Persyaratan Mengikuti Ujian IELTS

Persyaratan IELTS

Buat kamu yang sudah berniat ingin segera mengikuti ujian IELTS, sebaiknya kamu persiapkan syarat-syarat untuk mengikuti ujian IELTS, baik sebelum ujian diselenggarakan maupun ketika ujian sedang berlangsung. 

Bagi sebagian orang, ujian IELTS merupakan salah satu ujian yang penting. Sebab, ujian IELTS dapat menjadi penentu masa depan seseorang, baik yang ingin melanjutkan studi, maupun yang ingin meniti karir di dalam maupun luar negeri.

Mungkin, kamu adalah salah satu orang tersebut. Maka dari itu, untuk kamu yang sedang dalam persiapan mengikuti ujian IELTS, sebaiknya kamu cermati dan siapkan beberapa syarat berikut agar ketika hari H ujian semuanya berjalan lancar.

Ada apa saja ya syarat-syaratnya? Yuk, disimak!

 

Syarat Sebelum Ujian IELTS

  1. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan matang, mulai dari mempelajari dan latihan soal dari  jenis-jenis keterampilan yang akan diujikan, memantapkan pilihan jenis tes (Academic atau General Training), mengetahui klasifikasi skor (band) pada IELTS, dan lain-lain. 
  2. Kamu bisa cek keberadaan lembaga penyelenggara tes IELTS di dekat tempat tinggalmu, misalnya seperti British Council, Cambridge English Language Assessment, dan IDP. Kamu juga bisa berkunjung ke situs mereka untuk mencari informasi seputar tes IELTS. 
  3. Kamu bisa tentukan format tes yang mau kamu ikuti, baik itu paper test maupun computer test
  4. Saat kamu sudah siap untuk mendaftar, kamu bisa menyiapkan:
    a. Dokumen identitas yang berlaku (KTP/paspor). Kalau kamu berusia dibawah 18 tahun, orang tua kamu perlu melengkapi Parent consent for candidates under 18 form. (IELTS tidak disarankan diikuti oleh peserta berusia dibawah 16 tahun).
    b. Kartu debit/kredit. Kamu dapat membayar melalui sistem pendaftaran daring. Sementara, harga untuk mendaftar tes IELTS berkisar Rp2,600,000,- sampai Rp3,570,000,-, tergantung jenis tes yang kamu ambil. Kamu harus menyelesaikan pembayaran maksimal 24 jam setelah kamu mendaftar, kemudian kamu dapat mengirimkan bukti pembayaran melalui akun kamu di portal pendaftaran daring.
    c. Setelah kamu melakukan pendaftaran, kamu akan menerima konfirmasi lewat email berupa:
  • Waktu dan lokasi tes 
  • Tanggal tes speaking
  • Informasi lain dari penyelenggara tes

Setelah kamu berhasil terdaftar sebagai peserta ujian IELTS, kamu tinggal menunggu hari H dengan mempersiapkan mental dan mematangkan keterampilan-keterampilan yang akan diujian. 

Kemudian, apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika Hari H ujian berlangsung?

Baca Juga: IELTS: Pengertian, Jenis, & Keterampilan yang Diujikan

 

Syarat Ketika Hari H Ujian IELTS

Syarat utama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang. Kamu sudah berusaha maksimal dalam mempersiapkan ujian ini. Maka, seyogyanya kamu sudah memberikan persiapan yang terbaik. 

Sebelum kamu berangkat, pastikan kamu membawa beberapa barang berikut:

  1. KTP/Paspor yang kamu gunakan ketika mendaftar IELTS (sebelum masuk ke ruang ujian, identitas yang kamu gunakan akan dicek dengan teliti oleh petugas, termasuk ketika speaking test).
  2. Alat tulis berupa pena, pensil, dan penghapus. Pada listening dan reading test, kamu disarankan untuk menggunakan pensil untuk mengisi lembar jawaban. Sementara, untuk writing test, kamu diperbolehkan menggunakan pensil maupun pena. 
  3. Barang bawaan selain yang disebutkan di atas (termasuk handphone dan barang pribadi lainnya) tidak diperbolehkan dibawa masuk ke ruang ujian. Biasanya, penyelenggara ujian akan mempersiapkan ruangan khusus untuk menaruh barang-barang tersebut. 

Baca Juga: 4 Keterampilan Berbahasa Inggris dalam IELTS

Gimana, cukup mudah yaa syarat-syarat yang perlu kamu lakukan baik sebelum dan Hari H ketika kamu mengerjakan ujian IELTS? Semoga persiapan kamu semakin matang dan kamu bisa mendapat skor terbaik, ya! 

Oiya, saat ini English Academy punya program baru, yaitu IELTS. Maka dari itu, langsung aja yuk daftar di English Academy supaya persiapan IELTS kamu semakin matang! 

IELTS English Academy

Sumber referensi:

Daftar untuk Tes IELTS Anda [daring]. Tautan: https://www.britishcouncilfoundation.id/tes/ielts/book-test (Diakses: 10 Oktober 2023)

IELTS Online [daring]. Tautan: https://www.britishcouncilfoundation.id/tes/ielts/jadwal-tes-biaya-lokasi/ielts-online (Diakses: 10 Oktober 2023)

Jadwal Tes, Biaya, dan Lokasi di Indonesia [daring]. Tautan: https://www.britishcouncilfoundation.id/tes/ielts/jadwal-tes-biaya-lokasi (Diakses: 10 Oktober 2023)

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang IELTS [daring]. Tautan: https://www.idp.com/indonesia/ielts/faq/ (Diakses: 10 Oktober 2023)

Biaya IELTS [daring]. Tautan: https://www.idp.com/indonesia/ielts/prepare-for-ielts/test-fee/ (Diakses: 10 Oktober 2023)

Persiapan Sebelum Mendaftar Tes IELTS [daring]. Tautan: https://mahesainstitute.co.id/persiapan-sebelum-mendaftar-test-ielts/ (Diakses: 10 Oktober 2023)

 

Laras Sekar Seruni

Content Writer and Content Performance at English Academy. Writing is my cup of tea. I hope you enjoy and may learn a new thing! ^^