Harus Tahu: Inilah 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik!

rekomendasi aplikasi belajar bahasa inggris

Artikel ini membahas tentang 7 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik. Hayo, kira-kira aplikasi mana nih yang akan menjadi favorit kamu?

Hey, hey, hey! Siapa nih disini yang lelah membaca buku pelajaran bahasa Inggris yang tebal dan membosankan? Hm, tarik napas, deh.. sepertinya kamu lupa kalau sekarang kita sudah nggak lagi hidup di zaman dinosaurus. Hidup di dunia yang begitu canggih teknologi menawarkan kita banyak cara untuk melakukan suatu hal. Salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Beragam aplikasi belajar bahasa Inggris adalah salah satu produk kemajuan teknologi itu sendiri. Dalam hal ini, setiap aplikasi biasanya menawarkan pendekatan (approach), keluaran (outcome), dan fitur (feature) belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu bisa memilih aplikasi mana yang paling menarik perhatianmu.

Nah, di bawah ini adalah 7 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik, salah satunya mungkin akan memikat hatimu. Hayo, penasaran kan apa saja aplikasinya? Cusss.. simak pemaparan di bawah ini, yuk!

 

1. Duolingo

Hayo, siapa di antara kalian yang masih belum familiar dengan aplikasi belajar bahasa yang satu ini? Hm, kamu yang masih tidak familiar dengan Duolingo sepertinya belum pernah membaca artikel yang membahas tentang 7 cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, nih.

So, untuk kamu yang belum tahu, Duolingo adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mereka yang ingin mempelajari suatu bahasa secara gratis, mudah, dan tentunya efektif. Nah, bahasa Inggris adalah 1 dari 30 lebih bahasa asing yang bisa kamu pelajari.

Duolingo ini salah satunya terkenal karena efektivitasnya dalam membantu banyak orang menguasai suatu bahasa. Nggak kaget lagi, Duolingo ternyata menawarkan sistem pembelajaran yang dipersonalisasi. Dengan fitur “personalized learning, kamu bisa belajar pada tingkatan dan kecepatan yang tepat. Like they said, theres nothing better than learning at your own pace

Lebih daripada itu, Duolingo juga mengadopsi metode belajar bahasa yang menyenangkan. Dalam hal ini, Duolingo membuat gamelike features dan fun challenges untuk menjaga semangat belajar kamu. Oh ya! Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui App Store atau Google Play.

 

2. Grammarly

Duh, siapa coba yang belum familiar dengan aplikasi yang satu ini? Yes, aku membicarakan Grammarly yang seringkali kamu jadikan alat bantu memeriksa ketepatan tata bahasa. Sejujurnya, Grammarly memang merupakan aplikasi terbaik untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris. Pertanyaannya, apa saja sih aspek-aspek dalam tulisan yang diperiksa oleh Grammarly? Eits, bukan tata bahasa saja, loh.

Jadi, terdapat 6 aspek dalam tulisan yang diperiksa oleh Grammarly. Nah, di antaranya adalah ejaan (spelling), tata bahasa (grammar), tanda baca (punctuation), kejelasan pesan yang mau disampaikan (clarity), keterikatan (engagement), dan kesalahan penyampaian (delivery mistakes). Namun, untuk menguasai suatu bahasa, kamu harus mau belajar dari kesalahan yang kamu buat. Artinya, kamu nggak bisa berhenti pada meminta Grammarly untuk memeriksa pekerjaan kamu, ya. Nanti, kamu jadi keenakan dan malas belajar, dong..

By the way, sama seperti Duolingo, kamu bisa mengunduh aplikasi Grammarly melalui App Store dan Google Play! So, are you ready to improve your writing with Grammarly?

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Sering Terjadi, Kamu Pernah Salah Juga Nggak?

 

3. Rosetta Stone

Berbeda dengan aplikasi Grammarly, aplikasi yang satu ini adalah aplikasi terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kamu. Sesuai tagline nya, Rosetta Stone bisa membantu kamu berbicara dalam bahasa Inggris dengan penuh percaya diri. Hm, kira-kira apa saja ya keunggulan dari aplikasi Rosetta Stone?

Pertama, Rosetta Stone menggunakan teknologi TruAccent yang bisa memberikan umpan balik terhadap pengucapan kamu pada saat yang sama. Kedua, Rosetta Stone mengadopsi dynamic immersion untuk membantu kamu belajar berbicara dalam bahasa Inggris secara kontekstual. Terakhir dan yang terpenting, kamu juga bisa mengambil 10 minute lesson yang mereka sediakan dimanapun dan kemanapun. Basically, this app will never leave your side

Hayo, siapa yang mau punya teman belajar seperti aplikasi Rosetta Stone? Segera unduh aplikasinya melalui App Store atau Google Play, ya!

 

Singkatan dari LOL

 

4. Beelinguapp

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini cocok banget untuk para kaum rebahan. Beelinguapp adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk kamu yang ingin mempelajari suatu bahasa sesederhana dan semenyenangkan membaca buku kesukaan kamu. Melalui Beelinguapp, pengguna bisa mempelajari 14 bahasa asing dan bahasa Inggris adalah satunya. Truth be told, aplikasi yang satu ini identik dengan segudang cerita yang disuguhkan kepada pengguna untuk dijadikan media pembelajaran.

Eh, kalau aku nggak suka baca gimana, dong?” Eits, tenang saja! Belajar dengan membaca cerita bukanlah satu-satunya hal yang mereka tawarkan kepada pengguna. Selain dengan membaca cerita, di Beelinguapp, kamu bisa mempelajari bahasa dengan mendengarkan audiobooks, berita, dan lagu

Yup, keempat hal di atas tentunya bisa kamu lakukan sambil berleyeh-leyeh di hari minggu pagi. Gimana, lumayan banget kan, guys? Hanya dengan mendengarkan, kamu bisa meningkatkan listening comprehension dan menambahkan kosakata baru bahasa Inggris kamu. 

By the way, aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh melalui App Store atau Google Play. Hope youll have lots of fun learning English with Beelinguapp!

 

5. Busuu

Guys, believe me when I say that Busuu is a whole package. Wait, wait, wait, apa sih Busuu itu? Jadi, Busuu adalah aplikasi belajar bahasa yang pernah dinobatkan oleh Google sebagai “must have appdan best app pada tahun 2015. Melalui Busuu, kamu bisa mempelajari 11 bahasa asing dan bahasa Inggris adalah salah satunya. Hm, what is so special about this app then?

Heres the answer! Pertama, dalam aplikasi ini, kamu akan mempelajari bahasa Inggris dari segala aspek. Bersama aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengasah kemampuan mendengar (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking) kamu. Kedua, setelah mempelajari keempat hal di atas, kamu bisa menguji pengetahuan kamu dengan bermain vocabulary game atau mengikuti kuis singkat dan menyenangkan yang diciptakan oleh Busuu sendiri. 

Waduh, udah kayak les, dong? Jelas! Secara, Busuu memang mencoba untuk memberikan kursus yang efektif dan lengkap, mulai dari level A1 sampai B2. Last but not least, kamu ternyata bisa menggunakan aplikasi Busuu tanpa koneksi internet, loh

Pokoknya, mengunduh aplikasi yang satu ini dijamin akan membuat kamu kehabisan alasan untuk tidak belajar. Nah, untuk kamu yang anti males-males klub, kamu bisa mengunduh aplikasi Busuu melalui App Store atau Google Play

Baca juga: 8 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan Beserta Artinya

 

6. BBC Learning English

BBC Learning English merupakan salah satu penyedia materi ajar bahasa Inggris gratis yang paling populer di dunia. Dengan materi ajarnya, BBC Learning English membantu jutaan orang dari berbagai negara untuk menguasai bahasa Inggris. Aplikasi BBC Learning English sendiri dirancang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris penggunanya dengan pemberian topik pembelajaran, transkrip, serta kuis yang up to date dan menyenangkan. Seperti Busuu, aplikasi yang satu ini bisa membantu kamu mempelajari bahasa Inggris dari segala aspek.

Jadi, apa yang membedakan BBC Learning English dengan Busuu? Nah, ini dia pertanyaan yang aku tunggu-tunggu! Jawabannya, perbedaan terletak pada fitur yang ditawarkan kedua aplikasi tersebut. Hm, kira-kira apa saja ya fitur-fitur terbaik dari BBC Learning English? Untuk kamu yang penasaran, cekidot!

  • Pelajaran baru setiap harinya.
  • Pilihan program belajar yang bisa kamu ambil. Di antaranya adalah: Everyday English, Learn English with the News, Business English, Grammar, Vocabulary, dan Pronunciation.
  • 6 Minute English.
  • English in a Minute.
  • The award winning Tim’s Pronunciation Workshop.

Gimana nih menurut kamu? BBC Learning English memiliki fitur-fitur yang menarik, bukan? However, the choice is in your hand! Jika kamu benar-benar mau belajar bersama BBC Learning English, kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui App Store atau Google Play.

 

kata tertua dalam bahasa inggris

 

7. FluentU

Lelah membaca buku pelajaran bahasa Inggris yang membosankan? Belajar melalui FluentU bisa menjadi alternatif terbaik kamu. Sesuai tagline FluentU yang berbunyi brings language learning to life with real videos, aplikasi yang satu ini identik dengan authentic videos yang disediakannya. Eits, nggak cuma itu saja! FluentU juga menyediakan media belajar lain, di antaranya adalah musik video, cuplikan film, berita, dan ceramah inspiratif.

Ciyus deh.. aplikasi yang satu ini tuh cocok banget kamu yang tidak suka membaca tetapi ingin mempelajari bahasa Inggris. Jika kamu adalah salah satunya, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi FluentU melalui App Store atau Google Play

Akhirnya, itulah 7 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang harus kamu ketahui. Hayo.. kalau menurut kamu, dari ketujuh aplikasi di atas, manakah yang paling memikat hatimu? Oh ya! Untuk kamu yang sudah menggunakan satu dari tujuh aplikasi di atas, kamu bisa membagikan pengalaman kamu di kolom komentar, loh. Ingat, umpan balik dari kamu bisa menjadi alat bantu untuk teman-teman lain dalam membuat pilihan mereka. 

One more thing, kamu mungkin mau bergabung dengan kelas English Academy apabila kamu ingin memaksimalkan proses belajar kamu. Sambil memanfaatkan salah satu aplikasi belajar di atas, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris online yang nggak kalah kerennya. Selain mengadopsi kurikulum Cambridge, English Academy juga memberikan kamu kesempatan untuk belajar dari native speaker berstandar internasional. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang dan menjadi juara!

 

IDN CTA English Academy Mainsite

 

Referensi:

Lingoda. 2021. 30 fun facts about the English language. [online] Available at: https://blog.lingoda.com/en/fun-facts-english-language/ [Accessed 16 October 2021].

Aliya, H., 2021. 10 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris Rekomendasi Glints. [online] Glints. Available at: https://glints.com/id/lowongan/aplikasi-belajar-bahasa-inggris/#.YWjST0ZBygQ [Accessed 16 October 2021].

Clara Pricilla Adiputra