7 Faktor Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional dan Bahasa Global

Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional dan Bahasa Global

Penggunaan bahasa Inggris kini sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan bahasa global. Kira-kira, apa yang membuatnya demikian? Yuk simak penjelasannya!

- -

Di kehidupan sehari-hari kita semua semakin sering menggunakan bahasa Inggris. Bukan hanya dalam pelajaran saja. Tetapi ketika menggunakan teknologi, berselancar di internet, menggunakan media sosial, saat melakukan perbincangan santai. Bahkan, salah satu syarat kelulusan mahasiswa adalah mampu berbahasa inggris. Penasaran nggak sih apa yang membuat bahasa Inggris menjadi seperti ini?

Hal ini karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Tapi bukan itu aja, lho. English is also the global language. How come? Kok bisa? Before that, yuk pahami perbedaan bahasa internasional dan bahasa global!

 

Perbedaan Bahasa Internasional dan Bahasa Global

Di seluruh dunia, orang-orang memiliki bahasa ibunya tersendiri. Sejak dulu, orang-orang saling mengunjungi negara lain untuk melakukan kepentingan masing-masing. Because of the differences of the language they were speaking, they needed a language that’d connect them. Bahasa yang dibutuhkan untuk menghubungkan orang-orang ini disebut bahasa internasional. Nah, terkadang, bahasa internasional disebut juga sebagai universal language.

But of course, kehadiran bahasa internasional bukan untuk menggantikan bahasa ibu. Tetapi untuk mengurangi kesalahpahaman yang diakibatkan oleh perbedaan bahasa yang dimiliki oleh masing-masing masyarakat negara di dunia. Jadi bisa kamu pahami bahwa bahsa internasional adalah bahasa yang digunakan untuk komunikasi internasional.

Lalu apa itu bahasa global? Berdasarkan berbagai diskusi, kata “global” digunakan untuk mewakili sesuatu yang sifatnya menjadi kepentingan seluruh dunia. Dari penjelasan sebelumnya, kamu kini sudah mengetahui perbedaannya. Bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan untuk memudahkan komunikasi internasional (dua atau lebih negara yang berbeda), sedangkan bahasa global adalah bahasa yang menjadi sebuah kepentingan dan kebutuhan di seluruh dunia.

Sebelum lanjut, kamu bisa lho mengetahui sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu. Yaitu dengan mengikuti placement test dari English Academy. Gratis dan dapat sertifikat. Klik gambar di bawah aja ya!

Placement Test English Academy

Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional dan Bahasa Global?

 

Terdapat beberapa hal that makes English an international language as well as a global language, yaitu sebagai berikut:

 

1. Faktor Politik Kolonial Kerajaan Inggris

Pada mulanya Kerajaan Inggris menaklukkan berbagai negara, seperti Australia, negara-negara di Asia dan Afrika, India kuno, dan sebagian besar wilayah benua Amerika Utara. Saat menjajah, Inggris mengatur alur perdagangan dan menggunakan bahasa mereka sebagai bahasa komunikasi dengan masyarakat lokal. Bahkan saat ini, beberapa negara-negara yang ditaklukkan Kerajaan Inggris use English as their mother tounge.

 

2. Faktor Perluasan Bahasa Inggris Amerika Serikat

Setelah Perang Dunia II, Amerika meneruskan apa yang dilakukan Inggris saat abad-abad sebelumnya. Yaitu menyebarkan perdagangan mereka ke seluruh penjuru dunia dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan. Dengan begini, penyebarluasan bahasa Inggris dari Kerajaan Britania tidak berhenti, malah semakin berdampak besar.

 

3. Faktor Hiburan dan Budaya

Siapa yang suka banget denger musik dan nonton film? Mayoritas dari masyarakat kita, sangat menyukai film dan musik dengan latar belakang berbahasa Inggris, dan tahukah kamu? Musik-musik yang membuat bahasa Inggris semakin menyebar di telinga masyarakat seluruh dunia adalah musik-musik seperti rock ‘n’ roll, jazz, dan aliran musik populer lainnya. Sedangkan film memberi dampak besar terhadap seluruh negara di penjuru dunia saat tahun 1960-an saat ada perubahan sosial dan adanya gerakan hippie. Saat ini, bahasa Inggris  menjadi bahasa internasional dan bahasa global yang menyatukan seluruh dunia.

 

4. Faktor Bisnis dan Perjalanan

You’ve understood how English became the international language of trading. Hal ini berpengaruh terhadap bisnis dan perjalanan di era sekarang. Mungkin kamu sudah tahu bahwa kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kamu akan lebih memiliki peluang karir ‘lebih besar’. Di saat yang bersamaan, kalau kamu sedang berkunjung ke negara lain dan berkomunikasi dengan penduduk lokal, bahasa yang kemungkinan besar akan kamu dan mereka gunakan adalah bahasa Inggris, daripada menggunakan bahasa ibu masyarakat negara tersebut.

 

5. Faktor Teknologi

Selain penyebarluasan bahasa Inggris oleh Amerika Serikat melalui musik dan film, internet pertama kali ditemukan juga di negeri Paman Sam itu. Not only that English became the ‘unofficial language’ of the internet, perangkat keras (hardware) untuk semua teknologi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Juga kalau kamu mencari tahu tentang riset dan studi, ilmuwan-ilmuwan menggunakan bahasa Inggris dalam karya tulis mereka untuk menyebarkan hasil temuan mereka. 

 

6. Faktor “Snowball effect

Berdasarkan faktor-faktor yang sudah kamu pahami, hal ini membuat sekolah-sekolah, bahkan bisa jadi sejak TK sudah mengajarkan bahasa Inggris. Tidak hanya itu, bahkan orang dewasa juga memilih untuk belajar bahasa Inggris meskipun mungkin mereka sudah tidak berada di bangku perkuliahan lagi. Hal ini tentunya bukan agar menjadi terlihat keren atau pintar, tapi ini merupakan kebutuhan untuk menunjang hal-hal yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari, like business and technology.

 

7. Faktor Kemudahan untuk Dipelajari 

Last but not least, compare to the other languages, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang lebih mudah untuk dipelajari. Misalnya saja bahasa-bahasa di negara Eropa seperti bahasa Jerman, bahasa Prancis, dan bahasa Italia. Bahasa-bahasa tersebut tidak hanya memiliki perubahan atau penyesuaian kata kerja tergantung dari waktunya saja (tenses). But also their nouns have a gender. Misalnya dalam bahasa Prancis, kata “buku” memiliki gender laki-laki. Dalam bahasa Italia, “rumah” memiliki gender perempuan. Di bahasa Jerman, “kuda” memiliki gender netral.

Nah begitulah penjelasan tentang why English is an international language and also a global language. Selain karena politik, bahasa Inggris juga menyebar karena faktor hiburan, teknologi, bisnis dan karena kebutuhan. Selain itu juga bahasa Inggris mudah untuk dipelajari.

Karena mudah untuk dipelajari dan dibutuhkan, yuk gabung sama English Academy supaya keperluan kamu dalam kehidupan sehari-hari bisa terbantu. Di sana kamu akan belajar menggunakan kurikulum cambridge dan belajar dengan native speaker yang berpengalaman. Jadi tunggu apalagi? Yuk gabung sekarang juga! 

English Academy

Referensi:

Difference Between. ND. (online at) http://www.differencebetween.net/language/words-language/difference-between-global-and-international/ [accessed 1 November 2022]

Farlex. ND. Free Dictionary. (online at) https://encyclopedia2.thefreedictionary.com/international+language [accessed 1 November 2022]

Buchanan, April. 2017. (Online at) https://www.speakenglishcenter.com/english-5-reasons-why-is-english-the-global-language-of-today/ [accessed 1 November 2022]

Justlearn. 2021. (online at) https://www.justlearn.com/blog/why-english-is-the-global-language [accessed 1 November 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.