Contoh Soal TOEIC Reading Section dan Pembahasannya

EA - Contoh Soal TOEIC Reading Section dan Pembahasannya (Business English)-01

Artikel ini membahas tentang contoh soal TOEIC reading section dan pembahasannya.

--

Sebelumnya, Anda mungkin sudah pernah membuat atau menemukan Curriculum Vitae (CV) yang menyertakan kemampuan bahasa Inggris di dalamnya. Namun, pertanyaan sebenarnya adalah mengapa menyertakan kemampuan bahasa Inggris dalam Curriculum Vitae (CV) dinilai penting? Jawaban untuk pertanyaan ini hanya satu yaitu, karena kemampuan bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan dalam lingkungan kerja global, termasuk di Indonesia. Nah, Test of English for International Communication (TOEIC) didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang Anda butuhkan untuk sukses di lingkungan kerja global. Sekarang, pelajari contoh soal reading section dan pembahasannya dulu, yuk!

 

Konten Tes

Untuk Anda yang belum tau, Test of English for International Communication (TOEIC) adalah program pengujian kecakapan bahasa Inggris untuk dunia kerja. Sampai hari ini, skor TOEIC dijadikan alat 14.000+ organisasi di seluruh dunia untuk membuat keputusan penting. Artinya, semakin tinggi skor TOEIC Anda, semakin bersinar pula Curriculum Vitae (CV) Anda di mata perekrut. Pertanyaan dalam tes TOEIC sendiri berbentuk pilihan ganda dan mengevaluasi keterampilan berbahasa Inggris kamu dalam 3 bidang:

  1. Listening yang terdiri dari empat bagian yaitu, photographs, question-response, conversations, dan short talks (45 menit);
  2. Reading yang terdiri dari tiga bagian yaitu, incomplete sentences, text completion, dan reading comprehension (70 menit);
  3. Sekitar 30 menit untuk menjawab pertanyaan biografis.

Namun, artikel ini hanya akan membahas tentang contoh soal TOEIC reading section. Untuk kamu yang penasaran dengan cara menguasai tips TOEIC listening section, simak Tips Sukses Menguasai TOEIC Listening Section, ya!

 

TOEIC reading section

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Incomplete Sentences

Pada bagian ini, Anda akan menemukan sejumlah kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D. Tugas Anda adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat.

1. The software developers _____ investigated the latest problem.

a. Are just

b. Have already

c. Still

d. Have yet

Jawaban: (c)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Para pengembang perangkat lunak _____ menyelidiki masalah terbaru.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “sudah”, membuatnya menjadi: “Para pengembang perangkat lunak sudah menyelidiki masalah terbaru.” Jawaban (a) berarti hanya, jawaban (b) berarti sudah, jawaban (c) berarti masih, dan jawaban (d) berarti belum. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) atau have already.

 

2. Strong exports _____ in driving first-quarter growth, rising 35 percent from a year earlier.

a. Instrumental

b. Effectively

c. Played a hand

d. Played a big role

Jawaban: (d)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Ekspor yang kuat _____ dalam mendorong pertumbuhan pada kuartal pertama, kenaikan sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “memainkan peranan besar”, membuatnya menjadi: “Ekspor yang kuat memainkan peranan besar dalam mendorong pertumbuhan pada kuartal pertama, kenaikan sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.” Jawaban (a) berarti instrumental, jawaban (b) berarti secara efektif, jawaban (c) berarti memainkan tangan, dan jawaban (d) berarti memainkan peranan besar. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau played a big role.

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Text Completion

Pada bagian ini, Anda akan membaca beberapa bacaan singkat berupa artikel, surat, formulir, dan e-mail. Dalam setiap bacaan singkat, Anda akan menemukan tiga kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D. Tugas Anda adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat. Mirip-mirip dengan panduan untuk mengerjakan soal-soal pada bagian sebelumnya, bukan?

Read this Short Letter!

Taeyong's Stationery

2 Smythe St, Toronto, Canada M1B 5T6

Tel: (416) 295-1725

 

December 1st, 2021

Jeong Jaehyun

1 Stevens Rd.

Scarborough, Ontario, Canada M1E 4H7

 

Dear Mr. Jaehyun:

Holiday Sale

Seasons Greetings. As a _______ customer, we wanted you to be among the first to know about our upcoming holiday sale. All craft paper, specialty printer paper, and decorative envelopes will be reduced by 50% for the month of December.

1. As a _______ customer, we wanted you to be among the first to know about our upcoming holiday sale.

a. Value

b. Valued

c. Valid

d. Validate

Jawaban: (b)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Sebagai pelanggan _______ kami ingin Anda menjadi orang pertama yang tau tentang diskon liburan kami di waktu mendatang.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “berharga”, membuatnya menjadi: “Sebagai pelanggan berharga, kami ingin Anda menjadi orang pertama yang tau tentang diskon liburan kami di waktu mendatang.” Jawaban (a) merupakan kata benda yang berarti nilai, jawaban (c) berarti diizinkan, dan jawaban (d) berarti mengizinkan. Youre right, pilihan (c) dan (d) memang tidak cocok dengan konteks tulisan di atas. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) atau valued.

 

As per tradition at Taeyong's Stationery, we will be having a Christmas raffle. This year the grand prize is a three night stay at the Hyatt Regencies _______ The Island of Toronto. The winner will also receive a free stay in the penthouse suite as well as a free dinner on the moonlit patio.

2. This year, the grand prize is a three night stay for two at the Hyatt _______ The Island of Toronto.

a. Through

b. Over

c. In

d. On

Jawaban: (d)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Tahun ini, hadiah utamanya adalah menginap tiga malam di Hyatt Regencies _______ Pulau Toronto.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “di”, membuatnya menjadi: “Tahun ini, hadiah utamanya adalah menginap tiga malam di Hyatt Regencies di Pulau Toronto.” Jawaban (a) berarti melalui, jawaban (b) berarti di atas, jawaban (c) berarti dalam, dan jawaban (d) berarti di. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau on.

 

Money from ticket sales will be _______ to The Ruby Foundation, a local organization that provides food and clothing for those in need.

3. Money from ticket sales will be _______ to The Ruby Foundation, a local organization that provides food and clothing for those in need.

a. Donated

b. Funded

c. Purchased

d. Collected

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Uang dari penjualan tiket akan _______ ke The Ruby Foundation, sebuah organisasi lokal yang menyediakan makanan dan pakaian bagi mereka yang membutuhkan.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “disumbangkan”, membuatnya menjadi: “Uang dari penjualan tiket akan disumbangkan ke The Ruby Foundation, sebuah organisasi lokal yang menyediakan makanan dan pakaian bagi mereka yang membutuhkan.” Jawaban (a) berarti disumbangkan, jawaban (b) berarti didanai, jawaban (c) berarti dibeli, dan jawaban (d) berarti dikumpulkan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (a) atau donated.

 

Contoh Soal dan Pembahasan: Reading Comprehension

Pada bagian ini, Anda akan diberikan sejumlah bacaan singkat dengan tema besar yang berhubungan dengan dunia kerja. Selanjutnya, setiap bacaan singkat tersebut diikuti dengan pertanyaan mengenai yang dipaparkan. Nah, mengacu pada bacaan singkat yang tersedia, tugas Anda adalah menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan tepat. 

Read this Short Passage!

Are you setting up a small business? Worried about the costs of renting office space and employing the right people? Rebus Virtual Office World can help you. With our Basic Office Deal, we can set up a virtual office for you practically overnight.

We will give your business a professional image and our polite, friendly staff will handle your calls and present your business in the best possible way. We can provide you with: a professional business address, a local phone number and we will also handle mail.

For a more personal approach, with the option of forwarding mail and messages to your home address, don’t hesitate to ask us about our Premier Office Deals.

1. Where is the text from?
a. A message from a business to a current client.
b. An advertisement for a new business service.
c. An email from one business worker to another.
d. A newspaper article about a new business’s success.

Jawaban: (b)

Pembahasan: Untuk menjawab pertanyaan nomor satu, Anda bisa membaca tiga kalimat pertama dari paragraf di atas terlebih dahulu. Dalam bahasa Indonesia, tiga kalimat pertama dari paragraf di atas berarti: “Apakah Anda sedang mendirikan bisnis kecil? Khawatir soal biaya sewa ruang kantor dan mempekerjakan orang yang tepat? Rebus Virtual Office World dapat membantu Anda.” Dimana kalimat tersebut mencerminkan usaha untuk menawarkan layanan kepada mereka yang sedang mendirikan sebuah bisnis. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) karena melihat tiga kalimat pertama dari paragraf di atas sebagai iklan layanan bisnis terbaru dari Rebus Virtual Office. 

 

2. Which of the following is not included in the Basic Office Deal?

a. A polite receptionist

b. A mail-forwarding service

c. A professional address

d. A telephone-answering service

Jawaban: (b)

Pembahasan: Untuk menjawab pertanyaan nomor dua, Anda bisa membaca seluruh kalimat pada paragraf kedua terlebih dahulu. Dimana paragraf kedua menyebutkan layanan yang termasuk ke dalam Basic Office Deal yaitu, businesss professional image, a friendly staff that will handle calls and present customer’s business in the best possible way, professional business address, local phone number, dan mail-handling. Sementara itu, paragraf ketiga menyebutkan layanan yang hanya termasuk ke dalam Premier Office Deals yaitu, mail-forwarding dan messages-forwarding ke rumah pengguna jasa. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (b) karena mail-forwarding service tidak termasuk ke dalam Basic Office Deal.

Baca juga: 7 Tips Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris dan Mengerti Artinya

Akhirnya, itulah contoh soal TOEIC reading section dan pembahasannya. Menurut Anda, manakah di antara tiga bagian dalam TOEIC reading section yang paling sulit untuk dikerjakan? Ceritakan jawaban Anda di kolom komentar, ya! Pesan saya, cobalah untuk tidak menaruh perhatian Anda pada hal-hal yang Anda rasa sulit untuk dikerjakan. Sebab mengkhawatirkan hal-hal tersebut hanya akan mengurangi energi Anda untuk mengerjakan soal lainnya. So, I suggest you focus on what you do best. Dengan begitu, Anda akan memiliki probabilitas yang lebih besar untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam tes yang satu ini. 

Jika masih bingung dan membutuhkan bantuan dari pengajar bahasa Inggris secara profesional, maka Anda dapat mengikuti kelas di English Academy by Ruangguru. Di kelas ini terdapat jenjang explorer untuk usia 18 tahun ke atas, loYuk, gabung sekarang!

New call-to-action

 

Referensi:

ETS. 2021. Content and Format of the TOEIC Listening and Reading Test (For Organizations). [online] Available at: https://www.ets.org/toeic/organizations/listening-reading/about/content-format/ [Accessed 26 December 2021].

English Club. 2021. TOEIC Practice - Part 6: Text Completion. [online] Available at: https://www.englishclub.com/esl-exams/ets-toeic-practice-6.htm [Accessed 26 December 2021].

Exam English. 2021. TOEIC® Reading Part 5: Incomplete sentences. [online] Available at: https://www.examenglish.com/TOEIC/TOEIC_reading.htm [Accessed 26 December 2021].

Exam English. 2021. TOEIC® Reading Part 7: Comprehension. [online] Available at: https://www.examenglish.com/TOEIC/toeic_reading7.htm [Accessed 26 December 2021].

 

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.