Mengenal TOEIC dan Contoh TOEIC Reading Section Beserta Pembahasannya

TOEIC adalah

Artikel ini membahas tentang TOEIC dan juga berbagai contoh soal TOEIC reading section beserta pembahasannya.

 

Seseorang bisa dikatakan mahir berbahasa Inggris jika sudah berhasil mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL, TOIEC, IELTS, dan lain sebagainya.

Nantinya, kamu akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang bisa dicantumkan pada curriculum vitae atau CV. Pertanyaannya, mengapa menyertakan kemampuan bahasa Inggris dalam Curriculum Vitae (CV) dinilai penting?

Jawaban untuk pertanyaan ini hanya satu yaitu, karena kemampuan bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan dalam lingkungan kerja global, termasuk Indonesia.

Kali ini, kita akan membahas salah satu jenis tesnya, yaitu TOEIC serta bagaimana tips dalam mengerjakan reading sectionYuk, simak sampai habis!

 

Tes TOEIC untuk Apa?

TOEIC yang merupakan singkatan dari Test of English for International Communication adalah program pengujian kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris untuk komunikasi di dunia kerja.

Dalam hal ini, tentu TOEIC digunakan oleh orang-orang yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya (bahasa ibu).

Sampai hari ini, skor TOEIC dijadikan alat 14.000+ organisasi di seluruh dunia untuk membuat keputusan penting. Artinya, semakin tinggi skor TOEIC kamu, semakin bersinar pula Curriculum Vitae (CV) kamu di mata perekrut.

 

Mengapa Tes TOEIC Penting?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, TOEIC adalah ujian bahasa Inggris untuk kepentingan profesional. TOEIC menjadi penting agar seseorang mampu menerapkan kemampuan bahasa Inggrisnya dalam kehidupan nyata secara efektif.

Dengan demikian, tak heran jika TOEIC merupakan salah satu english skills yang bisa menjadi nilai tambah saat kamu melamar pekerjaan di perusahaan besar.

 

Sebelum mengikuti tes kemahiran bahasa Inggris, coba cek terlebih dahulu, kira-kira sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris-mu saat ini melalui Placement Test English Academygratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Score TOEIC Minimal Berapa?

Nilai TOEIC yang bagus minimal 785 dari skor maksimal TOEIC yaitu 990. Ini merupakan skor yang biasanya dipatok oleh lembaga luar negeri yang menggunakan TOEIC sebagai syarat dalam proses seleksi.

 

Apa Bedanya TOEFL dan TOEIC?

Perbedaan TOEIC dengan TOEFL adalah, TOEIC digunakan untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris dengan tujuan pekerjaan atau profesional, sedangkan TOEFL ditujukan untuk syarat akademik (universitas) di lingkungan internasional.

Maka dari itu, biasanya siswa SMK akrab dengan TOEIC karena harus melakukan persiapan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Tapi, TOEIC tetap bisa digunakan untuk keperluan akademik, tergantung ketentuan dari instansi yang dituju.

Baca Juga: Latihan Soal Reading Comprehension TOEFL ITP Lengkap dengan Kunci Jawabannya!

 

Persamaan TOEFL dan TOEIC

Bahasa yang digunakan dalam tes TOEIC adalah American English, yang mana ini merupakan kesamaan antara TOEFL dan TOEIC.

Pasalnya, TOEIC dikembangkan oleh sebuah organisasi Amerika bernama ETS (Education testing Service).

 

Apa yang Diujikan dalam Tes TOEIC?

Hampir sama seperti TOEFL, ada empat bidang atau fokus tes yang diuji dalam tes TOEIC, yaitu:

  1. Listening yang terdiri dari empat bagian yaitu, photographs, questionresponse, conversations, dan short talks. Kamu memiliki waktu 45 menit untuk menyelsaikan 100 pilihan ganda;
  2. Reading yang terdiri dari tiga bagian yaitu, incomplete sentences, text completion, dan reading comprehension (75 menit) yang tercakup dalam 100 butir pertanyaan berbentuk pilihan ganda;
  3. Speaking dengan jumlah 11 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 20 menit;
  4. Writing yang berisi 8 soal dengan durasi 60 menit.

 

Jika ingin melakukan tes TOEIC secara offline, maka kamu harus menempuh empat sesi yaitu listening sampai writing. Akan tetapi, pada online TOEIC official test, yang diujikan hanyalah listening and reading test.

Jadi, apabila kamu mengikuti TOEIC official test, maka waktu untuk menyelsaikan test adalah selama dua jam.

 

Sertifikat TOEIC Berlaku Berapa Lama?

Sama dengan sertifikat kemahiran bahasa Inggris lainnya, masa berlaku sertifikat TOEIC adalah 2 tahun terhitung semenjak terbitnya sertifikat.

Artinya, jika sudah lebih dari dua tahun, maka tidak berlaku lagi dan kamu wajib untuk mengikuti ujian ulang.

 

Contoh Soal TOEIC Reading Test dan Pembahasannya

Setelah mengenal apa itu TOEIC, mari kita belajar salah satu sesi dalam tes TOEIC, yaiut reading. Kamu bisa pelajari karakternya melalui beberapa contoh di bawah ini!

Contoh soal TOEIC reading section

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Incomplete Sentences

Pada bagian ini, kamu akan menemukan sejumlah kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D. Tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat.

1. The software developers _____ investigated the latest problem.

a. Are just
b. Have already
c. Still
d. Have yet

Jawaban: (c)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Para pengembang perangkat lunak _____ menyelidiki masalah terbaru.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “sudah”, membuatnya menjadi: “Para pengembang perangkat lunak sudah menyelidiki masalah terbaru.”

Jawaban (a) berarti hanya, jawaban (b) berarti sudah, jawaban (c) berarti masih, dan jawaban (d) berarti belum. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) atau have already.

 

2. Strong exports _____ in driving first-quarter growth, rising 35 percent from a year earlier.

a. Instrumental
b. Effectively
c. Played a hand
d. Played a big role

Jawaban: (d)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Ekspor yang kuat _____ dalam mendorong pertumbuhan pada kuartal pertama, kenaikan sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.”

Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “memainkan peranan besar”, membuatnya menjadi: “Ekspor yang kuat memainkan peranan besar dalam mendorong pertumbuhan pada kuartal pertama, kenaikan sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.”

Jawaban (a) berarti instrumental, jawaban (b) berarti secara efektif, jawaban (c) berarti memainkan tangan, dan jawaban (d) berarti memainkan peranan besar. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau played a big role.

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Text Completion

Pada bagian ini, kamu akan membaca beberapa bacaan singkat berupa artikel, surat, formulir, dan e-mail. Dalam setiap bacaan singkat, kamu akan menemukan tiga kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D.

Tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat. Mirip-mirip dengan panduan untuk mengerjakan soal-soal pada bagian sebelumnya, bukan?

Read this Short Letter!

Taeyong’s Stationery
2 Smythe St, Toronto, Canada M1B 5T6
Tel: (416) 295-1725

December 1st, 2021
Jeong Jaehyun
1 Stevens Rd.
Scarborough, Ontario, Canada M1E 4H7

Dear Mr. Jaehyun:

Holiday Sale

Seasons Greetings. As a _______ customer, we wanted you to be among the first to know about our upcoming holiday sale. All craft paper, specialty printer paper, and decorative envelopes will be reduced by 50% for the month of December.

1. As a _______ customer, we wanted you to be among the first to know about our upcoming holiday sale.

a. Value
b. Valued
c. Valid
d. Validate

Jawaban: (b)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Sebagai pelanggan _______ kami ingin Anda menjadi orang pertama yang tau tentang diskon liburan kami di waktu mendatang.”

Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “berharga”, membuatnya menjadi: “Sebagai pelanggan berharga, kami ingin Anda menjadi orang pertama yang tau tentang diskon liburan kami di waktu mendatang.”

Jawaban (a) merupakan kata benda yang berarti nilai, jawaban (c) berarti diizinkan, dan jawaban (d) berarti mengizinkan. Youre right, pilihan (c) dan (d) memang tidak cocok dengan konteks tulisan di atas. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) atau valued yang artinya berharga.

As per tradition at Taeyong’s Stationery, we will be having a Christmas raffle. This year the grand prize is a three night stay at the Hyatt Regencies _______ The Island of Toronto. The winner will also receive a free stay in the penthouse suite as well as a free dinner on the moonlit patio.

 

2. This year, the grand prize is a three night stay for two at the Hyatt _______ The Island of Toronto.

a. Through
b. Over
c. In
d. On

Jawaban: (d)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Tahun ini, hadiah utamanya adalah menginap tiga malam di Hyatt Regencies _______ Pulau Toronto.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “di”, membuatnya menjadi: “Tahun ini, hadiah utamanya adalah menginap tiga malam di Hyatt Regencies di Pulau Toronto.”

Jawaban (a) berarti melalui, jawaban (b) berarti di atas, jawaban (c) berarti dalam, dan jawaban (d) berarti di. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau on.

Money from ticket sales will be _______ to The Ruby Foundation, a local organization that provides food and clothing for those in need.

 

3. Money from ticket sales will be _______ to The Ruby Foundation, a local organization that provides food and clothing for those in need.

a. Donated
b. Funded
c. Purchased
d. Collected

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Uang dari penjualan tiket akan _______ ke The Ruby Foundation, sebuah organisasi lokal yang menyediakan makanan dan pakaian bagi mereka yang membutuhkan.”

Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “disumbangkan”, membuatnya menjadi: “Uang dari penjualan tiket akan disumbangkan ke The Ruby Foundation, sebuah organisasi lokal yang menyediakan makanan dan pakaian bagi mereka yang membutuhkan.”

Jawaban (a) berarti disumbangkan, jawaban (b) berarti didanai, jawaban (c) berarti dibeli, dan jawaban (d) berarti dikumpulkan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (a) atau donated.

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Reading Comprehension

Pada bagian ini, kamu akan diberikan sejumlah bacaan singkat dengan tema besar yang berhubungan dengan dunia kerja. Selanjutnya, setiap bacaan singkat tersebut diikuti dengan pertanyaan mengenai yang dipaparkan.

Nah, mengacu pada bacaan singkat yang tersedia, tugasmu adalah menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan tepat.

Read this Short Passage!

Are you setting up a small business? Worried about the costs of renting office space and employing the right people? Rebus Virtual Office World can help you. With our Basic Office Deal, we can set up a virtual office for you practically overnight.

We will give your business a professional image and our polite, friendly staff will handle your calls and present your business in the best possible way. We can provide you with: a professional business address, a local phone number and we will also handle mail.

For a more personal approach, with the option of forwarding mail and messages to your home address, don’t hesitate to ask us about our Premier Office Deals.

1. Where is the text from?
a. A message from a business to a current client.
b. An advertisement for a new business service.
c. An email from one business worker to another.
d. A newspaper article about a new business’s success.

Jawaban: (b)

Pembahasan: Untuk menjawab pertanyaan nomor satu, kamu bisa membaca tiga kalimat pertama dari paragraf di atas terlebih dahulu. Dalam bahasa Indonesia, tiga kalimat pertama dari paragraf di atas berarti: “Apakah Anda sedang mendirikan bisnis kecil? Khawatir soal biaya sewa ruang kantor dan mempekerjakan orang yang tepat? Rebus Virtual Office World dapat membantu Anda.”

Tiga kalimat tersebut mencerminkan usaha untuk menawarkan layanan kepada mereka yang sedang mendirikan sebuah bisnis. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) karena melihat tiga kalimat pertama dari paragraf di atas sebagai iklan layanan bisnis terbaru dari Rebus Virtual Office.

 

2. Which of the following is not included in the Basic Office Deal?

a. A polite receptionist
b. A mail-forwarding service
c. A professional address
d. A telephone-answering service

Jawaban: (b)

Pembahasan: Untuk menjawab pertanyaan nomor dua, kamu bisa membaca seluruh kalimat pada paragraf kedua terlebih dahulu. Di mana paragraf kedua menyebutkan layanan yang termasuk ke dalam Basic Office Deal yaitu, businesss professional image, a friendly staff that will handle calls and present customer’s business in the best possible way, professional business address, local phone number, dan mail-handling.

Sementara itu, paragraf ketiga menyebutkan layanan yang hanya termasuk ke dalam Premier Office Deals yaitu, mailforwarding dan messagesforwarding ke rumah pengguna jasa. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) karena mailforwarding service tidak termasuk ke dalam Basic Office Deal.

Baca juga: 7 Tips Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris dan Mengerti Artinya

Akhirnya, itulah pembahasan mengenai TOEIC dan contoh soal TOEIC reading section beserta pembahasannya. Menurutmu, manakah di antara tiga bagian dalam TOEIC reading section yang paling sulit untuk dikerjakan?

Cobalah untuk tidak menaruh perhatian pada hal-hal yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan. Sebab mengkhawatirkan hal-hal tersebut hanya akan mengurangi energimu untuk mengerjakan soal lainnya.

Jika masih bingung dan membutuhkan bantuan dari pengajar bahasa Inggris secara profesional, maka kamu dapat mengikuti kelas di English Academy by Ruangguru, ada native speakers-nya, lhoYuk, pilih kelasmu sekarang!

CTA English Academy

Referensi:

ETS. 2021. Content and Format of the TOEIC Listening and Reading Test (For Organizations). [online] Available at: https://www.ets.org/toeic/organizations/listening-reading/about/content-format/ [Accessed 26 December 2021].

English Club. 2021. TOEIC Practice – Part 6: Text Completion. [online] Available at: https://www.englishclub.com/esl-exams/ets-toeic-practice-6.htm [Accessed 26 December 2021].

Exam English. 2021. TOEIC® Reading Part 5: Incomplete sentences. [online] Available at: https://www.examenglish.com/TOEIC/TOEIC_reading.htm [Accessed 26 December 2021].

Exam English. 2021. TOEIC® Reading Part 7: Comprehension. [online] Available at: https://www.examenglish.com/TOEIC/toeic_reading7.htm [Accessed 26 December 2021].

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 07 November 2022.

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!