16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris dan Artinya

arah mata angin bahasa inggris

Arah mata angin dalam bahasa Inggris bukan sekadar north, east, south, dan west saja. Masih ada 12 arah mata angin lainnya yang bisa kamu ketahui lewat artikel ini!

Meisya: “Ruangguru itu startup pendidikan terbesar di Southeast Asia, kan?”
Luna: “Oh, maksudnya di Asia Utara?”

Waduh, kamu jangan sampai seperti Luna yang nggak hafal arah mata angin dalam bahasa Inggris ya! Southeast itu artinya tenggara, bukan utara.

Arah mata angin dalam bahasa Inggris adalah salah satu vocabulary yang penting untuk dikuasai. Pasalnya, kosakata ini sering digunakan dalam ekspresi asking and giving direction.

Selain itu, arah mata angin merupakan topik yang kerap muncul dalam percakapan sehari-hari, apalagi kalau sering buka google maps. Hayo, apakah kamu termasuk orang yang sering keliru saat membaca arah pada maps?

Biar nggak salah lagi, yuk, ketahui apa saja arah mata angin dalam bahasa Inggris melalui penjelasan di bawah ini!

 

Apa Itu Arah Mata Angin?

Arah mata angin dalam bahasa Inggris disebut dengan points of the compass. Mata angin merupakan teknik navigasi yang digunakan untuk menentukan arah, lokasi, atau keberadaan sesuatu.

Kamu bisa melihat arah mata angin secara langsung atau melalui kompas. Saat ini, kompas tak hanya hadir dalam bentuk kompas bermagnet, tapi sudah banyak hadir sebagai fitur di sebagian besar smartphone.

Ada 2 jenis kompas yang bisa digunakan untuk melihat arah mata angin, yaitu kompas analog dan kompas digital.

 

Fungsi Arah Mata Angin

Arah mata angin ini sangat penting loh untuk kehidupan manusia sehari-hari. Banyak kegiatan manusia yang mengandalkan arah mata angin ini. That’s why penting juga untuk kita mengenal dan memahami arah mata angin secara umum.

Hm, kira-kira apa aja ya fungsi arah mata angin? Yuk, check it out!

Orientasi dan Navigasi:

Arah mata angin digunakan untuk membantu orientasi dan navigasi. Orang sering menggunakan arah mata angin untuk mengetahui posisi dan arah saat berada di luar ruangan atau melakukan perjalanan.

Pertanian dan Bercocok Tanam:

Petani sering menggunakan arah mata angin untuk merencanakan penanaman tanaman agar mendapatkan paparan sinar matahari yang optimal. Ini membantu dalam penentuan letak tanaman agar bisa tumbuh dengan baik.

Penerbangan dan Navigasi Udara:

Pilot dan sistem navigasi pesawat menggunakan arah mata angin sebagai acuan dasar untuk menentukan arah penerbangan dan posisi pesawat dalam penerbangan.

Arsitektur dan Perencanaan Kota:

Dalam perencanaan kota dan arsitektur, arah mata angin sering digunakan untuk menentukan penempatan bangunan dan jalan. Hal ini dapat memaksimalkan pemanfaatan sinar matahari, mengurangi dampak angin, dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

Pendakian dan Aktivitas Luar Ruangan:

Pendaki gunung dan pecinta alam sering mengandalkan arah mata angin untuk berorientasi dan menentukan jalur perjalanan saat melakukan kegiatan di alam terbuka.

Penentuan Arah Kiblat:

Bagi umat Islam, arah mata angin juga penting dalam menentukan arah kiblat (arah Ka’bah di Mekah) ketika melaksanakan ibadah salat.

Pertolongan Darurat:

Dalam situasi darurat, seperti kehilangan arah di hutan atau area terpencil, pengetahuan tentang arah mata angin dapat membantu seseorang untuk menemukan jalan keluar dan menghindari kebingungan.

 

Arah Mata Angin Ada Berapa?

Secara umum, ada 4 arah mata angin utama dalam bahasa Inggris yang dijadikan petunjuk arah geografis, yaitu north (utara), south (selatan), west (barat), dan east (timur).

Namun, sebenarnya ada 128 arah mata angin yang tercantum dalam kompas. Tapi tenang, yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari hanya16 arah mata angin, kok.

Nah, tapi kalau kamu adalah seseorang yang menjalankan profesi di laut, sepertinya 128 arah mata angin sangat penting untuk dikuasai.

Baca Juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bepergian dan Artinya

 

Kabar penting! Sekarang, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan kurikulum internasional Cambridge secara offline! Kamu juga akan bertemu teman baru yang membuat proses belajar jadi makin seru! Kira-kira, apa saja ya fasilitas belajarnya? Kepoin, yuk!

IDN CTA Blog EA English Academy Center 2022

 

16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

 

16 arah mata angin dalam bahasa inggris

 

Berikut adalah 16 arah mata angin dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. North: Utara
2. North Northeast: Utara Timur Laut
3. Northeast: Timur Laut
4. East Northeast: Timur Timur Laut
5. East: Timur
6. East Southeast: Timur Tenggara
7. Southeast: Tenggara
8. South Southeast: Selatan Tenggara
9. South: Selatan
10. South Southwest: Selatan Barat Daya
11. Southwest: Barat Daya
12. West Southwest: Barat Barat Daya
13. West: Barat
14. West Northwest: Barat Barat Laut
15. Northwest: Barat Laut
16. North Northwest: Utara Barat Laut

Dari daftar 16 arah mata angin di atas, sebetulnya ia terbagi ke dalam tiga jenis points of compass, yaitu arah mata angin primer, arah mata angin sekunder, dan arah mata angin tersier.

Selain itu, perlu diketahui kalau arah mata angin umumnya akan selalu dikaitkan dengan derajat rotasi dalam lingkaran unit, yaitu sebuah langkah dalam perhitungan navigasi yang berasal dari trigonometri. Mari bahas jenis arah mata angin satu per satu!

1. Four Cardinal Directions (Arah Mata Angin Primer/Kardinal)

Arah mata angin kardinal berada pada interval 90 derajat searah jarum jam. Nah, yang termasuk dalam cardinal directions adalah arah north atau utara, east atau timur, west atau barat, dan south atau arah selatan.

Pada alat kompas, empat arah kardinal biasa dilambangkan dengan N, E, S, dan W. Mari kita bahas satu per satu:

a. North (N) alias arah mata angin utara berada pada titik 0° atau sama dengan 360°. Jika kamu berdiri menghadap ke timur, maka di sebelah kirimu adalah north (utara). Dalam bahasa Jawa, utara disebut dengan lor.

b. East (E) yaitu arah mata angin timur terletak pada posisi 90°. Kamu bisa menemukan arah timur pada bagian kanan peta. Seperti yang kita tahu, dua benda langit yang terbit dari timur adalah matahari dan bulan.  And yap, timur berlawanan arah 90 derajat dengan barat (west).

c. West (W), arah mata angin barat ada pada 180° yang berlawanan dengan timur. Oleh karena itu, jika kamu sedang berdiri ke arah timur, maka di belakangmu adalah barat, begitupun sebaliknya.

Oh ya, barat memiliki arah yang berlawanan dengan rotasi bumi. Maka dat itu, west adalah arah di mana matahari selalu tampak hingga terbenam di sore hari. Selain itu, arah mata angin ini (barat) biasa dijadikan patokan sebagai arah kiblat.

d. South (S) a.k.a arah mata angin selatan berlokasi di 270°. Arah mata angin ini tidak sulit untuk diingat. Pasalnya, south berlawanan dengan north atau utara.

Jadi, saat dalam perjalanan di alam, kamu cukup menghadap ke arah matahari terbit, maka sebelah kananmu adalah south. Nah, kalau dalam bahasa Jawa dan Sunda, south (selatan) familiar dengan sebutan kidul.

 

2. Four Intercardinal/Ordinal Directions (Arah Mata Angin Sekunder)

Arah mata angin sekunder adalah pertengahan dari arah mata angin primer. Berikut adalah arah yang termasuk intercardinal atau ordinal directions:

a. Northeast (NE) 45°: Arah mata angin timur laut, yaitu arah mata angin yang berada di antara timur dan utara.

b. Southeast (SE) 135°: Arah mata angin tenggara, merupakan arah mata angin yang berada di antara timur dan selatan.

c. Southwest (SW) 225°: Barat daya, ialah arah mata angin yang berada di antara selatan dan barat.

d. Northwest (NW) 315°: Barat laut, yaitu arah mata angin yang berada di antara barat dan utara.

 

3. Eight Half-wind (Arah Mata Angin Tersier)

Selanjutnya, ada delapan arah mata angin yang terletak di antara four intercardinal (membagi dua sudut antara angin utama). Berikut adalah eight half-wind dalam bahasa Inggris:

a. North Northeast (NNE): Utara timur laut, yaitu arah mata angin yang berada di antara utara dan timur laut.

b. East Northeast:  Arah mata angin timur-timur laut, merupakan arah mata angin yang berada di antara timur laut dan timur.

c. East Southeast (ESE): Timur tenggara, yaitu arah mata angin yang berada di antara timur dan tenggara

d. South Southeast (SSE): Selatan tenggara, adalah arah mata angin yang berada di antara tenggara dan selatan.

e. South Southwest (SSW): Selatan barat daya, yaitu arah mata angin yang berada di antara selatan dan barat daya.

f. West Southwest (WSW): Barat barat daya, arah mata angin yang berada di antara barat daya dan barat

g. West Northwest (WNW): Barat barat laut, yaitu arah mata angin yang berada di antara barat dan barat laut.

h. North Northwest (NNW): Utara barat laut, merupakan arah mata angin yang berada di antara barat laut dan utara.

Nama masing-masing half-wind ini dibentuk dengan menggabungkan arah mata angin primer di kedua sisi, yang mana pada didahului oleh cardinal directions, lalu disusul dengan intercardinal/ordinal directions.

 

Contoh Kalimat Menggunakan Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris 

Dalam bahasa Inggris, kita dapat membagi arah mata angin ke dalam tiga fungsi parts of speech, yaitu arah mata angin yang digunakan sebagai kata sifat atau adjective, arah mata angin sebagai adverb (kata keterangan), dan points of compass sebagai noun alias kata benda. Lihat contoh kalimatnya, yuk!

1. Arah Mata Angin Sebagai Kata Benda (Noun)

Berikut ini contoh kalimat arah mata angin yang berposisi sebagai kata benda:

East is my favorite direction, because there is a beautiful sun that appears every morning.
(Timur merupakan arah favoritku, karena ada matahari yang muncul dengan indah di setiap pagi.)

2. Arah Mata Angin Sebagai Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata sifat yang berperan untuk memberikan informasi lebih lanjut dari sebuah noun atau kata benda.

Salah satu adjective yang diambil dari arah mata angin adalah “western” atau “kebarat-baratan”, yaitu berkaca pada kehidupan di belahan bumi bagian barat seperti Eropa dan US.

Contoh kalimat:
Nikita Mirzani lives with western culture in Germany.
(Nikita Mirzani hidup dengan budaya barat di Jerman).

Baca Juga: Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjectives): Definisi, Jenis-jenis, dan Contohnya

 

3. Arah Mata Angin Sebagai Kata Keterangan (Adverb)

Arah mata angin sangatlah sering kita temukan sebagai adverb of place atau keterangan tempat dalam sebuah kalimat. Contoh:

Just like the sun, the moon rises from the east.
(Sama seperti matahari, bulan pun terbit dari arah timur.)

Nah, setelah mengetahui apa saja arah mata angin dalam bahasa Inggris, kamu pasti tak akan kesulitan saat melakukan navigasi. Sstt, jangan sampai nyasar lagi!

Selain itu, sadar atau tidak, kompas (alat penentu arah mata angin) biasanya hadir dalam bahasa Inggris. Kalau salah membaca arah, nanti akibatnya bisa fatal! Apalagi jika kondisinya kamu sedang mencari arah di area hutan atau pegunungan.

Btw, English Academy ingin mengajakmu untuk belajar ratusan kosakata bahasa Inggris lainnya bareng native speaker alias pengajar internasional nih!

Kebetulan ada kelas gratis yang bisa kamu ikuti secara online. Caranya klik gambar di bawah sebelum kehabisan slot! Yuk, gabung sekarang!

IDN CTA English Academy Mainsite

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!