20 Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris, Nggak Cuma Rest in Peace

ucapan belasungkawa bahasa inggris

Kalau kamu melihat teman dan kerabat yang sedang berduka, coba tunjukkan rasa simpati dan empati-mu, salah satunya dengan menyampaikan ucapan belasungkawa bahasa Inggris yang ada di artikel ini!

 

Dalam kehidupan, ada kalanya kamu merasa bahagia, ada kalanya juga kamu berduka. Hidup akan terus berputar. Hari ini mungkin akan dipenuhi kebahagiaan, lalu besoknya mendapat kabar yang tidak mengenakkan.

Hal ini tentu membuat siapa saja yang mengalaminya merasa sedih atau berduka. Penyebab duka juga bermacam-macam. Bisa jadi karena hari berjalan tidak baik, sedang menghadapi masalah, berpisah dengan orang tercinta, atau ditinggalkan oleh orang tersayang,

Well, ketika melihat kerabat yang sedang berduka, tentu kamu akan berempati dengan mengucapkan belasungkawa, dong. Tapi terkadang kita bingung bagaimana cara mengucapkan belasungkawa dengan tepat.

Tenang, ada berbagai macam cara mengungkapkan belasungkawa, guys. Salah satunya adalah memberikan ucapan belasungkawa dalam Bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Yuk, cek artikel ini!

 

Bagaimana Cara Mengucapkan Belasungkawa dalam bahasa Inggris?

RIP yang memiliki kepanjangan Rest in Peace dengan arti “bersitirahat dalam damai” adalah salah satu cara mengucapkan belasungkawa paling populer dalam bahasa Inggris. Selain itu, terdapat istilah Rest in love yang juga biasa digunakan untuk memberi ucapan turut berduka cita.

Kamu juga bisa menggunakan istilah bahasa Inggris deep condolences saat hendak menunjukkan rasa simpati dan empati pada mereka yang ditinggalkan oleh orang tersayang.

Tapi, sebenarnya masih banyak kata lain yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa turut berduka cita, loh.

Nah, sebelumnya kamu perlu tahu dulu, nih, kalau ucapan turut berduka dalam Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara formal dan cara tidak formal.

Ucapan formal berlaku untuk kolega, atasan, partner, guru, atau rekan kerja. Sebaliknya, ketika kamu akan mengucapkan turut berduka cita Bahasa Inggris pada orang yang lebih akrab, bisa menggunakan cara non-formal. Yuk, kita bahas satu per satu!

 

Contoh Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris Secara Formal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara ini bisa kamu lakukan untuk mengekspresikan belasungkawa kamu pada rekan kerja, klien, atasan, dan orang yang lebih tua. Berikut kalimat yang bisa kamu gunakan untuk ucapan duka cita Bahasa Inggris secara formal beserta artinya.

1. “Please accept my deepest sympathies for the loss of your beloved. My thoughts and prayers are with you during this difficult time.”
(Mohon terimalah simpati terdalam saya atas kehilangan orang yang Anda sayangi. Doa dan pemikiran saya menyertai Anda di waktu yang sulit ini.)

2. “I am so sorry to hear about your loss. May you find comfort in the love and support of those around you.”
(Saya sangat menyesal mendengar tentang kehilangan Anda. Semoga Anda menemukan kenyamanan dalam cinta dan dukungan dari orang-orang di sekitar.)

3. “My heartfelt condolences go out to you and your family. May the memories of your loved one bring you comfort during this time of sorrow.”
(Ucapan belasungkawa yang tulus dari saya untuk Anda dan keluarga. Semoga kenangan tentang orang yang Anda cintai membawa kenyamanan di waktu duka ini.)

 

Meskipun ini artikel tentang ucapan berduka, tapi English Academy mau kasih kamu kabar gembira! Iya, kamu sekarang bisa punya skill bahasa Inggris hanya dalam waktu 3 bulan aja! Gimana caranya? Konsultasi gratis dulu, yuk!

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

 

4. “Please know that you are in my thoughts and prayers during this difficult time. May you find strength and comfort in the love of family and friends.”
(Mohon ketahuilah bahwa Anda berada dalam pemikiran dan doa saya di waktu yang sulit ini. Semoga Anda menemukan kekuatan dan kenyamanan dalam cinta keluarga dan teman.)

5. “Words cannot express how deeply sorry I am for your loss. Please know that you have my love and support during this difficult time.”
(Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa saya turut berduka atas kehilangan Anda. Mohon ketahuilah bahwa Anda memiliki cinta dan dukungan saya di waktu yang sulit ini.)

6. “I offer my sincerest condolences to you and your family. May you find peace and comfort in the memories of your loved one.”
(Saya mengucapkan belasungkawa yang tulus untuk Anda dan keluarga. Semoga Anda menemukan kedamaian dan kenyamanan dalam kenangan tentang orang yang Anda cintai.)

7. “Please accept my deepest sympathies during this time of sorrow. May the love and support of those around you provide you with strength and comfort.”
(Mohon terimalah simpati terdalam saya di waktu duka ini. Semoga cinta dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda memberikan Anda kekuatan dan kenyamanan.)

8. “My thoughts and prayers are with you and your family during this difficult time. May the memories of your loved one bring you comfort and peace.” 

(Pemikiran dan doa saya bersama Anda dan keluarga di waktu yang sulit ini. Semoga kenangan tentang orang yang anda cintai membawa kenyamanan dan kedamaian.)

9. “Please accept my sincere condolences. May the love and support of family and friends help you through this difficult time.”
(Mohon terimalah belasungkawa saya yang tulus. Semoga cinta dan dukungan dari keluarga dan teman membantu anda melewati waktu yang sulit ini.)

10. “I am deeply sorry for your loss. May the memories of your loved one bring you comfort and peace in the days ahead.”
(Saya sangat menyesal atas kehilangan Anda. Semoga kenangan tentang orang yang anda cintai membawa kenyamanan dan kedamaian di hari-hari mendatang.)

Baca Juga: 115 Contoh Greeting Cards (Kartu Ucapan Bahasa Inggris) dan Artinya

 

Contoh Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris Secara Non-Formal

Sementara itu, kalau kamu memiliki hubungan emosional yang lebih dekat, ketika akan mengucapkan belasungkawa dapat menggunakan Bahasa Inggris yang lebih santai. Beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan yaitu:

1. “May God give her/him a decent place.”
(Semoga Tuhan memberikan dia tempat yang layak disisi-Nya)

2. “​​I can’t even imagine what you must be feeling right now. If anything happens, if you need company, I’m just a phone call away.”
(Aku tidak bisa membayangkan apa yang kamu rasakan saat ini. Kalau terjadi sesuatu dan kamu butuh teman, telfon aku ya.)

3. “I’m so sorry for your loss. Please know that I’m here for you if you need anything.”
(Aku sangat menyesal atas kehilanganmu. Aku ada di sini untukmu jika kamu membutuhkan apa pun.)

4. “My thoughts and prayers are with you and your family during this difficult time. Sending you love and strength.”
(Pemikiran dan doaku bersama kamu dan keluargamu di waktu yang sulit ini. Mengirimkanmu cinta dan kekuatan.)

5. “I’m mourning to hear of your loss. Please be strong.”
(Aku sangat sedih mendengar kabar duka ini. Tolong tetap kuat ya!)

6. “Please accept my deepest sympathies for your loss. May your loved one rest in peace.”
(Mohon terimalah simpati terdalamku atas kehilanganmu. Semoga orang yang kamu cintai beristirahat dalam damai.)

7, “Sending you my love and support during this difficult time. Please know that you’re not alone.”
(Mengirimkanmu cinta dan dukunganku di waktu yang sulit ini. Ketahuilah kalau kamu tidak sendirian.)

8. “I’m so sorry for your loss. Please let me know if there’s anything I can do to help.”
(Aku sangat turut berduka atas kehilanganmu. Tolong beritahuku jika ada yang bisa aku lakukan untuk membantumu.)

9. “Strengthen your heart, hold on to your feelings.”
(Kuatkan hatimu, tabahkan perasaanmu).

10. “So sorry for your loss. Eventually, everyone and this life will return to God’s side.”
(Aku turut berduka cita atas kehilanganmu. Pada akhirnya, semua orang dan dunia ini akan kembali ke sisi Nya).

Itu dia 20 kalimat ucapan belasungkawa bahasa Inggris yang bisa kamu sampaikan kepada orang lain. Melalui kalimat-kalimat di atas, kamu dapat  menunjukkan rasa simpati kepada mereka yang baru saja kehilangan.

Tapi, skill bahasa Inggris kamu jangan ikutan berduka juga ya! Makanya, biar penguasaan kosakata kamu semakin variatif, ayo belajar bareng native speaker yang sudah tersertifikasi internasional di English Academy.

Dapatkan pelatihan Bahasa Inggris secara interaktif dengan kurikulum Cambridge! Kelas mana yang cocok untukmu? Cus, cek dulu lewat Placement Testgratis dan bersertifikat!

CTA English Academy

Baca Ucapan Bahasa Inggris Lainnya:

Adya Rosyada Yonas