Mengajarkan Anak Belajar Berhitung Bahasa Inggris

belajar berhitungAgar anak mampu menguasai bahasa Inggris, ada beberapa hal yang harus anak pahami. Salah satunya itu berhitung dalam bahasa Inggris. Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

- -

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, mengajar anak bahasa Inggris merupakan hal yang dapat mengembangkan berbagai macam kemampuan yang dibutuhkan anak. Ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris yang didapatkan oleh anak ketika mereka belajar sejak dini. Some of the advantages are, anak belajar problem-solving, berpikir kritis, menguatkan daya ingat, konsentrasi dan lain-lain. But of course, ada banyak yang kita dapat ajarkan kepada anak-anak. Salah satunya berhitung.

Tentu saja mengajar anak berhitung dalam bahasa Inggris bukan hal yang mudah dilakukan. Karena kita tengah mengajar mereka menghitung angka dalam bahasa Indonesia. Tetapi jika kita telaah lebih dalam, sebenarnya anak-anak sudah memiliki kemampuan untuk belajar bahasa asing pada usia yang masih sangat muda. Oleh karena itu, mengajar menghitung angka dalam bahasa Inggris pada anak sejak dini merupakan hal yang direkomendasikan. Selain itu, hal ini merupakan dasar dari anak belajar matematika dalam bahasa Inggris.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui sebelumnya, fase anak kecil belajar adalah sambil bermain. Oleh sebab itu kita sangat dianjurkan untuk mengajarkan mereka tidak seperti di sekolah yang harus duduk diam, dan dilakukan dalam waktu yang sudah ditentukan. Tapi kita harus memiliki metode belajar berhitung dalam bahasa Inggris yang kreatif dan tidak menekan si kecil. Berikut adalah beberapa ide yang smart parents dapat terapkan untuk mengajar anak berhitung dalam bahasa Inggris:

 

belajar berhitung

 

  1. Berhitung mundur (Counting backwards)

Mungkin ini terdengar cukup membingungkan karena di awal-awal mengapa tidak berhitung dengan cara yang seperi biasanya. Hal ini dikarenakan banyak lagu bahasa Inggris liriknya mengenai tentang bagaimana cara berhitung mundur. Mulai dari angka 5 hingga angka 1. Misalnya pada lagu five little monkeys dan five little ducks.

Melalui lagu-lagu yang serupa seperti ten little indians, one little finger (tap tap tap), ten green bottles hanging on the wall, dan lain-lain, anak bukan hanya belajar berhitung. Tapi juga mereka akan terhibur dan tidak terasa sedang belajar. Mengajar berhitung melalui nyanyian angka satuan dalam bahasa Inggris untuk anak adalah salah satu cara mengajar yang kreatif. Because basically, as smart parents, we need to entertain them and not push them to learn things.

Selain itu, kita juga bisa mengajarkan besaran jumlah dari angka-angka dengan mengajak sang buah hati mengucapkan angka 10 dengan suara yang lantang, dan mengecil hingga angka 1. Hal ini dapat membuat anak dalam belajar angka besar dan angka kecil. Sang buah hati dapat mengetahui 10 merupakan angka yang besar, dan angka 9 lebih kecil. Hal ini membantu anak akan lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan matematika anak.

 

  1. Menghitung barang-barang (Counting things)

Selain belajar tentang besaran jumlah suatu angka dari permainan suara, kita juga bisa mengajak anak untuk menghitung barang-barang. Dari sini, anak akan mengembangkan kosakata mereka. Sebagai contoh kita bertanya, “How many apples do mommy has?” (Ada berapa buah apel yang ibu punya?) atau “how many grapes daddy gives you?” (berapa buah anggur yang ayah berikan kepadamu) Kita juga bisa menggunakan barang-barang yang disukainya untuk menghitung jumlahnya. “How many crayons do you have?” (berapa krayon yang kamu miliki?) Bahkan smart parents bisa menggunakan teka teki. Misalnya terdapat 3 bola di kamar si kecil. Kita bisa bertanya, “There are 3 in this room. What are they?” (Jumlahnya ada tiga di ruangan ini. Apa saja kah itu?)

Baca Juga: 15 Rekomendasi Lagu Anak Bahasa Inggris

 

  1. Permainan angka acak (Random number games)

Jika smart parents ingin melatih anak untuk merespon angka-angka acak dengan cepat tanpa perlu lama menghitung di jari, berikut ini adalah permainan-permainan yang dapat membantu. Di antaranya sebagai berikut:

 

  • Berlari dan menyentuh angka yang ditempel di dinding
  • Berlari dan melompat ke arah angka yang ditempel di lantai
  • Mengambil kartu angka yang disebutkan
  • Menunjukkan jumlah jari
  • Membuat angka dalam bentuk-bentuk seperti pensil, paperclip, lilin malam, dan lain-lain.
  • Mewarnai angka

 

  1. Membaca angka 1-10 (Read 1 to 10)

Tentunya sebelum dapat melakukan permainan angka acak, anak sudah harus tahu terlebih dahulu tentang bentuk dari angka-angka. Smart parents bisa mengajak anak untuk membaca bersama angka-angka yang ada. Misalnya dengan kartu angka beserta tulisannya, atau juga bisa dengan menyebutkan angkanya sambil menuliskannya. Sehingga anak akan tahu bagaimana membacanya dan bagaimana bunyinya.

 

  1. Menulis angka 1-10 (Write 1 to 10)

Ketika mengajak anak menuliskan angka 1 sampai 10, kita tidak perlu memaksakannya untuk harus bisa dengan pensil atau pulpen di atas kertas. Karena bisa jadi tulang sang buah hati belum berkembang dengan baik, sehingga tidak membuatnya mampu untuk memegang pensil atau pulpen. Terkait hal pertumbuhan tulang anak telah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Berasal dari hal itu, ada cara lain adalah kita bisa menggunakan krayon besar atau spidol besar untuk menuliskan angka-angka satuan. 

Bahkan, lebih baik lagi menggunakan barang-barang besar dan tekstur yang, lalu menuliskan angka-angka di atas pasir. Meskipun menulis membantu anak bisa belajar sensor motorik, tetapi lebih baik anak tidak memaksakan di luar pertumbuhannya. Anak dapat belajar menulis angka satuannya dengan ranting, balon lonjong, dan lain-lain

Demikianlah beberapa cara mengajarkan anak berhitung dalam bahasa Inggris. Dalam berhitung, khususnya untuk anak usia dini, smart parents tidak perlu terburu-buru. Cukup mulai dari angka satuan. Tidak harus untuk langsung menuju angka yang panjang, seperti angka belasan, angka puluhan, angka ratusan, bahkan angka ribuan. Meskipun hal yang akan smart parents ajarkan tidaklah mudah dan bisa jadi prosesnya cukup lama, yang paling penting adalah buah hati kita tidak merasa ada keterpaksaan. Ada satu hal yang kita tidak boleh lupa, yaitu pada dasarnya usia mereka yang masih muda masih dalam tahap bermain sambil belajar. 

Jika smart parents ingin anak belajar lebih lanjut tentang bahasa Inggris, Anda dapat daftarkan buah hati Anda ke English Academy jenjang Dasher. Perlu diingat kembali, kelas ini memiliki program khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan si kecil yang berusia 3-6 tahun, sehingga mereka dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa melihat proses anak belajar berhitung dengan melihat progress report. Ayo daftarkan anak Anda sekarang juga!

English Academy Dasher

Referensi:

Case, Alex. ND. English Club. (online at) https://www.englishclub.com/efl/tefl-articles/teach-kids-numbers-1-to-10/ (accessed at 8 June 2022)

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.