Rekomendasi Buku Cerita Anak Bahasa Inggris

buku cerita anak

Membaca buku adalah aktivitas yang tidak hanya menyenangkan bagi sang buah hati, tetapi juga aktivitas yang dapat merekatkan hubungan anak dengan orang tuanya. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui rekomendasi buku cerita anak dalam bahasa Inggris.

- -

Mengajar anak bahasa Inggris sejak dini merupakan salah satu hal yang baik. Dikarenakan hal itu dapat meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dan memiliki kemampuan berbahasa asing. Tentunya, mengajar anak bahasa Inggris tidak bisa dipaksakan. Sebagai orang tua yang pintar, kita harus memiliki cara mengajar yang kreatif dan menyenangkan untuk anak.

Salah satu tips mengajar anak bahasa Inggris adalah dengan membacakan mereka buku cerita. Perlu diketahui, sebenarnya membacakan buku cerita kepada sang buah hati tidak hanya mampu meninkatkan kemampuan berbahasa mereka, juga aktivitas yang menyenangkan bagi mereka. Tetapi juga dapat mengeratkan hubungan kita sebagai orang tua, dengan mereka. Berikut adalah mengapat membacakan anak buku cerita adalah aktivitas yang dianjurkan:

 

buku cerita anak

 

  1. Improves concentration (Meningkatkan daya konsentrasi)

Cerita merupakan hal yang disenangi oleh anak. Sehingga anak akan berfokus pada itu. Semakin sering buku cerita anak dibacakan, anak kemampuan anak untuk konsentrasi akan semakin terlatih dan semakin meningkat.

 

  1. Improves memory (Meningkatkan kemampuan mengingat)

Dalam buku cerita anak terdapat karakter, latar tempat, ilustrasi dan berbagai macam detail. Hal ini harus anak ingat agar ia dapat memahami cerita dalam buku. Semakin banyak buku yang dibaca bersama, maka ia akan mengingat banyak hal juga.

 

  1. Improves parent and children’s bond (Menguatkan ikatan orang tua dengan anak)

Jika smart parents membuat aktivitas baca buku bersama ini menjadi rutin, anak akan merasa mendapat perhatian, kasih sayang dan kepastian yang merupakan kunci dari pengasuhan dan kesejahteraan. 

 

  1. Discovers the other parts of the world (Menemukan bagian-bagian lain dari dunia)

Sebagaimana buku adalah jendela dunia, anak akan melihat bahwa di luar rumahnya, ada banyak hal yang tidak ia ketahui. Sang buah hati akan belajar untuk memiliki pikiran yang terbuka.

 

  1. Brain exercise (Latihan Kemampuan otak bekerja)

Dalam kegiatan membaca, si kecil dapat melatih kemampuan otaknya bekerja. Seperti mengembangkan kemampuan berpikir kritis, yaitu menebak alur cerita berdasarkan kejadian-kejadian dalam cerita. Atau melatih kemampuan kognitif seperti menerima informasi dan memahami sesuatu.

 

  1. Develops empathy (Mengembangkan empati)

Ketika membaca buku, kita akan diajak untuk berempati dengan karakternya. Merasakan rintangan, tantangan dan keinginan serta pembelajaran yang dihadapi oleh karakter dalam buku cerita anak. Anak kita akan belajar berbagai macam emosi dan perasaan karakter yang dapat dikaitkan dengan dirinya sendiri.

 

  1. Develops vocabulary (Mengembangkan kosakata)

Dalam buku cerita akan berisi berbagai macam kosakata. Dengan membacakannya buku cerita, tidak hanya kita akan mengucapan kata-kata, kita juga bisa membacakan kalimat yang mungkin belum ia ketahui sebelumnya. Anak akan mempelajari banyak kosakata jika kita rutin membacakannya buku. 

 

  1. Enhances imagination (Menguatkan daya imajinasi)

Ketika membaca buku, kita akan bergantung pada kemampuan berimajinasi kita untuk membayangkan karakter, latar tempat, latar suasana, menebak alur cerita dan sebagainya. Bagi anak (bahkan orang dewasa) kemampuan berimajinasi akan bermanfaat untuk memecahkan masalah.

 

  1. The source of entertainment (Sumber hiburan) 

Sebagaimana anak-anak menyukai hiburan, mereka ingin berbagai macam aktivitas mereka juga terasa menyenangkan. Dengan membaca buku, mereka akan terhibur oleh berbagai macam ilustrasi yang penuh warna, kata-kata berirama dan anekdot yang akan membuat mereka tertawa. Selain itu buku akan mengundang rasa penasaran anak terhadap rahasia dari cerita yang ada di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku anak bahasa Inggris yang cocok dinyanyikan untuk buah hati yang berusia 3-6 tahun. Apakah smart parents memiliki buku-buku di bawah ini?

 

Daftar Buku Anak Bahasa Inggris

 

  1. The Very Hungry Caterpillar

Buku yang ditulis oleh Eric Carle dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik ini bercerita tentang ulat yang sakit perut karena memakan apa saja yang ia lihat. Anda bisa mengajarkan anak untuk belajar makan makanan 4 sehat 5 sempurna dengan buku cerita anak dalam bahasa Inggris ini. Tidak hanya akan menambah kosakata, tapi anak juga dapat belajar tentang kesehatan.

 

  1. The Story of Ferdinand

Buku cerita anak berbahasa Inggris yang dipublikasikan tahun 1936 menceritakan tentang Ferdinand, seekor banteng yang berbeda dengan kawanan banteng lainnya. Para banteng dalam cerita ini memiliki tanduk di kepala mereka untuk saling bertarung. Berbeda dengan mereka yang saling menabrakkan tanduk mereka, Ferdinand hanya ingin duduk menyendiri sambil mencium bunga-bunga. Buku yang satu ini tidak hanya bisa digunakan anak untuk belajar bahasa Inggris, tetapi juga berguna untuk belajar tidak berkelahi. 

 

  1. The Wonderful Things You Will Be

Buku dengan ilustrasi gambar yang terbuat dari cat air ini dapat mengajarkan anak anda tentang tata bahasa Inggris, juga tentang pengingat bahwa apapun yang terjadi pada anak di masa depan, orang tua tetap mencintai mereka. Buku di atas menyajikan daftar kosakata yang berima sehingga memudahkan anak belajar tentang bahasa Inggris, terutama dalam menguasai cara pelafalan kata-kata bahasa Inggris. Selain itu, buku ingin mengesankan bahwa anak-anak layak dicintai oleh orang tua mereka.

 

  1. All by Myself (Little Critter)

Judul buku yang jika diartikan secara harfiah sebagai "sendirian" ini menggambarkan karakter Little Critter yang mirip dengan apa yang buah hati kita lakukan sejak dini. Yaitu melakukan berbagai macam aktivitas tanpa bantuan orang tua. Mulai dari mengancingkan baju, mengambil barang, dan lain-lain (yang biasanya berkaitan dengan aktivitas motorik anak). Selain mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, anak juga dapat belajar merefleksikan diri mereka dalam buku cerita ini. Sehingga mereka dapat terlatih untuk mengembangkan kemampuan berempati.

 

  1. Llama Llama Red Pajama

Melalui buku anak berbahasa Inggris yang satu ini, kita akan membaca cerita tentang hewan Llama yang ketakutan ditinggal sendirian oleh ibunya di kamar tidur ketika hendak tidur malam. Padahal ibu Llama tidak pergi jauh dari kamar tidurnya, dan tetap mengawasi anaknya. Buku ini tepat untuk si kecil belajar tentang perasaannya ketika sendirian, takut dan mengetahui bahwa orang tua akan selalu dekat dengan sang buah hati meskipun tidak berada di sebelahnya. Anak akan menambah kosakata mereka dengan membaca buku ini. Kita akan disajikan dengan kata kerja yang beragam serta kalimat-kalimat yang berima. Salah satu buku yang bagus untuk melatih kemampuan bahasa Inggris mereka.

 

  1. Little Red Riding Hood

Mungkin smart parents masih ingat dengan buku anak berbahasa Inggris klasik yang satu ini. Meskipun buku ingin tidak mengandung kalimat yang berima, tapi buku ini bisa menjadi salah satu media belajar untuk menambah kosa kata bahasa Inggris. Salah satu alternatif untuk anak menambah kosakata sebanyak mungkin. Cerita dalam buku ini membahas tentang seorang gadis kecil yang hendak pergi ke rumah neneknya. Namun ia bertemu dengan Serigala di pertengahan jalan yang terlihat baik hati. Namun ternyata Serigala tersebut merupakan hewan yang jahat. Tidak hanya cocok menjadi media belajar bahasa Inggris, buku ini juga mengajarkan anak agar tidak mudah percaya dengan orang asing, karena bisa jadi orang asing tersebut memiliki niat yang buruk.

 

  1. The Rabbit Listened

Buku yang ditulis oleh Cori Doerrfeld adalah salah satu buku yang menarik untuk anak-anak dalam melatih kemampuan bahasa Inggris dan juga melatih kemampuan berempati. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang sederhana, kata-kata yang mudah untuk dipahami oleh anak-anak, serta cerita yang menarik. Buku berbahasa Inggris ini menceritakan tentang bagaimana karakter belajar mendengar. Saat ini kita banyak menemui topik di internet yang membahas tentang kesehatan mental. Salah satunya adalah bagaimana kita dapat menjadi teman yang baik ketika berhadapan dengan seseorang yang sedang mencurahkan keluh kesahnya. Pada dasarnya kita ingin langsung memberi saran, namun kebanyakan artikel menulis bahwa tindakan yang baik dan benar adalah mendengarkan saja. Untuk itu, alangkah baiknya jika sang buah hati belajar sejak dini mengenai cara mendengarkan. Dengan begitu, ketika dewasa, anak bisa menjadi pribadi yang berempati.

 

  1. How Rocket Learned to Read

Tentu saja banyak dari kita mengetahui bahwa kemampuan membaca dalam bahasa Ibu, terlebih dalam bahasa asing bukanlah sesuatu yang bisa dikuasai oleh anak secara instan. Buku yang ditulis oleh Tad Hills tidak hanya membahas tentang anak yang sedang belajar membaca, namun juga sebagai refleksi orang tua dalam mengajarkan anak membaca. Pada buku ini juga kita dapat mengetahui mengajarkan sang buah hati sesuatu bukanlah dengan memaksakannya. Melainkan dengan memberi contoh. Maka dari itu, ketika kita menginginkan anak (misalnya) memiliki ketertarikan terhadap buku, kita harus sering membaca di depan mereka. Jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris, maka Anda harus sering menggunakannya dalam percakapan dan dalam aktivitas keseharian.

 

  1. Grumpy Monkey

Buku di atas merupakan salah satu buku anak yang tepat untuk belajar kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan mengolah emosi. Buku dengan judul Grumpy Monkey ini menceritakan tentang bagaimana emosi negatif sebaiknya tidak dipendam dan tidak dialihkan. Melainkan dengan dihadapi. Selain dengan kata-kata yang disesuaikan dengan anak, ilustrasi gambar mendukung cerita di dalam buku ini. Sehingga dapat membantu pesan cerita tersampaikan dengan baik. Tidak hanya dapat membantu anak dalam menguasai bahasa Inggris, anak juga dapat terbantu dalam menguasai kemampuan mengendalikan emosi sejak dini.

 

  1. My Brave Little Girl

Salah satu rekomendasi buku cerita anak berbahasa Inggris yang Anda harus miliki adalah buku dengan judul My Brave Little Girl. Saat ini, ketika sudah dewasa, seperti yang sudah kita ketahui bahwa mengejar cita-cita dan mimpi bukanlah sesuatu yang mudah untuk digapai. Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk memiliki cita-cita setinggi langit. Namun itu saja tidak cukup. Kita harus bisa menghadapi kekecewaan dan kegagalan. Caranya adalah dengan memiliki keberanian yang kuat untuk menghadapinya. Oleh karenanya lebih baik jika anak kita mempelajari tentang keberanian menghadapi kesulitan. Kita dapat mengajarinya dengan membacakan cerita yang ada di dalam buku ini. Tidak hanya dapat buku ini dapat menjadi buku untuk belajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak, tetapi juga memberi pesan untuk anak bahwa salah satu kemampuan yang paling penting untuk dimiliki adalah tidak mudah menyerah dalam mengerjakan segala hal, meskipun yang paling sulit.

 

  1. Waterbugs and Dragonflies (Mengajarkan tentang kematian)

Salah satu buku anak berbahasa Inggris kali ini cukup unik. Buku ini memiliki cerita yang menarik. Mungkin Anda dapat merasa aneh pada awalnya jika melihat dari judul buku. Doris Stickney, sebagai sang penulis menyampaikan materi yang biasanya tidak kita temui pada buku anak lainnya. Yaitu mengajarkan anak tentang kematian. Pada dasarnya, konsep kematian merupakan hal yang kurang dipahami oleh anak-anak. Namun dengan kata-kata yang sederhana, kalimat yang berima, buku ini adalah salah satu buku terbaik untuk belajar menguasai bahasa Inggris dan belajar tentang siklus kehidupan manusia.

 

  1. Happy by Nicola Edwards

Salah satu buku cerita anak yang berbahasa Inggris terbaik yang pernah ada adalah karya yang ditulis oleh Nicola Edwards. Tidak hanya dapat dijadikan sebagai buku belajar bahasa Inggris, kita juga dapat mengajarkan anak tentang mindfulness. Buku ini menjadi rekomendasi buku untuk belajar bagaimana mengolah emosi dan menenangkan pikiran. Anak dapat belajar mulai dari usianya yang masih sangat muda dengan dibacakan cerita ini. Anda ketika berada pada usia dewasa, bisa jadi memiliki kesulitan untuk menenangkan isi kepala yang sedang ribut. Dengan demikian, ketika beranjak dewasa, anak jadi bisa lebih mahir dalam mengendalikan emosi mereka.

 

  1. It’s Tough to Lose your Balloon

Anak-anak biasanya menyukai segala sesuatu yang berwarna dan dapat dimainkan. Balon adalah salah satunya. Jika mengingat kembali, dulu kita merasa sangat bahagia ketika memiliki balon dan tentu akan sangat merasa sedih ketika balon yang kita miliki pecah atau terlepas dari genggaman kita. Jika hal tersebut terjadi pada anak kita, tentu saja akan terasa lebih mudah jika kita langsung mengalihkan perhatian mereka ketika sedih dan menangis. Namun, ternyata mengalihkan emosi tersebut dapat mengganggu proses mereka memahami perasaan. Selain itu bisa jadi melewatkan hal baik yang ada pada kejadian buruk. Buku ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai media belajar bahasa inggris saja. Tetapi juga menceritakan tentang kisah bagaimana kita dapat melihat hikmah dari segala kejadian. Jika kita bacakan cerita ini kepada anak, saat mereka beranjak dewasa, anak bisa mengatasi segala situasi secara lebih baik.

 

  1. Breathe Like a Bear

Bagi Anda yang merasa menghadapi berbagai macam situasi yang akan terjadi dan tidak pasti, serta keadaan stres, anda pasti ingin mampu mengendalikan diri agar tidak kewalahan. Salah satunya adalah dengan olah napas. Anda bisa latihan olah napas sembari dengan menonton video tutorial. Tentu Anda juga ingin anak Anda dapat ikut latihan, namun bisa jadi buah hati Anda belum mampu memahami instruksi yang kompleks. Tapi tidak perlu khawatir apakah anak dapat mengikuti latihan napas atau tidak, karena buku cerita anak berbahasa Inggris ini dapat menjadi alternatif belajar olah napas. Tenang saja, tidak hanya terdiri dari gambar yang lucu dan menarik, buku ingin dilengkapi dengan cerita anak yang berbahasa Inggris sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris sambil latihan olah napas sejak dini.

 

  1. I Feel Happy by DK

Dengan ilustrasi gambar yang dipenuhi oleh warna cerah dan kosakata berbahasa Inggris sederhana, buah hati Anda tidak hanya dapat belajar bahasa Inggris saja. Tetapi juga dapat mengajarkan anak untuk mengetahui berbagai macam bentuk bahagia, baik dalam diri mereka atau orang lain. Salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan perasaan bahagia kepada si kecil.

 

  1. I Feel Sad by DK

Serupa dengan buku I Feel Happy yang ditulis oleh DK, buku dengan judul I Feel Sad menggunakan ilustrasi yang ceria dan bahasa Inggris yang sederhana, untuk mengajarkan anak bahasa Inggris dan mengenalkan perasaan sedih. Buah hati Anda juga dapat belajar apa yang harus mereka lakukan ketika merasa sedih, karena buku anak ini memberikan beberapa saran dalam menghadapi perasaan sedih.

 

  1. Counting to Bananas

Selain mempelajari kata sifat, kalimat aktif, kalimat pasif, serta nama-nama benda dalam bahasa Inggris, tentunya Anda ingin anak mampu belajar tentang angka-angka, sehingga sang buah hati dapat memperkaya kosakata penting yang berbahasa Inggris guna meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Terdapat beberapa buku yang dapat dijadikan sebagai media belajar bahasa Inggris terbaik untuk anak yang masih berusia sangat muda. Namun Anda ingin anak belajar berhitung dalam bahasa Inggris melalui cerita, maka Anda bisa memilih buku ini. Anda akan mengajarkan anak berhitung secara tidak langsung. Bahkan dengan buku dengan jumlah halaman yang tidak terlalu banyak ini, anak dapat belajar berhitung hingga angka 100. Tentu saja hal ini akan menunjukkan kemajuan belajar bahasa Inggris anak yang signifikan.

Demikianlah rekomendasi buku cerita anak bahasa Inggris yang cocok bagi buah hati smart parents. Selain si kecil dapat belajar bahasa Inggris melalui buku-buku ini, mereka juga dapat mengembangkan daya imajinasi, meningkatkan kemampuan otak dan berbagai macam hal lainnya. Selain dengan belajar bahasa Inggris melalui membaca buku, smart parents dapat mendaftarkan anak Anda ke English Academy jenjang Dasher. Tidak hanya diajarkan oleh tutor native speaker yang bersertifikat, tetapi juga kurikulum belajarnya disesuaikan dengan usia sang buah hati. Ayo daftarkan sekarang juga!

 

Referensi:

 

Edarabia. ND. (online at) https://www.edarabia.com/why-reading-important-children/ [accessed at 10 May 2022]

Collier, Ellie. 2019. (online at) https://www.highspeedtraining.co.uk/hub/why-is-reading-important-for-children/ [accessed at 10 May 2022]

Palmer, Iva-Marie. ND. (online at) https://www.readbrightly.com/must-have-books-for-3-year-olds/ [accessed at 10 May 2022]

Schanler, Eshter. ND. (online at) https://www.readbrightly.com/must-have-books-for-4-year-olds/ [accessed at 10 May 2022]

D’urso, Rosemary. ND. (online at) https://www.readbrightly.com/book-gifts-for-little-kids/ [accessed at 10 May 2022]

McMurnie, Dena. ND (online at) https://www.readbrightly.com/books-on-wellness-kids-ages-3-5/ [accessed at 10 May 2022]

D’urso, Rosemary. ND. (online at) https://www.readbrightly.com/summer-books-for-preschoolers/ [accessed at 10 May 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.