5 Langkah Menulis Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

EA_-_Langkah_Menulis_Motivation_Letter_dalam_Bahasa_Inggris_untuk_Program_Magister_di_Universitas_Internasional-01

Kamu ingin mengambil program magister di luar negeri tapi nggak tahu langkah menulis motivation letter? Nah, simak artikel ini untuk mengetahui 5 langkah menulis winning motivation letter dalam bahasa Inggris, ya!

--

Kamu tahu nggak sih mengejar gelar magister di luar negeri kini menjadi sebuah pencapaian yang terasa tidak mustahil lagi untuk digapai? Hah, serius? Ya, serius dong! For your information, prestasi akademis itu bukan satu-satunya penentu diterima atau tidaknya seseorang di universitas internasional, loh. More than that, sebuah universitas internasional biasanya ingin mengetahui kepribadianmu, pengalamanmu, dan apa yang membuat dirimu unik. Hm, it sounds like you are promoting yourself, right? Nah, pertanyaannya, dimana saya bisa mempromosikan diri saya? Jawabannya, di motivation letter kalian, guys!

Menulis motivation letter adalah salah satu bagian penting dalam proses aplikasi pengambilan program magister di suatu universitas internasional. Tapi, apa sih motivation letter itu? Motivation letter adalah sebuah tulisan yang menjelaskan mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk memperoleh gelar magister di suatu universitas internasional. Menulis motivation letter itu bukan sekedar formalitas belaka, loh! Admission committees take your motivation letter very seriously. That is why, motivation letter kamu akan sangat menentukan keputusan admission committees di suatu universitas internasional. Lalu, gimana tuh caranya menulis winning motivation letter? Yuk, simak 5 tips di bawah ini!

 

1. Lakukan Penelitian

Hah, research? Apa yang mau di research, ya? Sebelum mulai menulis motivation letter, kamu harus mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan program dan universitas pilihanmu.  Eh, gimana caranya tuh? Masuk aja belum. No worries! Kamu bisa menemukan segala informasi yang berkaitan dengan program dan universitas pilihanmu dalam website universitas. Melakukan hal ini akan membantu kamu mengetahui siapa universitas pilihanmu secara lebih mendalam. Selain itu, kamu akan mempunyai pengetahuan lebih mengenai program pilihanmu dan kriteria kandidat yang mereka terima. Oh ya, universitas ternama di dunia seringkali memaparkan cerita dan pengalaman mahasiswa mereka dalam website universitas, loh! 

Misalnya, kamu menemukan bahwa kebanyakan duta mahasiswa berbicara tentang leadership. Nah, mentioning your leadership traits dalam motivation letter bisa memperbesar probabilitas kamu diterima di universitas impianmu. Be extremely curious, you will never know what you can find out!

 

2. Perhatikan Apa yang Kampus Kamu Harapkan ada Pada Motivation Letter

Setiap universitas memiliki jawaban tertentu yang ingin mereka temukan dalam motivation letter kamu. Di acara Catatan Najwa, Maudy Ayunda menyatakan bahwa dua kampus pilihannya menginginkan jawaban yang berbeda dalam motivation letter. Oops, spoiler alert! Kata Maudy, Harvard University lebih menginginkan Maudy untuk menjelaskan mengapa dirinya mau mengambil program pilihannya. Sementara itu, Stanford University justru mencoba untuk mencari tahu apa yang menjadi hal terpenting dalam hidup Maudy. Hm, ternyata beda banget ya pertanyaannya? Makanya, sebelum menulis motivation letter untuk suatu program magister, perhatikan baik-baik jawaban apa yang dicari kampusmu, ya. Trust Maudy, it works!

 

3. Promosikan Dirimu

Sebelum menulis outline untuk motivation letter kamu, sisihkan waktu untuk melakukan refleksi diri, ya. Eh, untuk apa sih refleksi diri itu? Jawabannya, dengan melakukan refleksi diri, kamu akan menemukan siapa dirimu yang sesungguhnya. Nah, menemukan siapa dirimu yang sesungguhnya akan membantu kamu untuk menceritakan dirimu dalam motivation letter. Gimana tuh caranya? Kamu hanya perlu menyisihkan waktu untuk duduk sendiri di depan komputer dan menulis hal-hal yang membuatmu unik. Kamu juga perlu memikirkan dan menuliskan pengalaman atau kepribadian kamu yang membuatmu pantas untuk diterima di program impianmu. Kuncinya adalah untuk write down what makes you, you. Jangan lupa untuk tetap jujur tentang dirimu sendiri, ya! 

 

4. Buatlah Outline

Setelah mengetahui jawaban apa yang ingin ditemukan universitas dalam motivation letter kamu, tahap selanjutnya adalah membuat outline. Lantas kenapa sih membuat outline terlebih dahulu itu sangat penting? Jawabannya adalah karena outline diperlukan untuk membantu kamu menyusun motivation letter yang rapi dan komprehensif. Tapi, bagaimana cara membuatnya, ya? Pertama, kamu bisa memikirkan pernyataan yang ingin kamu ungkapkan dalam motivation letter kamu. Kedua, kamu bisa menulisnya pada post it terlebih dahulu dalam bentuk poin-poin. Ketiga, kamu perlu menyeleksi poin mana yang benar-benar perlu untuk kamu ungkapan dalam motivation letter dan mengatur penempatannya. 

Akhirnya, kamu bisa lanjut ke tahap drafting motivation letter, ya. Keep in mind bahwa idealnya, motivation letter itu berisi 500 sampai 700 kata atau satu hingga dua halaman saja. Semakin panjang motivation letter kamu bukan berarti semakin baik, loh. Keep it short and meaningful!

Baca juga: 3 cara mudah dan kreatif brainstorming untuk menulis naskah pidato bahasa Inggris

 

5. Mintalah Umpan Balik dari Orang Sekitarmu

Eh, gak terasa sudah sampai ke tahap terakhir dalam proses menulis motivation letter saja, ya. Setelah melewati langkah-langkah diatas, kamu biasanya akan mempertanyakan apakah motivation letter kamu sudah cukup baik atau belum. Nah, ditengah keraguan ini, kamu bisa meminta orang-orang terdekatmu untuk membaca motivation letter kamu dan meminta feedback. Kenapa orang terdekatmu saja? Tentunya karena merekalah yang paling mengenali kepribadian dan kemampuanmu setelah dirimu sendiri. Selain itu, mereka juga memiliki kapabilitas untuk menilai apakah motivation letter kamu sudah merefleksikan dirimu yang sesungguhnya. Ingat ya teman-teman, sometimes you need your closest one to help you recognize who you truly are!

Anyways, ketahuilah bahwa tantangan terbesar menulis motivation letter dalam bahasa Inggris adalah memastikan bahwa tulisanmu tidak mengandung grammatical error. Untuk mengurangi probabilitas munculnya grammatical error, kamu bisa melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris kamu dengan mengikuti kelas English Academy. The more you learn, the better your writing will be. I believe that you can make your dream university impressed with your motivation letter, semangat, ya!

New call-to-action

Referensi:

Giurca, A., 2021. Write a Successful Motivation Letter for Your Master's. [online] Study Portals. Available at: https://www.mastersportal.com/articles/406/write-a-successful-motivation-letter-for-your-masters [Accessed 25 June 2021].

Isjwara, R., 2021. Motivation Letters: All You Need to Know about Writing It. [online] EHEF Indonesia. Available at: https://ehef.id/post/motivation-letters-all-you-need-know-about-writing-it/en [Accessed 25 June 2021].

Yousaf, M., 2021. [9+ Pro Tips] Write an Impressive Motivation Letter In 2020/2021. [online] Scholarship Fellow. Available at: http://scholarshipfellow.com/motivation-letter-template-scholarship-motivation-letter-template-university [Accessed 25 June 2021].

Beri Komentar