7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik

Clara Pricilla Adiputra Okt 8, 2021 • 10 min read


EA 7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik-01Artikel ini membahas tentang 7 tips membuat CV dalam bahasa Inggris yang baik.

--

Duh, membuat CV dalam bahasa Indonesia saja sebenarnya sudah menantang banget nggak sih, guys? Jujur, aku setuju banget sih sama pernyataan itu. Tapi, entah mengapa, aku selalu merasa bahwa aku membutuhkan tantangan baru. Ditambah lagi, aku tau banget kalau menulis CV dalam bahasa Inggris akan membuat aku 100 kali lipat lebih keren dari yang lain. Ea..pede aja dulu ya, kan?

Untuk kalian yang bosan membuat CV dalam bahasa Indonesia, mending ikutan membuat CV dalam bahasa Inggris kayak aku, deh. Tapi, ingat, modal percaya diri saja tidak cukup. Dalam hal ini, kamu harus mengetahui tips membuat CV dalam bahasa Inggris yang baik apabila kamu benar-benar ingin menjadi kandidat yang bersinar. 

Oh, ya! Selain untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu, CV dalam bahasa Inggris yang baik juga bisa meningkatkan daya jual kamu terhadap suatu perusahaan. Ditambah lagi, membuat CV dalam bahasa Inggris adalah satu-satunya pilihan yang kamu punya ketika kamu ingin melamar kerja di perusahaan Internasional. Nah, artikel ini ditulis untuk mengenalkan kamu dengan tips-tips membuat CV dalam bahasa Inggris yang baik. Hm, penasaran kan ada apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai akhir. 

 

1. Perhatikan Tata Bahasa Kamu

Guys, hal yang satu ini penting banget untuk diperhatikan oleh kamu yang mau menulis CV dalam bahasa Inggris. Wait, kira-kira kenapa, ya? Jika kamu perhatikan, sebuah CV biasanya terdiri dari satu halaman saja. Bukannya tanpa alasan, pelamar kerja di suatu perusahaan kan nggak hanya kamu saja. Makanya, its important to keep your CV short yet appealing

Eh, kalau informasi yang ingin aku tuangkan ke dalam CV aku ada banyak, gimana dong?” Nah, itu dia pertanyaan yang aku tunggu-tunggu! Jawabannya cuman 1 dan itu adalah menggunakan kalimat bahasa Inggris yang singkat dan tepat. Dengan begitu, kamu bisa tetap memasukkan banyak informasi ke dalam ruang yang kecil

Misalnya, ketika kamu ingin mencantumkan lebih dari satu pencapaian, kamu bisa mengganti kata “and” dengan titik koma (;). Hm..Kebayang nggak sih apa yang ingin aku coba untuk katakan? Kalau belum, simak contoh di bawah ini, ya!

I led an important programme and my manager gave me a promotion. -> “Lead key programme; promoted by manager.”

 

2. Jangan Sampai Lupa untuk Menggunakan Action Verbs

Hah, apaan tuh action verbs? Kayak pernah dengar deh..” Okay, okay, let me restore your memory! Sesuai namanya, action verb adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan suatu aktivitas atau tindakan yang dilakukan seseorang. Untuk kamu yang nggak tau, banyaknya action verbs di dalam CV bisa membuat mata employer melotot dan tidak berpaling, loh. Bentar, kok bisa begitu, sih

Ya bisa, dong! Tapi, supaya kamu nggak bingung, biarkan aku memberi sebuah contoh. Daripada menulis “Was in charge of 10 employees.”, kamu bisa sekedar menulis “Managed a division of 10 employees.” Yup, kalau kamu perhatikan, kalimat kedua terlihat lebih menarik karena lebih menonjolkan apa yang sudah dilakukan oleh sang pelamar kerja. Selain itu, menggunakan kalimat kedua di dalam CV akan membuat kamu terlihat lebih cemerlang dan enerjik

EA 7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik-02

 

3. Pastikan CV Kamu Mengandung Kata Kunci yang Tepat

Tahukah kamu? Seorang recruiter perusahaan biasanya hanya memiliki beberapa detik untuk memeriksa CV kamu. Artinya, hanya memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di suatu bidang tidaklah cukup. Lebih daripada itu, kamu harus memastikan bahwa kemampuan tersebut menonjol di dalam CV kamu

Hal di atas juga berlaku pada perusahaan-perusahaan yang menggunakan Applicant Tracking Systems (ATS) untuk memeriksa aplikasi para pelamar kerja. Sekarang, pertanyaannya adalah apa yang harus kamu lakukan untuk membuat kemampuan yang kamu miliki menonjol di dalam CV kamu, bukan? Heres the answer! Kamu harus memastikan bahwa kamu menggunakan kata kunci yang tepat dalam mendeskripsikan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. 

Caranya, kamu bisa memulai dengan mencari deskripsi pekerjaan yang ingin kamu miliki. Melakukan hal ini akan membantu kamu menemukan kata-kata yang digunakan oleh perusahaan dalam mendeskripsikan pekerjaan tertentu. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kemampuan dan pengalaman yang dicari oleh perusahaan pada seorang kandidat. 

Selanjutnya, kamu bisa mencari kata-kata yang digunakan oleh perusahaan dalam iklan pekerjaan (job ads) mereka. Nah, kata yang muncul berulang kali kemungkinan merupakan kata yang akan dicari oleh perusahaan dalam papan pekerjaan (job boards). So, all you have to do is make sure that those words are in your CV! Percayalah, melakukan hal di atas akan membuat CV kamu menjadi lebih ATS friendly!

 

4. Job Titles yang Kamu Inginkan Harus Jelas

Guys, job titles yang panjang dan terdengar kompleks tidak akan membantu kamu lulus dari ATS, loh. Contohnya, job titlesDirector of First Impression” mungkin akan membuat kamu merasa lebih keren. Padahal, job titles kamu yang sebenarnya adalah sesederhana “Receptionist”.

Nah, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa recruiter mungkin tidak mengenali job titles yang tertulis di dalam CV kamu. Untuk menghindari hal di atas, cobalah untuk melihat lowongan pekerjaan yang diiklankan oleh recruiter. Dengan begitu, kamu melihat bahasa seperti apa yang mereka gunakan dan menuangkannya ke dalam CV kamu

EA 7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik-04

 

5. Buatlah CV Kamu Menarik untuk Dilihat

Eits, nggak cuman tata bahasa, kata kunci, pemilihan kata kerja, dan penulisan job titles saja yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan CV. Selain keempat hal di atas, ada satu yang tidak boleh luput dari perhatian kamu dan itu adalah estetika dari CV itu sendiri. “Hm, maksudnya mempercantik CV kali, ya?” Yes, tepat sekali. Pertanyaannya, apa aja sih elemen-elemen yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mempercantik CV kamu?

Menurutku, elemen-elemen di dalam CV yang juga patut untuk kamu perhatikan adalah template dari CV itu sendiri, font, warna, dan gambar. Pertama, untuk pemilihan template, kamu bisa banget loh memanfaatkan sebuah website bernama Canva. Di dalam Canva, kamu akan menemukan sejumlah template CV yang dikelompokkan berdasarkan tema-tema tertentu. Kedua, ketahuilah bahwa template-template CV di dalam Canva sudah memperhitungkan jenis font hingga perpaduan warna yang tepat sekaligus menarik untuk dilihat oleh para recruiter. Pokoknya, dijamin bisa memikat hati para recruiter deh..

Baca juga: 10 Idiom Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan dalam Dunia Bisnis

 

6. Sudah Selesai? Periksa Kembali CV Kamu Secara Menyeluruh

Setelah menulis CV dalam bahasa Inggris dengan rapi, berikanlah dirimu waktu untuk memeriksa kembali apa yang sudah kamu tulis. Pertama, pastikan bahwa kamu tidak meninggalkan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berdampak fatal terhadap aplikasi kamu. Dalam hal ini, cobalah untuk memperhatikan kelengkapan isi CV itu sendiri hingga kata demi kata yang ada di dalamnya. 

Kedua, mengingat bahwa CV kamu ditulis dalam bahasa Inggris, pastikan bahwa kamu tidak membuat kesalahan tata bahasa (grammatical error). Hm, kamu nggak mau kan melihat recruiter menertawakan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris kamu? Kalau nggak mau, kamu harus melakukan check and recheck ya, sobat!

 

7. Butuh Alat Bantu untuk Memeriksa Kembali CV Kamu? Grammarly Jawabannya!

Hayo, siapa disini yang masih suka kesulitan menghindari typo ketika menulis? Wah, typo di dalam CV itu berbahaya banget loh, teman-teman. Coba deh kamu bayangkan ekspresi recruiter melihat kesalahan ejaan di dalam CV kamu..Hm, bisa jadi si recruiter berpikir bahwa kamu itu kurang teliti, loh. Untuk menghindari kesan pertama yang sedemikian rupa, kamu bisa menggunakan Grammarly untuk membantu kamu memeriksa kembali ejaan kata demi kata di dalam CV kamu.

Selain memeriksa kembali ejaan, Grammarly juga bisa membantu kamu untuk mengurangi kesalahan tata bahasa di dalam CV kamu. Oh ya, the good news is..its free! So, kamu nggak perlu ngeluarin duit sepeserpun untuk memperoleh bantuan-bantuan di atas!

Akhirnya, itulah 7 tips menulis CV dalam bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Sejujurnya, tips menulis CV dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada akhirnya tidak begitu berbeda. Menurutku, perbedaannya terletak pada fakta bahwa kamu harus memberikan perhatian lebih terhadap ketepatan kata kerja dan tata bahasa yang akan kamu gunakan. Makanya, nggak heran kan mendengar beberapa orang berkata kalau menulis CV dalam bahasa Inggris itu bisa menjadi sedikit tricky

Nah, untuk kamu yang ingin membekali diri kemampuan bahasa Inggris sebelum membuat CV, aku menyarankan kamu untuk bergabung dengan kelas English Academy. Bersama guru berpengalaman terbaik, kamu akan mempelajari cara menulis dalam bahasa Inggris yang baik untuk berbagai tujuan. Jika kamu benar-benar ingin membuat CV dalam bahasa Inggris yang bersinar, yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

Referensi:

ILAC. 2014. 10 Tips for Writing a Great Resume or CV in English. [online] Available at: https://www.ilac.com/10-tips-for-writing-a-great-resume-or-cv-in-english/ [Accessed 5 October 2021].

indeed. 2021. 139 Action Verbs to Make Your CV Stand Out. [online] Available at: https://uk.indeed.com/career-advice/cvs-cover-letters/action-verbs-to-make-your-cv-stand-out [Accessed 5 October 2021].

cakap. 2021. 5 Tips Ampuh Membuat CV Bahasa Inggris yang Baik dan Benar. [online] Available at: https://blog.cakap.com/tips-membuat-cv-bahasa-inggris-baik-benar/ [Accessed 5 October 2020].

Augustine, A., 2021. Beat the bots: 6 tips for writing an ATS-friendly CV. [online] TopCV. Available at: https://www.topcv.co.uk/career-advice/write-applicant-tracking-system-cv [Accessed 5 October 2021].

Emmett, S., 2021. How to find (and leverage) the best keywords for your CV. [online] TopCV. Available at: https://www.topcv.com/career-advice/best-keywords-to-use-in-cv [Accessed 5 October 2021].

STIK FAMIKA. 2021. Panduan Menulis CV ATS Friendly, Terapkan Segera!. [online] Available at: https://stikfamika.ac.id/panduan-menulis-cv-ats-friendly-terapkan-segera/ [Accessed 5 October 2021].

Shields, J., 2018. Report: 98% of Fortune 500 companies use ATS. [online] Jobscan. Available at: https://www.jobscan.co/blog/fortune-500-use-applicant-tracking-systems/ [Accessed 5 October 2021].

New call-to-action

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar