Future Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh

Future Perfect Continuous Tense: Pengertian dan Rumusnya

Ingin membayangkan dirimu sedang melakukan apa di masa depan? Hmm, pakai future perfect continuous tense bukan ya? Biar nggak menebak-nebak, pahami dulu penjelasan future perfect continuous tense melalui artikel ini, yuk!

--

Welcome back to tenses, guys! Mungkin kamu sudah bosan dengan pernyataan bahwa tenses merupakan basic grammar yang menjadi salah satu modal utama agar seseorang dapat menguasai bahasa Inggris. Soalnya, bagaimana pun, tenses akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, alias dalam speaking atau writing, terlebih jika kamu akan bepergian ke luar negeri atau berbicara dengan warga negara asing.

Seperti biasa, karena susunannya adalah present tense, past tense, kemudian future tense, maka setelah membahas present perfect continuous tense dan past perfect continuous tense, kali ini yang akan kita pelajari adalah future perfect continuous tense. Ternyata, tenses yang membahas masa depan nggak cuma simple future tense saja, hihi. 

Anyway, mungkin tenses yang satu ini menjadi salah satu dari 16 tenses dalam bahasa Inggris yang cukup sulit untuk dipahami. Eits, tapi nggak boleh nyerah dulu. Yuk, kita pelajari bersama-sama terkait future perfect continuous tense, mulai dari pengertian hingga contoh kalimatnya. Semangat ya!

 

Definisi/Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah bentuk kalimat untuk menyatakan aksi, tindakan, atau kejadian yang sedang akan berlangsung hingga suatu titik tertentu di masa mendatang. Dalam hal ini, seseorang akan mengekspresikan suatu tindakan yang sedang terjadi di masa depan, tetapi masih terus berlanjut sampai masa nanti. Tenses ini biasa dikenal juga sebagai future perfect progressive.

Dilansir dari Grammarly, ketika kita menggambarkan suatu tindakan di masa depan, maka kita harus memproyeksikan diri kita ke depan dalam suatu waktu, dan melihat masa lalu sebagai patokan durasi dari aktivitas yang kita ungkapkan. Kegiatan tersebut akan dimulai suatu saat di masa lalu, sekarang, atau di masa depan, dan diperkirakan akan berlanjut di masa depan. 

 

Formula/Rumus dari Future Perfect Continuous Tense

Kalau kamu ingat-ingat lagi, sepertinya ini akan menjadi rumus ke-13 yang kamu pelajari. Big applause! Yah, meskipun harus ada rumus seperti Matematika, mau nggak mau kita harus tetap memahaminya, guys

Yuk, simak bagaimana cara membentuk kalimat future perfect continuous tense dalam tiga pola kalimat berikut ini!

 

Rumus Future Perfect Continuous Tense

 

Notes!

Jangan lupa untuk selalu perhatikan beberapa catatan penting guna menambah knowledge dalam setiap tenses yang sudah dibahas English Academy. Nah, untuk tenses yang satu ini, catatannya adalah:

  • Present participle biasa dikenal juga dengan verb-ing.
  • Kamu juga bisa menggunakan auxiliary verb “shall” untuk menggantikan “will”, tetapi shall biasanya lebih sering digunakan untuk subjek  I dan We.
  • Auxiliary verb "Will" dapat digunakan untuk semua jenis subject.
  • Dalam tenses ini, complement biasanya merupakan objek dan ekspresi waktu, atau biasa kita sebut sebagai time expression.

Kalau bingung sama per-tenses-an duniawi, jangan nyerah dulu ya! Mendingan tanya sama Master Teacher di kelas English Academy by Ruangguru, deh! Kelasnya interaktif, kamu bisa tanya materi apa pun sesuai kebutuhan. Oh ya, sebelum pilih kelas, tes dulu kemampuan bahasa Inggris kamu melalui Placement Test ya. GRATIS dan bersertifikat!

Placement Test English Academy

 

Baca Juga: 5 Cara Memahami Teks Bahasa Inggris dengan Cepat

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Kamu sadar, nggak? Sebetulnya contoh kalimat future perfect continuous tense sudah ada di header artikel ini, lo. Tapi, supaya lebih paham, yuk, simak baik-baik berbagai contoh pada kalimat di bawah ini!

Kalimat Positif Future Perfect Continuous Tense

  • In August, I will have been working as a Digital Marketer for three years.
    (Pada bulan Agustus, saya akan telah bekerja sebagai Digital Marketer selama tiga tahun.)
  • Suryo will have been living in Cairo for three years by next month.
    (Suryo akan telah tinggal di Kairo selama tiga tahun bulan depan.)
  • Sharena will have been practicing pole dance since 10 A.M.
    (Sharena akan telah berlatih pole dance sejak pukul 10 pagi.)

Kalimat Negatif Future Perfect Continuous Tense

  • My mother will not have been teaching in 80 Jakarta Senior High School for a few weeks before he moves to Bali.
    (Ibuku belum sempat mengajar di SMA 80 Jakarta selama beberapa minggu sebelum dia pindah ke Bali.)
  • Diana will not have been living in here  for five years by next month.
    (Diana belum mencapai lima tahun tinggal di sini pada bulan depan.)
  • Saski will not have been studying Korean for a month before she moves to Korea.
    (Saski belum sempat/belum mencapai belajar bahasa Korea selama sebulan sebelum dia pindah ke Korea.)

Kalimat Interogatif/Kalimat Tanya Future Perfect Continuous Tense

  • Will you have been working for two hours when I arrive?
    (Apakah Anda sudah bekerja selama dua jam ketika saya tiba?)
  • Will Saski have been cooking spaghetti for one hour by the end of the day?
    (Akankah Saski telah memasak spageti selama satu jam di penghujung hari?)
  • When I come at 8:00, will you have been reading long?
    (Ketika saya datang jam 8:00, apakah kamu sudah lama membaca?)

Setelah melihat contoh yang ada di atas, kamu sudah bisa membayangkan belum, apa bedanya tenses ini dengan future tense lainnya? We hope so, ya!

 

Perbedaan Future Perfect Continuous Tense dengan Future Perfect Tense 

Kalau kamu bertanya-tanya, apa, sih, yang membedakan antara future perfect continuous tense dengan future perfect tense? Actually, hampir mirip, guys. Perbedaanya adalah, future perfect tense digunakan untuk memprediksi atau menyatakan suatu kejadian yang akan selesai di masa depan, kalau future perfect continuous tense menceritakan tindakan atau keadaan yang lebih panjang dan masih akan berlangsung hingga beberapa peristiwa atau waktu tertentu di masa depan. 

Intinya, kalau future perfect, tindakannya itu sudah selesai. Sementara itu, kalau future perfect continuous tense, tindakannya masih berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Gimana, understood? Hehe.

 

Time Expression dalam Future Perfect Continuous Tense

Sebetulnya kalau untuk ekspresi waktu nggak jauh beda dengan beberapa tenses yang sudah kita bahas sebelumnya. Nah, karena dalam tenses ini ada “titik waktu tertentu”, maka time expression-nya adalah sebagai berikut:

Keterangan Waktu

Artinya

When

Ketika

Since

Sejak

Before

Sebelum

For

Selama

 

Kata Kerja yang Digunakan dalam Future Perfect Continuous Tense

Seperti yang sudah sering kita pelajari, setiap tenses memiliki ciri khas terkait verb atau kata kerja yang berlaku. Dalam future perfect continuous tense, kamu perlu hati-hati, nih. Soalnya, verb yang dapat digunakan hanyalah action verb, jadi jangan sampai menggunakan non-action verbs seperti to be, to see, atau to know.

Lagi-lagi, kalau kamu lupa apa saja verb  dalam bahasa Inggris, saatnya untuk kembali mengingat pembahasannya di artikel 11 Tipe Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb) Beserta Contohnya ya!

 

Fungsi Future Perfect Continuous Tense dan Contoh Kalimat

Kalau kamu sudah membaca keseluruhan penjelasan di atas, tentu kamu dapat memahami dengan mudah terkait fungsi dari tenses yang satu ini, yaitu menyatakan suatu peristiwa yang akan terjadi dan berlangsung selama beberapa waktu tertentu di masa yang akan datang.

Contoh kalimat:

  • I will have been living in Jakarta for one year by next year.
    (Saya akan telah tinggal di Jakarta selama satu tahun pada tahun depan.)
  • Azka will have been visiting his brother for a week by the end of this year.
    (Azka akan telah mengunjungi saudaranya selama seminggu pada akhir tahun ini.)

Nicely done, guys! Semoga kamu dapat memahami penjelasan future perfect continuous tense di atas dengan mudah ya. Terima kasih sudah membuat satu progress baru di hari ini. Yakin deh, kalau kamu rajin berlatih membuat contoh-contoh kalimat tenses, pasti lama-lama 16 tenses bahasa Inggris bisa kamu taklukan, kok.

Oh ya, jangan lupa praktik dalam percakapan sehari-hari ya! Biar semakin mantap, kamu juga bisa tanya segala tentang tenses dan perdalam kemampuan bahasa Inggris di English Academy menggunakan kurikulum Cambridge berkompetensi internasional. Tenang-tenang, kalau belum yakin, kamu bisa ikut dulu Live Teaching-nya bersama Master Teacher untuk mendapat gambaran saat proses belajar berlangsung. Klik gambar di bawah dan pilih jadwal sesukamu. Kita tunggu di kelas, okay? See you!

 

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

 

Referensi:

Grammarly Blog. Future Perfect Continuous Tense. Online. Available at https://www.grammarly.com/blog/future-perfect-continuous-tense/. [Accessed 15 April 2022]

English Club. Future Perfect Continuous. Online. Available at https://www.englishclub.com/grammar/verb-tenses_future-perfect-continuous.htm. [Accessed 15 April 2022]

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.