15 Rekomendasi Lagu Anak Bahasa Inggris

rekomendasi lagu anak bahasa Inggris

Mengajar anak Bahasa Inggris bukanlah perkara mudah. Meskipun begitu, ada beberapa macam teknik mengajar yang menyenangkan dan cocok untuk sang buah hati, salah satunya melalui lagu. Kira-kira kenapa ya? Apa saja lagu yang direkomendasikan untuk anak? Simak artikel berikut, dear smart parents!

Bagi sebagian besar smart parents, mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak berusia di bawah 7 tahun yang bukan merupakan bahasa Ibu kita bukan hal yang mudah, karena harus mengajar dua bahasa sekaligus. Namun, hal ini sebenarnya bukan sebuah halangan jika dilihat dari perkembangan kemampuan bahasa sang buah hati. Pasalnya, sejak usia dini, mereka sudah memiliki kemampuan untuk belajar beberapa bahasa. Namun tentunya, bukan dengan paksaan.

Ada beberapa macam cara mengajar bahasa Inggris untuk anak, seperti  membacakan buku cerita anak dalam bahasa Inggris, playing together in English, use English in our daily activities, dan lain-lain. Salah satu cara efektif mengajar bahasa Inggris untuk anak adalah dengan mengenalkan lagu-lagu anak bahasa Inggris. Mungkin smart parents masih ingat ketika dulu ditanya kenapa bisa berbahasa Inggris salah satunya adalah sering menyanyikan lagu dalam bahasa tersebut, kok bisa seperti itu ya?

Smart parents bisa ingat-ingat kembali lagu bahasa Inggris apa saja yang menjadi favorit. Kalau kita perhatikan dengan saksama, sudah dipastikan bahwa aturan bahasa Inggris ini berlaku juga dalam lagu-lagu. So we learn English grammar unintentionally. Jadi sedikitnya kita sudah mulai memahami grammar bahasa Inggris. Through english songs, we’re not only practicing our listening skills, but also our pronounciation skills.

Bagaimana dengan anak-anak? Beberapa hal ini juga berlaku untuk si kecil. Selain itu ada beberapa alasan mengapa kita sebaiknya mengajar bahasa Inggris untuk anak menggunakan lagu-lagu:

 

rekomendasi lagu anak bahasa Inggris

 

1. Contain various vocabulary (Terdapat beragam kosakata)

In songs we will meet various vocabulary. Lagu-lagu anak dalam bahasa Inggris memiliki tema yang beragam sebagaimana lagu-lagu populer untuk dinyanyikan pada umumnya. Misalnya tentang keluarga, tentang hewan-hewan ternak, tentang  aktivitas dan masih banyak lainnya.

 

2. Songs are easily obtainable (Lagu-lagu mudah didapatkan)

Salah satu hal yang membuat lagu-lagu menjadi media pengajaran yang sesuai dengan anak adalah mudah untuk didapatkan. Mungkin ketika kita ingin mengajarkan anak dengan membaca buku, kita harus mencarinya terlebih dahulu di toko buku. Sedangkan lagu bisa kita akses kapan pun dan di mana pun. We can access songs through various platforms such as Youtube, Spotify, and other platforms.

 

3. Introduce grammar and cultural aspects (Mengenalkan aturan bahasa dan aspek budaya)

Tidak hanya berisi tentang kosakata, tapi dalam lagu juga mengenalkan grammar dan budaya. Hal ini dikarenakan lagu memiliki berbagai macam tema yang berbeda. Ada yang membahas kejadian di masa lampau, di masa sekarang, ada juga yang membahas tentang kepemilikan. Selain itu terdapat pula lagu mengenai sebuah profesi seorang peternak hewan beserta hewan ternaknya, dan lain-lain.

 

4. Children think songs are fun (Anak-anak beranggapan lagu-lagu adalah hal yang menyenangkan)

Maybe some people don’t enjoy songs, but most of us find joy in them. Tidak terkecuali anak-anak kita. Kita bisa mendapatkan kenikmatan, kebahagiaan di dalam lagu, bisa tertawa bersama, menari-nari mengikuti lirik dan lain-lain.

 

5. Song lyrics can be used in relating to situations of the world around us (Lirik lagu bisa digunakan untuk bercermin ke situasi nyata di sekitar kita)

Banyak lagu diciptakan dari hasil pengamatan seseorang akan situasi di dunia nyata. Lirik lagu yang kita dengarkan bisa jadi merupakan cerminan apa yang terjadi di luar sana. This can means that songs can open up windows to the real world for children. Buah hati kita dapat mempelajari apa yang terjadi di luar rumah mereka.

Smart parents kini sudah mengetahui alasan mengapa lagu-lagu menjadi salah satu media pengajaran bahasa Inggris untuk anak. Selain cocok dengan kebutuhan mengajar bahasa Inggris, hal yang tidak kalah penting adalah lagu merupakan salah satu media belajar yang membuat buah hati riang gembira.

Children songs or nursery songs was originally came from nursery rhyme. Awalnya, rima anak-anak adalah puisi atau lagu anak tradisional dari Inggris, populer di abad ke-18 dan ke-19. Yang kini sudah berubah menjadi lagu di kalangan anak-anak.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris yang cocok dinyanyikan untuk anak-anak berusia 3-6 tahun. Apakah smart parents masih ingat lagu-lagu anak berbahasa Inggris di bawah ini?

Daftar Lagu Anak-anak Bahasa Inggris

 

1. ABC Song

Tidak dipungkiri, mengajar alfabet untuk anak memang agak susah. Tapi ABC song adalah salah satu contoh lagu anak-anak yang efektif untuk belajar bahasa Inggris dan belajar alfabet dari A-Z. This alphabet song contain rhymes that makes learning alphabet easier.

Lirik Lagu ABC Song

 

A, B, C, D, E, F, G

H, I, J, K, L, M, N, O, P

Q, R, S, T, U, V

W, X, Y, Z

Now I know my ABCs.

Next time won’t you sing with me?

 

2. Old McDonald Had a Farm

This english song tells us about a farmer and his farm animals. Pada video klipnya terdapat bayi yang sedang mengunjungi kakeknya di peternakan dan bersenang-senang tentang semua hewan dan suara yang mereka buat. Pada setiap bait lagu nama hewan diubah menjadi suara masing-masing hewan. Misalnya, jika baris tersebut mengenalkan binatang sapi, maka akan muncul suara “moo”…

Lirik lagu McDonald Had a Farm

 

Ol’ Mac Donald had a farm, E-I-E-I-O

And on this farm, there was a chick, the prettiest chick I know

With a little curve here and a little curve there

This chick, she had curves everywhere

Ol’ Mac Donald had a farm, E-I-E-I-O

And oh, this chick she had to walk, E-I-E-I-O

And how this walk would drive ’em wild, swinging to and ‘fro

With a little wiggle here and a little wiggle there

Man this chick had wiggles to spare

Ol’ Mac Donald had a farm, E-I-E-I-O

When she went walking into town, E-I-E-I-O

The local gentry popped their eyes, tarnation what a show

With a goldang here and a goshdarn there

Heavens to Betsy, I do declare

Ol’ Mac Donald had a farm, E-I-E-I-O

There was a barn dance Saturday night, E-I-E-I-O

And the fellows came from miles around just to see her dosey-do

With a promenade here and a promenade there

At a square dance, boy, this chick was no square

Ol’ MacDonald had a farm, E-I-E-I-O

I used to be a traveling man, E-I-O

Until I hit MacDonald’s place, things were mighty slow

With a little chick here and a little chick there

I didn’t have a real chick anywhere

Ol’ MacDonald had a farm, E-I-E-I-O

This farmer’s daughter knocked me out, E-I-E-I-O, aha

I asked MacDonald for her hand and pop, he hollered “Go”

With a little curve here and a little wiggle there

A goldang here and a goshdarn there

A dosey-do here and a promenade there

Got my own private county fair

‘Cause ol’ MacDonald had a farm, E-I-O-I-O

 

3. Twinkle, Twinkle, Little Star

Lagu berjudul Twinkle, Twinkle, Little Star adalah salah satu lagu yang biasa dinyanyikan pada si kecil sebagai lagu pengantar tidur. Lagu ini sebenarnya lagu bintang kecil versi bahasa Indonesia. Liriknya berasal dari awal abad ke-19 puisi Inggris oleh Jane Taylor, ‘The Star’. Oh ya, lagu ini telah diterjemahkan lebih dari 20 bahasa di dunia, lho.

Lirik lagu Twinkle, Twinkle, Little Star

 

How I wonder what you are

Up above the world so high

Like a diamond in the sky

Twinkle twinkle little star

How I wonder what you are

Twinkle twinkle little star

How I wonder what you are

Up above the world so high

Like a diamond in the sky

Twinkle twinkle little star

How I wonder what you are.

 

4. Do-Re-Mi Song

Bagi smart parents pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu Do Re Mi yang berasal dari film drama musikal bertajuk “The Sound of Music”. Selain belajar bahasa Inggris, lagu ini sangat cocok untuk belajar tangga nada. Karena lagu ini membahas tentang tangga nada do, re, mi, fa, so, la, si, do.

Lirik lagu Do Re Mi

 

Let’s start at the very beginning

A very good place to start

When you read you begin with A B C

When you sing you begin with Do Re Mi

Do Re Mi, Do Re Mi

The first three notes just happen to be

Do Re Mi, Do Re Mi

Do Re Mi Fa So La Ti

Let’s see if I can make it easier

 

Doe, a deer, a female deer

Ray, a drop of golden sun

Me, a name I call myself

Far, a long, long way to run

Sew, a needle pulling thread

La, a note to follow Sew

Tea, I drink with jam and bread

That will bring us back to Do, oh oh oh

 

5. Baa Baa Black Sheep

Ketika smart parents ingin mencari bahan media belajar bahasa Inggris anak melalui lagu, tentunya cenderung memilih nada ceria dan lirik yang menyenangkan sekaligus memberikan edukasi kepada anak-anak. Nah, lagu Baa Baa Black Sheep ini salah satunya. Lagu ini mengisahkan tentang biri-biri hitam. Anak bisa belajar bagaimana harus bersikap adil dan berbagi dalam aktifitas keseharian. 

Lirik lagu Baa Baa Black Sheep

 

Baa, baa, black sheep,

Have you any wool?

Yes, sir, yes, sir,

Three bags full;

One for the master,

And one for the dame,

And one for the little boy

Who lives down the lane.

 

Baa, baa, black sheep,

Have you any wool?

Yes, sir, yes, sir,

Three bags full.

 

6. Baby Shark

Siapa yang tidak kenal lagu anak berjudul “Baby Shark”? Irama lagu dan gerakan yang mudah diikuti membuat Baby Shark booming di berbagai kalangan, tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga ikut menyanyikannya. Smart parents bisa ajarkan pada si kecil tentang anggota keluarga melalui lagu ini.

Lirik lagu Baby Shark

 

Baby shark, doo doo doo, doo doo doo 3x

Baby shark

Mommy shark, doo doo doo, doo doo doo 3x

Mommy shark

Daddy shark, doo doo doo, doo doo doo 3x

Daddy shark

Grandma shark, doo doo doo, doo doo doo 3x

Grandma shark

Grandpa shark, doo doo doo, doo doo doo 3x

Grandpa shark

Let’s go hunt, doo doo doo, doo doo doo 3x

Let’s go hunt

Runaway, doo doo doo, doo doo doo 3x

Run away

Safe at last, doo doo doo, doo doo doo 3x

Safe at last

It’s the end, doo doo doo, doo doo doo 3x

Safe at last

 

7. You Are My Sunshine

Lagu anak-anak bahasa Inggris ini populer pada abad 20. Lagu ini menceritakan tentang rasa kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Lagu anak-anak dalam bahasa Inggris yang satu ini dipopulerkan oleh Johnny Cash, dan sudah di-cover oleh banyak penyanyi lain, seperti Christina Perri.

Lirik lagu You Are My Sunshine

 

The other night, dear

As I lay sleeping

I dreamed I held you, in my arms

When I awoke, dear

I was mistaken

So I hung my head and I cried

You are my sunshine

My only sunshine

You make me happy

When skies are gray

You’ll never know, dear

How much I love you

Please don’t take my sunshine away

I’ll always love you

And make you happy

And nothing else could come between

But if you leave me to allow another

You’ll have shattered all of my dreams

You are my sunshine

My only sunshine

You make me happy

When skies are gray

You’ll never know, dear

How much I love you

Please don’t take my sunshine away

8. Tomorrow

Mungkin sebagian besar dari smart parents sudah pernah mendengar lagu ini dari drama musikal Annie. Tomorrow adalah sebuah lagu anak-anak yang sangat mendunia. Lagu anak ini mengajak kita untuk tidak menyerah dan hari esok akan lebih baik dari hal buruk yang telah terjadi. Mengajak kita untuk memiliki harapan dan mempercayainya. Berikut ini liriknya: 

Lirik lagu Tomorrow

 

The sun’ll come out tomorrow

Bet your bottom dollar that tomorrow there’ll Be Sun

Just thinking about tomorrow

Clears away the cobwebs and the sorrow ’til there’s none

When I’m stuck with a day that’s gray and lonely

I stick out my chin and grin and say

The sun’ll come out tomorrow

So you gotta hang on ’til tomorrow, come what may

Tomorrow, tomorrow, I love you, tomorrow

You’re always a day away

Tomorrow, tomorrow, I love you, tomorrow

You’re always a day away

 

9. Que Sera Sera

Lagu yang dipopulerkan oleh Doris Day mungkin sudah tidak asing bagi smart parents. Lagu bahasa Inggris ini cocok untuk sang buah hati untuk belajar bahasa Inggris dan tidak khawatir akan masa depan.

Lirik lagu Que Sera Sera

 

When I was just a little girl

I asked my mother, what will I be

Will I be pretty? Will I be rich?

Here’s what she said to me

Que sera, sera

Whatever will be, will be

The future’s not ours to see

Que sera, sera

What will be, will be

When I grew up and fell in love

I asked my sweetheart what lies ahead?

Will we have rainbows day after day?

Here’s what my sweetheart said

Que sera, sera

Whatever will be, will be

The future’s not ours to see

Que sera, sera

What will be, will be

Now I have children of my own

They ask their mother, what will I be

Will I be handsome? Will I be rich?

I tell them tenderly

Que sera, sera

Whatever will be, will be

The future’s not ours to see

Que sera, sera

What will be, will be

Que sera, sera

10. London Bridge Is Falling Down

Ketika smart parents tidak hanya ingin mengajarkan anak untuk cakap berbicara bahasa Inggris dan ingin mengajarkan buah hati untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha. Ada banyak cara untuk mengajar si kecil untuk selalu berusaha, Salah satunya ialah melalui lagu anak bahasa Inggris yang satu ini. 

Lagu ini menceritakan tentang bagaimana Jembatan London runtuh berkali-kali. Setiap kali Jembatan London runtuh, jembatannya akan selalu diperbaiki. Mengindikasikan bahwa setiap kegagalan bukanlah akhir, melainkan kesempatan untuk memperbaiki. Simak liriknya berikut ini:

Lirik lagu London Bridge is Falling Down

 

London Bridge is falling down

Falling down, falling down

London Bridge is falling down

My fair lady

Build it up with iron bars

Iron bars, iron bars

Build it up with iron bars

My fair lady

Iron bars will bend and break

Bend and break, bend and break

Iron bars will bend and break

My fair lady

Build it up with gold and silver

Gold and silver, gold and silver

Build it up with gold and silver

My fair lady

London Bridge is falling down

Falling down, falling down

London Bridge is falling down

M-y f-a-i-r l-a-d-y

 

11. Are You Sleeping

Siapa smart parents di sini yang menggunakan lagu ini untuk meninabobokan anaknya..? Ternyata setelah dilihat dari liriknya lagu ini bukan lagu pengantar tidur, lho. Lagu ini justru mengajak anak kita untuk bangun pagi. Namun memang nada dari lagu tersebut sangat menenangkan, jadi dapat dipahami mengapa banyak dari kita yang menyanyikan lagu ini untuk menidurkan si kecil. Kita bisa melihat bahwa lagu ini mengajak anak untuk bangun dengan lirik sebagai berikut:

Lirik lagu Are You Sleeping

 

Are you sleeping, are you sleeping

Brother John, Brother John?

Morning bells are ringing

Morning bells are dinging

Ding-dang-dong, ding-dang-dong

Frère Jacques, Frère Jacques

Dormez-vous, dormez-vous?

Sonnez le matines, sonnez le matines

Ding-dang-dong, ding-dang-dong

Are you sleeping, are you sleeping

Brother John, Brother John?

Morning bells are ringing

Morning bells are dinging

Ding-dang-dong, ding-dang-dong

 

12. Johnny, Johnny Yes Papa

Selain mengajarkan anak untuk bisa berbicara bahasa Inggris dan kemampuan lainnya, ada kemampuan yang penting untuk buah hati kita miliki, yaitu kemampuan untuk merespon. Dengan lagu anak yang satu ini, smart parents dapat melatih anak untuk bisa merespon terhadap apa yang kita sampaikan kepada mereka. Misalnya kita memanggil si kecil, mereka merespon. Kita menanyakan sesuatu, mereka menjawab sesuai pertanyaannya.

Lirik lagu Johnny, Johnny, Yes, Papa!

 

Johny, Johny..

Yes Papa..

Eating Sugar..

No Papa..

Telling Lies..

No Papa..

Open your mouth..

Hahahaha

 

13. Five Little Monkeys Jumping on The Bed

Ada beberapa lagu yang dapat digunakan sebagai metode mengajaran anak menghitung. Salah satunya adalah lagu berjudul Five Little Monkeys. Dalam lirik lagu ini terdapat perhitungan mundur dari angka 5 ke angka 1, dan dapat dijadikan sebagai ilmu dasar menghitung dalam bahasa Inggris.

Lirik lagu Five Little Monkeys

 

Five little monkeys jumping on the bed

One fell off and bumped his head

Mama called the doctor and the doctor said

“No more monkeys jumping on the bed!”

 

Four little monkeys jumping on the bed

One fell off and bumped his head

Mama called the doctor and the doctor said

“No more monkeys jumping on the bed!”

 

Three little monkeys jumping on the bed

One fell off and bumped his head

Mama called the doctor and the doctor said

“No more monkeys jumping on the bed!”

 

Two little monkeys jumping on the bed

One fell off and bumped his head

Mama called the doctor and the doctor said

“No more monkeys jumping on the bed!”

 

One little monkey jumping on the bed

He fell off and bumped his head

Mama called the doctor and the doctor said

“Put those monkeys right to bed!”

 

14. Five Little Ducks

Five Little Ducks adalah sebuah lagu yang mengajarkan cara menghitung dalam bahasa Inggris. Mirip dengan Five Little Monkeys, terjadi pengulangan dalam lirik-liriknya sehingga dapat memudahkan anak untuk memahami angka-angka dalam bahasa Inggris. The song is about mommy duck who calls her ducklings after they went over the hill.

Lirik lagu Five Little Ducks

 

Five little ducks went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

But only four little ducks came back.

1, 2, 3, 4.

Four little ducks went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

But only three little ducks came back.

1, 2, 3.

Three little ducks went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

But only two little ducks came back.

1, 2.

Two little ducks went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

But only one little duck came back.

1.

One little duck went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

But none of the five little ducks came back.

 

Sad mother duck went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

And all of five little ducks came back.

 

Five little ducks went out one day.

Over the hill and far away.

Mother duck said, “Quack, quack, quack, quack.”

And all of the five little ducks came back! 

 

15. Mary Had a Little Lamb

Lagu dibuat dari berbagai macam kejadian. Ada yang berupa interpretasi, berupa ekspresi, ada juga yang berasal dari kejadian nyata. Salah satu lagu yang berasal dari kejadian nyata adalah lagu berjudul Mary Had a Little Lamb. Lagu ini berdasarkan kisah seorang guru yang memiliki seorang murid bernama Mary yang memiliki seekor domba sebagai hewan peliharannya, yang mengikuti Mary ke mana pun ia pergi.

Lirik Lagu Mary Had a Little Lamb

 

Mary had a little lamb,

Little lamb, little lamb,

Mary had a little lamb,

Its fleece was white as snow.

 

And everywhere that Mary went,

Mary went, Mary went,

Everywhere that Mary went,

The lamb was sure to go.

 

It followed her to school one day,

School one day, school one day,

It followed her to school one day,

That was against the rule.

 

It made the children laugh and play,

Laugh and play, laugh and play,

It made the children laugh and play

To see a lamb at school.

 

And so the teacher turned it out,

Turned it out, turned it out,

And so the teacher turned it out,

But still, it lingered near…

 

And waited patiently about,

Patiently about, patiently about,

And waited patiently about,

Till Mary did appear.

 

“Why does the lamb love Mary so?

Mary so? Mary so?

Why does the lamb love Mary so?”

The eager children cry.

 

“Why, Mary loves the lamb, you know,

The lamb, you know, the lamb, you know!

Why Mary loves the lamb, you know.”

The teacher did reply.

 

Demikian rekomendasi 15 lagu anak-anak dalam bahasa Inggris. Smart parents dapat menggunakan lagu-lagu ini menjadi salah satu metode mengajar bahasa Inggris yang efektif. Selain mengajarkan anak melalui lagu, smart parents juga bisa mendaftarkan sang buah hati ke English Academy jenjang Dasher. Program pembelajaran di jenjang ini sudah disesuaikan dengan usia si kecil. Tunggu apa lagi, ayo daftar sekarang juga!

IDN CTA Blog English Academy Dasher 2022

Referensi:

 

Lynch, Larry. 2022. 9 Reasons Why You Should Use Songs to Teach EFL. (Online at) https://www.eslbase.com/teaching/using-songs-to-teach-efl [accessed 20 April 2022]

TheAsianParent. ND. Fun Ways to Use Songs to Teach English to Children. (Online at) https://sg.theasianparent.com/use-songs-to-teach-english-to-children [accessed on 20 April 2022]

Kryza, Andi, dkk. 2021. Fun Ways to Use Songs to Teach English to Children. (Online at) https://www.timeout.com/music/best-kids-songs [accessed on 20 April 2022]

Parenting Desk. 2018. 7 English classic songs to sing out loud with children. (Online at) https://indianexpress.com/article/parenting/events-things-to-do/english-classic-songs-children-5494230/ [accessed on 20 April 2022]

Muhammad Azka Rais