Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris, Ternyata Ini Perbedaan AM dan PM

cara membaca jam dalam bahasa inggris

Diana: "Eh, perbedaan am dan pm itu apa, sih?"
Nana: "AM digunakan untuk menunjukkan waktu di pagi hari, kalau PM itu di malam hari. Tapi aku nggak tau apa arti lebih detail dari AM sama PM. Untuk lebih jelasnya, kita baca artikel English Academy aja, yuk?"
Diana: "Ayo, caw!"

--

Hi guys, apakah kamu termasuk orang yang belum paham bagaimana cara membaca jam dalam bahasa Inggris? Pasalnya, jam dalam bahasa inggris bukan hanya tentang perbedaan am dan pm seperti obrolan Diana dan Nana pada kalimat di atas.

Jadi, dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, ada banyak cara untuk menyatakan waktu pada lawan bicara. Mulai dari yang mudah hingga yang to the next level.

Sini, biar English Academy spill bagaimana cara membaca jam dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Enjoy reading this article and make sure to take some notes!

 

1. Perbedaan AM dan PM

AM adalah singkatan dari ‘Ante Meridiem' dengan arti ‘Before Midday' atau sebelum tengah hari yang dimulai sejak 00:00 - 11:59, sedangkan PM singkatan dari ‘Post Meridiem', dalam bahasa Inggris disebut juga dengan ‘After Midday' atau setelah tengah hari yang dimulai pada 12:00 - 23:59.

Beda PM dan AM terletak pada waktunya. AM dimulai dari tengah malam, dini hari, hingga pagi menjelang siang, sedangkan PM berlaku sejak siang, sore, hingga tengah malam.

 

perbedaan am dan pm

 

Kedua istilah populer ini berasal dari bahasa Latin. Oh ya, penggunaan AM dan PM berpusat pada waktu di tengah hari dengan format 12 jam. 

 

Berbagai Macam Penulisan AM dan PM saat Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Sebetulnya, AM dan PM tidak perlu ditulis dengan huruf kapital. Jadi, tidak ada aturan yang terlalu strict. Berikut beberapa format penulisan yang bisa kamu pilih:

  • 10PM (Huruf kapital tanpa ‘.’ dan spasi)
  • 10 PM (Menggunakan kapital tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 10 am (Huruf kecil tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 10 a.m. (Huruf kecil disertai ‘.’ dengan spasi)
  • 10:05 p.m. (Huruf kecil disertai ‘.’ dan ‘:’ dengan spasi)
  • 10:15 P.M. / 9.15 P.M (Huruf kapital disertai ‘.’ atau ‘:’ dengan spasi)

    Hindari penulisan AM dan PM dengan format berikut ini:
  • 10:00a.m. (Huruf kecil dengan ':' dan '.' tanpa spasi)
  • 10:15p.m. (Huruf kecil dengan ':' dan '.' tanpa spasi)

Nah, kalau format yang dipakai adalah a.m. atau p.m. dengan posisi di akhir kalimat, maka kamu tidak perlu menambahkan lagi tanda titik (period). Jadi, tetap "a.m." bukan "a.m.." ya!

Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan AM dan PM kalau sebuah waktu sudah diungkapkan melalui frasa. Misal "this afternoon pm" yang harusnya cukup "this afternoon" saja.

Baca Juga: Punctuation (Tanda Baca Bahasa Inggris) Beserta Arti dan Contohnya

 

Kapan AM dan PM Tidak Boleh Digunakan?

Seperti yang kita bahas sebelumnya, format AM dan PM digunakan dalam format "12 jam". Artinya, kalau yang kamu pakai adalah format 24 jam, maka tidak perlu menyertakan AM dan PM, guys.

Kamu tahu nggak? Jam "24 jam" dikenal juga sebagai jam militer. Jam ini dimulai dengan pukul 00:00 alias pada tengah malam (midnight) yang menandakan dimulainya hari dan tanggal yang baru. 

Nah, jam "24 hours" akan berhenti pada pukul 23:59. Biasanya jam "24 hours" lebih mudah untuk dipahami, khususnya bagi orang Indonesia. Pasalnya, pada waktu tersebut angkanya tidak berulang. 

 

Masih kebingunan bagaimana cara membaca jam dalam bahasa Inggris? Coba tanya sama ahlinya, deh, Belajarnya langsung dengan guru internasional di English Academy biar lebih afdol. Cobain dulu Kela Gratis-nya, yuk!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

Bagaimana Cara Membedakan Jam 12 (Tengah Malam atau Siang ) dalam Format AM dan PM? 

Salah satu hal yang membingungkan dari sistem "12 jam" adalah bagaimana cara menjelaskan bahwa suatu hal akan terjadi di jam 12 siang, atau jam 12 malam.

Nah, karena dalam sistem "12 jam" ada angka "12" yang berulang (2 kali), bagaimana cara membedakannya? For your information, negara-negara berbahasa Inggris biasa untuk menandai jam 12 siang dengan sebutan 'noon' atau 'midday'.

Sebaliknya, untuk merujuk ke tengah malam, karena tengah malam, para native speaker bisa menggunakan kata 'midnight atau at night'.

 

Contoh Penggunaan AM dalam Kalimat Bahasa Inggris
Louis: “Harry, I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time it is on your watch?”
Harry:Sure, Louis. It is 8:30 AM.”

Contoh Penggunaan PM dalam Kalimat Bahasa Inggris
Anne: “Marie, do you know what time Rose's birthday party is going to start?”
Marie:It will start at 3:00 PM sharp.”

 

2. Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris Menggunakan O'Clock

Of course, ini sepertinya jadi salah satu istilah membaca jam dalam bahasa Inggris yang paling mudah untuk kita ingat, yaitu menggunakan  'o'clock'.

O'clock adalah cara mengungkapkan jam dalam bahasa Inggris yang bersifat formal. Istilah o’clock digunakan ketika jarum jam panjang merujuk pada angka 12.

Kalau dalam bahasa Indonesia, o’clock diartikan juga dengan ‘tepat’, alias tidak kurang atau tidak lebih. Means, tepat menunjukkan jam tertentu.

Cara membaca jam menggunakan o'clock akan diawali dengan jam yang dimaksud, lalu diakhiri dengan kata o'clock.

Misalnya jam menunjukkan pukul 08:00, maka kamu bisa membacanya dengan eight o'clock. Contoh lain, ketika jarum jam tepat di angka 21:00, cukup sebutkan twenty one o'clock.

Ingat, kamu tidak bisa menerapkan o'clock untuk jam yang memiliki menit lebih (e.g. 08.20), karena jarum panjangnya tentu bukan berada di angka 12, guys.

Selain itu, kalau kamu sudah menggunakan AM atau PM, maka tidak perlu lagi menambahkan o'clock di belakangnya. Contoh, 04:00 AM dibaca denga four AM saja sudah cukup, tidak usah menjadi four AM o'clock.

 

3. Past dan After

Seperti yang sudah kamu ketahui, satu jam terdiri dari 60 menit. Nah, dari 1 sampai dengan 30 menit, kamu dapat menggunakan istilah past atau after. Yup, keduanya sama-sama memiliki arti “lewat” atau “lebih”.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 9:00 lewat 10 menit, kamu dapat mengatakan: “It's ten past nine.” Atau, kamu bisa memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 7:00 lewat 20 menit dengan mengatakan: “It's twenty after seven.”

Rumus menggunakan "past" dan "after" untuk membaca jam dalam bahasa Inggris adalah, kamu harus menyebutkan menit di awal (contoh: 1 s.d 29) dan jam di akhir ya, guys!

Contoh Penggunaan Past dalam Kalimat Bahasa Inggris
Can you believe it? It's fifteen past twelve already!”

Contoh Penggunaan After dalam Kalimat Bahasa Inggris
I should probably go home now. It's ten past eleven already, I'll see you tomorrow.”

 

4. To dan Till

Berbeda dengan past dan after, dari 31 sampai dengan 59, kamu dapat menggunakan istilah to. Dalam membaca waktu, to memiliki arti yang merupakan kebalikan dari “lebih” yaitu “kurang”.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 11:40, kamu dapat mengatakan: It's twenty to twelve atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “pukul 12 kurang 20 menit.” Nah, angka 20 sendiri didapatkan dari mengurangi 60 (total menit dalam satu jam) dengan 40.

Sementara itu, till memiliki arti “menuju”. Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:50, kamu dapat mengatakan: It's ten till eleven atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “10 menit menuju pukul 11.” Dalam hal ini, angka 10 didapatkan dari mengurangi 60 (total menit dalam satu jam) dengan 50.

Contoh Penggunaan To dalam Kalimat Bahasa Inggris
You forgot to bring your watch, did you? By the way, It's ten to nine (8:50).”

Contoh Penggunaan Till dalam Kalimat Bahasa Inggris
I honestly can't wait for the concert to start. It's only ten till four (15:50).”

Baca Juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bepergian dan Artinya

 

5. A Quarter and A Half

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu jam terdiri dari 60 menit. Pertama, a quarter memiliki arti seperempat jam atau “15 menit”, tepatnya ketika jarum panjang menunjuk angka 3.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:15, kamu dapat mengatakan: Quarter past ten atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 10 lewat 15 menit.”

Atau, ketika kamu ingin memberi tahu bahwa masih tersisa 45 menit sebelum jam 11, kamu dapat mengatakan Quarter to eleven atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 11 kurang 15 menit.”

Kedua, a half artinya setengah atau dari satu jam sama dengan setengah jam atau “30 menit” atau “lewat 30 menit.” Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 6:30, kamu dapat mengatakan Half past sixatau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 6 lewat 30 menit.”

Contoh Penggunaan A Quarter dalam Kalimat Bahasa Inggris
Jin: “Suga, I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time it is on your watch?”
Suga: Sure, Jin. It is quarter past eight.”

Contoh Penggunaan A Half dalam Kalimat Bahasa Inggris
I can't believe it. It's half past nine already.”

6. Sharp dan Hundred

Sharp adalah istilah yang biasa digunakan dalam proses merencanakan sesuatu. Contohnya, saat membuat janji dengan teman, kamu mungkin akan mengatakan tepatnya pada pukul berapa kalian harus bertemu di suatu tempat.

Nah, dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengatakan: "Meet you there. Three o'clock sharp!" atau yang dalam bahasa Indonesia berarti: "Sampai ketemu disana. Pukul tiga tepat!"

Sementara itu, hundred merupakan istilah yang biasa digunakan untuk membaca waktu dalam 24 hour clock. Contohnya, untuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 8:00, kamu dapat mengatakan "oh eight hundred."

Atau untuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 16:00, kamu dapat mengatakan "sixteen hundred." Remember, the key is to pronounce each digit.

Contoh Penggunaan Sharp dalam Kalimat Bahasa Inggris
"Let's meet at the theatre on eight o'clock sharp."

Contoh Penggunaan Hundred dalam Kalimat Bahasa Inggris
"We'll meet at exactly eighteen hundred. Don't be late!"

 

7. Hanya Menyebutkan Jam dan Menitnya Saja: Why Not?

Last but not least, inilah cara paling mudahuntuk membaca waktu dalam bahasa Inggris. Ternyata, kamu dapat memberitahu waktu hanya dengan menyebutkan jam dan menitnya saja, loh.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 02:30, kamu dapat mengatakan: It's two-thirty.” Contoh lainnya, kamu dapat mengatakan: It's ten-twentyuntuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:20.

Contoh Penggunaan Jam dan Menit dalam Kalimat Bahasa Inggris
I should leave now. It's twelve-thirty in the morning already.”

 

Contoh Berbagai Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Supaya kamu bisa memahami bagaimana cara pembacaan jam dengan lebih baik, coba perhatikan dan simak dengan baik beberapa contoh di bawah ini:

1. 07.30 am dibaca half past seven am atau seven-thirty am.

2. 12.45 bahasa Inggrisnya quarter to onefifteen to one, fifteen till one, quarter till one, atau twelve fourty five.

3. 10.30 dibaca half past tenthirty pas tensehalf after ten, thirty after ten, atau ten-thirty.

4. 12.50 dibaca ten to one, ten till one, atau twelve-fifty.

5. 10.40 bahasa Inggrisnya dibaca twenty to eleventwenty till eleventen-forty.

6. Jam 2.15 PM, dalam format "24 jam" berarti pukul 14.15 (siang).

7. Jam 05:00 PM, pada sistem "24 jam" menunjukkan jam 17.00 (sore).

8. Pukul 8.00 PM berarti jam 20.00 dalam sistem "24 hour" (malam).

9. Jam 9.00 AM pada "24 hour" sama-sama menunjukkan pukul 09:00 pagi.

10. Pukul 6.00 PM artinya 18:00 dalam sistem "24 hour".


Coba teliti kembali contoh di atas khususnya nomor 9, jika kamu tidak menggunakan keterangan AM atau PM, sulit membedakan apakah yang dimaksud adalah 9:00 pagi atau malam.

Maka dari itu, jika ingin mengekspresikan waktu dalam format "12 jam", selalu ingat untuk gunakan AM atau PM. Atau, kamu juga bisa menggantikannya dengan keterangan 'time of the day.' Lihat penjelasannya di bawah ini:

  • Morning untuk menjelaskan waktu dari jam 12 pagi hingga 12 siang (12.00 am – 12.00 pm).
  • Afternoon guna menggambarkan pukul 12 siang sampai tenggelamnya matahari (12.00 pm – sunset).
  • Evening apabila ingin menjelaskan waktu mulai pukul 5 sore sampai jam 8 malam (5.00 pm – 8.00 pm).
  • Night saat ingin menungkapkan waktu pada jam 8 malam hingga tengah malam (8.00 pm – midnight).

So, kalau kembali pada case pukul 9.00 di atas, selain menggunakan AM atau PM, kamu juga bisa menggantinya dengan morning atau night. Misal "at 9.00 night" atau "at 09.00 morning".

Namun, tentu ini tidak berlaku untuk format "24 hours" ya, guys.

 

Akhirnya, itulah lima cara membaca jam dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Bagaimana? Terlihat sederhana, bukan? Yup, kelihatannya sih emang sederhana banget.

Tetapi, sekadar membaca jam dalam bahasa Inggris sekalipun merupakan sesuatu yang harus diasah, loh. Artinya, semakin sering kamu melakukannya, semakin kecil pula kemungkinan untuk membuat kesalahan. Remember, practice makes perfect :)

Untuk mengasahnya, kamu bisa belajar di English Academy. Di sana, kamu akan belajar dengan tutor lokal dan internasional, serta belajar bersama teman kelas secara berkelompok, lo! Jadi, kamu bisa berdiskusi sepuasnya! Yuk, pilih kelasmu sekarang!

English Academy

 

Reference:

EASY ENGLISH with Matt, 2021. 10 FUN FACTS ABOUT ENGLISH LANGUAGE. [image] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=Ak7gVYI4aC8 [Accessed 10 December 2021].

Gahhey, C., 2021. What Time Is It? 9 Important Lessons About How to Tell Time in English. [online] FluentU English. Available at: https://www.fluentu.com/blog/english/how-to-tell-time-in-english/ [Accessed 11 December 2021].

Mr Bob Kampung Inggris, 2021. Cara Telling Time (Menunjukkan Waktu dalam Bahasa Inggris) American Style. [video] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=0cz-3rnqypo [Accessed 10 December 2021].

Pires, C., 2017. 5 Simple Rules for Telling Time in English. [online] Harvest English Institute. Available at: https://harvest.net/5-simple-rules-telling-time-english/ [Accessed 11 December 2021].

Twinkl. AM and PM. Online. Available at https://www.twinkl.co.id/teaching-wiki/am-and-pm. [Accessed 23 January 2023]

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 18 Januari 2023.

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!