Perbedaan Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Clara Pricilla Adiputra Agu 8, 2021 • 6 min read


perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa inggris

Artikel ini akan membahas tentang perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Ingin menguasai topik yang satu ini? Yuk, baca artikel ini sampai akhir!

--

“Seorang pria ditemukan tewas di jalan raya karena ditabrak oleh seorang supir truk,” ucap seorang reporter televisi. Hm, kalau kamu perhatikan baik-baik, menurutmu kalimat tersebut tergolong sebagai kalimat aktif atau kalimat pasif?

Yup, menentukan apakah suatu kalimat tergolong sebagai kalimat aktif atau kalimat pasif, bukanlah hal yang mudah. Tetapi, akan menjadi mudah apabila kamu memahami fungsi dan logika berpikir yang ada pada kedua jenis kalimat.

Let me spill it for you, kalimat di atas tergolong sebagai kalimat pasif karena beberapa alasan. Pertama, lihatlah bagaimana reporter televisi menekankan bahwa kecelakaan telah terjadi hingga menewaskan seorang pria. Kedua, sadarilah bahwa subjek dari kalimat di atas adalah pria yang terkena tabrak oleh seorang supir truk. Nah, kalimat pasif sendiri memang berusaha untuk membicarakan seseorang yang terkena dampak dari tindakan tertentu. Dalam hal ini, pria tersebut tewas karena seorang supir truk yang menabraknya.

What do you think? Ternyata tidak begitu sulit, bukan? Kamu memang hanya perlu memahami betul fungsi dan logika berpikir kedua jenis kalimat. Eits, jangan kabur dulu, ya! Untuk menjadi kebanggaan guru bahasa Inggris, alangkah baiknya apabila kamu memahami seluk beluk kedua jenis kalimat. Trust me, membaca artikel ini akan membantu kamu memahami perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Yuk, simak pemaparan di bawah ini!

 

Kalimat Aktif

Kalimat aktif? Maksudnya kalimatnya bisa bergerak kesana-kemari gitu? Ya nggak, dong. Nih, let me explain it for you, biar nggak dimarahin sama guru bahasa Inggris kamu lagi. Sederhananya, kalimat aktif adalah kalimat yang menempatkan orang yang melakukan suatu tindakan sebagai subjeknya. Nah, kalau dalam bahasa Inggris, kalimat ini ada di dalam active voice.

Wait, kok tiba-tiba ada kata voice dalam pembahasan ini? Tenang, nggak usah panik karena akan ada penjelasannya. Sebenarnya, kalau dalam bahasa Inggris, kata kerja itu memiliki lima sifat yaitu: voice, mood, tense, person, dan number. Yup, kalau dalam pembahasan ini kita hanya perlu memperhatikan salah satunya saja yaitu voice. Dalam hal ini, ketika subjek kalimat merupakan pelaku dari tindakan pada kata kerja, kalimat itu dalam active voice. Oh ya, kalimat dalam active voice itu cenderung memiliki nada yang tegas dan jelas, loh. Ingin tahu contoh kalimat aktif? Simak pemaparan di bawah ini, ya!

  • The students have cleaned the classroom.
  • We found a lost puppy in the garden.

contoh kalimat aktif dalam bahasa inggris

Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

 

Kalimat Pasif

Setelah membaca pemaparan di atas, kamu pasti sudah bisa memperkirakan apa yang dimaksud dengan kalimat pasif, kan? But, just in case you’re not sure about it, artikel ini sudah mempersiapkan penjelasannya untuk kamu. Pertama, ketahuilah bahwa kalimat pasif bukanlah semata-mata lawan dari kalimat aktif. Dalam hal ini, satu-satunya hal yang berlawanan adalah nama dari kalimat itu sendiri dimana pasif merupakan lawan kata aktif. Kedua, ketahuilah bahwa kalimat pasif lebih membicarakan tentang suatu hal yang dikenai atau dipengaruhi perbuatan tertentu.

Jadi, kalimat pasif adalah kalimat yang menempatkan orang atau benda yang dikenai atau dipengaruhi oleh kata kerja. Nah, karena subjek kalimat adalah suatu hal yang dikenai atau dipengaruhi oleh kata kerja, kalimat ini dalam passive voice. Hm, kamu pernah kepikiran nggak sih apa guna dari kalimat pasif? Kalau nggak kepikiran, let me spill the tea for you.

Pertama, kalimat pasif berguna ketika kita lebih ingin menekankan bahwa suatu tindakan telah terjadi daripada siapa yang melakukan tindakan tersebut. Kedua, kalimat pasif juga akan menjadi berguna ketika ingin menceritakan suatu tindakan yang pelakunya tidak diketahui. What do you think? Quite useful, bukan? Sekarang, waktunya kamu untuk menyimak contoh kalimat pasif dalam bahasa Inggris, ya!

  • The romantic comedy novel Crazy Rich Asians was written by Kevin Swan.
  • An old man was found dead on the street.

contoh kalimat pasif dalam bahasa inggris

 

Cara Mengubah Kalimat Aktif menjadi Kalimat Pasif

Last but not least, sekarang kamu akan mempelajari cara mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif. Pertama, untuk mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dengan tepat, kamu harus memahami rumus pembentukan masing-masing kalimat. Duh, jadi harus menghafal rumus seperti di mata pelajaran Matematika, dong? Eits, siapa bilang! Menghafal dan memahami itu hal yang berbeda loh, sobat.

Dengan memahami rumus pembentukan masing-masing kalimat, kamu akan mampu mengerjakan berbagai jenis permintaan dalam soal. Jadi, selain mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, kamu juga mampu mengubah kalimat pasif menjadi kalimat aktif. Kedua, kamu perlu menguasai logika berpikir dari pembentukan masing-masing kalimat.

Dalam hal ini, ingatlah bahwa kalimat aktif digunakan untuk menceritakan agen dari suatu tindakan. Sementara itu, kalimat pasif digunakan lebih untuk menekankan bahwa suatu tindakan telah terjadi. Nah, sesuatu yang dikenai atau dipengaruhi oleh tindakan tertentu adalah subjek kalimat. Penasaran dengan contoh penerapannya? Simak pemaparan di bawah ini, ya!

Contoh 1: Kalimat Aktif -> Kalimat Pasif

Kalimat Aktif: The bank counted the money.

Kalimat Pasif: The money was counted by the bank.

Contoh 2: Kalimat Pasif -> Kalimat Aktif

Kalimat Pasif: The cat was chased by the dog.

Kalimat Aktif: The dog chased the cat.

Nah, itulah perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. For starters, kamu bisa memulai dengan mencatat rumus, fungsi, dan logika berpikir dari kedua jenis kalimat. Selanjutnya, to really conquer this topic, you just have to practice like no other. Kalau kata Bruce Lee: “I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times”.

Jadi, luangkanlah waktumu untuk menguasai kedua jenis kalimat secara bertahap. You can start by practicing your capability to identify and create active sentences a couple times. Nah, setelah itu, barulah kamu mulai berlatih untuk mengidentifikasi dan menciptakan kalimat pasif. By the way, if you don’t feel like learning alone, kamu bisa bergabung dengan kelas English Academy. Di sana, kamu akan bertemu dengan guru berpengalaman yang juga bisa menjadi teman belajar kamu yang paling setia. See? You never have to walk alone, my friend. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

New call-to-action

Referensi:

Merriam-Webster. 2020. On Active and Passive Voice. [online] Available at: <https://www.merriam-webster.com/words-at-play/active-vs-passive-voice-difference> [Accessed 5 August 2021].

Traffis, C., 2021. Active vs. Passive Voice. [online] Grammarly. Available at: <https://www.grammarly.com/blog/active-vs-passive-voice/> [Accessed 5 August 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar