5 Cara Memahami Teks Bahasa Inggris dengan Cepat

Clara Pricilla Adiputra Agu 16, 2021 • 11 min read


Header Cara Memahami Teks Berbahasa Inggris dengan CepatArtikel ini akan membahas tentang 5 cara yang dapat kamu terapkan agar mampu memahami teks bahasa Inggris dengan cepat. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak pemaparan di bawah ini!

--

Memahami teks berbahasa Inggris dengan cepat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bagi mereka yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi oleh fakta bahwa setiap teks berbahasa Inggris memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda untuk dikuasai. Nah, proses memahami teks berbahasa Inggris dengan tingkat kerumitan tinggilah yang cenderung menghabiskan banyak waktu dan energi pembaca. However, please note that you can’t blame the writer for it.

Most of the time, tenggelamnya pembaca dalam sebuah teks yang panjang dan rumit seringkali disebabkan oleh ketiadaan strategi yang cukup baik untuk melawan tantangan. But, from now on, you wont have to feel drowned anymore. Curious why? Jawabannya adalah karena penulis sudah memikirkan lima cara yang bisa kamu terapkan agar mampu memahami teks berbahasa Inggris dengan cepat. Ingin mengetahui cara-cara brilian yang dapat kamu terapkan? Yuk, perhatikan baik-baik pemaparan di bawah ini!

 

1. Temukanlah Waktu Membaca Terbaik Kamu

Layaknya seorang penulis yang memiliki waktu terbaiknya untuk menyelesaikan sebuah novel, seorang pembaca juga memiliki waktu membaca terbaiknya. Hm, kenapa sih menentukan waktu membaca terbaik kita itu sangat penting? Yup, jawabannya adalah karena waktu membaca mempengaruhi tingkat kecepatan kita memahami suatu teks. Begini, coba kamu bayangkan dirimu membaca suatu buku di malam hari dengan mata terkantuk-kantuk? Bisakah kamu memahami apa yang sedang kamu baca dengan cepat dan akurat? Kemungkinan besar tidak, simply because you are not doing it in your prime time.

membaca dapat mengurangi risiko alzheimer

By the way, keinginan untuk memahami teks berbahasa Inggris dengan cepat membuat menemukan waktu membaca terbaik kamu menjadi semakin penting, loh. Mengapa demikian, ya? Tentunya karena kamu hendak membaca sesuatu yang tidak ditulis dalam bahasa utama kamu. Dalam hal ini, tantangan terbesarnya bukanlah untuk mampu membaca teks berbahasa Inggris tetapi memahami isi teks tersebut dengan cepat dan akurat.

Artinya, ketahuilah bahwa dalam proses memahami teks berbahasa Inggris kamu akan bertemu dengan kata hingga istilah yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Nah, ketidaktahuan seperti ini terkadang bisa menghambat kamu memahami suatu teks dengan cepat. Sometimes, you have to look it up or else you will not be able to understand important information. Yup, doing this will definitely take a little more time. Jadi, temukanlah waktu membaca terbaik kamu dan manfaatkanlah waktu tersebut dengan bijaksana.

 

2. Pikirkanlah Informasi yang Ingin Kamu Ketahui

Before I begin, believe me that you will find the magic of implementing this one step. Pertama, ketahuilah bahwa bukannya jarang seseorang dipertemukan dengan teks panjang dalam bahasa Inggris. Hm, contohnya bisa berupa jurnal ilmiah berbahasa Inggris yang ada di luar sana. Nah, sadarkah kamu bahwa pelajar seringkali merasakan sebuah keharusan untuk membaca seluruh teks demi memahami suatu materi? Well for me, I can definitely relate to that, but only until I realised that I don’t have to read everything out.

So, what can I do then? You can start to plan your attack. Dalam hal ini, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah memikirkan informasi apa yang sebenarnya ingin kamu cari. Selanjutnya, kamu bisa membuat daftar pertanyaan yang ingin kamu temukan jawabannya dalam teks yang hendak kamu baca. Contohnya, seorang penulis mungkin memiliki keinginan untuk menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan usus manusia. Namun, jawaban yang sebenarnya hendak kamu cari adalah bagaimana usus manusia bekerja.

quote bruce lee about successful warriorQuote by Bruce Lee (Sumber: https://medium.com)

Mengetahui hal ini, kamu hanya tinggal menemukan dan membaca bagian yang sekiranya mengandung jawaban dari pertanyaanmu. Like I’ve said before, memahami teks dalam bahasa Inggris tidaklah sesederhana memahami teks dalam bahasa Indonesia. Artinya, pertemuan dengan kata hingga istilah yang tidak kamu pahami bukanlah suatu hal yang bisa kamu hindari. Nah, mengetahui informasi apa yang ingin kamu cari akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk mempelajari bagian yang benar-benar perlu kamu pahami.

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Soal TOEFL IBT Reading Section

 

3. Jangan Mencoba untuk Mengartikan Semua Kata

Tenang, silahkan bernapas lega mengetahui bahwa kamu tidak perlu mengartikan setiap kata yang terkandung dalam teks berbahasa Inggris. Tahukah kamu bahwa mencoba untuk mengartikan setiap kata dalam teks berbahasa Inggris hanya akan membuatmu kelelahan? Hm, kamu pasti bisa membayangkan apa yang akan terjadi ketika kamu kelelahan, bukan? Yup, you might lose the chance to find the answer you’re looking for.

Wait, bagaimana kalau saya tidak mampu memahami maksud dari kata tertentu dalam sebuah kalimat? Bukankah saya tidak memiliki pilihan lain selain mencari arti kata tersebut? Waduh, kalau begitu caranya kamu bisa berabe. Layaknya orang yang sudah pernah merasakan putus cinta, bahagia tanpa memiliki pasangan adalah hal yang sangat memungkinkan. Nah, kamu juga bisa loh memahami kalimat berbahasa Inggris tanpa mengetahui arti salah satu kata yang terkandung di dalamnya. Needs an example? Here’s one for you!

While we elect our people's representatives in the hope that every word they speak will be veracious, history has shown that such a hope is just too naive.”

Kata yang ditebalkan adalah kata yang berpotensi menghambat kamu untuk memahami suatu kalimat. However, it doesn’t have to be like that! Artikel ini sudah menyiapkan solusinya. Pertama, cobalah untuk mengabaikan keberadaan kata veracious dan pahamilah maksud dari kalimat di atas. Yes, kamu akan menyadari bahwa kalimat di atas sedang membicarakan tentang harapan pemilih terhadap calon wakil rakyat. Kedua, perhatikan bagaimana kalimat tersebut menyatakan bahwa harapan yang dimaksud itu berhubungan dengan perkataan seorang wakil rakyat. Nah, dari situ kamu bisa mencoba untuk mengganti kata veracious dengan titik-titik yang nantinya harus kamu isi.

While we elect our people's representatives in the hope that every word they speak will be ...

Ketiga, cobalah untuk memposisikan dirimu sebagai seorang pemilih, bukankah kamu berharap agar seorang calon wakil rakyat berkata jujur? There you have the answer then! Kalimat di atas menjelaskan bahwa pemilih berharap agar setiap kata yang diucapkan oleh calon wakil rakyat adalah yang sebenarnya. Namun, sejarah ternyata menunjukkan bahwa terlalu naif untuk berharap demikian. Guess what? You’re done! Ingat, sometimes you just have to let your imagination work.

 

4. Pecah Kalimat ke dalam Beberapa Bagian

Ketika membaca suatu teks berbahasa Inggris, sekali-kali kamu akan dipertemukan dengan kalimat yang terlihat sangat rumit untuk dipahami. Nah, suatu kalimat dapat terlihat sangat rumit untuk dipahami karena kalimat tersebut terlalu panjang atau memiliki struktur yang rumit. Yup, kalimat seperti ini tidak jarang membuat pembaca tergoda untuk berhenti mencoba memahami.

Padahal, kalimat yang terlihat sangat rumit sekalipun bukannya tidak mungkin untuk dipahami, loh. A little bit of effort is needed! Dalam hal ini, kamu memang perlu memecah kalimat ke dalam beberapa bagian. Bingung bagaimana cara melakukannya? Simak contoh di bawah ini, ya!

Original Version

Experiments illustrate that readers of ideogramssuch as the Japanese, develop a mental circuitry for reading that is very distinct from the circuitry found in those of us whose written language employs an alphabet.”

Waduh, kalimat di atas terlihat sangat sulit untuk dipahami, bukan? Tenang, sekarang waktunya kita memecah kalimat di atas ke dalam beberapa bagian dan memparafrasekannya. You’re right, kita akan memparafrasekannya ke bahasa Inggris yang lebih mudah untuk dipahami.

1. Experiments illustrate that -> Studies show that

2. Readers of ideograms -> People who read characters

3. Such as the Japanese -> Japanese people are an example of ideogram readers

4. Develop a mental circuitry for reading -> Create paths in their brains when they read

5. That is very distinct from the circuitry -> Which are not like the paths

6. Found in those of us whose written language employs an alphabet -> Found in people who use an alphabet

Simplified Version

Studies show that people who read characters instead of an alphabet (like Japanese people, for example) have very different brain paths for reading than those people who do use an alphabet.”

beberapa fakta tentang memahami bacaan

 

5. Tulislah Kembali Informasi yang Kamu Temukan Secara Ringkas

Finally, kamu akhirnya sampai di titik dimana kamu telah memahami arti dari setiap kalimat yang kamu baca. Wah, berarti saya sudah bisa pergi bermain video game, dong? Eits, jangan kabur dulu dong, sobat! Masih ada satu langkah lagi yang perlu kamu lakukan, yaitu membuat ringkasanmu sendiri. Hm, kamu ingat nggak sih akan daftar pertanyaan yang ingin kamu cari jawabannya dalam teks bacaan?

Nah, now is your time to review your understanding. Yup, kamu bisa melakukannya dengan membaca kembali secara sekilas apa yang sudah kamu baca sebelumnya. Setelah itu, kamu tinggal mencoba untuk menjawab daftar pertanyaanmu secara mandiri dengan mengacu pada teks yang telah kamu baca. Jika kamu berhasil menjawabnya dengan tepat, silahkan kembali melakukan aktivitas yang kamu sukai, ya!

Now were really done guys! Itulah lima cara memahami teks berbahasa Inggris dengan cepat yang perlu kamu ketahui. Menurut penulis, menjadi mahir dalam memahami teks berbahasa Inggris dengan cepat dan akurat bukanlah suatu kemampuan yang bisa kamu miliki hanya dengan satu kali membaca. Dalam hal ini, buatlah dirimu terbiasa membaca sejumlah teks berbahasa Inggris. Percayalah, kebiasaan ini akan membuka pintu masuknya banyak kosakata baru ke dalam pengetahuanmu. Nantinya, kamu akan merasakan bagaimana teks berbahasa inggris dengan tingkat kompleksitas yang tinggi sekalipun tidak akan menghalangi proses memahamimu.

By the way, just in case youre wondering about this, kelas English Academy bisa menjadi salah satu pintu yang akan mempertemukan kamu dengan banyak kosakata baru, loh. Tenang, proses memahami setiap kosakata baru tentunya akan ditemani oleh guru berpengalaman kamu yang paling setia. Tunggu apa lagi? Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang dan jadilah seorang jagoan!

New call-to-action

Sumber:

CIO Views Magazine, 2019. Quote by Bruce Lee. [image] Available at: https://medium.com/@cioviewssocial/the-successful-warrior-is-the-average-man-with-laser-like-focus-bruce-lee-e50f8e18ea80 [Accessed 16 August 2021].

Geikhman, Y., n.d. Learning to Read in English: 7 Hacks for Understanding Any Text. [online] FluentU. Available at: https://www.fluentu.com/blog/english/learn-to-read-english/ [Accessed 13 August 2021].

Raga, S., 2017. 7 Tips for How to Read Faster (and Still Understand What You Read). [online] MENTALFLOSS. Available at: https://www.mentalfloss.com/article/83881/how-to-read-faster [Accessed 13 August 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar