Harus Tahu: Inilah Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Cara membaca waktu dalam bahasa Inggris

Artikel ini akan membahas tentang cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

--

Tahukah kamu? Meski terlihat sederhana, banyak orang nyatanya masih melakukan kesalahan saat membaca jam dalam bahasa Inggris. Satu hal yang tidak mereka ketahui adalah beragamnya cara membaca jam dalam bahasa Inggris, mulai dari yang paling susah untuk diingat sampai yang paling mudah untuk diingat. Nah, artikel ini akan membahas tentang lima cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Setelah membaca pemaparan di bawah ini, tugasmu adalah mengingat cara membacanya dengan tepat. So, enjoy reading this article and make sure to take some notes!

1. PM dan AM

PM dan AM, dua istilah yang mungkin sering kamu temui di berbagai macam alat elektronik. Yup, PM dan AM yang mengikuti angka yang menunjukkan waktu itu, loh. Pertama, terdapat AM yang merupakan singkatan dari Ante Meridiem atau Before Midday yang dimulai sejak tengah malam, dini hari, hingga pagi menjelang siang (00:00 - 11:59). Kedua, terdapat PM yang merupakan singkatan dari Post Meridiematau After Midday yang dimulai sejak siang, sore, hingga malam hari (12:00 - 23:59).

Contoh Penggunaan AM dalam Kalimat Bahasa Inggris

Louis: “Harry, I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time it is on your watch?”

Harry:Sure, Louis. It is 8:30 AM.”

Contoh Penggunaan PM dalam Kalimat Bahasa Inggris

Anne: “Marie, do you know what time Rose's birthday party is going to start?”

Marie:It will start at 3:00 PM sharp.”

 

2. Past dan After

Seperti yang sudah kamu ketahui, satu jam terdiri dari 60 menit. Nah, dari 1 sampai dengan 30 menit, kamu dapat menggunakan istilah past atau after. Yup, keduanya sama-sama memiliki arti “lewat” atau “lebih”. Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 9:00 lewat 10 menit, kamu dapat mengatakan: “Its ten past nine.” Atau, kamu bisa memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 7:00 lewat 20 menit dengan mengatakan: “Its twenty after seven.” Catatannya, kamu harus menyebutkan menit di awal (contoh: 1 s.d 29) dan jam di akhir ya, guys!

Contoh Penggunaan Past dalam Kalimat Bahasa Inggris

Can you believe it? Its fifteen past twelve already!”

Contoh Penggunaan After dalam Kalimat Bahasa Inggris

I should probably go home now. Its ten past eleven already, Ill see you tomorrow.”

 

Long time no see adalah grammar yang salah.

 

3. To dan Till

Berbeda dengan past dan after, dari 31 sampai dengan 59, kamu dapat menggunakan istilah to. Dalam membaca waktu, to memiliki arti yang merupakan kebalikan dari “lebih” yaitu “kurang”. Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 11:40, kamu dapat mengatakan: Its twenty to twelve atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “pukul 12 kurang 20 menit.” Nah, angka 20 sendiri didapatkan dari mengurangi 60 (total menit dalam satu jam) dengan 40

Sementara itu, till memiliki arti “menuju”. Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:50, kamu dapat mengatakan: Its ten till elevenatau yang dalam bahasa Indonesia berarti “10 menit menuju pukul 11.” Dalam hal ini, angka 10 didapatkan dari mengurangi 60 (total menit dalam satu jam) dengan 50.

Contoh Penggunaan To dalam Kalimat Bahasa Inggris

You forgot to bring your watch, did you? By the way, Its ten to nine (8:50).”

Contoh Penggunaan Till dalam Kalimat Bahasa Inggris

I honestly cant wait for the concert to start. Its only ten till four (15:50).”

Baca juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bepergian dan Artinya

 

4. A Quarter and A Half

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu jam terdiri dari 60 menit. Pertama, a quarter memiliki arti seperempat atau dari satu jam sama dengan seperempat jam atau “15 menit.” Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:15, kamu dapat mengatakan: Quarter past ten atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 10 lewat 15 menit.” Atau, ketika kamu ingin memberi tahu bahwa masih tersisa 45 menit sebelum jam 11, kamu dapat mengatakan Quarter to eleven atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 11 kurang 15 menit.”

Kedua, a half memiliki arti setengah atau dari satu jam sama dengan setengah jam atau “30 menit” atau “lewat 30 menit.” Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 6:30, kamu dapat mengatakan Half past sixatau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 6 lewat 30 menit.” Tetapi, ketika kamu ingin memberitahu bahwa masih tersisa 30 menit sebelum jam 7, kamu dapat mengatakan Half to six atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 7 kurang 30 menit.”

Contoh Penggunaan A Quarter dalam Kalimat Bahasa Inggris

Jin: “Suga, I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time it is on your watch?”

Suga: Sure, Jin. It is quarter past eight.”

Contoh Penggunaan A Half dalam Kalimat Bahasa Inggris

I cant believe it. Its half past nine already.”

 

Inilah Cara Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris

 

5. Sharp dan Hundred

Sharp merupakan istilah yang biasa digunakan dalam proses merencanakan sesuatu. Contohnya, saat membuat janji dengan teman, kamu mungkin akan mengatakan tepatnya pada pukul berapa kalian harus bertemu di suatu tempat. Nah, dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengatakan: "Meet you there. Three o'clock sharp!" atau yang dalam bahasa Indonesia berarti: "Sampai ketemu disana. Pukul tiga tepat!"

Sementara itu, hundred merupakan istilah yang biasa digunakan untuk membaca waktu dalam 24 hour clock. Contohnya, untuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 8:00, kamu dapat mengatakan "oh eight hundred." Atau untuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 16:00, kamu dapat mengatakan "sixteen hundred." Remember, the key is to pronounce each digit.

Contoh Penggunaan Sharp dalam Kalimat Bahasa Inggris

"Let's meet at the theatre on eight o'clock sharp."

Contoh Penggunaan Hundred dalam Kalimat Bahasa Inggris

"We'll meet at exactly eighteen hundred. Don't be late!"

 

6. Hanya Menyebutkan Jam dan Menitnya Saja: Why Not?

Last but not least, inilah cara paling mudah untuk membaca waktu dalam bahasa Inggris. Ternyata, kamu dapat memberitahu waktu hanya dengan menyebutkan jam dan menitnya saja, loh. Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 02:30, kamu dapat mengatakan: Its two-thirty.” Contoh lainnya, kamu dapat mengatakan: Its ten-twenty untuk memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10: 20.

Contoh Penggunaan Jam dan Menit dalam Kalimat Bahasa Inggris

I should leave now. Its twelve-thirty in the morning already.”

Akhirnya, itulah lima cara membaca jam dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Bagaimana? Terlihat sederhana, bukan? Yup, kelihatannya sih emang sederhana banget. Tetapi, sekadar membaca jam dalam bahasa Inggris sekalipun merupakan sesuatu yang harus diasah, loh. Artinya, semakin sering kamu melakukannya, semakin kecil pula kemungkinan untuk membuat kesalahan. Remember, practice makes perfect :)

Untuk mengasahnya, kamu bisa belajar di English Academy. Di sana, kamu akan belajar dengan tutor lokal dan internasional, serta belajar bersama teman kelas secara berkelompok, lo! Jadi, kamu bisa berdiskusi sepuasnya! Yuk, pilih kelasmu sekarang!

 

New call-to-action

 

Referensi:

EASY ENGLISH with Matt, 2021. 10 FUN FACTS ABOUT ENGLISH LANGUAGE. [image] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=Ak7gVYI4aC8 [Accessed 10 December 2021].

Gahhey, C., 2021. What Time Is It? 9 Important Lessons About How to Tell Time in English. [online] FluentU English. Available at: https://www.fluentu.com/blog/english/how-to-tell-time-in-english/ [Accessed 11 December 2021].

Mr Bob Kampung Inggris, 2021. Cara Telling Time (Menunjukkan Waktu dalam Bahasa Inggris) American Style. [video] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=0cz-3rnqypo [Accessed 10 December 2021].

Pires, C., 2017. 5 Simple Rules for Telling Time in English. [online] Harvest English Institute. Available at: https://harvest.net/5-simple-rules-telling-time-english/ [Accessed 11 December 2021].

 

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.