Mengenal TOEFL ITP: Definisi, Kegunaan, Biaya, dan Bonus Contoh Soal

TOEFL ITP

Artikel ini akan membahas tentang tes TOEFL ITP dengan detail. Tentunya, ada bonus contoh soal beserta pembahasannya, dong!

Cie, cie, cie, ada yang mau mengambil tes TOEFL ITP, nih. Saat ini, pertanyaannya adalah sudah sejauh mana persiapan kamu untuk menjadi yang terbaik dalam mengerjakan tes yang satu ini. 

Tentunya, kamu nggak mau menyelesaikan ujian tanpa mengetahui bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik, kan? Nah, seperti kata kebanyakan orang, untuk menjadi seorang pemenang, kamu harus mempelajari terlebih dahulu medan perang yang akan kamu hadapi. 

Artikel ini didedikasikan untuk membantu setiap pembaca setia blog English Academy yang akan mengambil tes TOEFL ITP. Yuk, kita simak bersama-sama segala sesuatu tentang tes TOEFL ITP yang perlu diketahui. Tenang, bonus contoh soal beserta pembahasannya nggak akan kemana-mana, kok!

 

Apa Itu TOEFL ITP?

Untuk kamu yang belum tau, tes TOEFL adalah singkatan dari Institutional Testing Program (TOEFL ITP), yaitu program pengujian kecakapan bahasa Inggris untuk usia 16 tahun ke atas yang tersedia dalam format kertas atau digital. 

Nah, tes yang satu ini tuh menggunakan berbagai konten yang ada di dalam dunia sosial dan akademik untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris kamu. Tes TOEFL ITP dan beberapa jenis TOEFL lainnya berada di bawah naungan ETS (Educational Testing Service) yang lokasinya di Amerika.

Sudah baca artikel American English vs British English: 7 Perbedaan dan Contohnya belum? Kalau sudah, kamu akan paham bahwa TOEFL adalah tes kecakapan untuk American English, maka dari itu lokasi ETS-nya di Amerika. Berbeda dengan IELTS yang merupakan tes kemahiran berbahasa Inggris untuk kiblat British alias UK (United Kingdom).

 

TOEFL ITP Dipakai Untuk Apa Saja?

Biasanya, hasil tes TOEFL ITP digunakan di dalam lingkungan akademik untuk membantu para tenaga pendidik mengetahui kemampuan berbahasa Inggris siswanya serta bagaimana progress yang mereka dapatkan.. Secara spesifik, berikut beberapa tujuan lain dari tes TOEFL ITP:

1. Program Beasiswa

Yap, sudah bukan hal yang aneh kalau banyak beasiswa luar negeri yang menjadikan TOEFL sebagai salah satu syarat administrasi yang perlu dipenuhi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pelamar memang memiliki “bekal” untuk proses perkuliahan nanti. 

Tetapi, kalau di luar negeri, TOEFL ITP biasanya umum digunakan untuk beasiswa Fulbright yang dikelola oleh AMINEF dengan minimal nilai 550. Kalau untuk di dalam negeri, tentu TOEFL ITP akan sangat membantu dalam mendapatkan berbagai beasiswa.

 

Bingung mau mulai belajar bahasa Inggris dari mana? Terus, kamu nggak tau kira-kira lebih cocok belajar bahasa Inggris pakai metode apa? Sini, Konsultasi Gratis dulu di English Academy!

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

 

2. Syarat Masuk Universitas Dalam Negeri 

Bercita-cita untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S2 atau S3? Jangan lupa, siapkan TOEFL ITP yang nilainya sesuai dengan permintaan kampus. Contoh, jika ingin mengambil master di Universitas Gadjah Mada, maka sertifikat TOEFL ITP dengan skor 470 wajib untuk kamu lampirkan saat proses pendaftaran.

3. Melamar Kerja ke Perusahaan Ternama

Jika memiliki impian untuk bekerja di perusahaan besar, jangan lupa prove your English skill. Pasalnya, pegawai company  besar akan banyak berkomunikasi dengan kolega asing sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan.

 

Perbedaan TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Kalau kamu sudah membaca artikel dari English Academy yang berjudul Ketahui Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC, PTE, dan EPT sebagai Tes Kemahiran Bahasa Inggris tentu sudah hafal perbedaannya. 

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi biaya, materi dan waktu ujian, dan scoring. Perhatikan tabel di bawah ini ya:

 

Perbedaan

JENIS TOEFL

TOEFL ITP

TOEFL IBT

Biaya Tes

Start from Rp350.000,- s.d. Rp700.000,-

Start from USD 190 atau bisa di atasnya.

Materi Ujian

Listening, structure, written expression, and reading comprehension.

Structure, reading, listening, writing, and speaking.

Waktu Ujian

Total durasi 115 menit.

Berdurasi total sampai 4 jam.

Score

Paling rendah 310, tertinggi 677.

Score TOEFL iBT paling rendah adalah 0, tertinggi 120. Rinciannya:

  • Kurang dari 86 poin: B1
  • Antara 87 dan 109 poin: B2
  • Lebih dari 110 poin: C1

 

 

Materi Ujian atau Tes TOEFL ITP

Pertanyaan dalam tes TOEFL ITP sendiri berbentuk pilihan ganda dan mengevaluasi keterampilan berbahasa Inggris kamu dalam 3 bidang:

Konten Tes TOEFL ITP

 

1. Listening comprehension yang mengukur kemampuan kamu dalam memahami bahasa Inggris yang bersifat lisan;

2. Structure and written expression yang mengukur kemampuan kamu dalam menyusun kalimat bahasa Inggris yang terstruktur dan benar secara tata bahasa (grammatically correct) dan;

3. Reading comprehension yang mengukur kemampuan kamu dalam membaca dan memahami bahan bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Tips Mengerjakan Soal Reading Comprehension Test

 

Skor Penilaian TOEFL ITP

Nilai toefl yang bagus berapa, sih? Standar nilai toefl ITP sebetulnya berapa?

Well, pasti banyak orang yang mempertanyakan hal tersebut, mungkin kamu salah satunya. Sebetulnya, semua peserta yang mengikuti tes TOEFL ITP dari lembaga resmi akan mendapat score report TOEFL ITP berapapun nilainya. Namun, certificate of achievement atau sertifikat penghargaan akan diberikan pada mereka yang berhasil meraih nilai minimal 460 hingga 677. 

Fyi, TOEFL ITP menerbitkan sertifikat yang terbagi dalam 3 level, yaitu: Bronze (460-542), Silver (543-626), dan Gold (627-677). Jadi, untuk score maksimal TOEFL ITP adalah 677. Tapi umumnya, di Indonesia sendiri untuk score TOEFL ITP 500 sudah dianggap bagus. Namun, tentunya akan lebih baik jika nilai-mu menyentuh angka 600. Berikut klasifikasi yang lebih rinci:

  • 310-420 = tingkat dasar (elementary)
  • 420-480 = tingkat menengah bawah (low intermediate)
  • 480-520 = tingkat menengah atas (high intermediate)
  • 525-677 = tingkat mahir (advance)

Apakah skor 450 toefl ITP bagus? Apakah nilai 500 TOEFL ITP bagus? 

Pertanyaan di atas pun sering muncul di kalangan pemburu sertifikat TOEFL. Actually, jawabannya akan bergantung pada tujuan dari tes itu sendiri. Apakah untuk melamar kerja? Melanjutkan studi? Atau untuk kepentingan pribadi?

Contoh, jika kamu ingin melamar beasiswa LPDP untuk jalur reguler dengan tujuan kampus dalam negeri, maka minimal nilai yang harus dicapai adalah 500. Tapi, tentu peluang yang lebih besar akan datang pada mereka yang memiliki nilai di atas 600, bukan?

Lalu ada contoh lain seperti standar nilai TOEFL ITP jika ingin melamar kerja di BUMN, hal ini juga akan bergantung dengan kualifikasi dari setiap perusahaannya itu sendiri, guys. Tapi, jika kamu ingin memiliki sertifikat TOEFL ITP yang nilainya “aman” untuk digunakan dalam berbagai hal, alangkah baiknya jika score TOEFL ITP-mu berkisar antara 550 hingga 600.

Tetapi, untuk skor 400 sampai 500 pun biasanya masih memenuhi kualifikasi sebagai syarat kelulusan di beberapa universitas di Indonesia.

 

Biaya Tes TOEFL ITP

Kamu tahu nggak, TOEFL ITP merupakan tes kecakapan bahasa Inggris yang biayanya paling terjangkau dibanding dengan TOEFL iBT atau IELTS. Berapa memangnya biaya tes TOEFL ITP

Hmm, di Indonesia banyak lembaga yang menyediakan tes ini dengan rate bervariasi. Namun, umumnya di bawah satu juta. Kamu dapat menyiapkan biaya tes antara Rp550.000,- sampai dengan 1 juta untuk berjaga-jaga. Eits, tapi itu hanya biaya official test ya, tidak termasuk kursus atau tambahan yang lainnya.

 

Website dan Aplikasi Persiapan TOEFL ITP Gratis

Kamu ingin berlatih untuk tes tapi nggak tau harus cari di mana? Tenang, saat ini sudah banyak situs dan aplikasi gratis yang siap membantu, lo! Cek di bawah ya:

1. Situs resmi ETS

Nah, saking ingin membantu para peserta untuk mendapat great score, ETS menyediakan laman TOEFL ITP preparation yang bisa kamu akses secara gratis, lo. Cukup kunjungi https://www.ets.org/toefl_itp/test_preparation/ dan pilih level mana yang ingin kamu kerjakan.

2. Aplikasi Test TOEFL ITP

Aplikasi yang dikembangkan oleh Busber ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu media untuk mengerjakan berbagai latihan soal TOEFL ITP. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis baik di Android maupun iOS, guys.

3. Level Test from Global Exam

Lembaga yang berlokasi di France ini cukup oke untuk kamu manfaatkan saat mengetes kemampuan TOEFL ITP. Tentunya kamu hanya perlu membuat akun agar bisa menikmati fitur tesnya dengan gratis.

 

Sertifikat TOEFL ITP berlaku berapa lama?

Baik sertifikat TOEFL ITP maupun TOEFL iTB, umumnya kedua sertifikat tersebut hanya valid dalam waktu 2 tahun. Mengapa? Karena hal tersebut untuk menunjukkan skill kecakapan bahasa Inggris terbaru dari seseorang. Bisa saja setelah 2 tahun ada peningkatan, atau mungkin ada penurunan.

Jadi, jika sudah lebih dari 2 tahun sejak sertifikat keluar, kamu harus melakukan test kembali, guys.

 

Syarat Mendaftar Tes TOEFL ITP

Secara umum, tidak ada syarat yang sulit untuk mendaftar TOEFL ITP. Kamu hanya perlu menentukan lembaga apa yang akan menjadi tempat untuk melakukan tes. Apakah kamu akan melaksanakan tes yang diselenggarakan sebuah kampus di Indonesia? Atau ingin mendaftar di lembaga kursus bahasa Inggris? 

Jangan lupa, perhatikan berbagai persyaratan dari lembaga terkait agar proses tes dapat berjalan dengan lancar nantinya.

 

Alokasi Waktu: Jangan Sampai Telat Menyelesaikan

Jika mengutip langsung dari situs resmi ETS, ada dua level dalam tes TOEFL ITP, guys. Untuk alokasi waktunya, kamu bisa lihat melalui gambar di bawah ini:

1. Level 1

Tes TOEFL ITP Level 1

2. Level 2

Tes TOEFL ITP Level 2

 

Cara Menghitung Skor TOEFL ITP

Kamu ingin menentukan target skor yang harus dicapai saat tes nanti? Atau penasaran, kira-kira materi bagian mana, sih, yang paling banyak salah setelah tes selesai? Ini dia caranya:

1. Mari kita ambil alokasi level 1 dengan komposisi materi listening 50 soal, structure and written expression 40 soal, serta reading sebanyak 50 soal. Nah, seperti tabel di atas, dari ketiga bagian tersebut peserta akan mendapat nilai antara 20 s.d 68.

Dari mana 20-68? Jadi nilai tersebut merupakan konversi yang memang sudah ditetapkan oleh ETS. Berikut tabelnya:

 

Jumlah Jawaban Benar

Konversi 

Listening

Konversi 

Structure

Konversi

Reading

50

68

 

67

49

67

 

66

48

66

 

65

47

65

 

63

46

63

 

61

45

62

 

60

44

61

 

59

43

60

 

58

42

59

 

57

41

58

 

56

40

57

68

55

39

57

67

54

38

56

65

54

37

55

63

53

36

54

61

52

35

54

60

52

34

53

58

51

33

52

57

50

32

52

56

49

31

51

55

48

30

51

54

48

29

50

53

47

28

49

52

46

27

49

51

46

26

48

50

45

25

48

49

44

24

47

48

43

23

47

47

43

22

46

46

42

21

45

45

41

20

45

44

40

19

44

43

39

18

43

43

38

17

42

41

37

16

41

40

36

15

41

40

35

14

39

38

34

13

38

37

32

12

37

36

31

11

35

35

30

10

33

33

29

9

32

31

28

8

32

29

28

7

31

27

27

6

30

26

26

5

29

25

25

4

28

23

24

3

27

22

23

2

26

21

23

1

25

20

22

0

24

20

21

 

2. Langkah penghitungan:

  • Jumlahkan ketiga nilai yang sudah dikonversi. Misal yang ditandai warna hijau, yaitu 66+65+55 = 186
  • Bagi jumlah nilai terkonversi dengan angka 3, yaitu 186/3 = 62
  • Kalikan jumlah nilai terkonversi yang telah dibagi dengan angka 10, yaitu 62*10 = 620

Jadi skor yang kamu dapat adalah 620. Artinya, untuk mendapat nilai tersebut, kamu harus menjawab soal listening section  dengan benar sebanyak 48 soal, structure and written expression sebanyak 38 soal, serta reading section sebanyak 40 soal.

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 1: Structure and Written Expression

A. Structure

Pada bagian ini, kamu akan menemukan sejumlah kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D. Nah, tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat.

1. Refrigerating meats _____ the spread of bacteria.

a. Slows

b. Slowing

c. To slow

d. Is slowed

Jawaban: (a)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Mendinginkan daging _____ penyebaran bakteri.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “memperlambat”, membuatnya menjadi: “Mendinginkan daging memperlambat penyebaran bakteri.” Jawaban (a) berarti memperlambat, jawaban (b) berarti melambat, jawaban (c) berarti untuk memperlambat, dan jawaban (d) berarti diperlambat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (a) atau slows

 

2. Throughout the animal kingdom, _____ bigger than the elephant.

a. Whale is only the

b. Is the whale only

c. Only whale is the

d. Only the whale is

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Di seluruh kerajaan hewan, _____ lebih besar dari gajah.” Kalimat yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “hanya ikan paus yang”, membuatnya menjadi: “Di seluruh kerajaan hewan, hanya ikan paus yang lebih besar dari gajah.” Jawaban (a) berarti ikan paus hanyalah, jawaban (b) berarti adalah ikan paus saja, jawaban (c) berarti hanya ikan paus yang adalah, dan jawaban (d) berarti hanya ikan paus yang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau only the whale is

 

B. Written Expression

Pada bagian ini, kamu akan menemukan empat kata atau frasa yang ditebalkan dalam setiap kalimat. Di sebelah kiri adalah A, B, C, dan D yang menandai bagian kalimat yang ditebalkan. Nah, tugasmu adalah mengidentifikasi satu kata atau frasa yang ditebalkan yang harus diubah untuk membuat kalimat menjadi benar secara tata bahasa (grammatically correct).

1. Guppies are sometimes (A) call rainbow fish (B) due to the (C) bright colors of (D) the males.

Jawaban: (A)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Ikan guppy kadang-kadang disebut ikan pelangi karena warna jantan yang cerah.” Hayo, apa yang salah dengan kalimat bahasa Indonesia tersebut? Jawabannya, untuk membuat kalimat di atas menjadi efektif, “disebut ikan pelangi” seharusnya ditulis “disebut sebagai ikan pelangi”. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, seharusnya tertulis: Guppies are sometimes called rainbow fish due to the bright colors of the males.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (A) atau call

 

2. (A) Serving several (B) term in the Congress, Shirley Chisholm (C) became a (D) respected political figure.

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Melayani dalam beberapa masa jabatan di kongres, Shirley Chisholm menjadi tokoh politik yang disegani.” Sejujurnya, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “several” yang berarti beberapa seharusnya dilanjutkan dengan kata “terms” karena kata several sendiri bersifat jamak. Di mana dalam bahasa Inggris, seharusnya tertulis: Serving several terms in the Congress, Shirley Chisholm became a respected political figure.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (B) atau term.

Baca juga: 5 Tipe Conditional Sentences dan Contohnya

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 2: Structure and Written Expression

A. Structure

1. Vegetables are an excellent source _____ vitamin.

a. have

b. of

c. where

d. contain

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Sayuran adalah sumber _____ vitamin yang sangat baik.” Indeed, dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut sudah lengkap dan efektif. Tetapi, dalam bahasa Inggris kekosongan di atas harus diisi dengan sebuah kata untuk membuatnya menjadi lengkap. Jawaban (a) berarti memiliki, jawaban (b) berarti dari, jawaban c berarti di mana, dan jawaban (d) berarti berisi. Dalam hal ini, jawaban yang tepat adalah (b) atau of, membuat kalimat di atas menjadi: “Vegetables are an excellent source of vitamin.”

 

2. A singer’s struggle to succeed in popular music is the kind of story _____ a fascinating film could be made.

a. with

b. by

c. for whom

d. about which

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Perjuangan seorang penyanyi untuk sukses dalam musik populer adalah jenis cerita _____ dibuat film yang menarik.” Kalimat yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “yang bisa”, membuatnya menjadi: “Perjuangan seorang penyanyi untuk sukses dalam musik populer adalah jenis cerita yang bisa dibuat film yang menarik.” Jawaban (a) berarti dengan, jawaban (b) berarti oleh, jawaban (c) berarti untuk siapa, dan jawaban (d) berarti tentang yang mana. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau about which.

 

B. Written Expression

1. A large (A) number of automobile (B) part are now (C) made of plastic (D) instead of steel. 

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Sebagian besar bagian mobil sekarang terbuat dari plastik bukan baja.” Sekali lagi, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “a large number” yang berarti jumlah yang besar seharusnya dilanjutkan dengan kata “parts” karena kata a large number sendiri bersifat jamak. Di mana dalam bahasa Inggris seharusnya tertulis: A large number of automobile parts are now made of plastic instead of steel.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (B) atau part.

 

2. Canals are (A) artificial waterways, often constructed (B) either to transport heavy loads or to (C) delivering water (D) to cities and farms.

Jawaban: (C)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Kanal adalah saluran air buatan, sering dibangun baik untuk mengangkut beban berat atau untuk menyalurkan air ke kota dan pertanian.” Tentunya, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “delivering” pada kalimat tersebut salah secara tata bahasa. Dalam hal ini, kata yang tepat adalah deliver. Di mana dalam bahasa Inggris seharusnya tertulis: Canals are artificial waterways, often constructed either to transport heavy loads or to deliver water to cities and farms.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (C) atau delivering.

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 1: Reading Comprehension

Pada bagian ini, penguji tes TOEFL ITP Level 1 akan mengukur kemampuan kamu dalam membaca dan memahami bacaan-bacaan singkat. Umumnya, penyelenggara tes akan memberikanmu sejumlah bacaan singkat dengan tema besar mata pelajaran yang ada di dalam dunia akademik. Nah, tentunya, setiap bacaan singkat tersebut diikuti dengan sejumlah pertanyaan mengenai materi yang dipaparkan.

Read this Short Passage!

(1) The railroad was not the first institution to impose regularity on society, or to draw attention to the importance of precise timekeeping. (2) For as long as merchants have set out their wares at daybreak and communal festivities have been celebrated, people have been in rough agreement with their neighbors as to the time of day. (3) The value of this tradition is more apparent today than ever. (4) Were it not for public acceptance of a single yardstick of time, social life would be unbearably chaotic: the massive daily transfers of goods, services, and information would proceed in fits and starts; the very fabric of modern society would begin to unravel.

1. What is the main idea of the passage?

a. In modern society we must make more time for our neighbours.

b. Society judges people by the times at which they conduct certain activities.

c. The traditions of society are timeless.

d. An accepted way of measuring time is essential for the smooth functioning of society.

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Paragraf di atas secara umum berbicara mengenai pentingnya kesepakatan di tengah masyarakat tentang pengukuran waktu. Nah, gagasan utama dari paragraf di atas dapat kamu temukan pada kalimat keempat yang menyatakan: “Were it not for public acceptance of a single yardstick of time, social life would be unbearably chaotic.” Di mana dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti: “Jika bukan karena penerimaan publik terhadap satu tolak ukur waktu, kehidupan sosial akan menjadi sangat kacau.” Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) karena menyebutkan pentingnya cara mengukur waktu yang disepakati oleh masyarakat luas. 

 

2. In the third (3) sentence, the phrase “this tradition” refers to

a. The practice of starting business at dawn.

b. People’s agreement on the measurement of time.

c. The railroad’s reliance on time schedules.

d. Friendly relations between neighbors.

Jawaban: (b)

Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu bisa membaca terlebih dahulu maksud dari kalimat sebelumnya. Dalam hal ini, kalimat kedua pada paragraf di atas berbicara tentang bagaimana orang-orang (Contoh: penjual) memiliki kesepakatan tentang waktu mereka menyiapkan barang dagangannya. Di mana kalimat tersebut secara sederhana berbicara mengenai kesepakatan orang-orang tentang waktu. Oleh karena itu, frasa “this tradition” dalam kalimat ketiga bisa dibilang mengacu pada kesepakatan orang-orang tentang pengukuran waktu atau (b). 

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Soal TOEFL iBT Reading Section

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 2: Vocabulary and Reading Comprehension

A. Vocabulary

Pada bagian ini, kamu akan menemukan satu kata atau frasa yang ditebalkan dalam setiap kalimat. Di bawah setiap kalimat adalah 4 kata atau frasa lain, bertanda A, B, C atau D. Nah, tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang tidak merubah makna kalimat secara keseluruhan jika kata atau frasa yang disorot diganti. 

1. Receptors for the sense of smell are located at the top of the nasal cavity.

a. upper end

b. inner edge

c. mouth

d. division

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Reseptor untuk indera penciuman terletak di bagian atas rongga hidung.” Pilihan (a) berarti ujung atas, pilihan (b) berarti tepi bagian dalam, pilihan (c) berarti mulut, dan pilihan (d) berarti bagian. Oleh karena itu, untuk mengganti kata “top” tanpa mengubah makna kalimat secara keseluruhan, kamu bisa memilih upper end atau (a).

 

2. It is not possible for people to recall everything that they have thought, felt, or done.

a. remember

b. repeat

c. appreciate

d. discuss

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “​​Tidak mungkin bagi orang untuk mengingat semua yang pernah mereka pikirkan, rasakan, atau lakukan.” Pilihan (a) berarti mengingat, pilihan (b) berarti mengulang, pilihan (c) berarti menghargai, dan pilihan (d) berarti mendiskusikan. Yes, clearly, untuk mengganti kata “recall” tanpa mengubah makna secara keseluruhan, kamu bisa memilih remember atau (a). 

 

B. Reading Comprehension

Read this Short Passage!

(1) A new atomic clock being developed for navigation satellites will perform better than previous devices. (2) The clock will use a new microwave cavity design to provide a compact and lightweight package and new electronic techniques to maintain long-term stability. (3) The clock can provide precise navigation information because it is stable to one second in three million years. (4) The differences in the time when signals from four satellites arrive at one location can be used to calculate that position to within a few yards.

1. From the passage, it can be inferred that which of the following characteristics of the clock mentioned will be most impressive?

a. Its compact size

b. Its ability to measure distance

c. Its weight

d. Its accuracy

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu harus menaruh perhatian penuh pada kalimat yang menceritakan karakter dari jam baru itu. Nah, pada paragraf di atas, kamu dapat menemukannya dalam kalimat ketiga yang menyatakan: “The clock can provide precise navigation information because it is stable to one second in three million years.” Di mana dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti: “Jam dapat memberikan informasi navigasi yang tepat karena stabil hingga satu detik dalam tiga juta tahun.” Mempertimbangkan kata kunci kalimat tersebut yaitu ketepatan informasi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah “Its accuracy” atau (d). 

 

2. It can be inferred from the passage that the new clock will be

a. long-lasting

b. harmful to humans

c. produced in great numbers

d. very attractive looking

Jawaban: (a)

Pembahasan: 

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, kamu bisa memulai dengan mencari kalimat yang menyebutkan karakter dari jam baru itu. Pertama-tama, kamu mungkin akan menemukan bahwa kalimat kedua pada paragraf di atas menceritakan pembaharuan jam dari segi desain dan teknik elektroniknya. Di mana kalimat kedua menyatakan: “The clock will use a new microwave cavity design to provide a compact and lightweight package and new electronic techniques to maintain longterm stability.” 

Dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut berarti: “Jam akan menggunakan desain rongga gelombang mikro baru untuk memberikan kemasan yang padat dan ringan serta teknik elektronik baru untuk menjaga stabilitas dalam jangka panjang.” Selanjutnya, kamu akan menyadari bahwa karakter yang paling menonjol dari jam baru itu adalah stabilitasnya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah “longlasting” atau (a). 

Baca Juga: Tips Mengerjakan Soal Listening Comprehension Test

Akhirnya, itulah segala sesuatu tentang tes TOEFL ITP yang perlu kamu ketahui. Hayo, menurutmu, manakah di antara beberapa tipe soal dalam tes TOEFL ITP yang paling sulit untuk dikerjakan? Ceritakan jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Pesanku, cobalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan. Instead, try to focus on what you do best. Dengan begitu, kamu akan memiliki probabilitas yang lebih besar untuk menjadi seorang pemenang dalam apapun itu yang sedang kamu kerjakan. 

Kalau kamu masih bingung dan butuh tutor untuk bertanya materi bahasa Inggris secara interaktif, nggak usah khawatir, karena ada English Academy by Ruangguru yang menyediakan course bahasa Inggris secara lengkap! Mulai dari writing, listening, reading, hingga speakingJoin sekarang, yuk!

 

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

 

Referensi:

ETS. 2021. TOEFL ITP Assessment Series. [online] Available at: https://www.ets.org/toefl_itp/test_preparation/sample_questions/level2_section2_structure_written_expression/ [Accessed 12 November 2021].

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui pada tanggal 26 Juni 2022 oleh Intan Aulia Husnunnisa.

 

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!