Kuasai Tes GRE dengan Mempelajari Kosakata Advanced

Kosakata dalam tes GRE

Artikel ini akan membahas tentang 10 kosakata advanced yang perlu kamu ketahui untuk menguasai tes GRE (Graduate Record Examination). Kamu nggak mau dikerjain sama pembuat soal? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Kamu ingin memperoleh gelar magister dari universitas ternama di luar negeri seperti seorang Belva Delvara? Hm, bagi sebagian besar orang, mimpi ini terasa sulit untuk dicapai. Tetapi, tidak bagi mereka yang menyiapkan diri untuk menjadi pemenang dalam persaingan yang ada. Sekarang, kamu pasti mempertanyakan persaingan seperti apa yang dimaksud, kan? Tenang, karena nggak pakai lama lagi artikel ini akan memberikan jawaban yang kamu cari.

Sebelum menjadi bagian dari perlombaan memasuki universitas ternama di luar negeri untuk mengejar gelar magister, kamu biasanya diminta untuk mengambil Graduate Record Examination (GRE). GRE adalah tes berbasis komputer berisikan soal yang memperlihatkan cara berpikir dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam program sekolah pascasarjana. Nantinya, hasil tes GRE akan dijadikan salah satu alat admission committee untuk membuat keputusan terkait dengan aplikasimu.

Here comes the most important information about the GRE test, kosakata yang terkandung dalam tes ini jarang diketahui oleh banyak orang. Nah, konsekuensi dari rendahnya pengetahuan tentang kosakata yang ada dalam tes GRE adalah memperoleh nilai yang kecil. Padahal, tes GRE memperlihatkan besarnya kemampuanmu untuk sukses dalam program sekolah pascasarjana impianmu.

However, you have nothing to worry about because I got your back! Artikel ini akan memperkenalkanmu pada 10 kosakata tingkat advanced dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui untuk menguasai tes GRE. Kamu nggak mau dikerjain sama pembuat soal tes GRE? Yuk, simak pemaparan di bawah ini.

 

1. Venality

noun

Kosakata venality digunakan untuk mendeskripsikan suatu kondisi yang rentan akan suap atau korupsi. Waduh, ini sih cocok untuk menjelaskan fenomena para pejabat negara yang tertangkap memakan uang rakyat. Dalam hal ini, kosakata venality sendiri menjelaskan bagaimana mereka yang mengaku mengabdi terhadap rakyat sekalipun masih rentan akan korupsi.

Contoh kalimat dengan kosakata venality

Even some of the most renowned judges are not immune to venality, as many of the judges have received a certain amount of money to take biased decisions.”

 

2. Querulous

adjective

Kosakata querulous digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki kebiasaan mengeluh. Contohnya, pada masa persiapan sebelum mengikuti tes GRE, kamu mungkin akan menemukan dirimu mengeluh ketika prosesnya terasa melelahkan. To be completely honest, mengeluh adalah suatu sikap yang sulit dilepaskan dari hampir setiap manusia. Tetapi, membiarkan dirimu untuk mengeluh ketika melangkah di atas jalan berbatu hanya akan menarikmu lebih jauh dari mimpimu. So, when you find yourself constantly complaining about something, figure out a way to stop it, ya!

 

meme sighSigh Meme (Sumber: https://memegenerator.net)

Contoh kalimat dengan kosakata querulous

The querulous young lady was beginning to destroy her career because of her constant complaints about the workload.”

 

3. Veracious

noun

Kosakata veracious secara sederhana berarti truthful atau jujur. Sebenarnya, kosakata veracious merupakan kata lain dari kosakata yang sehari-hari kita dengar yaitu, honest. Dalam hal ini, ketahuilah bahwa keduanya memiliki arti yang sama yaitu, jujur. Dari sini, kamu akan menyadari bahwa kosakata yang terbaca rumit sekalipun sebenarnya memiliki arti yang sederhana. Hm, berarti pembuat soal tes GRE memang senang menyulitkan hidup test takers saja, ya?

Contoh kalimat dengan kosakata veracious

While we elect our governors in the hope that every word they speak will be veracious, history has shown that such a hope is just too naive.”

 

4. Venerate

verb

Kosakata venerate umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sikap hormat yang mendalam. Dalam banyak kasus, kosakata venerate digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dihormati secara mendalam oleh lingkungan sekitarnya. Nah, contoh paling sederhananya adalah figur orang tua yang dihormati secara mendalam oleh anak-anaknya. Gimana? Ternyata kosakata venerate tidak sulit untuk dipahami, kan?

Contoh kalimat dengan kosakata venerate

The professor, despite her sleepinducing lectures, was venerated amongst her colleagues, publishing more scientific journals yearly than all of his peers combined.”

 

5. Gregarious

adjective

Kosakata gregarious digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang cenderung mudah bersosialisasi dengan orang lain. Aduh, ribet amat! Padahal, secara sederhana berarti orang tersebut ekstrovert, kan. Yup, youre right, kosakata gregarious memang cocok untuk mendeskripsikan mereka yang mudah bergaul dengan orang lain. Nah, kalau kamu sendiri adalah penganut “silence is golden” atau “to live is to socialize”, nih? Either way, kalau kata Bruno Mars, youre amazing just the way you are!

 

para pemimpin dunia yang memiliki sifat introvert

 

Contoh kalimat dengan kosakata gregarious

Often we think that great leaders are those who are gregarious, always in the middle of a large group of people; yet, as Abraham Lincoln and many others have shown us, leaders can also be introverted.”

Baca juga: 18 Kosakata Advanced dalam Bahasa Inggris untuk Tes IELTS

 

6. Censure

verb

Kosakata censure secara sederhana menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat. Nowadays, censure memproduksi apa yang disebut sebagai cancel culture. Contohnya, ketika seorang artis bepergian di masa PPKM darurat, masyarakat mengungkapkan ketidaksetujuannya akan tindakan tersebut. Ketidaksetujuan diungkapkan karena kepercayaan bahwa bepergian di masa PPKM darurat adalah bentuk ketidakpedulian terhadap situasi gawat yang ada. Kalau di negara +62, tindakan di atas bisa membuat seseorang di cancelled oleh masyarakat banyak, loh

 

meme here's the door korean boybandHeres the Door Meme (Sumber: https://www.pinterest.com)

Contoh kalimat dengan kosakata censure

After being caught in a club with a mistress, the secretary general was quickly censured by the nation council

 

7. Amalgam

noun

Kosakata amalgam berarti gabungan dari beberapa hal. Hm, sebenarnya arti dari kosakata amalgam cukup sederhana, bukan? Nah, kalau kamu tau boyband Korea bernama NCT U, mereka adalah gabungan dari tiga unit boyband, loh. Dalam hal ini, NCT U sebenarnya adalah gabungan dari 3 unit boyband Korea bernama NCT Dream, NCT 127, dan WayV. Partisipasi ketiga unit dalam NCT U membuat tipe suara yang ada dalam boyband ini sangat berwarna.

Contoh kalimat dengan kosakata amalgam

Raflian’s band music was an amalgam of hiphop, funk, and jazz, blending the three styles with incredible results.”

 

8. Amenable

adjective

Kosakata amenable secara sederhana berarti easily persuaded atau mudah dibujuk. Duh, jadi penasaran, apakah kamu tipe orang yang mudah dibujuk atau tidak? Pada contoh di bawah ini, kamu bisa melihat bagaimana seseorang yang mudah dibujuk dapat berujung melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak disukai. Eh, apa jangan-jangan ini karena perginya sama pacar makanya nggak bisa menolak, ya?

Contoh kalimat dengan kosakata amenable

Even though she did not like the outdoors, Haniifah was generally amenable and so her boyfriend was able to persuade her to go hiking.”

 

9. Inexorable

adjective

Kosakata inexorable digunakan untuk mendeskripsikan suatu kejadian yang tidak mungkin untuk dihentikan atau diantisipasi. Nah, kalau menurut kamu, apa hal yang pertama kali kamu pikirkan ketika berbicara tentang kejadian yang tidak mungkin dihentikan atau diantisipasi? Menurutku, jawabannya adalah perkembangan teknologi. Makanya, artikel ini menyebut kehadiran telepon genggam sebagai suatu fenomena yang tidak mungkin bisa diantisipasi oleh masyarakat global.

Contoh kalimat dengan kosakata inexorable

The rise of the telephone was an inexorable shift in technology and culture.”

 

10. Exacerbate

verb

Dalam artikel ini, kosakata exacerbate merupakan salah satu kosakata yang terlihat paling rumit untuk diucapkan dan dipahami. Padahal, kosakata ini sebenarnya memiliki arti yang sederhana yaitu make worse atau membuat suatu keadaan lebih buruk. Contoh paling mudah dari penggunaan kosakata exacerbate adalah untuk menggambarkan bagaimana kekurangan tidur dapat memperparah kondisi tubuh yang sedang sedang sakit. Penasaran dengan di mana kamu bisa menyelipkan kosakata exacerbate dalam kalimat bahasa Inggris? Simak contoh di bawah ini, ya!

Contoh kalimat dengan kosakata exacerbate

Her sleeplessness exacerbated her menstruation crampswhen she woke up the next day, her body was in great pain.

Akhirnya, itulah 10 kosakata advanced dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui untuk menguasai tes GRE. Hm, apakah kamu sudah merasa puas dengan 10 kosakata di atas? Waduh, jangan merasa puas dulu ya, sobat! Rasa mudah puas hanya akan mengurangi gairah kamu untuk belajar lebih banyak lagi. Ingat, untuk menjadi seorang pemenang, you have to know what the 99% don’t.

Bingung harus berilmu dengan siapa karena orang terdekatmu tidak ada yang mendorongmu untuk menguasai bahasa Inggris?. Duh, kalau mau menjadi seorang pemenang, hal tersebut sudah seharusnya tidak menghentikan rasa ingin tahu kamu. Sekarang, ada pengajar berpengalaman di kelas English Academy yang siap membagikan pengetahuannya tentang kosakata advanced dalam bahasa Inggris dengan sepenuh hati. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

IDN CTA English Academy Mainsite

 

Referensi:

EFFORCE, 2021. Steve Vozniak. [image] Available at: https://efforce.io/team/steve-wozniak [Accessed 29 July 2021].

ETS GRE. 2021. GRE General Test Content. [online] Available at: https://www.ets.org/gre/revised_general/about/content [Accessed 28 July 2021].

Magoosh. GRE Vocabulary Flashcards. [online] Available at: https://gre.magoosh.com/flashcards/vocabulary [Accessed 28 July 2021].

Nice PNG, 2021. Steve Jobs. [image] Available at: https://www.nicepng.com/ourpic/u2q8r5t4i1y3i1i1_bill-gates-suit-bill-gates-microsoft-png [Accessed 29 July 2021].

Pinterest, 2021. Here’s the Door Meme. [image] Available at: https://www.pinterest.com/pin/33354853476704885 [Accessed 28 July 2021].

Pinterest, 2021. Sigh Meme. [image] Available at: https://memegenerator.net/img/instances/67859961/sigh.jpg [Accessed 28 July 2021].

Vaduva, A., 2017. 5 Famous Introverted Leaders Who Proved How Powerful Introverts Can Be – Learning Mind. [online] Learning Mind. Available at: https://www.learning-mind.com/famous-introverted-leaders [Accessed 28 July 2021].

Wikipedia, 2021. Abraham Lincoln. [image] Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Abraham_Lincoln [Accessed 29 July 2021].

Clara Pricilla Adiputra