3 Cara Mudah Menulis Naskah Pidato Bahasa Inggris dengan Kreatif

Adella Indah Nurjanah Apr 8, 2021 • 4 min read


Menulis Naskah Pidato Bahasa InggrisMelalui artikel ini, kita akan belajar cara menulis naskah pidato Bahasa Inggris dengan kreatif.

--

Halo, pernah gak sih dalam suatu kegiatan, kamu ditugaskan untuk memberi pidato di depan umum tentang topik tertentu atau sedang mempersiapkan naskah pidato untuk berpartisipasi dalam sebuah lomba, namun kamu malah terjebak dalam kebingungan saat mau menulis naskah pidato tersebut?

Sering kali kita bingung harus mulai dari mana dalam menulis naskah pidato, bahkan saat sedang menulis, tak jarang pula kita mengalami kebuntuan ide. Nah, jangan khawatir! karena di sini kita akan bahas bagaimana caranya melakukan brainstorming dengan mudah dan kreatif untuk menulis naskah pidato, dan mengatasi kebuntuan ide tersebut. Yuk, simak!

 

1. Reading is a window to the world

Mungkin terlihat ringan, namun membaca memiliki kekuatan yang amat dahsyat. Membaca menjadi jendela pengetahuan, yang membuat kita terpapar terhadap berbagai informasi. Dalam membuat naskah pidato, kita harus bersedia menginvestasikan waktu kita untuk membaca hal-hal berkaitan dengan topik yang ingin kita angkat. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana melalukan proses reading yang efektif untuk brainstorming dalam membuat  naskah pidato bahasa inggris?

Hal yang perlu kamu lakukan pertama, tentukan topik bahasan yang ingin kamu angkat dalam pidato dan breakdown beberapa pertanyaan yang berusaha kamu jawab. Kedua, telusuri beberapa media untuk menemukan bacaan terkait topik tersebut (buku, majalah, berita online, bahkan sosial media), seringkali informasi yang diberikan melalui sosial media seperti thread Twitter atau postingan di Instagram sangat bermanfaat dan dapat menjadi referensi bacaan kita.

Ketiga, jangan lupa untuk cek terlebih dahulu apakah bacaan tersebut terverifikasi kebenarannya, seperti memiliki sumber yang jelas dan valid. Keempat, pada saat membaca arahkan pola pikir kita untuk berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah di breakdown pada awal step tadi, dan berusaha untuk menemukan insight baru terkait topik tersebut. Terakhir, kamu akan memperoleh hasil bacaan yang dapat menjadi bank pengetahuan untuk menulis naskah pidato bahasa inggris mu!

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menyiapkan Presentasi Bahasa Inggris

Membaca untuk proses brainstorming, tidak hanya untuk mengkolektif fakta-fakta terkait topik yang ingin kita angkat loh! Bahkan kamu bisa banget untuk menelusuri berbagai tulisan opini dan esai dari orang-orang lain terdahulu, yang sudah pernah mengangkat topik ini. Kamu biasanya dapat menemukan esai dan opini yang bagus melalui kolom-kolom esai di berita online, majalah, atau koran. Jangan lupa pula, dalam menulis naskah pidato bahasa Inggris, usahakan kamu juga menelusuri bacaan-bacaan internasional ya.

 

2. Watch and Learn

Selain membaca, video bisa menjadi media referensi kamu untuk mengumpulkan informasi dan terbuka terhadap berbagai ide-ide berkaitan dengan topik yang kamu cari. Contohnya, YouTube sudah menjadi platform dimana banyak sekali percakapan edukatif, webinar, wawancara, atau bahkan pidato-pidato yang akan memberikan pengetahuan dan pandangan baru untuk kamu, sekaligus mempermudah kamu dalam memahami topik tertentu.

Kamu bisa mencari diskusi atau video berkaitan dengan topik yang kamu angkat, misalnya tentang politik, sejarah, kesehatan, dsb. Ini untuk mempermudah kamu merangkai naskah pidato. Kanal YouTube Kurzgesagt – In a Nutshell dan Ted-Ed, bisa jadi referensi jika kamu mau belajar hal-hal dengan lebih mudah dan mendapat inspirasi pembahasan!

Kamu juga bisa langsung secara spesifik mencari pidato berkaitan dengan topik yang kamu ingin angkat. Beberapa kanal YouTube yang bisa kamu jadikan referensi untuk brainstorming diantaranya adalah, Ted Talks, Toastmaster, English Speeches, dsb. Tidak hanya membantu kamu untuk brainstorming terkait isi topik, video-video di youtube bahkan bisa menunjukkan kepadamu bagaimana pola-pola menyampaikan pidato di depan publik, mulai dari opening hingga closing.

 

3. What do others say about it? let's discuss!

Cara yang ketiga, adalah berdiskusi! Kamu bisa mengajak teman sebaya, senior, guru, dosen, ataupun orang yang kamu anggap lebih paham untuk berdiskusi mengenai topik yang akan kamu angkat.

Hal yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah, pastikan kamu sudah memilih topik dan melakukan riset terkait topik tersebut lebih dulu. Selanjutnya, kamu bisa merincikan beberapa pertanyaan atau hal-hal yang ingin didiskusikan kepada orang yang ingin kamu ajak berdiskusi. Lalu setelah siap, kamu bisa mengajak orang yang dituju untuk berdiskusi dengan mengajukan beberapa pertanyaan, dan bersikap terbuka terhadap pandangan lawan bicaramu.

Tujuan dari berdiskusi ini adalah, untuk mengetahui pandangan-pandangan orang lain mengenai isu yang kamu angkat. Selain itu, sudut pandang, feedback, ataupun kritik orang lain mengenai isu yang dibicarakan, dapat menjadi input untuk kamu brainstorming dalam merancang naskah pidato. Tak jarang, diskusi juga bisa membawa kita kepada ide-ide baru, lho!

Selain melakukan diskusi secara one on one, kamu bisa memanfaatkan sosial media kamu untuk melakukan survey kecil-kecilan yang seru! Ini bisa jadi jalan yang kreatif untuk melakukan brainstorming. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah, fitur pertanyaan atau polling di Instagram ataupun sosial media lain. Hal ini akan membantu kamu dalam melihat pandangan orang lain secara general mengenai topik yang kamu angkat, memperoleh informasi baru dari teman-teman sosial mediamu yang mungkin memiliki pengalaman pada topik itu, atau bahkan menghantarkan kamu kepada percakapan-percakapan yang sangat membantu kamu untuk menulis naskah pidato bahasa inggrismu.

Nah, teman-teman, masih ada banyak lagi langkah-langkah yang bisa kamu explore dan coba untuk membantu kamu dalam brainstorming menulis naskah pidato bahasa inggris kamu. Dari ketiga cara diatas, mana nih yang mau kamu coba? Jangan lupa untuk terus belajar dimanapun kamu berada ya, dengan English Academy, kamu bisa belajar Bahasa Inggris tanpa ribet dan tentunya sangat efektif.

New call-to-action

Beri Komentar