7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

Clara Pricilla Adiputra Sep 27, 2021 • 9 min read


EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-01

Artikel ini membahas tentang 7 cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

--

Duh, belajar bahasa Inggris dari textbook tuh berat banget. Nggak ada apa cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris?” Wah, itu dia pertanyaan yang aku tunggu-tunggu. 

Biasanya, orang-orang berpikir bahwa textbook adalah satu-satunya sumber belajar bahasa Inggris. Padahal, satu hal yang tidak mereka ketahui adalah bahwa sebenarnya ada banyak  cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Yes, mereka tuh sebenarnya bisa melakukan aktivitas yang mereka sukai dan tetap memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris, loh. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan cara-cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, yuk, simak artikel ini sampai akhir!

 

1. Gemar Membaca? Yuk, Biasakan Dirimu Membaca Buku Berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang satu ini cocok banget untuk diterapkan oleh kamu yang gemar membaca. However, if you really want to learn the English language, you might want to step up your game. Pertama, kamu bisa memulai dengan membeli buku berbahasa Inggris. Yup, aku mengajak kamu untuk keluar dari kenyamanan membaca buku berbahasa Indonesia. 

Kedua, ketahuilah bahwa cara terbaik mempelajari bahasa Inggris adalah dengan mencari tahu arti dari kosakata baru dan kalimat yang tidak kamu pahami. Melakukan demikian akan memperkaya pengetahuan kamu tentang berbagai kosakata dan kalimat dalam bahasa Inggris, mulai dari yang sangat sederhana hingga yang sangat kompleks. 

Hm, aku tau kalau untuk memahami isi dari buku berbahasa Inggris, usaha yang lebih besar dibutuhkan. Tetapi, ingatlah satu hal ini: a comfort zone is a beautiful place, but nothing ever grows there. Oh ya, jika kamu bukan penggemar berat novel, kamu juga bisa loh belajar bahasa Inggris dari komik atau webtoon. Tentunya, komik atau webtoon berbahasa Inggris, ya! The key is to not only read it, but to learn from it.

 

2. Menonton Film atau Sitkom Berbahasa Inggris

Membaca buku malah membuat kamu ngantuk? Tenang, aku tau satu kegiatan yang dijamin nggak bakal bikin kamu ngantuk. Kamu bisa menonton film atau sitkom berbahasa Inggris. Ini adalah alternatif yang tepat untuk kamu yang tidak suka membaca tetapi tetap ingin mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Tetapi, untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang satu ini, kamu harus menyimak dengan seksama percakapan yang ada di dalam film atau sitkom pilihan kamu

Bukan hanya sekedar duduk manis, kamu harus mencoba untuk mencari tahu arti dari kalimat percakapan yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Tetapi, gimana kalau aksen berbicara pemain film atau sitkom sulit untuk diterima dengan baik oleh telinga kamu? Ya, kalau itu sih kamu nggak perlu khawatir karena karena di dunia ini ada yang namanya subtitle bahasa Inggris, keleus! You just have to make use of it. Dan untuk yang suka tantangan, kenapa tidak mencoba menonton film tersebut tanpa subtitle?

One more thing, cobalah untuk memperhatikan bagaimana pemain film atau sitkom pilihan kamu mengucapkan suatu kosakata dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk meniru cara mereka mengucapkan suatu kosakata dalam bahasa Inggris. If theres one thing that Im sure of, melakukan hal ini akan meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kamu. Nah, untuk kamu yang masih belum tau film atau sitkom apa yang tepat untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu, simak gambar di bawah ini, ya!

EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-02

 

3. Ajak Teman Kamu Bermain Scrabble

Scrabble adalah permainan yang melibatkan dua sampai empat orang bersaing dalam membentuk kata-kata dalam bahasa Inggris dengan kotak-kotak kecil berhuruf pada papan permainan. Nah, bermain scrabble merupakan cara yang menyenangkan sekaligus efektif untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris kamu. Yup, dalam permainan yang satu ini, kamu akan merasa tertantang untuk membentuk sejumlah kata dalam bahasa Inggris dengan rangkaian huruf yang kamu miliki. 

Friendly reminder, setiap huruf yang tidak kamu gunakan memiliki nilainya, loh. Artinya, semakin banyak huruf yang tidak kamu gunakan, semakin kecil pula probabilitas kamu untuk menjadi pemenang. So, tunggu apa lagi? Yuk, ajak teman sekelas kamu untuk bermain scrabble. By the way, ketahuilah bahwa pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sekalipun, kamu masih bisa bermain scrabble secara online dengan teman sekelas kamu melalui game bernama Words With Friends.

Baca juga: 8 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan Beserta Artinya

 

4. Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris dan Nyanyikan

Hey, sobat pecinta musik mana suaranya, nih? Untuk kamu pecinta musik, pernah nggak sih terlintas di pikiranmu bahwa sebuah lagu bisa menjadi sumber belajar bahasa Inggris? Long short story, aku adalah penggemar musik KPop dan seperti yang kamu ketahui, memahami makna dari lirik lagu dalam bahasa Korea bukanlah hal yang mudah. Namun, kecintaanku terhadap lagu KPop mendorongku untuk mengeksplorasi arti dari lirik dalam bahasa Korea yang terkandung dalam lagu kesukaanku. Alhasil, aku menjadi tau arti dari kalimat dalam bahasa Korea yang berwujud lirik lagu itu. 

Nah, sama halnya dengan belajar bahasa Inggris melalui lagu, guys! Kecintaan kamu terhadap lagu Barat bisa berubah menjadi sebuah dorongan untuk mengeksplorasi arti dari lirik dalam bahasa Inggris yang mungkin tidak kamu pahami. In this case, curiosity is the key. Oh ya, usahakan untuk tidak berhenti di mendengarkan tetapi cobalah untuk menyanyikan apa yang kamu dengarkan dengan lantang. Trust me, doing this will definitely improve your pronunciation. Malu untuk menyanyi di depan banyak orang? Sing it in the shower then! Remember, excuses are for losers.

EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-03

 

5. Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Calls to all podcast lovers.! Mulai dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris bisa menjadi cara yang fantastis untuk belajar bahasa Inggris, loh. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mencoba untuk fokus mendengarkan podcast bahasa Inggris kesukaan kamu. Perhaps, you can try to find a place that is conducive enough for you to listen to your favorite podcast. Mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris dengan konsentrasi penuh, listening skills kamu akan meningkat dengan pesat.

Bukannya tanpa alasan, mendengarkan podcast mendorong otakmu untuk bekerja keras menyerap informasi yang telingamu dengar. Oleh karena itu, tidak heran kan apabila mereka yang rajin mendengarkan podcast berbahasa Inggris cenderung memperoleh skor listening yang tinggi? Truly, they deserved it!

 

6. Bergabung dengan Klub Debat

Kamu anaknya vocal banget? Hm, sudah mencoba untuk bergabung dengan klub debat di institusi pendidikan kamu belum? Kalau belum, I really think that you should give it a try. Eits, bukan sembarang klub debat, loh. Kali ini, aku mendorong kamu untuk bergabung dengan klub debat yang siap memberikan kamu pelatihan untuk berpartisipasi dalam kompetisi debat berbahasa Inggris. 

Wait, why exactly should I do it? Okay, heres the answer. Pertama, bergabung dengan klub debat memberikan kamu kesempatan untuk belajar cara memperjuangkan pendapat kamu dalam bahasa Inggris. Artinya, kamu dapat mengetahui kalimat atau kosakata bahasa Inggris seperti apa yang tepat untuk digunakan dalam suatu kompetisi debat. 

Kedua, bergabung dengan klub debat memberikanmu kepercayaan diri untuk menyuarakan pendapatmu mengenai isu-isu yang menarik perhatian kamu. Ya, tentunya dalam bahasa Inggris, dong. Last but not least, bergabung dengan klub debat dan aktif berpartisipasi dalam kompetisi debat berbahasa Inggris merupakan cara yang fantastis untuk meningkatkan speaking skills kamu. So, aku tunggu prestasimu dalam kompetisi debat berbahasa Inggris, ya!

EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-04

 

7. Carilah Kesempatan untuk Berkomunikasi dengan Native Speaker

Wah, kalau cara belajar bahasa Inggris yang satu ini sih sudah pasti nggak ada tandingannya. Yup, berkomunikasi dengan penutur asli, atau istilah kerennya native speaker. Hm, kamu pasti sekarang memikirkan cara untuk berkomunikasi dengan native speaker, kan? Tenang, aku sudah menyiapkan jawabannya untuk kamu. 

Nah, caranya adalah dengan pergi berwisata ke tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang asing atau yang akrab dipanggil bule. Eits, nggak usah jauh-jauh, pergi berwisata ke Bali saja dijamin akan mempertemukan kamu dengan banyak sekali bule. Tetapi, jika kamu mempunyai budget atau anggaran yang lebih, kamu bisa pergi berwisata ke negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, seperti Amerika Serikat dan Inggris

Sejujurnya, kemana kamu pergi bukanlah hal yang terpenting, tetapi kepercayaan dirimu. Dalam hal ini, kamu harus melepas ketakutan yang ada di dalam diri dan mencoba untuk berkomunikasi dan berbicara bahasa Inggris dengan penuh percaya diri. Remember, the key is to just do it, make some mistakes, I promise that you can always learn from it.

Akhirnya, itulah 7 cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Yup, ketujuh cara di atas adalah bukti bahwa kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui aktivitas yang kamu sukai. Dalam hal ini, kunci belajar bahasa Inggris adalah memanfaatkan setiap momen yang ada untuk belajar dan berkembang. 

Nah, kamu yang ingin memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris bisa mencoba untuk mengkombinasikan metode belajar non-formal dan metode belajar formal. Untuk metode belajar formal, aku menyarankan kamu untuk bergabung dengan kelas English Academy. Hm, kenapa harus English Academy? Jawabannya adalah karena English Academy akan mempertemukan kamu dengan guru berpengalaman yang mengajar dengan bersandar pada kurikulum internasional. What are you waiting for? Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

Sumber:

FluentU English. n.d. 10 Best Modern American Sitcoms to Learn English. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/english/learn-english-american-sitcoms/ [Accessed 23 September 2021].

The English Studio. 2019. Best films for learning English. [online] Available at: https://englishstudio.com/blog/best-films-learning-english/ [Accessed 23 September 2021].

Dawdy, J., n.d. 17 Fun and Easy Ways to Learn English for ESL Learners. [online] FluentU English. Available at: https://www.fluentu.com/blog/english/fun-easy-ways-to-learn-english-esl/ [Accessed 23 September 2021].

ESL Debates. 2015. Idioms for Debating and How to Use Them. [online] Available at: https://esldebates.com/idioms-for-debating-and-how-to-use-them/ [Accessed 23 September 2021].

Zazulak, S., 2016. 6 easy ways to learn English. [online] Pearson. Available at: https://www.english.com/blog/easy-ways-to-learn-english/ [Accessed 23 September 2021].

New call-to-action

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar