Tips Sukses Menguasai TOEIC Listening Section

Clara Pricilla Adiputra Sep 12, 2021 • 8 min read


EA_-_Tips_Sukses_Menguasai_TOEIC_Listening_Section-01Jangan di skip, jangan di skip. Tips sukses menguasai TOEIC listening section mau lewat, nih!

--

Kemampuan bahasa Inggris telah menjadi suatu kebutuhan dalam lingkungan kerja global. Untuk memenangkan persaingan masuk perusahaan tingkat global, seseorang harus memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Nah, Test of English for International Communication (TOEIC) didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan seseorang untuk sukses di lingkungan kerja global. Sampai hari ini, skor TOEIC dijadikan alat 14.000+ organisasi di seluruh dunia untuk membuat keputusan penting. 

Dalam hal ini, semakin tinggi skor TOEIC kamu, semakin bersinar pula Curriculum Vitae (CV) kamu di mata perekrut. Unlike any other tests, TOEIC hanya terdiri dari dua bagian yaitu listening section dan reading section. Untuk menguasai TOEIC, strategi yang tepat diperlukan, baik pada waktu persiapan maupun pada waktu tempur. Luckily, aku hadir dengan 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menguasai TOEIC listening section. So, untuk kamu yang ingin menjadi bintang dalam persaingan masuk perusahaan tingkat global, you better read this article thoroughly

 

1. Ketahui Konten TOEIC Listening Section

TOEIC listening section terbagi ke dalam empat bagian yaitu: 1) Photographs, 2) Question-Response, 3) Conversations, dan 4) Short Talks. Pada bagian photographs, kamu akan mendengar empat pernyataan tentang gambar yang ada di dalam test book kamu. Nah, tugasmu adalah memilih satu pernyataan di dalam test book yang paling tepat untuk mendeskripsikan gambar yang kamu lihat

Pada bagian question-response, kamu akan mendengar pertanyaan atau pernyataan dan tiga tanggapan yang diungkapan dalam bahasa Inggris. Kali ini, tugasmu adalah memilih satu kalimat di dalam test book yang paling tepat untuk menanggapi pertanyaan atau pernyataan yang kamu dengar

Pada bagian conversations, kamu akan mendengar beberapa percakapan antara dua orang atau lebih. Nah, tugasmu adalah menjawab pertanyaan terkait hal-hal yang dikatakan oleh pembicara selama percakapan berlangsung. Terakhir, pada bagian short talks, kamu akan mendengar beberapa hal dari mulut satu pembicara. Sama seperti pada bagian sebelumnya, kamu diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dengan merujuk pada perkataan pembicara

Sudah, nih? Gitu saja? Eits, tidak semudah itu kawan, mengerjakan TOEIC listening section memiliki tantangannya tersendiri. Pertama, kamu hanya diberikan satu kesempatan untuk mendengarkan rekaman. Kedua, jawaban berupa pernyataan maupun tanggapan pada dua bagian pertama dari TOEIC listening section tidak tertulis dalam test book yang diberikan. Yup, it certainly has its own challenges, tetapi yang terpenting adalah mengetahui cara mengatasi tantangan itu. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak pemaparan di bawah ini!

EA_-_Tips_Sukses_Menguasai_TOEIC_Listening_Section-02

 

2. Latih Dirimu Mendeskripsikan Gambar dengan Kalimat Berbahasa Inggris

Like Ive said before, bagian pertama dari TOEIC listening section menuntut kamu untuk mendeskripsikan gambar dalam kalimat berbahasa Inggris. Nah, untuk menguasai bagian ini, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mendeskripsikan hal-hal yang kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari dengan kalimat berbahasa Inggris. Contohnya, seusai melaksanakan sebuah pertemuan tatap muka secara virtual, tidak jarang kita diminta untuk membuka kamera karena adanya kebutuhan dokumentasi. Hasil dokumentasi tersebut kemudian dibagikan kepada mereka yang berpartisipasi dalam pertemuan tatap muka secara virtual tersebut. 

For those of you who really want to ace this section, kamu bisa mencoba untuk membuat kalimat bahasa Inggris yang cocok untuk mendeskripsikan hasil dokumentasi yang kamu lihat. Dalam hal ini, kamu mungkin bisa mendeskripsikan hasil dokumentasi yang kamu lihat dengan kalimat bahasa Inggris yang berbunyi: “They are doing an online meeting to discuss their upcoming project.” Sounds like a boring thing to do? Eits, jangan salah! Membangun kebiasaan yang awalnya terlihat membosankan itu bisa membawa dampak yang luar biasa baiknya, loh. Like what Denzel said, to get something you never had, you have to do something you never did

 

3. Asah Memori Kamu

Dalam TOEIC listening section bagian question-response, kamu hanya diberikan satu kesempatan untuk mendengarkan rekaman. Selain itu, jawaban berupa pernyataan maupun tanggapan tidak tertulis dalam test book yang diberikan. Yup, pilihan jawaban hanya akan diungkapkan satu kali melalui rekaman yang diberikan. So, here’s my pro tip to ace this section: Try to memorize what you hear

Sesuai nama dari bagian TOEIC listening section yang satu ini, kamu diminta untuk memberikan tanggapan atas pernyataan atau pertanyaan yang kamu dengar. Nah, mengingat bahwa kamu ingin mendengarkan seluruh pilihan tanggapan yang ada, cobalah untuk tidak melupakan pernyataan atau pertanyaan yang kamu dengar. Terkadang, dihadapkan dengan beberapa pilihan jawaban bisa membuat pikiranmu buyar lantaran terlalu sibuk memikirkan tanggapan mana yang paling tepat untuk kamu pilih.

So, if you dont want to fail this section, cobalah untuk mengasah memori kamu dengan berlatih mengerjakan soal-soal yang sekiranya akan kamu temui pada bagian ini. Mengerjakan latihan soal akan membuat dirimu terbiasa untuk mengingat apapun yang kamu dengar, terlepas dari panjang atau pendek kalimatnya. Jika kamu merasa bosan dengan cara mengasah memori yang terlalu monoton, kamu bisa mencoba untuk menyelesaikan dialog dalam film berbahasa Inggris. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak hanya mengasah kepalamu untuk mengingat sesuatu tetapi juga mempelajari respon yang tepat untuk menanggapi suatu pernyataan atau pertanyaan. Ugh, what a fun way to get myself prepared for the TOEIC listening section!

EA_-_Tips_Sukses_Menguasai_TOEIC_Listening_Section-03

 

4. Fokus, Fokus, Fokus!

Pada bagian ketiga dalam TOEIC listening section, kamu akan menyadari bahwa mendengarkan rekaman sendiri sudah menghabiskan banyak tenaga. Hal ini biasanya terjadi karena test-takers dituntut untuk mendengarkan beberapa percakapan antara dua atau lebih orang mengenai topik yang berbeda-beda pula. Selanjutnya, test-takers harus menjawab pertanyaan yang tertulis di dalam test book dengan merujuk pada apa yang terungkap dalam rekaman. 

Hm, untung pilihan jawaban tertulis di dalam test book, ya. Pertanyaannya, apa sih tantangan dalam mengerjakan bagian yang satu ini? Well, let me spell it out for you, untuk tetap fokus dalam keadaan lelah adalah tantangan terbesarnya.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan untuk tetap fokus selama rekaman diputar? Jawaban untuk pertanyaan ini hanya satu dan itu adalah: To stay focus is to actively listen. Dalam banyak kasus, tidak melakukan apa-apa selama rekaman diputar membuat pikiran para test-takers melayang kesana-kemari. Worst, tidak melakukan apa-apa selama rekaman diputar membuat para test-takers mengantuk. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membaca terlebih dahulu pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, berikanlah dirimu waktu untuk menyimak rekaman yang diputar dan cobalah untuk menulis jawaban yang kamu rasa tepat untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Terakhir, kamu tinggal mencari pilihan jawaban yang sesuai dengan apa yang telah kamu tulis sebelumnya. Gimana? Kalau begitu caranya kamu tidak akan mempunyai waktu untuk memikirkan idola favoritmu atau mengantuk selama rekaman diputar, bukan?

Baca juga: 5 Tips Menguasai TOEFL Listening Section: A Must Read

 

5. Temukan Kata Kunci Pertanyaan

Pada bagian terakhir dalam TOEIC listening section, kamu akan mendengar seorang pembicara membicarakan beberapa topik. Selanjutnya, kamu harus menjawab tiga pertanyaan untuk setiap topik pembicaraan. I know, sounds like a tough challenge isn’t it? Tetapi, bagian yang satu ini hanya akan menjadi sulit untuk dikuasai apabila kamu tidak memiliki strategi pintar untuk mengerjakannya. Now, heres a smart tip that you might want to use: Identifikasilah kata kunci yang terkandung di dalam pertanyaan terlebih dahulu

Caranya, kamu bisa pertama-tama menyisihkan 7 sampai 10 detik untuk membaca skimming pertanyaan yang diberikan. Setelah itu, kamu bisa melakukan identifikasi kata kunci yang terkandung di dalam setiap pertanyaan dengan cepat dan tepat. Nah, selama rekaman diputar, tugasmu adalah untuk menaruh perhatian penuh pada kalimat percakapan yang secara tersirat atau tersurat berhubungan dengan kata kunci pertanyaan yang diberikan. Remember, the key is to not trying to understand everything the speaker says

Akhirnya, itulah 5 tips sukses menguasai TOEIC listening section yang dapat kamu terapkan. Untuk menjadi pemenang, kamu harus secara konsisten menerapkan kelima tips di atas selama masa persiapan. Dengan konsistensi, kamu akan menjadi terbiasa untuk menjawab berbagai soal dengan cepat dan tepat. Aku tahu bahwa penerapannya bisa terdengar membosankan, but practice do make perfect. Jadi, berlatih, berlatih, dan berlatihlah terus. 

Wait, how will I know if Im doing the right thing? Tentunya dengan pendampingan dari orang-orang terbaik, dong! Nah, bergabung dengan kelas English Academy akan mempertemukan kamu dengan guru berpengalaman yang siap mendampingi proses belajar kamu. Trust me, theres nothing better than learning from the master. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang. You will thank me later!

New call-to-action

Referensi:

FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ [Accessed 10 September 2021].

ETS. 2021. Content and Format of the TOEIC Listening and Reading Test. [online] Available at: https://www.ets.org/toeic/organizations/listening-reading/about/content-format [Accessed 10 September 2021].

ETS. 2021. Demonstrate Your Proficiency to Potential Employers. [online] Available at: https://www.ets.org/toeic/test-takers [Accessed 10 September 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar