Perbedaan Active Voice (Kalimat Aktif) dan Passive Voice (Kalimat Pasif) Bahasa Inggris

Active Voice VS Passive Voice

My mom peels the banana.
Yap, contoh di atas merupakan kalimat aktif (active voice). Kamu tahu nggak, bagaimana cara mengubahnya ke dalam kalimat passive (passive voice)? Kalau belum tahu, belajar lewat artikel ini, yuk!

 

“Seorang pria ditemukan tewas di jalan raya karena ditabrak oleh seorang supir truk,” ucap seorang reporter televisi. Kalau diperhatikan baik-baik, menurutmu contoh kalimat tadi tergolong sebagai active voice atau passive voice?

Kalimat aktif dan pasif adalah jenis kalimat bahasa Inggris yang dilihat berdasarkan subjeknya. Materi ini familiar juga dengan sebutan active sentence dan passive sentence seperti yang sudah kita bahas dalam artikel Types of Sentences: Jenis Kalimat Bahasa Inggris.

Anyway, kalimat pembuka di atas tergolong sebagai passive voice karena beberapa alasan. Pertama, lihatlah bagaimana reporter televisi menekankan bahwa kecelakaan telah terjadi hingga menewaskan seorang pria. Kedua, sadarilah bahwa subjek dari kalimat di atas adalah pria yang terkena tabrak oleh seorang supir truk.

Nah, passive voice sendiri memang berusaha untuk membicarakan seseorang yang terkena dampak dari tindakan tertentu. Dalam hal ini, pria tersebut tewas karena seorang supir truk yang menabraknya.

What do you think? Ternyata tidak begitu sulit, bukan? Agar lebih memahaminya di luar kepala, Maka dari itu, yuk, simak pemaparan di bawah ini!

 

Apa Perbedaan Antara Active Voice dan Passive Voice?

Active voice adalah kalimat yang menempatkan orang untuk melakukan suatu tindakan sebagai subjeknya, sedangkan passive voice adalah kalimat di mana sebuah kata kerja menunjukkan bahwa suatu tindakan dilakukan pada subjek.

 

Active Voice

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, active voice adalah kalimat yang menempatkan orang yang melakukan suatu tindakan sebagai subjeknya. Kalau dalam di Indonesia, verb dalam active voice umumnya diawali dengan imbuhan ber- atau me-. Misal seperti menulis, berlari, dan lain-lain.

 

Apa Saja Ciri-ciri Kalimat Aktif? 

Berikut ini ciri-ciri active voice:

  • Kalimat active voice cenderung memiliki nada yang tegas dan jelas
  • Kalimat aktif ditandai dengan subjek yang berada di awal
  • Subjek diikuti oleh bentuk ‘to be’, verb, dan objek
  • Dapat menceritakan dengan jelas tentang subjek yang telah melakukan suatu hal

 

Kamu ingin belajar tentang kalimat aktif dan pasif langsung bersama pengajar lokal dan internasional melalui kelas interaktif? Ikut English Academy aja! Kalau penasaran kelasnya seperti apa, cobain dulu kelas gratis-nya, yuk! Bisa pilih jadwal semau kamu!

IDN CTA Blog Trial Class Academic English EA 2022

 

Rumus Kalimat Aktif (Active Voice)

Rumus active voice adalah Subject + Verb + Object. Dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menyebutnya dengan S-P-O (subjek, predikat, keterangan).

Nah, kalimat aktif dalam bahasa Inggris paling banyak diungkapkan dalam bentuk simple present tense menggunakan verb 1 (base form).

Tapi, kalau kamu bertanya, kalimat aktif dalam bahasa Inggris menggunakan verb berapa? Jawabannya adalah bisa menggunakan verb 1, verb 2, atau verb 3. Artinya, kamu dapat membuat kalimat aktif dalam semua jenis tenses.

Ini contoh kalimat aktif bahasa Inggris (dalam simple present tense):

  • We found a lost puppy in the garden.
    (Kami menemukan anak anjing hilang di kebun.)
  • Lions adore beef.
    (Singa menyukai daging sapi.)

 

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

 

Dari dua contoh di atas, kata “We” dan “Lions” adalah subjek dalam kalimat yang diikuti oleh verb.

FYI, dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, sebetulnya akan lebih bagus kalau berbicara dengan kalimat aktif. Pasalnya, jika kita menyebut pelaku sebagai subjek, lawan bicara akan lebih mudah untuk memahami makna dari kalimat yang kita sampaikan.

Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

 

Passive Voice

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, passive voice adalah bentuk kalimat yang menempatkan orang atau benda yang dikenai atau dipengaruhi oleh kata kerja (verb).

Ingat! Passive voice bukan semata-mata lawan dari active voice. Pasalnya, kedua kalimat ini memiliki struktur yang berbeda.

Kalau dalam bahasa Indonesia, kata kerja dalam passive voice biasanya diawali dengan “di”, kayak dimasak, dicuci, ditulis, etc.

Baca Juga: Definisi Passive Voice dan Contoh Kalimat Pasif Bahasa Inggris

 

Apa Ciri-ciri Passive Voice?

Ini dia karakter atau ciri-ciri kalimat pasif:

  • Ketika kita mengubah kalimat dari kalimat aktif menjadi pasif, objek menjadi subjek.
  • Tidak menceritakan dengan jelas tentang ‘aktor’ yang telah melakukan sebuah tindakan.
  • Kita harus menambahkan ‘by’ pada akhir kalimat jika ingin memperjelas siapa yang melakukan sebuah tindakan.

 

contoh kalimat pasif dalam bahasa inggris

 

Bagaimana Rumus Passive Voice (Rumus Kalimat Pasif)?

Rumus passive voice adalah Subject + to be + past participle (Verb 3) + by + object untuk kalimat simple present tense. Lagi-lagi, rumus bisa berubah tergantung kamu menggunakan tenses apa pada kalimat aktifnya.

Contoh kalimat pasif bahasa Inggris (passive voice):

  • The romantic comedy novel Crazy Rich Asians was written by Kevin Swan.
    (Novel komedi romantis Crazy Rich Asians ditulis oleh Kevin Swan.)
  • An old man was found dead on the street.
    (Seorang lelaki tua ditemukan tewas di jalan.)

 

Bagaimana Cara Mengubah dari Active Form Menjadi Passive Voice?

Supaya kamu lebih paham, mari belajar cara mengubah active voice menjadi passive voice. Untuk mengubah active voice menjadi passive voice dengan tepat, kamu harus memahami rumus pembentukan masing-masing kalimat.

Tujuannya adalah, saat ujian nanti, kamu mampu mengubah active voice menjadi passive voice, maupun mengubah kalimat yang ditulis dalam bentuk passive voice menjadi active voice.

Ingat, active voice digunakan untuk menceritakan ‘aktor’ dari suatu tindakan. Sementara itu, dalam passive voice lebih menekankan bahwa suatu tindakan telah terjadi.

Nah, sesuatu yang dikenai atau dipengaruhi oleh tindakan tertentu adalah subjek kalimat. Apakah kamu penasaran? Perhatikan contoh berikut ya!

Contoh 1: Active Voice -> Passive Voice

Active Voice: The bank counted the money.
(Bank menghitung uang.)

Passive Voice: The money was counted by the bank.
(Uang dihitung oleh bank.)

Penjelasan:

  • Objek langsung dari kalimat di atas adalah ‘the money’
  • Verb yang pada active voice adalah ‘counted’, kemudian pada kalimat pasif berubah menjadi ‘was counted’
  • ‘The money’ berpindah posisi dari akhir kalimat jadi di awal kalimat
  • Subjek dijelaskan dalam frasa kata ‘by the bank’

 

Contoh 2: Passive Voice -> Active Voice

Passive Voice: The cat was chased by the dog.
(Kucing itu dikejar anjing.)

Active Voice: The dog chased the cat.
(Anjing mengejar kucing.)

Penjelasan:

  • Objek langsung dari kalimat di atas adalah ‘The cat’
  • Verb dari bentuk pasif yaitu ‘was chased’ berubah menjadi ‘chased’
  • Objek dari awal kalimat berpindah ke akhir kalimat
  • Subjek kalimatnya adalah ‘The dog’

 

Lagu Barat yang Mengandung Passive Voice

Lirik lagu barat yang mengandung kalimat pasif salah satunya berjudul Just Give Me A Reason yang dinyanyikan oleh Pink feat. Nate Ruess. Berikut liriknya:

Just give me a reason
Just a little bit’s enough
Just a second we’re not broken just bent
And we can learn to love again
It’s in the stars
It’s been written in the scars on our hearts
That we’re not broken just bent
And we can learn to love again

 

Rumus Penggunaan Active Voice dan Passive Voice dalam Berbagai Tenses dan Contoh Kalimatnya

Sebagai latihan untuk mengasah logika berpikir, yuk, coba perhatikan perubahan bentuk dari active voice menjadi passive voice dalam 16 tenses bahasa Inggris berikut ini!

Tense Bentuk Aktif Bentuk Pasif Active Voice Passive Voice
Simple present tense watch is watched Intan watches a movie. A movie is watched by Intan.
Present continuous tense is making is being made My mother is making a pancake for me now. A pancake is being made by my mother for me now.
Simple past tense bought was bought Alfi bought a cool t-shirt yesterday. The cool t-shirt was bought by Alfi yesterday.
Past continuous tense was attending was being attended He was attending the graduate party yesterday. The graduate party was being attended by him yesterday.
Present perfect tense has sung has been sung They have sung the romance music. The romance music has been sung by them.
Present perfect continuous tense have been waiting have been being waited I have been waiting you so long since they call me often. You have been being waited by me so long since they call me often.
Past perfect tense had used had been used They had used poison gas in World War II. Poison gas had been used in World War II.
Past perfect continuous tense had been learning had been being learned They had been learning English since 2011. English had been being learned by them since 2011
Simple future tense will write will be written Mark will write a poem tomorrow. A poem will be written by Mark tomorrow.
Future continuous tense will be reading will be being read Nana and Cerci will be reading books at this time tomorrow. Books will be being read by Nana and Cerci at this time tomorrow.
Future perfect tense will have finished will have been finished He will have finished all his homework at 9 o’clock tonight All his homework will have been finished by him at 9 o’clock tonight.
Future perfect continuous tense will have been eating will have been eating I will have been eating the chocolate cake. The chocolate cake will have been being eaten by me.
Simple past future tense would eat would be eaten She would eat many cookies fast. Many cookies would be eaten by her fast.
Past future continuous tense would be reading would be being read They would be reading the book. The book would be being read by them.
Past future perfect tense would have completed would have been completed Before taking holiday yesterday, we would have completed our work. Before taking holiday yesterday, our work would have been completed by us.
Past future perfect continuous tense would have been studying would have been being studied I would have been studying English for a semester by the end of this month. English would have been being studied by me for a semester by the end of this month.

Nah, itulah pembahasan tentang kalimat aktif kalimat pasif serta bagaimana cara mengubahnya.  Jangan lupa luangkan waktumu untuk menguasai active voice dan passive voice secara bertahap.

Selain menggunakannya dalam percakapan sehari-hari, kamu bisa belajar contoh kalimat pasif dan aktif dengan membuat berbagai macam teks. Misalnya dalam teks prosedur kamu menggunakan active voice, sedangkan teks eksplanasi bisa dibuat dalam kalimat pasif.

By the way, untuk lebih memahami jenis kalimat ini, kamu bisa bergabung dengan kelas English Academy. Di sana, kamu akan bertemu dengan guru berpengalaman dengan kurikulum belajar Internasional Cambridge. See? You never have to walk alone, my friend. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

CTA English Academy

Referensi:

Merriam-Webster. 2020. On Active and Passive Voice. [online] Available at: <https://www.merriam-webster.com/words-at-play/active-vs-passive-voice-difference> [Accessed 5 August 2021].

Traffis, C., 2021. Active vs. Passive Voice. [online] Grammarly. Available at: <https://www.grammarly.com/blog/active-vs-passive-voice/> [Accessed 5 August 2021].

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui pada tanggal 11 Maret 2022 oleh Intan Aulia Husnunnisa.

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!