8 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan Beserta Artinya

Clara Pricilla Adiputra Sep 22, 2021 • 7 min read


General_English_-_8_Singkatan_dalam_Bahasa_Inggris_yang_Paling_Umum_Digunakan_Beserta_Artinya-01Artikel ini akan membahas tentang 8 singkatan dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan beserta artinya. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Aduh, ngomong bahasa Inggris kok disingkat-singkat, sih! Bikin orang makin bingung aja, deh.” Ya, kalimat itu tidak jarang dilontarkan oleh mereka yang tidak pernah mempelajari singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris. 

Padahal, menguasai singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris akan membuat komunikasi dengan orang-orang sekitar yang fasih berbicara dalam bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Selain itu, menguasai singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris bisa membuat kamu tiga kali lipat lebih keren dari orang-orang disekitar kamu, loh

The choice is in your hand, apakah kamu mau menjadi salah satu dari mereka yang tertinggal atau menjadi salah satu dari mereka yang tidak tertinggal? Hm, kalau aku sih yakin bahwa kalian nggak mau menjadi salah satu yang tertinggal. Makanya, di bawah ini aku sajikan 8 singkatan dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan beserta artinya. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

1. AKA

AKA merupakan singkatan dari Also Known As atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Juga Dikenal Sebagai’. Singkatan AKA digunakan ketika seseorang atau sebuah benda memiliki nama lain. Yup, kamu mungkin pernah melihat singkatan satu ini dalam cuitan teman kamu di Twitter, deh. Untuk kamu yang belum familiar dengan penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris, simak contoh di bawah ini, ya!

  • Kim Namjoon, aka “RM”, is a well-known Korean rapper.
  • That little four-legged needy creature, aka my cat, won’t leave me alone. 

 

2. FYI

FYI merupakan singkatan dari For Your Informationatau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Untuk Informasi Anda’. Singkatan FYI digunakan ketika kita ingin seseorang mengetahui informasi yang kita ketahui. Waduh, ini tuh singkatan dalam bahasa Inggris yang suka digunakan oleh anak-anak gaul di Jakarta Selatan, ya? Yes, benar sekali! Sebagai anak Jakarta Selatan, aku sering banget loh mendengar singkatan bahasa Inggris yang satu ini. Nah, sekarang adalah giliranmu untuk mengetahui contoh penggunaan singkatan FYI dalam kalimat berbahasa Inggris.

  • FYI, I was the one leaving him. 
  • FYI, I’ll be flying to Yogyakarta tomorrow morning. 

 

3. ETA

ETA merupakan singkatan dari Estimated Time of Arrival atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Perkiraan Waktu Kedatangan”. Singkatan ETA digunakan ketika kita ingin memberitahu seseorang jam berapa kita akan tiba di tempat tujuan. Nah, singkatan satu ini cocok digunakan oleh kamu yang mungkin mau mengunjungi saudaramu di luar kota. Youre right, memberitahu perkiraan waktu kedatangan menjadi sangat penting apabila kamu ingin meminta saudaramu untuk menjemputmu di bandara. Eits, sudah mikirin liburan ke luar kota aja, nih. Sebelum itu, simak dulu contoh penggunaan singkatan ETA dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini, ya!

  • What is our ETA at Bandung?
  • Their ETA is now 15 minutes. We should probably go to the railway station now.

General_English_-_8_Singkatan_dalam_Bahasa_Inggris_yang_Paling_Umum_Digunakan_Beserta_Artinya-05

 

4. DIY

DIY merupakan singkatan dariDo It Yourselfatau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Lakukan Sendiri’. Singkatan DIY berarti melakukan sesuatu sendiri, bukan mempekerjakan orang lain untuk melakukannya untuk kita. Nah, kalau singkatan yang satu ini sih paling sering digunakan dalam dunia kerajinan tangan, guys. Penasaran bagaimana penggunaan singkatan yang satu ini dalam kalimat berbahasa Inggris? Yuk, simak contoh di bawah ini!

  • My sister is so obsessed with those DIY videos that she tries to imitate everything she sees.
  • I just bought a hand-painted vase from the DIY store next door. 

 

5. TBH

TBH merupakan singkatan dari To Be Honestatau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Sejujurnya’. Singkatan TBH digunakan ketika kita ingin memberitahu seseorang bahwa kita sedang berbicara tentang sesuatu secara jujur. FYI, singkatan yang satu ini cocok untuk digunakan saat kamu mau mengungkapkan perasaan kamu ke doi, loh. Wait, wait, belum terbayang bagaimana penggunaan singkatan ini dalam kalimat berbahasa Inggris? Tenang, aku sudah siapin contohnya khusus untuk kamu!

  • TBH, I have had romantic feelings for you ever since the day we met. 
  • The party sucks, TBH!

Baca juga: 10 Kosakata Advanced dalam Bahasa Inggris untuk Persiapan Tes IELTS

 

6. ASAP

ASAP merupakan singkatan dari As Soon As Possible atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Secepat Mungkin’. Singkatan ASAP biasa digunakan untuk memberitahukan orang lain bahwa suatu hal harus sesegera mungkin dilakukan. Wah, kalau singkatan yang satu ini sih pasti sering kamu dengar terlontar dari mulut atasan kamu, kan? Nah, karena kamu sudah tidak asing lagi dengan arti dari singkatan yang satu ini, simak contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk

  • Please send me the article’s draft ASAP. 
  • I need you to work on that assignment ASAP. 

General_English_-_8_Singkatan_dalam_Bahasa_Inggris_yang_Paling_Umum_Digunakan_Beserta_Artinya-03

 

7. RSVP

RSVP merupakan singkatan dari Répondez s’il vous plaît atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Konfirmasi Untuk Kedatangan’. Yup, RSVP adalah singkatan bahasa Inggris dengan kepanjangan bahasa Prancis. Hm, quite different from the others, right? For those of you who dont know, singkatan ini biasa digunakan ketika seseorang meminta kamu untuk mengkonfirmasi kedatangan kamu ke suatu tempat atau acara. Sekarang, simak contoh penggunaan singkatan RSVP dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk!

  • Please make sure that you include your name, phone number, and email address for the RSVP. 
  • There will be no admission fee, but by invitation only, and an advance RSVP is required. 

 

8. TGIF

TGIF merupakan singkatan dari Thank God Its Friday atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Syukurlah Hari Ini Hari Jumat’. Sesuai namanya, singkatan ini biasa dilontarkan pada hari Jumat dimana seseorang mensyukuri berakhirnya hari kerja (work days). Yup, Friday is indeed the happiest day for most of us. Sebelum berakhir pekan, simak contoh penggunaan singkatan TGIF dalam kalimat berbahasa Inggris dulu, yuk!

  • I am extremely happy it’s Friday. TGIF!
  • TGIF! I am definitely going to the salon today, my hair is basically a mess right now.

Akhirnya, itulah 8 singkatan dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan beserta artinya. Gimana, guys? Mudah untuk dipahami, bukan? Yup, memang mudah untuk dipahami, kok. Tetapi, jangan merasa puas hanya dengan mengetahui kedelapan singkatan dalam bahasa Inggris di atas, ya. Believe me, there is so much more to learn

Nah, untuk kamu yang ingin mengeksplorasi dan mempelajari singkatan dalam bahasa Inggris lainnya, kamu bisa bergabung dengan kelas English Academy. Melalui English Academy, kamu akan bertemu dengan guru berpengalaman terbaik yang siap membagikan ilmunya dengan kamu. Dont wanna miss the opportunity? Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

Sumber:

Studio English. 2021. Common English Abbreviations. [online] Available at: https://www.studioenglish.com/common-english-abbreviations/ [Accessed 20 September 2021].

RealLife English. 2014. The 37 Most Common English Acronyms & Abbreviations. [online] Available at: https://reallifeglobal.com/acronyms/ [Accessed 20 September 2021].

New call-to-action

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar