5 Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris yang Sering Ditanyakan

Fridericiana Marie Pasasa Feb 25, 2021 • 6 min read


pertanyaan interview kerja bahasa inggris

Artikel ini menjelaskan 5 pertanyaan interview berbahasa inggris yang umumnya ditanyakan pada saat melamar pekerjaan.

--

Fresh graduates! Akhirnya tiba juga ya panggilan untuk interview kerja! Bagaimana perasaan kamu? Setelah melewati perjalanan panjang mencari kerja hingga seleksi CV, akhirnya kamu sampai di titik ini. You should be proud of yourself! Sekarang, posisi pekerjaan itu hampir tiba dalam genggaman tanganmu! Apa kamu sudah siap menjawab pertanyaan interview kerja yang akan ditanyakan tim HR? 

Proses interview kerja terlihat gampang-gampang susah. Tim HR dapat bertanya hal yang mungkin tidak terpikiran olehmu sebelumnya, tetapi dengan persiapan yang matang, proses interview kerja dapat kamu lalui dengan lancar! Setiap perusahaan dan divisi pasti memiliki pertanyaan yang berbeda, namun ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan untuk kandidat pada umumnya sehingga kamu bisa lebih mempersiapkan diri. Terlebih lagi, dengan interview kerja dalam jaringan di saat era new normal ini, kamu bisa melaksanakan interview dimanapun yang nyaman. 

Jadi, jangan khawatir, yuk kita belajar bareng-bareng. Sebagai permulaan, pastikan kamu menguasai hal yang dituliskan di CV/resume kamu sebagai landasan tim HR tentang informasi kamu ya! Tim HR dapat meminta kamu untuk menjelaskan pengalaman tertentu di CV/resume-mu. Beberapa perusahaan melakukan interview kerja dalam bahasa Inggris. Terus, gimana nih kalau kita belum siap? Tentunya pelajari apa yang biasa ditanyakan. Nah, kira-kira inilah 5 pertanyaan interview kerja dalam Bahasa Inggris yang sering ditanyakan.

1. Can you tell us about yourself?

Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan pertama yang ditanyakan tim HR. Terdengar simple, tapi bisa menjadi jebakan. Hal ini sangat penting sebagai first impression kamu dalam interview. Sebelum menjawab pertanyaan ini, jangan lupa berterima kasih terlebih dahulu kepada tim HR atau divisi lain yang sedang mewawancarai kamu, karena telah meluangkan waktunya ya! Lalu, pastikan kamu menjawab dengan padat dan jelas. Bicarakan tentang dirimu, aktivitas yang sedang kamu jalankan, pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang telah kamu incar. Kamu juga bisa menyelipkan hobi dan fakta unik tentang dirimu! Tidak perlu menjabarkan seluruh isi CV-mu, coba latihan untuk menyampaikan jawabanmu dalam 2-3 menit. 

Baca Juga: Cara Membuat Email Profesional dalam Bahasa Inggris

 

2. How do you see yourself in 3 years?

Wow, mau interview kerja juga ditanya tujuan kita di masa depan? Yup, bener banget! Hal ini penting untuk mengetahui apakah tujuan kamu yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu minati dalam segi karir. Selain itu, dengan merencanakan hidupmu di masa depan, secara tidak langsung kamu mendeskripsikan dirimu sebagai seseorang yang visioner! Kamu dapat menjelaskannya dengan menyebutkan milestone kamu dalam 3 tahun. Jangka waktunya variatif, bisa dimodifikasi menjadi 1 tahun, 2 tahun, atau bahkan 5 tahun kedepan!

 

3. What are your strengths and weaknesses?

Di pertanyaan ini, sampaikan poin-poin strength kamu yang relevan dengan posisi pekerjaan tersebut. Jadi, tim HR dapat menilai kamu sebagai kandidat karyawan yang cocok untuk posisi pekerjaan itu. Kamu bisa menjelaskannya dalam bentuk hard skills dan soft skills ya. Pertanyaan interview kerja lanjutan dapat berupa pengalaman kamu mengimplementasikan strength-mu dalam organisasi maupun kehidupan sehari-hari. 

Dalam menjawab poin weakness, kamu juga dapat menyebutkan cara-cara kamu untuk mencegah dan mengurangi hal itu terjadi dalam aktivitasmu sehari-hari. Contohnya, bila kamu seseorang yang sedang kesulitan dengan time management, kamu bisa menyebutkan cara kamu agar dapat mengatur waktu lebih efisien, seperti membuat jadwal harian di Kalender Google atau mengisi to-do list setiap pagi. Tujuannya agar tim HR mengenal kamu lebih dalam lagi. 

 

4. Why do you want to join this company?

Tim HR juga ingin mengetahui alasan kamu ingin bergabung dalam perusahaan. Pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu ya. Apakah karena visi misi perusahaan yang sesuai? Atau karena kamu mencari sosok mentor yang kamu idolakan? Apapun alasan kamu, sampaikan dengan jelas! Jangan lupa untuk melakukan riset tentang deskripsi pekerjaan yang sedang kamu lamar, seperti tugas harian, cross division communication, dan kultur perusahaan. The HR team loves the candidate's initiatives!

 

5. How do you handle stress?

Wah, ternyata pertanyaan interview kerja yang bisa ditanyakan tim HR unik juga lho! Kamu dapat menjelaskan pertanyaan ini dengan contoh pengalaman kamu dalam mengatasi stress. Beberapa orang mungkin dapat mengatasinya dengan pergi ke gym, mengisi jurnal, atau melakukan meditasi tiap hari. Kalau kamu gimana nih, squad? Tentu tim HR ingin kandidat karyawan yang mempunyai penguasaan diri dan manajemen stress yang kuat! Sehingga, bila dihadapkan dengan situasi yang baru dan menantang, kamu dapat mengatasinya dengan baik.

Selain menguasai pertanyaan di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh luput dari perhatian kamu yaitu intonasi penyampaian, gerak-gerik, dan pakaianmu. Gunakan intonasi yang sesuai dengan konteks pembicaraan, mengurangi gerak-gerik yang bisa membuat kamu tambah grogi, dan pakai pakaian yang rapi ya. Topik interview kerja pada umumnya membicarakan seputar pengalaman, pandangan, dan aktivitas kamu. Kamu sendiri lah yang paling mengenal diri kamu, jadi harus percaya diri!

Pastikan kamu datang tepat waktu, dan bila interview kamu dilakukan secara daring, jangan lupa untuk cek koneksi internetmu. Jangan lupa mempersiapkan tisu dan air minum disampingmu untuk berjaga-jaga ketika berkeringat dan haus. Ingat, jawab semua pertanyaan dengan jujur ya. 

Itulah beberapa pertanyaan interview kerja dalam Bahasa Inggris. Nah, untuk membuatmu semakin percaya diri dan dianggap berkompeten, kamu juga harus menguasai bahasa inggris. Jangan sampai, ketika pertanyaan yang diajukan menggunakan bahasa inggris, kamu menjawabnya dengan bahasa Indonesia. Enggak papa sebenarnya, tapi akan lebih baik dan juga menarik, kalau kamu menjawabnya dengan bahasa Inggris.

So, kalau kamu belum pede, jangan khawatir. Karena sekarang belajar bahasa inggris tuh gampang banget, apalagi sama tutor-tutor berpengalaman di English Academy. Salah satu materi yang harus kamu kuasai, adalah conversation skill. Yuk asah kemampuan kamu berbahasa Inggris dengan kursus intensif di English Academy by Ruangguru!

New call-to-action

Profile

Fridericiana Marie Pasasa

Beri Komentar