Irregular Verbs: 199 Kata Kerja Tidak Beraturan & Contoh Penggunaannya

irregular verb kata kerja tidak beraturan

I read a romance book last night.
Pada contoh kalimat di atas ada kata last night, artinya kegiatan tersebut dilakukan pada waktu lampau. Tapi kok kata kerjanya tetap read? Soalnya, read termasuk irregular verbs, alias kata kerja tidak beraturan. Yuk, belajar tentang irregular verb dan daftar kosakata lengkapnya di artikel ini!
--

Kalau ingin mahir berbahasa Inggris, maka kita harus siap untuk menghafal semua jenis kata kerja (verbs) yang ada dalam bahasa Inggris. Nah, salah satu jenis kata kerja yang paling populer adalah irregular verb atau kata kerja tidak beraturan. 

Seperti yang sudah kita bahas dalam artikel Apa Itu Clause (Klausa): Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya, kata kerja merupakan komponen penting dalam pembentukan sebuah kalimat untuk menghasilkan sebuah ide atau makna yang terkandung di dalamnya.

Tapi ingat,  jika kita membentuk kalimat dengan rumus tenses, maka kata kerja (verb) yang digunakan pun harus sesuai. Maka dari itu, mari mengenal apa itu irregular verb, kapan kata kerja yang satu ini bisa digunakan dalam sebuah tenses, dan apa perbedaaan irregular verb dengan regular verb. Lengkap dengan 191 daftar verb-nya, lo!

 

Apa Perbedaan Irregular Verb dan Regular Verb?

 

irregular verb adalah

 

Irregular verb adalah kata kerja yang verb 2, dan verb 3-nya bisa berubah dari base form, atau bahkan sama sekali tidak berubah, sedangkan regular verb memiliki kesamaan dalam bentuk verb 2 dan verb 3-nya (menambahkan -d/-t/-ed).

Artinya, irregular verb tidak dibentuk dengan mengikuti aturan grammar yang biasa. Nah, yang menggunakan cara ‘normal’ dalam dari kata kerja dalam bahasa Inggris adalah regular verb

Contoh irregular verb adalah eat, ate, eaten, sedangkan contoh regular verb adalah play, played, played.

Intinya, kata kerja reguler merupakan verb yang mengikuti aturan standar dalam penciptaan bentuk past dan past participle yang sederhana. Sementara itu, irregular verb adalah kata kerja yang melawan aturan grammar dalam bahasa Inggris sehingga memiliki bentuk past dan past participle yang bervariasi.

 

Bagaimana Sejarah Irregular Verb?

Menurut Bernard O'Dwyer, yaitu seorang penulis buku mengenai grammar, ia mengatakan bahwa irregular verbs hadir sejak periode bahasa Inggris Kuno. 

Jadi, masyarakat di zaman tersebut memisahkan kata kerja ke dalam dua kategori, yaitu ‘strong verb’ alias kata kerja kuat, dan juga ‘weak verbs’ yaitu kata kerja lemah. 

Untuk verb yang dianggap kuat, pada bentuk past tense dan past participle-nya ditandai dengan ablaut atau gradasi vokal (perubahan vokal untuk menandai berbagai fungsi tata bahasa dalam seni linguistik) yang menjadi cikal bakal irregular verbs.

Sementara itu, untuk kata kerja yang ‘lemah’, cukup diberikan suffix pada akhir kata (-ed/-d/-t). Nah, inilah yang sekarang kita sebut sebagai regular verb.

 

Penasaran nggak, saat ini kemampuanmu di bidang bahasa Inggris sudah sejauh mana? Coba tes di Placement Test Gratis English Academy, yuk! Nanti, kamu juga berkesempatan untuk dihubungi Personal Consultant buat tahu skill bagian mana yang harus di-improve. Plus, bersertifikat! Tes sekarang juga!

Placement Test English Academy

 

Apa Ciri-ciri Irregular Verbs?

Sebelum membahas ciri-cirinya, perlu kamu ingat bahwa sebuah verb pasti memiliki base form atau kata kerja dasar yang asli (belum berubah bentuk). And yap, kita juga biasa menyebutnya dengan verb 1. 

Saat base form ditambahkan verb -ing pada akhir kata seperti read menjadi reading, maka ia berubah menjadi gerund. Lalu, jika di depan base verb terdapat kata ‘to’ seperti yang asalnya read jadi to read, maka ia dinamakan sebagai infinitive.

Nah, kalau irregular verb, dia akan berubah jika digunakan dalam past tense (verb 2) dan past participle (verb 3). Artinya, jenis kata kerja yang satu ini memiliki kaitan erat dengan tenses bahasa Inggris, as we mentioned before.

Supaya bisa memahami dengan mudah, secara umum berikut ciri-ciri irregular verbs dalam bentuk past tense dan participle:

  • Irregular verb hampir tidak pernah memiliki akhiran -ed. Contohnya seperti ate, fought, swam, dan given.
  • Dalam irregular verbs, kata kerja yang memiliki huruf vowel (vokal) pada bagian tengah verb biasanya akan berubah dari base form. Contoh seperti begin yang verb 2-nya berubah menjadi began. Contoh lain adalah froze yang berubah dari kata kerja asal freeze.

 

Jenis-jenis Pola Irregular Verbs

Kamu tahu nggak, kata kerja tidak beraturan memiliki berbagai jenis pola saat akan diubah menjadi past tense dan past participle. Simak berbagai polanya berikut ini!

1. Past Tense (Verb 2)

  • Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mengubah base form menjadi past tense, salah satu polanya adalah dengan mengubah huruf vokal yang ada di bagian tengah kata kerja. Misalnya kata kerja drive yang berubah menjadi drove.
  • Ada pun kata kerja lain yang mengharuskan kamu untuk mengubah susunan huruf vokal pada base form, dan menambahkan akhiran yang baru. Contoh seperti kata eat yang menjadi ate.
  • Salah satu akhiran past tense dari irregular verb yang paling umum adalah -t (feel menjadi felt). Selain itu, bisa juga diakhiri dengan huruf -d (tell → told) atau -ght (bring → brought ).
  • Umumnya, ketika base form sebuah irregular verb memiliki akhiran -ck/-e/-g/-ght/n, maka  bentuk past tense-nya pun akan tetap memiliki akhiran yang sama. Contoh seperti: Stick → stuck, ring → rang, fight → fought.

2. Past Participles (Verb 3)

Tak jauh berbeda dengan verb 2 (past tense), pada verb 3 pun, suatu kata kerja tidak beraturan bisa memiliki pola yang vokalnya berubah, ditambahkan dengan akhiran kata yang baru, atau keduanya. 

Tapi, perlu digaris bawahi kalau perubahan huruf vokal dan juga suffix dalam past participle sering (tapi tidak selalu) berbeda dengan perubahan yang terjadi pada past tense.

Contoh, ada past participle yang pada akhir verb harus ditambahkan -en, -n, atau -ne, dan ini sangat berbeda bentuknya dengan verb 2. Misalnya seperti base form dari drive, verb 2-nya adalah drove, tapi pada past participle berubah menjadi driven.

Agar semakin paham, ayo kenalan lebih dekat dengan berbagai pola dari past participle!

2.1 Pola Umum dalam Irregular Verbs Bentuk Past Participle

a. Sebelumnya, kita sudah pernah membahas berbagai macam irregular verbs dalam artikel simple past tense. Kalau sudah baca artikel tersebut, tentunya kamu paham bahwa  terkadang ada verb 2 dan verb 3 yang bentuknya sama. Nah, semua kata kerja yang masuk dalam kategori ini memiliki setidaknya satu dari karakteristik berikut:

  • Jika bentuk lampau regular verbs dikenal dengan akhiran -d/-ed/-t, maka pada irregular verbs, akhiran verb dalam bentuk past tense dan past participle yang paling umum ditemukan adalah -t, -ght, dan -d. Contohnya seperti swept, caught, dan sold.
  • Terkadang pada akhiran base form, past tense, dan past participle memiliki pola yang sama. Pola ini sering terjadi ketika akhiran dari base form-nya adalah -ck, -g , -ght , atau -ne .
  • Ada beberapa irregular verb yang bentuk past tense dan past participle-nya tidak bisa ditambah akhiran -en, -n, atau -ne, karena pada base form-nya sudah mengandung salah satu dari ketiga akhiran tersebut. Contoh seperti shine/shone/shone.Jika dilihat dari contoh tersebut, maka yang berubah hanyalah pada huruf vokal yang terletak di bagian tengah.

b. Seperti yang sudah dibahas di atas, selain -t, -ght, dan -d, akhiran lain yang sering ditemukan pada irregular verbs untuk verb 2 dan verb 3 adalah -en, -n, atau -ne. Contoh seperti eaten, give, done, dan lain-lain.

c. Kamu akan menemukan beberapa kata kerja, yang mana mulai dari base form, past tense, hingga past participle memiliki bentuk yang sama. Bentuk dasar dari verb ini biasanya memiliki akhiran huruf -t. Misal seperti put atau set.

Tapi, nggak semua verb berakhiran -t memiliki pola yang sama. Misal kayak connect atau visit yang justru termasuk sebagai regular verb

d. Sometime, akhiran vokal i pada base form akan berubah menjadi a dalam past tense (verb 2), kemudian pasa past participle berubah dari a menjadi u. Contoh begin, began, begun.

2.2. Pola yang Jarang Ditemukan dalam Irregular Verbs

Kita sudah membahas pola umum dalam perubahan irregular verbs. Sekarang, kamu juga harus mengenal tiga macam pola yang ‘langka’ pada irregular verbs.

a. Base form dan past participle memiliki bentuk yang sama. Berikut empat kata kerja yang masuk ke dalam kategori ini:

Base Form

Past 

Past Participle

Run

Ran

Run

Come

Came

Come

Become

Became

Become

Overcome

Overcame

Overcome


b. Adapun
irregular verb yang bentuk base form, past, dan past participle-nya sangat berbeda. Contoh:

Base form: Fly
Past: Flew
Past participle: Flown


c. Terakhir, yaitu ada kata kerja tak beraturan yang base form dan past tense-nya sama. Contoh:

Base form: Beat
Past: Beat
Past participle: Beaten

 

Kapan Menggunakan Irregular Verbs?

Irregular verb digunakan saat membuat kalimat simple past tense atau tenses lainnya yang menggunakan past participle (contohnya seperti past perfect tense). Selain itu, irregular verbs (bagian V3) pun digunakan dalam passive voice.

Sebetulnya, irregular verbs bisa kita pakai saat ingin mengungkapkan suatu kalimat dalam bentuk simple present tense (yang digunakan bagian verb 1/base form). Tapi, verb 2 dan verb 3 dari irregular verb hanya digunakan pada tenses yang bersifat lampau.

Baca Juga: Past Perfect Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus, dan Contoh Kalimat

 

Contoh Kalimat Irregular Verbs

Setelah memahami penjelasan di atas, coba lihat contoh kalimat menggunakan irregular verbs di bawah ini!

 

contoh regular verb contoh irregular verb

 

1. Lead, led, led

  • Simple present tense: Mr. Handaya leads 25 people in his team.
  • Simple past tense: Last month, Sasha led a business meeting with a client.
  • Past perfect tense: When I arrived in Bandung, my sister had already led a meeting between our family and my fiance's family.

2. Sing, Sang, Sung

  • Simple present tense: I want to sing a love song at his birthday party.
  • Simple past tense: He sang at my cafe last night.
  • Past perfect tense: Had your sister sung the rock song before he went home yesterday? 

3. Hit, Hit, Hit

  • Simple present tense: My dad hit that bad guy.
  • Simple past tense: Riri hit her boyfriend who was caught cheating yesterday.
  • Past perfect tense: Bima had already hit Leo when I called the police.

Agar semakin paham, ayo kita bandingkan dengan contoh kalimat regular verbs di bawah ini!

4. Play, played, played

  • Simple present tense: I play football with Alfi every day.
  • Simple past tense: Last night, Azka played golf at the Jababeka course with his father.
  • Past perfect tense: Meta had played chess with her boyfriend after her father came home.

5. Move, moved, moved

  • Simple present tense: I want to move to Japan.
  • Simple past tense: My sister moved to sleep in my room last night.
  • Past perfect tense: She had not moved to Korea before she studied Korean language.

 

Daftar Irregular Verbs dan Artinya

Dalam bahasa Inggris, ada sekitar 199 regular verbs (kata kerja tidak beraturan) yang sering digunakan. Yuk, lihat list-nya di bawah ini!

 

NUMBER BASE FORM (VERB 1) SIMPLE PAST (VERB 2) PAST PARTICIPLE (VERB 3) ARTINYA
1 Abide Abode/Abided Abode/Abided/Abidden Tinggal
2 Alight Alit Alit/Alighted Turun
3 Arise Arose Arisen Timbul
4 Awake Awoke Awoken Bangun
5 Be Was/Were Been Menjadi
6 Bear Bore Borne Beruang
7 Beat Beat Beaten Mengalahkan
8 Become Became Become Menjadi
9 Begin Began Begun Mulai
10 Behold Beheld Beheld Melihat
11 Bend Bent Bent Membengkokkan
12 Bet Bet Bet Bertaruh
13 Bid Bade Bidden Penawaran
14 Bind Bind Bound Mengikat
15 Bite Bit Bitten Menggigit
16 Bleed Bled Bled Berdarah
17 Blow Blew Blown Meniup
18 Break Broke Broken Merusak
19 Breed Bred Bred Keturunan
20 Bring Brought Brought Membawa
21 Build Built Built Membangun
22 Burn Burnt Burnt Membakar
23 Burst Burst Burst Meletus
24 Bust Bust Bust Menyergap
25 Buy Bought Bought Membeli
26 Cast Cast Cast Pemeran
27 Catch Caught Caught Menangkap
28 Choose Chose Chosen Memilih
29 Cling Clung Clung Melekat
30 Clothe Clad Clad Menutupi
31 Come Came Come Datang
32 Cost Cost Cost Biaya
33 Creep Crept Crept Orang aneh
34 Cut Cut Cut Memotong
35 Deal Dealt Dealt Sepakat
36 Dig Dug Dug Menggali
37 Dive Dove/Dived Dove/Dived Menyelam
38 Do Did Done Mengerjakan
39 Draw Drew Drawn Seri
40 Dream Dreamt Dreamt Mimpi
41 Drink Drank Drunk Minum
42 Drive Drove Driven Menyetir
43 Dwell Dwelt Dwelt Tinggal
44 Eat Ate Eaten Makan
45 Fall Fell Fallen Jatuh
46 Feed Fed Fed Memberi makan
47 Feel Felt Felt Merasa
48 Fight Fought Fought Bertarung
49 Find Found Found Menemukan
50 Fit Fit Fit Bugar
51 Flee Fled Fled Kabur
52 Fling Flung Flung Melemparkan
53 Fly Flew Flown Terbang
54 Forbid Forbade Forbidden Melarang
55 Foresee Foresaw Foreseen Meramalkan
56 Forget Forgot Forgotten Lupa
57 Forgive Forgave Forgiven Memaafkan
58 Forsake Forsook Forsaken Meninggalkan
59 Freeze Froze Frozen Membekukan
60 Frostbite Frostbit Frostbitten Radang dingin
61 Get Got Got Mendapatkan
62 Give Gave Given Memberi
63 Go Went Gone Pergi
64 Grind Ground Ground Menggiling
65 Grow Grew Grown Tumbuh
66 Handwrite Handwrote Handwritten Tulisan tangan
67 Hang Hung Hung Menggantung
68 Have Had Had Memiliki
69 Hear Heard Heard Mendengar
70 Hide Hid Hidden Bersembunyi
71 Hit Hit Hit Memukul
72 Hold Held Held Memegang
73 Hurt Hurt Hurt Terluka
74 Inlay Inlaid Inlaid Tatahan
75 Keep Kept Kept Menyimpan
76 Kneel Knelt Knelt Berlutut
77 Knit Knit Knit Merajut
78 Know Knew Known Tahu
79 Lay Laid Laid Berbaring
80 Lead Led Led Memimpin
81 Lean Leant Leant Bersandar
82 Leap Leapt Leapt Melompat
83 Learn Learnt Learnt Mempelajari
84 Leave Left Left Meninggalkan
85 Lend Lent Lent Meminjamkan
86 Let Let Let Membiarkan
87 Lie Lay Lain Berbohong
88 Light Lit Lit Menerangi
89 Lose Lost Lost Kehilangan
90 Make Made Made Membuat
91 Mean Meant Meant Berarti
92 Meet Met Met Bertemu
93 Melt Melted Molten Meleleh
94 Mislead Misled Misled Menyesatkan
95 Mistake Mistook Mistaken Kesalahan
96 Misunderstand Misunderstood Misunderstood Salah paham
97 Mow Mowed Mown Memotong rumput
98 Overdraw Overdrew Overdrawn Penarikan berlebih
99 Overhear Overheard Overheard Menguping
100 Overtake Overtook Overtaken Menyusul
101 Pay Paid Paid Membayar
102 Preset Preset Preset Prasetel
103 Prove Proved Proven Membuktikan
104 Put Put Put Taruh
105 Quit Quit Quit Berhenti
106 Read Read Read Membaca
107 Rid Rid Rid Menyingkirkan
108 Ride Rode Ridden Mengendarai
109 Ring Rang Rung Cincin
110 Rise Rose Risen Bangkit
111 Rive Rived Riven Membelah
112 Run Ran Run Lari
113 Saw Sawed Sawn Gergaji
114 Say Said Said Mengatakan
115 See Saw Seen Melihat
116 Seek Sought Sought Mencari
117 Sell Sold Sold Menjual
118 Send Sent Sent Kirim
119 Set Set Set Mengatur
120 Sew Sewed Sewn Menjahit
121 Shake Shook Shaken Menggoyang
122 Shave Shaved Shaven Mencukur
123 Shear Shore Shorn Mencukur
124 Shed Shed Shed Gudang
125 Shine Shone Shone Bersinar
126 Shoe Shod Shod Sepatu
127 Shoot Shot Shot Menembak
128 Show Showed Shown Menunjukkan
129 Shrink Shrank Shrunk Menyusut
130 Shut Shut Shut Ditutup
131 Sing Sang Sung Menyanyi
132 Sink Sank Sunk Tenggelam
133 Sit Sat Sat Duduk
134 Slay Slew Slain Membunuh
135 Sleep Slept Slept Tidur
136 Slide Slid Slid Menggeser
137 Sling Slung Slung Pengumban
138 Slink Slunk Slunk menyelinap
139 Slit Slit Slit Celah
140 Smell Smelt Smelt Bau
141 Sneak Snuck Snuck Menyelinap
142 Sow Sowed Sown Menabur
143 Speak Spoke Spoken Berbicara
144 Speed Sped Sped Kecepatan
145 Spell Spelt Spelt Mengeja
146 Spend Spent Spent Membelanjakan
147 Spill Spilt Spilt Tumpahan
148 Spin Span Spun Putaran
149 Spit Spat Spat Meludah
150 Split Split Split Membelah
151 Spoil Spoilt Spoilt Memanjakan
152 Spread Spread Spread Sebaran
153 Spring Sprang Sprung Musim semi
154 Stand Stood Stood Berdiri
155 Steal Stole Stolen Mencuri
156 Stick Stick Stuck Tongkat
157 Sting Stung Stung Menyengat
158 Stink Stank Stunk Bau
159 Stride Strode Stridden Melangkah
160 Strike Struck Struck Memukul
161 String Strung Strung Rangkaian
162 Strip Stripped/Stript Stripped/Stript Mengupas
163 Strive Strove Striven Berjuang
164 Sublet Sublet Sublet Menyewakan lagi
165 Sunburn Sunburnt Sunburnt Terbakar sinar matahari
166 Swear Swore Sworn Bersumpah
167 Sweat Sweat Sweat Keringat
168 Sweep Swept Swept Menyapu
169 Swell Swelled Swollen Membengkak
170 Swim Swam Swum Berenang
171 Swing Swung Swung Mengayun
172 Take Took Taken Mengambil
173 Teach Taught Taught Mengajar
174 Tear Tore Torn Merobek
175 Tell Told Told Memberi tahu
176 Think Thought Thought Memikirkan
177 Thrive Throve Thriven Berkembang pesat
178 Throw Threw Thrown Melemparkan
179 Thrust Thrust Thrust Dorongan
180 Tread Trod Trodden Tapak
181 Undergo Underwent Undergone Menjalani
182 Understand Understood Understood Memahami
183 Undertake Undertook Undertaken Melakukan
184 Upset Upset Upset Kecewa
185 Vex Vext/Vexed Vext/Vexed Menyusahkan
186 Wake Woke Woken Bangun
187 Wear Wore Worn Memakai
188 Weave Wove Woven Menenun
189 Wed Wed Wed Menikahi
190 Weep Wept Wept Menangis
191 Wend Went Went Pergi ke
192 Wet Wet Wet Basah
193 Win Won Won Menang
194 Wind Wound Wound Angin
195 Withdraw Withdrew Withdrawn Menarik
196 Withhold Withheld Withheld Menahan
197 Withstand Withstood Withstood Menahan
198 Wring Wrung Wrung Memeras
199 Write Wrote Written Menulis

 

Yeay, selesai! Semoga artikel irregular verbs ini bisa bantu kamu untuk semakin paham materi tentang kata kerja tidak beraturan, bagaimana bedanya dengan kata kerja beraturan (regular verb), serta bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Sekarang, kamu dapat berlatih untuk membuat kalimat menggunakan list kata kerja di atas sendirian. Ingat, tetap sesuaikan dengan rumus tenses-nya ya! Selain itu, berlatih dengan cara membuat passive voice dan active voice juga bisa jadi ide yang bagus.

Nah, cara buat cek apakah hasil latihan-mu sudah benar atau belum, better kamu tanyakan pada pengajar yang sudah ahli dan berpengalaman di English Academy. Soalnya, pengajarnya nggak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri (native speaker). Belajarnya pun pakai kurikulum Cambridge. Keren kan? Cobain kelas gratis-nya dulu, yuk!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

Referensi:

English Grammar 101. Irregular Verbs. Online. Available at https://www.englishgrammar101.com/module-3/verbs-types-tenses-and-moods/lesson-7/irregular-verbs. Accessed 25 October 2022.

Thought Co. What are Irregular Verbs in English?. Online. Available at https://www.thoughtco.com/irregular-verb-english-grammar. Accessed 25 October 2022.

Key Differences. Difference Between Regular and Irregular Verbs. Online. Available at https://keydifferences.com/difference-between-regular-and-irregular-verbs.html. Accessed 26 October 2022.

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!