Puisi Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya

Puisi bahasa inggrisSalah satu cara untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan mempelajari kesusastraannya, yaitu karya puisi. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis puisi bahasa Inggris, beserta contoh dan terjemahannya. Yuk simak artikel ini!

- -

Salah satu karya tulis kesusastraan yang terkenal dan sering membuat kita terikat dengan penulisannya adalah puisi. Puisi dapat menjadi suatu bacaan yang menggugah perasaan kita. Sometimes when you feel alone and sad, reading a poetry could make your day mor relieving.

Kok bisa ya? Itu karena puisi atau poetry is a type of litterature that sends you thoughts, tells you stories, and shares you feelings, melalui kata-kata yang tersusun dan mengikuti aturan penulisan tersendiri. Jadi nggak aneh ketika membaca puisi bisa ngebuat kita tenang, karena kita bisa merasa relate dengan apa yang ada di puisi tersebut.

But do you know that poetry is good for the soul? Banyak dari kita mungkin mengira puisi sebagai bagian dari karya sastra yang fungsinya cukup menghibur saja, atau bahkan mendapatkan stereotipe hanya kalangan orang cendekiawan yang membacanya. Padahal puisi tersendiri dibuat untuk berbagai kalangan. Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa puisi penting untuk kita, yaitu sebagai berikut.

 

Puisi bahasa inggris



1. Good for learning development

Sebagaimana yang kita ketahui, kemampuan anak kecil berbicara dan membaca masih dalam tahap perkembangan. Nah, salah satu cara mengajar anak membaca dan berbicara adalah memberikan bacaan yang memiliki rima. Sehingga anak dapat mengenal berbagai kata yang memiliki bunyi serupa dan memudahkan mereka untuk mengucapkan kata-kata yang memiliki bunyi huruf yang serupa.

Selain buku anak, puisi adalah salah satu bentuk bacaan yang memiliki rima. Bahkan puisi mengajarkan seni ekspresi yang kreatif, yang merupakan salah satu kemampuan penting yang anak kecil butuhkan.

Baca Juga: Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak

 

2. Good for skills development

Tidak hanya kemampuan menulis dan berbicara, kemampuan mengolah informasi dan kemampuan berpikir. Ini karena dalam puisi biasanya mencerminkan kejadian di sekitar. Apapun yang ada di sekitarmu bisa kamu jadikan inspirasi. Misalnya kamu menyaksikan kejadian rasis, kemudian apa yang kamu saksikan bisa kamu ubah dalam dengan ke dalam rangkaian kata-kata sehingga menjadikannya sebuah tulisan yang indah dan menyentuh hati.

Atau mungkin kamu sedang mengalami patah hati dan rasa sakit yang mendalam. Kamu merasa membutuhkan waktu yang lama untuk bisa merasa baik kembali. Dari sini kamu bisa merangkai kata-kata sedih menjadi utaian kata yang dalam dan indah. 

 

3. Can be a therapeutic method for the writer

Tidak jarang kita mengalami hal buruk yang dapat membuat hati dan pikiran tidak tenang. Tentunya perasaan dan pikiran kita ini tidak baik jika kita pendam. Tapi kita masih enggan untuk menceritakannya kepada seseorang. Dengan membuat puisi, kita dapat mencoba mengerti dan mengomunasikan perasaan dan pikiran, sehingga tidak lagi terpendam.

Misalnya saat kamu ditinggal oleh seorang anggota keluarga. Karena sedang berkabung, bagi kamu hal ini sangat sulit untuk diceritakan kepada seseorang. Tapi, kamu dapat menuliskan perasaanmu ke dalam bentuk puisi. Dengan begini kamu membuat puisi untuk menyampaikan perasaan dukamu.

 

4. Can be a therapeutic method for the reader

Ketika mengalami hal buruk, tidak jarang kita dapat merasa sendirian dan terkucilkan. Sangat sulit untuk membuka hati agar beban yang terasa dapat menjadi ringan. Tapi tahukah kamu dengan membaca puisi dapat membantu bebanmu walaupun sedikit? Meskipun puisi itu dalam bentuk puisi singkat tentang hati yang terluka atau puisi cinta romantis, ternyata banyak sekali puisi dibuat berdasarkan curahan hati seseorang. Dengan membacanya, kita dapat merasa tidak lagi sendirian, bahwa ada orang lain yang merasakannya dan bisa melaluinya. Puisi dapat menjadi bacaan yang cocok untuk kita yang sedang merasa tidak baik-baik saja.

 

5. Helps you understand the meaning of words themselves

Sebagaimana yang kita ketahui, puisi memiliki aturan penulisan. Ini mengindikasikan setiap kata di dalamnya memiliki peran. Jika dalam satu bait penulis membuat pengulangan kata, maka penulis memiliki tujuan sendiri mengapa ada repetisi. Sehingga setiap kata di dalam puisi dapat memiliki makna tersendiri baik untuk puisi itu atau bagi penulisnya. Hal ini dapat membuatmu lebih peka terhadap makna-makna kata.

 

6. Helps you improve ideas

Mungkin ketika kamu sedang diberi tugas menulis kamu bingung ingin menulis tentang apa. Dengan membaca puisi dapat membantu kamu membuka pikiran dan menjadi kreatif. Pasalnya, puisi memiliki banyak tema, mulai dari perasaan, benda mati, situasi dan lain-lain. Ide tersebut dikembangkan menjadi rangkaian tulisan yang indah dan menarik.

Ada banyak puisi di luar sana yang mengambil tema-tema sederhana dengan tujuan yang sederhana juga. Misalnya sekadar untuk mengucapkan selamat pagi, pagi yang cerah, selamat tinggal, selamat malam, cinta dari seseorang kepada hewan peliharannya dan lain-lain.

Mungkin kamu juga sudah mengenal beberapa tema puisi yang sudah sering digunakan, seperti misalnya kasih sayang, berterima kasih kepada guru, tentang ayah,  cinta yang mendalam, hari yang buruk, dan lain-lain.

 

7. Helps you understand people

Salah satu hal yang paling sering terjadi dalam komunikasi adalah miskomunikasi dan kesalahpahaman. Hal ini bisa terjadi karena kita tidak terlalu memahami perkataan orang lain. Salah satu cara untuk bisa membuat kita lebih peka adalah dengan membaca puisi. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, penulis menumpahkan perasaan mereka ke dalam puisi, sehingga dengan membacanya akan membuat kita mencoba memahami apa yang ingin penulis sampaikan. Dengan demikian kamu akan meningkatkan kemampuan berempati.

Misalnya ketika kamu melihat ada seorang teman yang merasa sedih berpisah dengan sahabatnya, karena menurutnya persahabatan adalah hadiah yang tak ternilai. Sebagai seorang teman yang baik dan berempati, kamu dapat ikut merasa sedih.

 

8. Helps you understand yourself

Tidak hanya membuat kita membantu memahami orang lain, puisi juga membantu kita untuk memahami diri sendiri. Misalnya kamu sedang merasa sedih atau bimbang dalam hidup, dan bingung harus melakukan apa agar dapat merasa lebih baik. Atau bisa jadi kamu sendiri bingung dengan apa yang sedang kamu rasakan. Dengan membuat puisi, kamu akan mendalami apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan, yang akan dituangkan ke dalam tulisan. Dengan demikian, kamu akan memahami apa yang sebenarnya terjadi pada dirimu sendiri. Dengan memahami diri sendiri melalui puisi ini dapat membuat kita tidak hanya akan mencintai seseorang dengan cara yang terbaik tetapi juga mencintai diri sendiri dengan cara yang tidak hanya tepat, tetapi juga tulus.

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa pentingnya puisi dalam kehidupan kita. Selain dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir, puisi juga dapat membantu kita memahami orang lain dan diri sendiri. Selanjutnya kita akan mempelajari tentang jenis-jenis puisi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Blank Verse

Syair kosong ditulis dengan aturan khusus dan tidak memiliki rima. Biasanya setiap baris memiliki berpasang-pasang dua suku kata, dengan penekanan di suku kata kedua. Syair kosong ini mulai terkenal di era abad ke-16.

 

2. Rhymed Poetry

Kebalikan dengan syair kosong, puisi berima memiliki bunyi vokal yang berima di dalamnya. Meskipun banyak jenis puisi yang memiliki rima, tidak semua puisi demikian. Contohnya seperti syair kosong dan syair bebas. 

 

3. Free verse

Syair bebas tidak memiliki aturan tertentu. Bahkan di dalamnya tidak terikat oleh rima atau suku kata, atau juga bentuk musikalisasi. Jenis puisi ini mulai terkenal sejak abad ke-19.

 

4. Epic

Puisi epik adalah karya puisi yang panjang dan bernarasi. Puisi ini biasanya menceritakan tentang petualangan tokoh terkenal di masa lalu. Kata ‘epik’ berasal dari istilah Yunani kuno ‘epos’ yang berarti ‘cerita, kata, puisi.’

 

5. Narrative poetry

Puisi naratif mirip seperti epik. Puisi ini menceritakan sebuah kisah melalui syair. Seperti layaknya novel dan cerita pendek, puisi naratif memiliki alur cerita atau plot, karakter dan juga latar. Menggunakan teknik-teknik puisi seperti rima, puisi naratif merepresentasikan berbagai macam kejadian, dan biasanya terdapat aksi juga dialog.

 

6. Haiku

Haiku adalah puisi 3 baris yang berasal dari Jepang, yang memiliki aturan tersendiri. Baris pertama dari haiku terdapat 5 suku kata, baris kedua terdapat 7 suku kata, dan baris ketiga haiku memiliki 5 suku kata.

 

7. Pastoral poetry

Puisi pastoral adalah salah satu jenis puisi yang menyangkut dengan alam sekitar, kehidupan pedesaan dan pemandangan. Puisi pastoral ini telah berkembang dari era Yunani Kuno, ke era Romawi Kuno, sampai era sekarang. Ciri utama dari puisi pastoral adalah mengeksplorasi fantasi menarik diri dari kehidupan modern untuk hidup di lingkungan pedesaan yang indah.

 

Dalam puisi-puisi bahasa Inggris, ada banyak kata-kata yang jarang kamu ketahui. Tentunya hal ini akan menguntungkan buatmu karena pengetahuan bahasa Inggrismu akan berkembang. Tapi penasaran nggak sih sudah sejauh mana? Daripada bingung, yuk tes kemampuan bahasa Inggris kamu di sini. Gratis dan dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

8. Sonnet

Soneta adalah puisi yang berisi 14 baris, biasanya bertemakan tentang cinta. Di dalamnya terdapat sajak internal yang memiliki gaya penulisan khusus. Gaya penulisan tersebut dibagi dua, yaitu Gaya Shakespeare dan Gaya Petrarchan.

 

9. Elegies

Elegi adalah salah satu jenis puisi yang membahas tentang kematian, tentang kehilangan atau tentang perpisahan. Secara tradisional, elegi mengandung tema berkabung, kehilangan dan refleksi terhadap sesuatu. Tapi juga bisa mengeksplorasi tentang tema penebusan kesalahan.

 

10. Ode

Serupa dengan elegi, ode merupakan karya persembahan kepada suatu kejadian, sebuah ide, atau seseorang. Namun bukan seseorang yang telah meninggal. Ode biasanya berbentuk puisi pendek.

 

11. Limerick

Limerick adalah puisi satu bait yang di dalamnya terdapat 5 baris dengan rima AABBA. Biasanya sering menjadi salah satu cara untuk mengajar anak-anak membaca atau berbicara.

 

12. Lyric poetry

Puisi lirik adalah ekspresi puisi pendek yang emosional, serupa dengan lagu dan dinarasikan dalam sudut pandang pertama. Berbeda dengan puisi naratif yang menceritakan kisah, puisi lirik mengeksplorasi emosi dari penulisnya.

 

13. Ballad

Balada adalah bentuk naratif yang dapat berupa puisi atau musik, tapi tidak semua balada. Meskipun banyak balada memiliki karakteristik bercerita, tapi hal itu bukanlah sebuah karakteristik wajib. Banyak juga balada berbentuk musik yang lambat dan menggugah emosi. 

 

14. Soliloquy

Soliloquy adalah monolog dari seorang karakter yang berbicara kepada dirinya, yang mengekspresikan pikirannya yang mungkin orang lain tidak tahu. Meskipun sebenarnya soliloquy bukan puisi, tapi seringkali dapat berbentuk puisi. Terdapat juga soliloquy yang berbentuk prosa.

 

15. Villanelle

Villanelle adalah puisi 19 yang terdiri dari 5 tercet (bait dengan 3 baris) dan satu kuatrain (bait dengan 4 baris), dengan rima yang spesifik. Tema yang dibahas dalam jenis puisi ini berupa penggambaran tentang sebuah obsesi atau subjek intens.

Berikut adalah contoh puisi dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya

 

Still I Rise - Maya Angelou

You may write me down in history

With your bitter, twisted lies,

You may trod me in the very dirt

But still, like dust, I’ll rise.

 

Does my sassiness upset you?

Why are you beset with gloom?

’Cause I walk like I’ve got oil wells

Pumping in my living room.

 

Just like moons and like suns,

With the certainty of tides,

Just like hopes springing high,

Still I’ll rise.

 

Did you want to see me broken?

Bowed head and lowered eyes?

Shoulders falling down like teardrops,

Weakened by my soulful cries?

 

Does my haughtiness offend you?

Don’t you take it awful hard

’Cause I laugh like I’ve got gold mines

Diggin’ in my own backyard.

 

You may shoot me with your words,

You may cut me with your eyes,

You may kill me with your hatefulness,

But still, like air, I’ll rise.

 

Does my sexiness upset you?

Does it come as a surprise

That I dance like I’ve got diamonds

At the meeting of my thighs?

 

Out of the huts of history’s shame

I rise

Up from a past that’s rooted in pain

I rise

I’m a black ocean, leaping and wide,

Welling and swelling I bear in the tide.

 

Leaving behind nights of terror and fear

I rise

Into a daybreak that’s wondrously clear

I rise

Bringing the gifts that my ancestors gave,

I am the dream and the hope of the slave.

I rise

I rise

I rise.

 

Terjemahan

Aku Tetap Bangkit - Maya Angelou

Kau dapat menuliskanku dalam sejarah

Dengan kebohonganmu yang pahit dan terpelintir,

Kau mungkin menginjakku di tanah yang sangat kotor

Tapi tetap saja, seperti debu, aku akan bangkit.

 

Apakah kelancanganku membuatmu kesal?

Mengapa Kau dilanda kesuraman?

Karena aku berjalan seperti aku punya sumur minyak

Memompa di ruang tamuku.

 

Sama seperti bulan dan seperti matahari,

Dengan kepastian pasang surut,

Sama seperti harapan yang melonjak tinggi,

Tetap saja aku akan bangkit.

 

Apakah Kau ingin melihatku hancur?

Kepala dan mata tertunduk?

Bahu jatuh seperti tetesan air mata,

Dilemahkan oleh tangisanku yang penuh perasaan?

 

Apakah keangkuhanku menyinggungmu?

Tidakkah Kau menerimanya sangat sulit

Karena aku tertawa seperti aku punya tambang emas

Menggali di halaman belakang rumahku sendiri.

 

Kau dapat menembakku dengan kata-katamu,

Kau dapat memotongku dengan matamu,

Kau dapat membunuhku dengan kebencianmu,

Tapi tetap saja, seperti udara, aku akan bangkit.

 

Apakah keseksianku membuatmu kesal?

Apakah itu mengejutkan?

Bahwa aku menari seperti aku punya berlian

Pada pertemuan pahaku?

 

Keluar dari gubuk rasa malu sejarah

Aku bangkit

Bangkit dari masa lalu yang berakar pada rasa sakit

Aku bangkit

Aku lautan hitam, melompat dan melebar,

Mengalir dan membengkak aku bertahan dalam air pasang.

 

Meninggalkan malam yang mengerikan dan menakutkan

Aku bangkit

Menuju fajar yang sangat cerah

Aku bangkit

Membawa hadiah yang diberikan nenek moyangku,

Aku adalah mimpi dan harapan budak.

Aku bangkit

Aku bangkit

Aku bangkit.

 

How Do I Love You - Mary Oliver

How do I love you?

Oh, this way and that way.

Oh, happily. Perhaps

I may elaborate by

demonstration? Like

this, and

like this and

no more words now

 

Terjemahan

Bagaimana Cara Aku Mencintaimu - Mary Oliver

Oh, seperti ini dan seperti itu.

Oh, dengan perasaan bahagia. Mungkin

Dapat kuuraikan dengan demonstrasi? Seperti

ini, dan seperti ini, dan

tanpa kata-kata lagi sekarang.

 

I Never Knew - Joanna Fuchs

I never knew about happiness;

I didn’t think dreams came true;

I couldn’t really believe in love,

Until I finally met you.

 

Terjemahan

Aku Tidak Pernah Tahu - Joanna Fuchs

Aku tidak pernah tahu tentang kebahagiaan;

Aku tidak pernah berpikir mimpi akan terkabul;

Aku tidak benar-benar percaya akan cinta,

Sampai aku akhirnya bertemu denganmu.

 

The Pain - Laura Kasischke

Like the human brain, which organizes

The swirls and shades of the bathroom tiles

Into faces, faces

With expressions

Of exhaustion, of disdain. The

Virgin Mary in the toast of course

But also the penance in the pain, and the way

My mother invented

Plums and tissue paper, while

My father invented the type of

Sudden kindness

That takes you by surprise

When you’ve expected to be chastised

And makes you cry

 

Terjemahan

Rasa Sakit - Laura Kasischke

Seperti otak manusia, yang mengatur

Pusaran dan nuansa ubin kamar mandi

Ke wajah, wajah

Dengan ekspresi

Kelelahan, penghinaan.

Sang Perawan Maria dalam roti bakar tentu saja

Tapi juga penebusan dosa dalam rasa sakit,

dan bagaimana Ibuku menemukan

Plum dan kertas tisu,

sementara Ayahku menemukan jenis

Kebaikan yang tiba-tiba yang mengejutkanmu

Ketika Kau diharapkan untuk dihukum

Dan membuatmu menangis

 

Demikianlah puisi dalam bahasa Inggris yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Tidak hanya kamu belajar tentang jenis-jenis puisi, dan mengetahui mengapa puisi itu penting, kamu juga dapat belajar tentang kosakata bahasa Inggris yang beragam di dalamnya, karena dalam puisi terdapat kata-kata bahasa Inggris yang jarang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kamu masih penasaran dengan puisi bahasa Inggris, kamu bisa bergabung dengan English Academy. Di sana kamu akan belajar bahasa Inggris dengan Master Teacher seorang Native Speaker, dan belajar dengan kurikulum cambridge. Yuk gabung sekarang juga!


New call-to-action

Referensi:

 

Barkley, KM. 2016. (online at) https://www.writersdigest.com/whats-new/8-reasons-why-poetry-is-good-for-the-soul [15 June 2022]

 

Masterclass Staff. 2021. (online at) https://www.masterclass.com/articles/poetry-101-learn-about-poetry-different-types-of-poems-and-poetic-devices-with-examples#what-is-poetry [15 June 2022]



Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.