Inilah 3 Cara Mudah Mempelajari Grammar dalam Bahasa Inggris

Clara Pricilla Adiputra Agu 25, 2021 • 8 min read


Header Cara Belajar Grammar

Artikel ini akan membahas tentang 3 cara mudah mempelajari grammar dalam bahasa Inggris. Untuk kamu yang masih mengalami kesulitan melakukannya, yuk, simak pemaparan di bawah ini!

--

Bagi sebagian besar orang, menguasai grammar dalam bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Bahkan, untuk aku yang sudah duduk di bangku universitas, menjaga ketepatan grammar dalam bahasa Inggris adalah sebuah tantangan besar. Contohnya, sampai saat ini aku masih mengalami kesulitan dalam memastikan bahwa grammar yang terkandung dalam karya tulis ilmiah berbahasa Inggris milikku sudah tepat. Padahal, ketepatan grammar dalam bahasa Inggris sangatlah diperhitungkan oleh para kaum akademisi. Yup, grammar dalam karya tulis ilmiah berbahasa Inggris yang berantakan hanya akan membuat dosenmu malas membaca pekerjaanmu!

As you might have guessed, fakta bahwa grammar dalam bahasa Inggris tidak mudah untuk dikuasai cenderung membuat seseorang memilih untuk berhenti mempelajarinya. Selain itu, proses belajar yang cenderung kaku dan melelahkan turut mengikis semangat seseorang untuk mencoba menguasainya. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang mengetahui cara mudah mempelajari grammar dalam bahasa Inggris.

Now, the choice is in your hand, apakah kamu mau menyerah atau terus berjuang? Untuk kamu yang masih ingin berjuang, today is your lucky day. Penasaran kenapa? Karena aku sudah menyiapkan 3 cara mudah mempelajari grammar dalam bahasa Inggris khusus untuk kamu sang pejuang. So, perhatikan baik-baik pemaparan di bawah ini, ya!

 

1. Pelajari Bagian yang ada dalam Sebuah Perkataan

Waduh, langkah pertamanya saja sudah mempelajari bagian yang ada dalam sebuah perkataan. Hm, kedengarannya sulit untuk dilakukan, ya? Tenang, ada aku yang siap membantu kamu memahami bagian-bagian yang ada dalam sebuah perkataan. Tetapi, sebelum itu, penting untuk kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan parts of speech terlebih dahulu.

Dalam hal ini, parts of speech adalah kategorisasi kata ke dalam beberapa kelompok. Specifically, suatu kata dapat dikategorikan ke dalam salah satu dari delapan kelompok kata yang ada dalam parts of speech. Nah, sekarang adalah waktunya untuk mengenali kedelapan kelompok kata tersebut. Yuk, simak gambar di bawah ini terlebih dahulu!

Fun Fact Jungwoo

Pertama, noun adalah kata benda yang digunakan untuk menyebutkan nama orang, benda, hewan, tempat, dan ide. Kedua, pronoun adalah kata ganti untuk kata benda yang sifatnya sudah spesifik. Contohnya, jika suatu kalimat awalnya berbunyi:

Jungwoo is coming to my house today”, maka Jungwoo sebagai nama dapat diganti dengan “He is coming to my house today.”

Ketiga, verb adalah kata yang mendeskripsikan suatu aksi seperti running yang berarti berlari. Keempat, adjective adalah kata yang digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu kata benda seperti “luxurious” yang berarti mewah.

Contohnya, kamu bisa menggunakan kata luxurious pada kalimat yang berbunyi: “I am living a luxurious life.”

Kelima, adverb adalah kata yang digunakan untuk memberikan keterangan baik pada kata benda, kata sifat, dan kata lainnya. Contohnya, kamu bisa menggunakan kata “intensely” untuk menjelaskan cara seseorang menatap idolanya seperti pada kalimat: “She is looking at her idol intensely.”

Keenam, terdapat preposition yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar kata dalam sebuah kalimat seperti “in”, “on”, “at”, dan lain sebagainya. Ketujuh, terdapat conjunction yang digunakan untuk membantu kita menyusun kalimat yang kompleks.

Contohnya, kita dapat menggunakan kata “and” untuk menceritakan dua peristiwa dalam satu kalimat seperti: “I went to the mall yesterday, and I decided to buy some new sweaters.” Terakhir, terdapat interjection yang digunakan untuk mengungkapkan emosi yang berbeda seperti kata “oh no” pada kalimat: “Oh no, she failed the test again.”

 

2. Dengar dan Pelajari

Sejujurnya, kunci mempelajari grammar dalam bahasa Inggris dengan mudah adalah kemauan untuk mendengarkan dan mempelajari. Eh, bagaimana jika tidak ada satupun anggota keluargaku yang berbicara dalam bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari?

Tenang, ingatlah bahwa keluarga bukanlah satu-satunya sumber belajar grammar dalam bahasa Inggris yang kamu miliki. Selain keluarga, kamu bisa mempelajari grammar dalam bahasa Inggris dari berbagai jenis hiburan. Dalam hal ini, kamu bisa mempelajari grammar melalui film, musik, hingga podcast yang disajikan dalam bahasa Inggris.

Pertama, kamu bisa memulai dengan memilih jenis hiburan yang ingin kamu jadikan sumber belajar grammar dalam bahasa Inggris. Hm, kalau aku sih memilih untuk mempelajari grammar dalam bahasa Inggris sambil mengagumi ketampanan Leonardo DiCaprio di film Titanic.

Kedua, ingatlah bahwa kunci penerapan cara yang satu ini adalah kemauan untuk mendengarkan dan mempelajari. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu benar-benar menyimak percakapan yang terdapat pada film yang kamu tonton.

Nah, untuk menghindari kemungkinan terlewatnya atau tidak terdengar jelasnya suatu percakapan, kamu bisa memanfaatkan subtitles, loh. Nantinya, dari subtitles ini pula kamu dapat mempelajari kembali percakapan yang kamu belum pahami. Jangan malas untuk kembali menengok percakapan yang kamu belum pahami, ya. Sometimes, you have to look back before you really understand something.

By the way, before I forget, aku ingin merekomendasikan kalian untuk menonton serial Netflix berjudul Bridgerton. Selain karena cerita roman sejarahnya yang dikemas dengan apik oleh sang sutradara, serial Netflix ini menyajikan percakapan dalam bahasa Inggris dengan tingkat kompleksitas grammar yang bervariasi.

bridgerton snipetA snipet from the movie "Bridgerton" (Sumber: www.pinterest.com)

Pokoknya, serial Netflix yang satu ini cocok banget untuk kamu yang ingin mempelajari grammar dalam bahasa Inggris sambil rebahan. So, any interest watching it on a gloomy Sunday?

Baca Juga: Inilah 5 cara memahami teks bahasa Inggris dengan cepat

 

3. Tiru dan Koreksi Dirimu

As you might have guessed, cara mudah mempelajari grammar dalam bahasa Inggris terbaik yang bisa aku tawarkan adalah meniru dan mengoreksi diri. Wait, meniru tuh bagaimana, ya?

Begini, sebelumnya kamu sudah mempelajari bagian yang ada dalam sebuah perkataan dan menemukan media belajar grammar dalam bahasa Inggris, bukan? Nah, sekarang adalah waktunya kamu untuk meniru apa yang sudah kamu dengar sambil bergantung pada pengetahuanmu tentang parts of speech dalam bahasa Inggris.

Dalam hal ini, langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah memulai membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Hm, merasa belum cukup percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris? Tenang, kamu bisa memulai dengan sesederhana menulis caption untuk Instagram post kamu dalam bahasa Inggris, loh.

Misalnya, ketika kamu ingin menceritakan perasaanmu setelah diterima di kampus impianmu dalam bahasa Inggris, kamu dapat menulis caption seperti: “I opened my mail box yesterday and I started jumping as soon as I knew that I got accepted into the program.” Nah, setelah membiasakan diri untuk menulis dalam bahasa Inggris, lawanlah ketakutanmu dan mulailah berbicara dalam bahasa Inggris.

Sejujurnya, pesan yang benar-benar ingin aku sampaikan pada bagian ini adalah janganlah kamu takut untuk membuat kesalahan. Caranya, kamu bisa meminta mereka yang memiliki cukup pengetahuan untuk mengoreksi kesalahan yang kamu buat.

Mengapa harus kamu yang meminta? Jawabannya adalah karena terkadang mereka yang kamu anggap mampu mengoreksimu justru merasa takut terdengar angkuh atau menyinggung perasaanmu.  Oleh karena itu, beranikanlah dirimu untuk meminta koreksi dan belajarlah kembali dari koreksi tersebut. Trust me, theres no shame in making mistakes!

Memilih untuk diam hanya akan meningkatkan probabilitas kamu mengulangi kesalahan yang sama, loh. You dont want to be wrong your whole life, dont you?

Fun Fact Swims

Nah, itulah tiga cara mudah mempelajari grammar dalam bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Dari pemaparan di atas, kamu akan menyadari bahwa buku bukanlah satu-satunya sumber belajar grammar dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, ketahuilah bahwa kamu sebenarnya dapat mengubah hiburan kesukaanmu menjadi sebuah sumber pembelajaran. Tetapi, ingatlah bahwa menguasai grammar dalam bahasa Inggris membutuhkan komitmen kamu untuk mau mendengar, mempelajari, dan mempraktekan.

Hm, sejujurnya, mempertahankan komitmen diri adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Tetapi, komitmen akan menjadi mudah untuk dibangun dan dipertahankan bagi mereka yang bergabung dalam kelas English Academy, loh. Bersama English Academy, kamu akan memiliki hari-hari yang harus kamu dedikasikan untuk mempelajari grammar dalam bahasa Inggris. Percayalah, dipantau dan dibimbing hanya oleh guru-guru terbaik akan membuat kamu kehabisan alasan untuk meninggalkan kelas. So, ingin benar-benar menguasai grammar dalam bahasa Inggris? Yuk, bergabung dengan English Academy, sekarang. Ingat, without commitment you will never start, without consistency you will never finish!

New call-to-action

Sumber:

Bilingua. 2017. The 8 Practical Steps to Learn Grammar Easily. [online] Available at: https://bilingua.io/learn-grammar-easily [Accessed 21 August 2021].

EF BLOG. 2020. 8 Macam Parts of Speech dalam Bahasa Inggris. [online] Available at: https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/8-macam-parts-of-speech-dalam-bahasa-inggris/ [Accessed 21 August 2021].

Grammar Revolution. 2021. Follow These 5 Steps for Learning Grammar. [online] Available at: https://www.english-grammar-revolution.com/learning-grammar.html [Accessed 21 August 2021].

Pinterest, 2020. A snipet from the movie "Bridgerton". [image] Available at: https://pin.it/7zXwVsh [Accessed 25 August 2021].

Twitter, 2021. Jungwoo from NCT 127. [image] Available at: https://twitter.com/NCTsmtown_127/status/1418842268929122306 [Accessed 24 August 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar