Puisi Bahasa Inggris (Poetry) Beserta Contohnya

Puisi bahasa inggris

Salah satu cara untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan mempelajari kesusastraannya, yaitu karya puisi. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis puisi bahasa Inggris, beserta contoh dan terjemahannya. Yuk simak artikel ini!

 

Jika kamu rajin memerhatikan pelajaran bahasa di sekolah, pasti kamu tahu kalau ada karya sastra yang bernama puisi. Yap, tentu puisi berbeda dengan berbagai cerita bahasa Inggris yang sudah kita pelajari sebelumnya seperti narrative text dan cerita fabel.

Puisi umumnya dipelajari bersamaan dengan dengan sajak, pantun, dan juga prosa. Biasanya, orang yang menyukai puisi kerap disebut sebagai seseorang yang puitis dan romantis, plus mereka gemar merangkai kata-kata menjadi sebuah karya yang indah.

Nah, tak hanya dalam bahasa Indonesia, puisi juga dipelajari dalam bahasa Inggris, guys. Bagaimana contoh puisi bahasa Inggris? Yuk, cari tahu bareng English Academy!

 

Apa Itu Puisi?

Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra yang biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang indah, ritmis, dan kaya akan makna. Contoh puisi paling terkenal adalah  Krawang – Bekasi karya Chairil Anwar yang saat ini banyak kita temukan dalam buku pelajaran sekolah.

Perlu diketahui bahwa Chairil Anwar adalah Bapak Puisi Indonesia, beliau merupakan sosok pelopor modernisme karya sastra di Indonesia yang lahir pada 26 Juli 1922 di Medan, Sumatera Utara dan meninggal 28 April 1949.

Nama penulis puisi disebut dengan penyair, sedangkan untuk pembaca puisi biasa diberi julukan sebagai deklamator.

 

Puisi dalam Bahasa Inggris

Apa bahasa Inggrisnya sebuah puisi? Puisi bahasa Inggrisnya poetry. Salah satu puisi bahasa Inggris yang  populer adalah Daffodils karya dari William Wordsworth.

Tak hanya bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris, ada tokoh bernama Caedmon yang dianggap Bapak puisi Inggris Kuno, loh.

Other than that, cukup banyak penyair mendunia yang karyanya masih dikenang sampai saat ini, contohnya seperti William Shakespeare, Edgar Allan Poe, dan Oscar Wilde.

Oh ya, penulis puisi bahasa Inggrisnya poet, lalu untuk pembaca puisi bahasa Inggris cukup disebut sebagai poetry readerSimple, kan?

 

Sebelum lanjut, ada hadiah nih buat kamu biar belajarnya makin semangat! Yap, kamu bisa cek sejauh mana kemampuan bahasa Inggris-mu lewat Placement Test! Gratis dan Bersertifikat! Tunggu apalagi? Cobain sekarang!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Dari Mana Asal Usul Puisi?

Di mana puisi ditemukan? Menurut berbagai sumber, puisi ditemukan pertama kali oleh Bangsa Sumeria di Mesopotamia (yang saat ini menjadi Irak) pada abad ke-3 sebelum Masehi, alias tahun 3000 Sebelum Masehi.

Epos Gilgames yang ditulis dalam tablet tanah liat dan papyrus merupakan puisi tertua yang tercatat oleh sejarah. Selain itu, ditemukan juga puisi kuno  di Yunani Epos Illiand dan Odyssey.

Bahkan, di Eropa puisi sudah ada sejak zaman Yunani kuno dan Romawi, seperti puisi klasik Homeros dan Ovidius.

Kesimpulannya, puisi merupakan bentuk ekspresi tertua yang digunakan manusia untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, pengalaman, dan imajinasi mereka.

Baca Juga: 17 Cerita Rakyat Bahasa Inggris, Dari Sangkuriang Sampai Timun Mas!

 

Gaya Bahasa dalam Puisi

Gaya penulisan puisi cukup berbeda dengan karya sastra lainnya. Pasalnya, puisi sering dikemas dengan bahasa yang mengandung metafora, simbol, dan kata-kata tak biasa untuk menciptakan efek emosional serta  estetika yang lebih kuat.

Tema yang banyak terdapat dalam puisi adalah ketuhanan, kemanusiaan, cinta (pada pasangan, orang tua, sahabat), patriotisme perjuangan, kegagalan hidup, alam, keadilan, kritik sosial, demokrasi, dan kesetiakawanan.

Berbagai tema puisi di atas bisa kamu temukan dalam sebuah kumpulan puisi yang akrab dengan sebutan antologi puisi.  Apakah kamu pernah membacanya?

 

Apa Fungsi dari Puisi?

Puisi bisa menjadi media untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, dan pengalaman pengarang dengan cara yang lebih terperinci dan intim. That’s why, puisi sering dianggap sebagai bentuk karya sastra yang lebih subjektif dan pribadi.

Selain itu, puisi juga dapat menjadi salah satu cara untuk menungkapkan ide, gagasan, atau opini seseorang terhadap sebuah peristiwa.

Lebih dari itu, berikut ini beberapa alasan mengapa puisi termasuk karya yang bagus:

 

Puisi bahasa inggris

 

1. Good for learning development

Puisi bisa jadi salah satu cara mengajar anak membaca dan berbicara, ini akan memudahkan para orang tua karena puisi memiliki rima.

Artinya, anak dapat mengenal dan mengucapkan kata-kata melalui huruf yang bunyinya serupa.

Baca Juga: Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak

 

2. Good for skills development

Ingin mengubah pengalaman jadi sebuah karya? Cobalah tuangkan dalam sebuah puisi. Misal, kalau kamu sedang mengalami patah hati dan rasa sakit yang mendalam, tak ada salahnya untuk dicurahkan dalam untaian kata yang indah dan mendalam.

 

3. Can be a therapeutic method for the writer

Tidak jarang kita mengalami hal buruk yang dapat membuat hati dan pikiran tidak tenang. Tentunya perasaan dan pikiran kita ini tidak baik jika kita pendam.

Dengan membuat puisi, kita dapat mencoba mengerti dan mengomunasikan perasaan dan pikiran tersebut dan akhirnya perasaan akan jadi lebih lega.

 

4. Can be a therapeutic method for the reader

Ketika mengalami hal buruk, sering kali muncul yang namanya feeling lonely. Tapi, melalui puisi, setidaknya kita tahu bahwa ada orang lain yang sama-sama pernah berjuang di titik terendah, dan mereka bisa bertahan sampai berhasil melalui masa tersebut.

 

5. Helps you understand the meaning of words themselves

Sebagaimana yang kita ketahui, puisi memiliki aturan penulisan. Ini mengindikasikan setiap kata di dalamnya memiliki peran.

Jika dalam satu bait penulis membuat pengulangan kata, maka penulis memiliki tujuan sendiri mengapa ada repetisi. Sehingga setiap kata di dalam puisi dapat memiliki makna tersendiri baik untuk puisi itu atau bagi penulisnya. Hal ini dapat membuatmu lebih peka terhadap makna dari sebuah kata.

 

6. Helps you improve ideas

Puisi memiliki banyak tema, mulai dari perasaan, benda mati, situasi, dan lain-lain. Tema-tema tersebut merupakan sumber ide yang dapat dikembangkan menjadi rangkaian tulisan indah dan menarik.

 

7. Helps you understand people

As we know, penulis menumpahkan perasaan mereka ke dalam puisi, sehingga dengan membacanya akan membuat kita mencoba memahami apa yang ingin penulis sampaikan. Yap, pada akhirnya, kemampuan berempati kita bisa semakin meningkat.

 

8. Helps you understand yourself

Selain memahami orang lain, puisi juga dapat membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri. Cobalah untuk mendalami apa yang sedang kamu pikirkan dan rasakan, lalu tuangkan dalam sebuah tulisan.

Baca Juga: 20 Jenis Majas (Figure of Speech) Bahasa Inggris, Bikin Kalimat Anti Boring!

 

Apa Perbedaan Puisi (Poetry) dan Poem?

Sebetulnya, poem dan poetry sama-sama bagian dari karya sastra. Namun, terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya.

Poem adalah tempat kita menemukan perasaan, pikiran, dan ekspresi penulis dalam puisi. Poem bisa memiliki rima atau tidak berima, bisa sederhana dan juga kompleks.

Sementara itu, poetry atau puisi adalah proses penciptaan perangkat sastra  dalam bahasa yang tinggi seperti metafora, simile, aliterasi, onomatopoeia, dan simbol.  

Sederhananya, poem adalah unit dasar poetry alias bagian dari puisi, yang mana artinya puisi (poetry) terbuat dari poem.

 

Apa Perbedaan Poetry dan Prose?

Seperti penjelasan sebelumnya, poetry adalah bentuk sastra dengan kata-kata yang disusun teratur dan terikat oleh pola ritmis. Puisi adalah penggambaran ekspresi secara figuratif yang lebih fokus pada keindahan bahasa dan ritme daripada pada alur cerita atau naratif.

Sementara itu, prose adalah karya sastra yang tidak terikat oleh pola ritmis atau rimba tertentu. Prosa lebih mengutamakan alur cerita atau naratif sehingga ditulis dalam kalimat yang berkelanjutan. Selain itu, gaya bahasa prosa tentunya lebih sederhana dan mudah dipahami.

 

Apa Ciri ciri Puisi Itu?

Ketahui ciri-ciri di bawah ini untuk membedakan puisi dengan karya sastra yang lainnya:

1. Puisi memiliki struktur dan aturan yang khas, seperti terikat dengan ketentuan jumlah baris dan bait, adanya pola rima, dan irama yang berulang-ulang.

2. Poetry selalu dikemas dalam kata-kata yang indah dengan struktur yang baik.

3. Selalu terdapat unsur emosional dalam puisi, misalnya perasaan cinta, kepedihan, kegembiraan, atau kekecewaan.

4. Puisi dapat dibaca dengan suara yang ritmis, karena struktur dan iramanya yang berulang.

 

Unsur-unsur Puisi

1. Bait

Puisi memiliki bait atau bisa disebut juga dengan stanza, yaitu kumpulan baris yang mewakili momen dari sebuah narasi.

2. Baris/ Larik

Puisi memungkinkan penulisnya untuk membagi pikiran atau perasaan ke dalam bagian-bagian atau potongan-potongan tertentu. Setiap baris dalam puisi mewakili satu pemikiran dari penyairnya.

 

Jenis-jenis Puisi dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang jenis-jenis puisi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Blank Verse

Blank verse adalah syair kosong ditulis dengan aturan khusus dan tidak memiliki rima. Biasanya setiap baris memiliki berpasang-pasang dua suku kata, dengan penekanan di suku kata kedua. Syair kosong ini mulai terkenal di era abad ke-16.

 

2. Rhymed Poetry

Kebalikan dengan syair kosong, puisi berima atau ryhmed poetry memiliki bunyi vokal yang berima di dalamnya. Meskipun banyak jenis puisi yang memiliki rima, tidak semua puisi demikian. Contohnya seperti syair kosong dan syair bebas.

 

3. Free verse

Free verse atau syair bebas tidak memiliki aturan tertentu. Bahkan di dalamnya tidak terikat oleh rima atau suku kata, atau juga bentuk musikalisasi. Jenis puisi ini mulai terkenal sejak abad ke-19.

 

4. Epic

Puisi epik adalah karya puisi yang panjang dan bernarasi. Puisi ini biasanya menceritakan tentang petualangan tokoh terkenal di masa lalu. Kata ‘epik’ berasal dari istilah Yunani kuno ‘epos’ yang berarti ‘cerita, kata, puisi.’

 

5. Narrative poetry

Puisi naratif mirip seperti epik. Puisi ini menceritakan sebuah kisah melalui syair. Seperti layaknya novel dan cerita pendek, puisi naratif memiliki alur cerita atau plot, karakter dan juga latar.

Menggunakan teknik-teknik puisi seperti rima, puisi naratif merepresentasikan berbagai macam kejadian, dan biasanya terdapat aksi juga dialog.

 

6. Haiku

Haiku adalah puisi 3 baris yang berasal dari Jepang, yang memiliki aturan tersendiri. Baris pertama dari haiku terdapat 5 suku kata, baris kedua terdapat 7 suku kata, dan baris ketiga haiku memiliki 5 suku kata.

 

7. Pastoral poetry

Puisi pastoral adalah salah satu jenis puisi yang menyangkut dengan alam sekitar, kehidupan pedesaan dan pemandangan. Puisi pastoral ini telah berkembang dari era Yunani Kuno, ke era Romawi Kuno, sampai era sekarang.

Ciri utama dari puisi pastoral adalah mengeksplorasi fantasi menarik diri dari kehidupan modern untuk hidup di lingkungan pedesaan yang indah.

 

8. Sonnet

Soneta adalah puisi yang berisi 14 baris, biasanya bertemakan tentang cinta. Di dalamnya terdapat sajak internal yang memiliki gaya penulisan khusus. Gaya penulisan tersebut dibagi dua, yaitu Gaya Shakespeare dan Gaya Petrarchan.

 

9. Elegies

Elegi adalah salah satu jenis puisi yang membahas tentang kematian, tentang kehilangan atau tentang perpisahan. Secara tradisional, elegi mengandung tema berkabung, kehilangan dan refleksi terhadap sesuatu. Tapi juga bisa mengeksplorasi tentang tema penebusan kesalahan.

 

10. Ode

Serupa dengan elegi, ode merupakan karya persembahan kepada suatu kejadian, sebuah ide, atau seseorang. Namun bukan seseorang yang telah meninggal. Ode biasanya berbentuk puisi pendek.

 

11. Limerick

Limerick adalah puisi satu bait yang di dalamnya terdapat 5 baris dengan rima AABBA. Biasanya sering menjadi salah satu cara untuk mengajar anak-anak membaca atau berbicara.

 

12. Lyric poetry

Puisi lirik adalah ekspresi puisi pendek yang emosional, serupa dengan lagu dan dinarasikan dalam sudut pandang pertama. Berbeda dengan puisi naratif yang menceritakan kisah, puisi lirik mengeksplorasi emosi dari penulisnya.

 

13. Ballad

Balada adalah bentuk naratif yang dapat berupa puisi atau musik, tapi tidak semua balada. Meskipun banyak balada memiliki karakteristik bercerita, tapi hal itu bukanlah sebuah karakteristik wajib. Banyak juga balada berbentuk musik yang lambat dan menggugah emosi.

 

14. Soliloquy

Soliloquy adalah monolog dari seorang karakter yang berbicara kepada dirinya, yang mengekspresikan pikirannya yang mungkin orang lain tidak tahu. Meskipun sebenarnya soliloquy bukan puisi, tapi seringkali dapat berbentuk puisi. Terdapat juga soliloquy yang berbentuk prosa.

 

15. Villanelle

Villanelle adalah puisi 19 yang terdiri dari 5 tercet (bait dengan 3 baris) dan satu kuatrain (bait dengan 4 baris), dengan rima yang spesifik. Tema yang dibahas dalam jenis puisi ini berupa penggambaran tentang sebuah obsesi atau subjek intens.

Baca Juga: 15 Cerpen Bahasa Inggris, Lengkap dengan Struktur dan Ciri-Cirinya

 

15 Contoh Puisi Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini beberapa contoh puisi bahasa Inggris dan artinya:

1. Puisi Hari Ayah

Dear father, today is your special day
A time to honor you in every way
Your love and guidance never stray
My gratitude I can never convey
Your strong and steady hand
Guided me through life’s shifting sand
You taught me to stand
And face the world, hand in hand

Your love is like a beacon of light
In the darkest of nights, you shine bright
You inspire me to take flight
And reach for the stars with all my might

Dear father, on this special day
I want to thank you in every way
For all the love and care you convey
May you have a Happy Father’s Day!

 

2. Puisi Tentang Ayah Singkat

A father’s love is a priceless treasure
A constant source of love and pleasure
His strength and wisdom, beyond measure
His love for us, an endless river

A father’s smile lights up our day
His warm embrace keeps fears at bay
His unwavering support, come what may
Makes us feel loved in every way

Dear father, you are our rock
A tower of strength that cannot be knocked
Your love is an unending stock
We are so grateful to have you as our rock

 

3. Puisi Bahasa Inggris Tentang Cinta

Love is a flame that never fades
It burns bright in every shade
It fills our hearts with joy and grace
A never-ending, warm embrace

Love is a bond that ties us tight
It gives us wings to take flight
It makes us feel alive and bright
A beacon of hope in the darkest night

Love is a melody that soothes the soul
It makes us feel whole and whole
It lifts us up and makes us whole
A beautiful symphony that makes us whole

 

4. Puisi Bahasa Inggris Tentang Kehidupan

Life is a journey, full of twists and turns
A rollercoaster ride that often churns
It takes us to places we’ve never been
A journey of discovery, like nothing we’ve seen

Life is a challenge, a test of our will
It can be tough, but we must fulfill
Our dreams and aspirations, with courage and skill
We must push forward, and never stand still

Life is a gift, to be cherished each day
A precious jewel that never fades away
We must make the most of every moment, come what may
And live our lives to the fullest, every single day

 

5. Puisi Bahasa Inggris Pendek

Life is a canvas, waiting to be painted
A masterpiece, waiting to be created
We must pick up the brush, and begin
And paint our dreams, with every stroke and spin

 

6. Puisi Bahasa Inggris dan Artinya Tentang Ibu

A mother’s love is a precious gift
A constant source of care and uplift
Her selfless love, a guiding light
Her warm embrace, a safe respite

A mother’s touch is a soothing balm
A healing salve that brings calm
Her gentle voice, a comforting psalm
Her unwavering love, a lifelong charm

 

7. Puisi Bahasa Inggris Singkat Tentang Keluarga

Family is a bond that never breaks
A strong foundation that never shakes
It gives us strength, when our heart aches
And helps us overcome, whatever it takes

 

8. Contoh Puisi dalam Bahasa Inggris

The sun rises, a new day dawns
Birds sing, as morning breaks and yawns
Nature awakens, a new cycle spawns
Life moves on, as time marches on

 

9. Puisi Pendek Bahasa Inggris

The moon shines bright
In the dark of night
Stars twinkle, so fine
Nature’s beauty, divine

 

10. Puisi Ayah Singkat 4 Bait

My father, a man of great strength,
His unwavering love knows no length,
Through thick and thin, he’s always there,
Guiding me with tender care.

His presence alone brings me peace,
His wisdom and guidance never cease,
A source of comfort and inspiration,
He’s the foundation of our family’s foundation.

Even when the world seems so cold,
His warmth and love never get old,
A beacon of hope in troubled times,
His strength and courage truly shine.

Thank you, dear father, for all you do,
For always being there, strong and true,
I am blessed to have you in my life,
My hero, my mentor, my guiding light.

 

11. Puisi in English Populer

The wind whispers, a soft melody
A song of love, in its harmony
The leaves rustle, in symphony
Nature’s beauty, a wonder to see

The sun sets, a colorful display
A canvas of colors, in its array
The sky lights up, in a grand ballet
A beautiful show, at the end of day.

 

12. Still I Rise  by Maya Angelou

You may write me down in history
With your bitter, twisted lies,
You may trod me in the very dirt
But still, like dust, I’ll rise.

Does my sassiness upset you?
Why are you beset with gloom?
’Cause I walk like I’ve got oil wells
Pumping in my living room.

Just like moons and like suns,
With the certainty of tides,
Just like hopes springing high,
Still I’ll rise.

Did you want to see me broken?
Bowed head and lowered eyes?
Shoulders falling down like teardrops,
Weakened by my soulful cries?

Does my haughtiness offend you?
Don’t you take it awful hard
’Cause I laugh like I’ve got gold mines
Diggin’ in my own backyard.

You may shoot me with your words,
You may cut me with your eyes,
You may kill me with your hatefulness,
But still, like air, I’ll rise.

Does my sexiness upset you?
Does it come as a surprise
That I dance like I’ve got diamonds
At the meeting of my thighs?

Out of the huts of history’s shame
I rise
Up from a past that’s rooted in pain
I rise
I’m a black ocean, leaping and wide,
Welling and swelling I bear in the tide.

Leaving behind nights of terror and fear
I rise
Into a daybreak that’s wondrously clear
I rise
Bringing the gifts that my ancestors gave,
I am the dream and the hope of the slave.
I rise
I rise
I rise

 

13. How Do I Love You by Mary Oliver

How do I love you?
Oh, this way and that way.
Oh, happily. Perhaps
I may elaborate by demonstration?
Like this, and
like this and
No more words now

 

14. I Never Knew by Joanna Fuchs

I never knew about happiness;
I didn’t think dreams came true;
I couldn’t really believe in love,
Until I finally met you.

 

15. The Pain by Laura Kasischke

Like the human brain, which organizes
The swirls and shades of the bathroom tiles
Into faces, faces
With expressions
Of exhaustion, of disdain. The Virgin Mary in the toast of course
But also the penance in the pain, and the way
My mother invented
Plums and tissue paper, while
My father invented the type of
Sudden kindness
That takes you by surprise
When you’ve expected to be chastised
And makes you cry

Baca Juga: 10 Cerita Fairy Tale Bahasa Inggris, Nggak Cuma Cinderella!

Yeay! Belajar tentang puisi bahasa Inggris hari ini akhirnya selesai. Kalau lagi hari ibu atau hari ayah, selain dengan memberi ucapan selamat hari ibu atau selamat hari ayah, kamu juga bisa memberikan mereka puisi yang indah seperti contoh di atas.

Mau belajar poetry dan poem lebih banyak? Yuk, tanya langsung sama native speaker alias pengajar internasional di English AcademyGimana caranya? Coba Konsultasi Gratis dulu ya!

CTA English Academy Konsultasi Gratis

Referensi:

Barkley, KM. 2016. (online at) https://www.writersdigest.com/whats-new/8-reasons-why-poetry-is-good-for-the-soul [15 June 2022]

Masterclass Staff. 2021. (online at) https://www.masterclass.com/articles/poetry-101-learn-about-poetry-different-types-of-poems-and-poetic-devices-with-examples#what-is-poetry [15 June 2022]

Artikel ini ditulis pertama kali oleh Muhammad Azka Rais, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada 2 Maret 2023.

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!