Demonstrative Pronoun: Definisi, Jenis-jenis, dan Contoh Penggunaannya

demonstrative pronoun

Kamu pernah belajar materi “This, that, these, those,” kan? Nah, empat kata tersebut termasuk dalam demonstrative pronoun? Apa, sih, perbedaannya? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.  Mari belajar!

This, that, these, those adalah bagian demonstrative pronoun, yaitu salah satu materi dari part of speech bahasa Inggris yang sudah dipelajari sejak bangku Sekolah Dasar.

Sederhananya, this, that, these, those adalah kata-kata yang membantu kita menunjukkan kata benda tertentu dalam sebuah kalimat. 

Lalu, apa, sih, perbedaan ke empat demonstrative pronoun di atas? Sebelum itu, mari pahami terlebih dahulu apa itu demonstrative pronoun dan contohnya. Selamat belajar!

 

Pengertian Demonstrative Pronoun dan Contohnya

Demonstrative pronoun adalah salah satu jenis pronoun berupa kata-kata untuk menunjukkan kedekatan noun (kata benda) yang dirujuknya.

Gampangnya, pronoun ini membantu kita menunjukkan apakah suatu kata benda dekat atau jauh dari pembicara. Empat kata ganti penunjuk dalam bahasa Inggris adalah “this, that, these, those”.

 

Contoh Kalimat Demonstrative Pronoun:

  • This is my favorite color.
    (Ini adalah warna favorit saya.)
  • That looks delicious.
    (Itu kelihatan lezat.)
  • These are my new shoes.
    (Ini sepatu baruku.)
  • Those are your keys, right?
    (Itu kuncimu, kan?)
  • This movie is so boring.
    (Film ini sangat membosankan.)
  • That restaurant has the best food.
    (Restoran itu memiliki makanan terbaik.)
  • These flowers are so pretty.
    (Bunga-bunga ini sangat cantik.)
  • Those are my friends over there.
    (Mereka adalah teman-teman saya di sana.)
  • This book is really helpful.
    (Buku ini sangat membantu.)
  • That song is stuck in my head.
    (Lagu itu melekat di kepalaku.)

Ingin belajar bahasa Inggris langsung bareng pengajar internasional? Coba ikut kelas di English Academy aja! Kamu bisa diskusi interaktif, plus bakal belajar sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris-mu saat ini! Nah, cari tahu dulu  sudah sejauh mana skill bahasa Inggris-mu melalui Placement TestGratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Demonstrative pronoun adalah kata-kata yang menunjukkan lokasi kata benda dalam ruang dan waktu relatif terhadap pembicara. Selain menunjukkan lokasi kata benda, demonstrative pronoun juga dapat digunakan untuk merujuk pada objek, orang, atau ide tertentu.

Saat menggunakan demonstrative pronoun, perhatikan jumlah dari kata benda yang dirujuknya.

Misalnya, jika ingin membicarakan kata benda tunggal yang lokasinya dekat, maka gunakan “this”.  Kemudian, apabila kamu menyatakan tentang noun dengan jumlah jamak yang letaknya dekat denganmu, maka yang tepat untuk dipakai adalah “these”. Hal yang sama berlaku untuk “that” dan “those”.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa kata ganti sesuai jumlahnya dengan kata kerja dalam kalimat. Misalnya, jika mengungkapkan tentang satu item, kamu akan menggunakan kata singular verb atau kerja tunggal (mis. “This is”).

Sebaliknya, kalau berbicara tentang beberapa item, maka gunakanlah plural verb atau kerja jamak (mis. “These are”). Materi mengenai verb bisa dilihat di artikel 11 Tipe Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb) Beserta Contohnya

 

Perbedaan This, That, Those, this Pada Demonstrative Pronoun

Sekarang, setelah mengetahui apa itu demonstrative pronoun, mari kita bahas dengan lengkap, apa perbedaan dari empat kata ganti utama: “this, that, these, those” melalui pembahasan di bawah ini!

Jadi, empat kata di atas dapat membantu kita untuk menjelaskan dengan lebih rinci tentang kata benda yang dekat atau jauh dari kita. Mari kita lihat masing-masing secara bergiliran:

  • “This” mengacu pada sesuatu yang dekat dengan pembicara. Misalnya, “This pencil is mine.” atau “Pensil ini milikku.”
  • “That” mengacu pada sesuatu yang lebih jauh dari pembicara. Misalnya, “That pencil over there is yours.” atau “Pensil di sana itu milikmu.”
  • “These” mengacu pada sekelompok hal yang dekat dengan pembicara. Misalnya, “These pencils are ours.” atau “Pensil-pensil ini milik kita.”
  • “Those” mengacu pada sekelompok hal yang lebih jauh dari pembicara. Misalnya, “Those pencils over there are theirs.” atau “Pensil-pensil di sana itu milik mereka.”

Itu dia, perbedaan antara “this, that, these, dan those”, lumayan mudah dipahami, kan? Hal penting yang harus kamu ingat, adalah adalah soal kedekatan.

Semakin dekat kata bendanya, semakin besar kemungkinan Kamu menggunakan “this” atau “these”. Semakin jauh kata bendanya, semakin besar kemungkinan Kamu menggunakan “that” atau “those”.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Demonstrative Pronoun?

Seperti yang kita bahas sebelumnya, kunci untuk menggunakan demonstrative pronoun dengan benar adalah memahami konsep kedekatan. Kedekatan mengacu pada seberapa dekat atau jauh kata benda yang disebutkan pembicara.

Misalnya, bayangkan kamu sedang berada di restoran bersama seorang teman. Kamu bisa mengatakan, This food is delicious!” jika kamu mengacu pada makanan di piring sendiri.

Tapi, kalau ingin mengekspresikan tentang makanan di piring teman kamu, kalimat yang tepat untuk diucapkan adalah, “That food looks good, too!

See? Kedekatan kata benda dengan pembicara adalah kunci untuk memutuskan demonstrative pronoun mana yang akan digunakan. Selain aturan tersebut, ada beberapa aturan mengenai cara menggunakan demonstrative pronoun dengan benar:

  • Selalu tempatkan demonstrative pronoun sebelum kata benda (noun) yang dirujuknya. Misalnya, “This pencil is mine,” bukan “Mine is this pencil.”
  • Gunakan “this” dan “these” untuk membicarakan hal-hal yang dekat dengan pembicara. Letakkan “that” and “those” untuk membicarakan hal-hal yang jauh secara jarak dari pembicara.
  • Saat menggunakan “this” dan “that,” jika ada keterangan tambahan, pastikan untuk menambah kata sifat yang sesuai sebelum kata benda. Misalnya,  “This red pencil is mine,”.

Baca Juga: Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjectives): Definisi, Jenis, dan Contohnya

 

Soal Latihan Demonstrative Pronoun

Setelah kita pelajari mengenai relative pronoun, mari kita coba asah pengetahuanmu dengan mengerjakan beberapa soal latihan berikut ini:

Using Demonstrative Pronouns

Rewrite each sentence below, choosing the correct Demonstrative Pronoun to replace the underlined noun.

1. _____ car is red.

  1. This
  2. That
  3. These
  4. Those

Jawaban: A. This

“This” digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang dekat dengan pembicara. Dalam hal ini, mobil berada di dekat pembicara.

2. _____ cat is sleeping.

  1. This
  2. That
  3. These
  4. Those

Jawaban: B. That

“That” digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang lebih jauh dari pembicara. Dalam hal ini, kucing berada lebih jauh secara jarak dari pembicara.

3. _____flowers are beautiful.

  1. This
  2. That
  3. These
  4. Those

Jawaban:  C. These

“These”, digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang jamak atau jumlahnya banyak, dan dekat, dengan pembicara. Dalam hal ini, bunga-bunga tersebut dekat dengan pembicara.

4. _____tree is tall.

  1. This
  2. That
  3. These
  4. Those

Jawaban:  B. That

“That” digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang lebih jauh dari pembicara. Dalam hal ini, pohon tersebut tunggal, dan berada lebih jauh dari speaker.

5. _____birds are flying in the distance.

  1. This
  2. That
  3. These
  4. Those

Jawaban: D. Those

“That” digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang lebih jauh dari pembicara. Dalam hal ini, pohon tersebut tunggal, dan berada lebih jauh dari speaker.

Nah, kita sudah sampai di akhir artikel. Bagaimana, materi ini cukup mudah kan untuk dipahami? Demonstrative Pronoun adalah bagian penting dari tata bahasa Inggris dan digunakan untuk menunjukkan lokasi kata benda relatif terhadap pembicara. 

Semoga dengan memahami cara penggunaannya dengan benar, kamu bisa menggunakan kata ganti demonstratif ini dengan percaya diri.

—-

Kalau kamu masih butuh penjelasan yang lebih dalam lagi mengenai materi ini, bisa banget dengan belajar langsung di English Academy!

Kamu akan belajar dari tutor bahasa Inggris ahli dan juga native speaker yang berpengalaman mengajar. Jadi, gimana? Ayo pilih kelas yang cocok buat kamu sekarang!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Leo Bisma