Pengertian dan Macam Bentuk dari Affixes

Adella Indah Nurjanah Apr 21, 2021 • 3 min read


Mengenal bentuk bentuk affixesArtikel ini menjelaskan tentang pengertian dan macam bentuk dari Affixes, kata-kata dalam Bahasa Inggris yang biasa kita dengar. Apa itu Affixes? Seperti apa bentuk-bentuknya?

--

Pernah nggak sih kamu mendengar kata-kata seperti disagree, brotherhood, handsful, dsb? Kata-kata tersebut memiliki imbuhan atau bagian kata yang diletakkan di awal, tengah, dan akhir pada kata asli nya loh! Ini yang biasanya dikenal sebagai affixes. Apakah affixes itu, dan bagaimana saja bentuknya? Mari kita bahas bersama.

Pengertian Affix

Seperti yang disebutkan di awal, bahwa Affix ini adalah sebuah bagian kata yang bisa ditambahkan di awal, tengah atau sisipan, dan akhir dari kata dasar (rooted words). Nah, tujuan dari penambahan bagian kata ini, digunakan untuk membentuk kata baru, yang pastinya akan memberikan makna yang berbeda pula dari kata asli.

Jika affix ditambahkan di awal maka ia disebut prefix. Jika di tengah atau disisipkan, maka disebut infix dan jika di akhir maka disebut suffix. Lihat gambaran di bawah ini ya!

bentuk-bentuk affixes

Setelah mengenal tentang Affix dan macam-macamnya, untuk kali ini kita akan terlebih dahulu membahas tentang bentuk Affix yang terletak di awal kata (prefix) dan tengah kata (infix). Mari kita bahas bersama!

Baca juga: Tips Menghadapi IELTS Reading

Macam Bentuk Affix

Prefix

Prefix merupakan tambahan kata yang terletak diawal kata asli (rooted words). Dengan menambahkannya prefix, akan membuat kata asli ini memiliki makna yang  berbeda dari semulanya.

Penambahan prefix biasanya ditujukan untuk menunjukkan kalimat negatif (negation), selain itu dapat juga untuk mengungkapkan hubungan waktu, cara, ataupun tempat. Apa saja contoh dari prefix? Perhatikan tabel berikut ini. 

Contoh-contoh prefix

Contoh kata-kata prefix

Infix

Jika prefix adalah imbuhan kata yang terletak di depan rooted words, maka Infix adalah imbuhan yang diletakkan di tengah atau disisipkan pada rooted words. Biasanya, kita menggunakan infix dalam keadaan yang informal.

Dalam bahasa inggris pula, sebenarnya kita cukup jarang menemukan bentuk infix ini. Kita biasanya menemukan bentuk infix dalam bentuk jamak dari beberapa kata. Kata-kata tersebut contohnya; cupful, spoonful, dan passerby dapat dibuat jamak sebagai cupsful, spoonsful, dan passersby, menggunakan "s" sebagai infix nya. Untuk lebih memahami tentang infix, simak tabel dibawah ini ya.

contoh kata-kata infix

Nah, bagaimana sampai sini sudah paham belum mengenai pengertian dan macam bentuk dari affixes khususnya prefix dan infix? Ada juga nih penjelasan mengenai satu lagi bentuk dari affix yaitu, suffix. Kamu bisa banget menggunakan prefix saat ingin mengubah makna kata menjadi kedalam bentuk negation (negatif), untuk menunjukkan cara, waktu, atau tempat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan infix pada kata tertentu saat ingin menunjukkan bentuk jamak nya. Kalau masih bingung, tenang aja, kamu bisa belajar secara intensif bareng tutor-tutor profesional yang jago banget, yuk cus belajar di English Academy, dan pilih sesuai kategorimu!

New call-to-action

Profile

Adella Indah Nurjanah

Beri Komentar