendaki seolah-olah kita berada di tangga tak berujung ke ketinggian yang belum pernah kita capai sebelumnya. Untuk alasan itu, saya mendorong Anda untuk memastikan bahwa Anda berada di tangga yang benar-benar Anda INGINKAN. Ingatlah bahwa ini adalah HIDUP ANDA.

Carl Jung berkata, "Visi Anda akan menjadi jelas hanya ketika Anda dapat melihat ke dalam hati Anda sendiri. Siapa yang melihat ke luar, bermimpi; siapa yang melihat ke dalam, bangun." Jadi, hari ini saya mengingatkan Anda semua untuk melihat ke dalam hati Anda dan bangun sebelum Anda memulai mimpi yang bukan milik Anda.

Sampai saat ini dalam banyak kehidupan kita, sebagian besar hal telah diputuskan untuk kita. Mulai sekarang, terserah kita untuk memilih. Jadi pastikan untuk membuat pilihan Anda ketika Anda sepenuhnya sadar, keputusan yang diinformasikan oleh hati Anda dan bukan oleh apa yang orang lain katakan atau pikirkan atau percayai.

Kontribusi kita kepada dunia tidak akan diukur dengan uang yang kita hasilkan atau penghargaan yang kita terima, tetapi lebih dari bagaimana kita berbagi hadiah unik kita dengan dunia. Dan satu-satunya tempat untuk menemukan karunia itu adalah dengan melihat ke dalam diri Anda sendiri.

Jadi, majulah angkatan 2015 dan berikan kontribusi unik Anda!

7. Contoh Teks Amanat Upacara Singkat

Kalau suatu saat kamu jadi guru di sekolah, berikut contoh amanat yang bisa disampaikan pada murid saat upacara:

Good morning to all of my students! At this time, I will deliver a speech about education. Education is nothing but the all-around development of the individual’s personality. Education is a means of achieving a world of peace, justice, freedom, and equality for all. Thus, education is extremely necessary for all. No good life is possible without education.

Education also channelizes the undeveloped capacities, attitudes, interests, urges, and needs of the individual into desirable channels. The individual can adjust and modify his environment with the help of education as per his need. 

That is why you are all here at this school, to further your education and find your way in life. So, keep being study hard, find what things you love, and achieve your goals in the future. Thank you and have a good day.

Artinya:

Selamat pagi untuk semua murid saya! Kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang pendidikan. Pendidikan tidak lain adalah pengembangan kepribadian individu secara menyeluruh. Pendidikan adalah sarana untuk mencapai dunia yang damai, adil, bebas, dan setara untuk semua. Oleh karena itu, pendidikan sangat dibutuhkan oleh semua orang. Tidak ada kehidupan yang baik yang mungkin terjadi tanpa pendidikan.

Pendidikan juga menyalurkan kapasitas, sikap, minat, dorongan, dan kebutuhan individu yang belum berkembang ke dalam saluran yang diinginkan. Individu dapat menyesuaikan dan memodifikasi lingkungannya dengan bantuan pendidikan sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah mengapa Anda semua ada di sini di sekolah ini, untuk melanjutkan pendidikan Anda dan menemukan jalan hidup Anda. Jadi, teruslah belajar dengan giat, temukan hal-hal yang Anda sukai, dan raih cita-cita Anda di masa depan. Terima kasih dan semoga harimu menyenangkan.

--

Nah, guys, contoh pidato singkat berbagai macam tema di atas bisa kamu jadikan sebagai materi untuk berlatih pidato bahasa Inggris alias english speech. Anyway, selain dari artikel ini, masih banyak langkah-langkah yang bisa kamu explore dan coba untuk membantu brainstorming menulis naskah pidato bahasa inggris kamu.

Salah satunya adalah dengan berdiskusi bersama Master Teacher di English Academy. Kalau kamu bingung belajar bahasa Inggris sendirian, maka pengajar lokal dan internasional di English Academy siap membantu.  Penasaran nggak, kira-kira sejauh apa kemampuan bahasa Inggris-mu? Ada Placement Test Gratis dari English Academynih. Bersertifikat!

Placement Test English Academy

Referensi:

Indeed Editorial Team. 2022. (Online) https://www.indeed.com/career-advice/career-development/types-of-speeches [accessed 14 June 2022]

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Adella Indah Nurjanah, kemudian diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 12 September 2022.

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.